10 Obat Vertigo: Ampuh dan Tersedia di Apotik

0
3423
obat vertigo
Sumber Gambar: Freepik

Daftar merk obat vertigo di apotik yang umum digunakan. Ampuh untuk mengatasi kondisi pusing dengan sensasi seperti berputar.


Kamu sering merasa pusing dengan sensasi ruangan berputar? Kemungkinan yang sedang dirasakan itu bukan hanya gejala pusing biasa, melainkan vertigo.

Vertigo merupakan istilah klinis untuk menggambarkan suatu kondisi di mana seseorang merasa  pusing dengan sensasi lingkungan sekitar berputar. Kondisi ini dapat terjadi secara tiba-tiba atau berlangsung dalam jangka waktu tertentu dalam satu waktu.

Gejala vertigo biasa ditandai dengan muncul keringat dingin, telinga berdenging, gangguan pendengaran, dan gerakan mata yang tidak wajar. Bisa juga adanya gangguan penglihatan, hingga berkurangnya tingkat kesadaran.

Baca Juga: Suplemen Penambah Darah Terbaik: Bantu Atasi Anemia

Merk Obat Vertigo di Apotik Paling Ampuh

Jika kamu sering mengalami kondisi ini, lebih baik segera konsultasikan dengan dokter atau minum obat vertigo sebagai pertolongan pertama yang biasanya tersedia di apotik. Berikut daftarnya:


1. Mertigo Tablet 6 mg


obat vertigo

Merk obat vertigo pertama yang bisa kamu beli di apotik terdekat adalah Mertigo tablet 6 mg. Obat ini mengandung zat aktif betahistine mesylate yang digunakan untuk terapi vertigo perifer.

Yakni suatu kondisi dimana seseorang merasa pusing berputar-putar yang berhubungan dengan gangguan keseimbangan yang terjadi pada gangguan sirkulasi darah atau penyakit meniere.

Obat ini bisa kamu minum tiga kali sehari setelah makan. Penggunaan obat ini perlu perhatian khusus bila diberikan pada penderita gastric ulcer, active digestive ulcer, rasher, dan asma bronkial.

Tidak dianjurkan digunakan pada ibu hamil, kecuali sesuai anjuran dokter untuk meminimalisir timbulnya risiko berbahaya.

Rentang Harga: Mulai dari Rp 4.956

*Wajib Resep Dokter


2. Sibelium Tablet 10 mg


obat vertigo

Obat vertigo ini mengandung 10 mg flunarizine yang dapat digunakan untuk pencegahan vertigo, migrain, dan gangguan vestibular.

Ia juga kerap digunakan untuk mengatasi tinitus, gangguan tidur, serta iritabilitas, kram otot, ekstremitas dingin dan gangguan tropik.

Bagi penderita vertigo dapat mengonsumsi 5-10 mg per hari sebelum tidur sebagai bentuk pencegahan. Kamu bisa mengonsumsi obat ini baik sebelum atau sesudah makan.

Tidak dianjurkan bagi ibu hamil dan menyusui, penderita penyumbatan saluran cerna atau kemih, dan penderita porfiria akut atau kelainan genetik akibat pembentukan heme yang tidak sempurna.

Rentang Harga: Mulai dari Rp 15.370

*Wajib Resep Dokter


3. Seremig Kaplet


obat vertigo

Seremig Kaplet merupakan salah satu obat vertigo yang bisa kamu beli di apotik. Kegunaannya tak hanya untuk mencegah dan mengatasi vertigo saja.

Namun juga dapat digunakan untuk pencegahan migren, gangguan vestibular, serebral, gangguan konsentrasi, hingga gangguan irama tidur.

Obat ini mengandung flunarizine diHCl 10 mg. Dosis awal untuk pasien yang berusia kurang dari 65 tahun dapat diberikan 10 mg per hari sebagai dosis malam.

Sementara, untuk pasien lanjut usia atau lebih dari 65 tahun cukup diberikan 5 mg per hari. Untuk pemeliharaan, dapat diberikan maksimal 10 mg per hari selama lima hari dalam seminggu dan dua hari dalam seminggu tanpa obat.

Seremig Kaplet bisa diminum sebelum atau sesudah makan.

Rentang Harga: Mulai dari Rp 8.500

*Wajib Resep Dokter


4. Gingkan Tablet


obat vertigo

Gingkan tablet merupakan obat vertigo yang mengandung ekstrak Ginkgo biloba 40 mg yang setara dengan ginkgoflavonglikosid 9,6.

Ini mampu mengatasi gangguan peredaran darah di otak dan perifer dan manifestasi, seperti sakit kepala, pusing, vertigo, demensia atau pikun, daya ingat berkurang, dan gangguan emosi lainnya.

Diminum tiga kali sehari, tablet tidak boleh dikunyah dan diminum dengan air yang cukup. Obat ini tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki alergi pada Ginkona dan ibu hamil.

Merk obat vertigo satu ini termasuk golongan jamu atau obat herbal yang tidak memiliki efek samping berbahaya bagi tubuh.

Rentang Harga: Mulai dari Rp 32.800


5. Dramamine 50 mg


obat vertigo di apotik

Dramamine 50 mg digunakan untuk mengobati atau mencegah mual, muntah, pusing dengan kepala terasa berputar yang disebabkan oleh mabuk perjalanan.

Obat ini mengandung dimenhidrinat 50 mg yang juga bisa digunakan sebagai obat vertigo.

Dosis umum sebagai obat vertigo bagi orang dewasa adalah 50 sampai 100 mg setiap 4 sampai 6 jam, dan maksimum 400 mg dalam 24 jam atau sehari.

Rentang Harga: Mulai dari Rp 2.750

*Wajib Resep Dokter

Baca Juga: Obat Kolesterol yang Efektif dan Mudah Didapat di Apotek

madu kurma
Andalkan madu kurma untuk menjaga stamina, menjaga tekanan darah hingga meningkatkan daya tahan tubuh!

6. Vastigo Tablet 6 mg


obat vertigo di apotik

Kandungan betahistine mesylate 6 mg yang ada pada obat satu ini berguna untuk terapi vertigo perifer.

Vertigo perifer merupakan kondisi pusing berputar yang disebabkan karena terjadinya gangguan keseimbangan tubuh.

Obat vertigo ini dapat dikonsumsi dengan dosis 6 mg atau 12 mg sebanyak 3 kali sehari setelah makan.

Vastigo Tablet 6 mg termasuk golongan obat keras. Sehingga untuk pemakaiannya diperlukan resep langsung dari dokter.

Rentang Harga: Mulai dari Rp 1.500

*Wajib Resep Dokter


7. Vertigosan Tablet 6 mg


obat vertigo di apotik

Vertigosan Tablet 6 mg merupakan obat yang digunakan untuk mengobati vertigo, tinitus, dan gangguan pendengaran yang berhubungan dengan penyakit meniere.

Penggunaan obat ini harus sesuai petunjuk dokter, dengan dosis awal tiga kali sehari sebanyak 6-12 mg.

Kemudian, dosis selanjutnya disesuaikan berdasarkan respon pasien terhadap penggunaan obat, yang dibagi dalam tiga kali dosis pemberian dengan 24-48 mg per hari.

Obat ini bisa kamu minum bersamaan dengan makanan untuk meminimalisir efek obat ini terhadap saluran pencernaan. Penggunaan untuk anak di bawah 18 tahun sangat tidak dianjurkan.

Rentang Harga: Mulai dari Rp 3.180

*Wajib Resep Dokter


8. Antimo Tablet 50 mg


merk obat vertigo

Jika kamu sering melakukan perjalanan keluar kota, pasti sudah tidak akan asing lagi dengan obat satu ini.

Antimo adalah obat yang sering digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat mabuk perjalanan.

Obat ini juga bisa digunakan sebagai obat vertigo karena mengandung zat aktif dimenhidrinat, yakni obat golongan antihistamin.

Zat aktif ini dibantu dengan vitamin B6 yang akan bekerja secara efektif pada sistem saraf pusat untuk mencegah adanya stimulasi di saraf otak dan telinga.

Minum obat ini dengan dosis 50-100 mg sebanyak 3 sampai 4 kali sehari. Kamu bisa minum obat ini 30 menit sebelum melakukan perjalanan atau setelah makan.

Rentang Harga: Mulai dari Rp 5.618


9. Betahistine Novell


merk obat vertigo

Merk obat vertigo selanjutnya adalah Betahistine Novell, yang merupakan suatu analog histamin yang dapat digunakan untuk mengatasi vertigo dan pusing yang disebabkan karena penyakit meniere.

Betahistine Novell termasuk dalam golongan obat keras sehingga tidak bisa dibeli secara bebas dan perlu resep dari dokter.

Dosis penggunaan bagi orang dewasa adalah 1 sampai 2 tablet atau 6-12 mg dan diminum tiga kali sehari. Obat ini bisa diminum baik sebelum atau sesudah makan.

Rentang Harga: Mulai dari Rp 10.630

*Wajib Resep Dokter


10. Perifas 25 mg


obat vertigo paling ampuh

Perifas merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi rasa mual saat mabuk kendaraan, telinga berdenging, hingga mengatasi vertigo.

Obat ini mengandung zat aktif Sinarizin yang berfungsi sebagai vasolidator perifer pada kondisi gangguan sirkulasi darah yang berpengaruh pada jantung.

Selain itu, untuk mengobati vertigo dan gejala lain yang disebabkan oleh gangguan keseimbangan, seperti sakit kepala, muntah, dan telinga berdenging.

Minum obat ini sesudah makan dengan dosis 50-75 mg per hari sebanyak tiga kali sehari. Obat ini juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui.

Rentang Harga: Mulai dari Rp 25.970

*Wajib Resep Dokter

Baca Juga: Obat Asam Urat di Apotek: Ampuh Redakan Nyeri Sendi

Nah, itulah merk obat vertigo paling ampuh yang bisa kamu beli di apotik secara bebas ataupun harus sesuai dengan resep dokter.

Selain mengonsumsi obat, kamu juga perlu mulai menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan pastikan beristirahat yang cukup!

produk kesehatan
Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!

Penulis: Cindy Krisania Juli Haryono