Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

5 Rekomendasi dan Contoh Novel Singkat untuk Temani Waktu Luangmu

23 May 2022
Share icon
Share
5 Rekomendasi dan Contoh Novel Singkat untuk Temani Waktu Luangmu

Mencari novel singkat yang bisa dibaca dalam sekali duduk? Simak rekomendasi dan contoh novel singkat berikut ini!


Membaca novel adalah hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Namun, bagi sebagian lainnya, melihat novel dengan jumlah halaman tebal dapat membuat ‘bergidik’ atau malah malas membacanya. Novel singkat atau novel pendek biasa disebut sebagai novella merupakan jenis prosa yang lebih panjang dari cerpen, namun lebih pendek dari novel. Jika sebuah novel terdiri dari 40.000 kata atau lebih, novella hanya memiliki jumlah kata berkisar dari 17.500–40.000 kata. Nah, untuk Toppers yang ingin membaca novel singkat dengan kisah yang menarik, di bawah ini terdapat 5 rekomendasi contoh novel singkat yang bisa kamu baca dalam sekali duduk. Simak rekomendasinya berikut ini!

Baca Juga: Pilihan Light Novel: Tetap Seru Walau Cerita Ringan!

Contoh Novel Singkat tentang Sejarah, Persahabatan, dan Pendidikan

Bagi Toppers yang sedang mencari contoh novel singkat bahasa Indonesia bertemakan sejarah, persahabatan, hingga pendidikan, ini dia rekomendasinya untuk kamu! Naskahnya yang singkat, dengan kisah yang seru dan inspiratif bisa menemani waktu luangmu untuk membaca. Yuk, simak selengkapnya!


1. Sang KerisPanji Sukma


Sang Keris – Panji Sukma

Sumber Gambar: Tokopedia

Keris adalah senjata tradisional khas Indonesia. Dalam novel Sang Keris karya Panji Sukma, perjalanan sebilah keris yang terus berpindah tangan menjadi fokus utama novel ini. Cerita dibagi ke dalam beberapa bab dengan kisah berbeda-beda yang mengikuti era yang sedang berlangsung. Ada banyak kisah sejarah Indonesia di setiap babnya dan keris itu menjadi saksi bisunya. Mulai dari perebutan harta, tahta, wanita, dan tak ketinggalan pada sejarah tiap pemilihan pemimpin politik. Sang Keris adalah contoh novel sejarah singkat yang dapat dibaca oleh banyak kalangan. Sebuah keris yang merekam jejak masa lampau, saksi atas banyak peristiwa penting, dan sebuah ramalan akan Indonesia di masa depan. Penulis memiliki kebaruan dalam cara penyajian novelnya, tak heran novel ini menjadi pemenang kedua sayembara menulis paling prestisius.

Jumlah Halaman: 110 halaman

Rentang Harga: Rp52.000 – Rp65.000

Beli Novel Sang Keris di Sini


2. Entrok – Okky Puspa Madasari


Entrok – Okky Puspa Madasari

Sumber Gambar: Tokopedia

Contoh novel sejarah singkat selanjutnya datang dari penulis Okky Puspa Madasari, yang berjudul “Entrok”. Entrok sendiri merupakan sebuah kata dalam bahasa Jawa yang artinya “beha”. Pada masa itu, entrok bisa dikatakan sebagai pakaian orang berada. Marni, sang karakter utama sangat menginginkan sebuah entrok untuknya. Ia bekerja keras dan menabung. Tak disangka, usaha kerasnya membuahkan hasil dan menjadikan hidupnya serba berkecukupan dengan keluarganya. Kisah ini dibalut dengan latar kondisi mengenai sikap negara terhadap rakyat kecil pada masa Orde Baru. Selain menggambarkan keadaan politik dan ekonomi, kepercayaan juga menjadi hal yang diperbincangkan di dalam novel ini. Meskipun Marni dan anaknya, Rahayu, berbeda keyakinan, mereka menyadari bahwa mereka sama-sama menjadi korban orang-orang yang berkuasa pada masa itu.

Jumlah Halaman: 288 halaman

Rentang Harga: Rp64.000 – Rp80.000

Beli Novel Entrok di Sini

Baca Juga: Novel Sejarah Indonesia Terbaik, Wajib Dibaca Pelajar/Mahasiswa

3. Negeri 5 Menara – Ahmad Fuadi


Negeri 5 Menara – Ahmad Fuadi

Sumber Gambar: Tokopedia

Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi menjadi salah satu contoh novel singkat tentang persahabatan yang direkomendasikan untuk kamu baca. Novel ini bercerita tentang kehidupan para santri di Pondok Madani, sebuah pondok pesantren di Jawa Timur. Alif, sang tokoh utama dalam novel ini dikisahkan sebagai anak kelahiran Minangkabau yang terpaksa harus pergi jauh dari kampung halamanya untuk menuntut ilmu di pondok pesantren Madani. Alif diketahui mengidolakan BJ Habibie, namun alih-alih mewujudkan impiannya berkuliah di ITB, ibu Alif memintanya bersekolah di pesantren. Setengah hati menjalani kehidupan barunya di pesantren, tak disangka malah memberikan warna baru untuk kehidupannya. Ia bertemu dengan Raja, Said, Dulmajid, Atang, dan Baso yang berasal dari daerah yang berbeda-beda dan menjadi sahabatnya. Sebagai remaja, mereka percaya terhadap impian dan berusaha untuk mewujudkanya lewat doa dan ikhtiar. Hal itu sering diperbincangkan saat mereka berkumpul bersama di bawah menara masjid.

Jumlah Halaman: 224 halaman

Rentang Harga: Rp70.000 – Rp98.000

Beli Novel Negeri 5 Menara di Sini


4. Almond – Sohn Won Pyung


Almond – Sohn Won Pyung

Sumber Gambar: Tokopedia

Contoh novel singkat tentang persahabatan selanjutnya berasal dari Korea Selatan karya penulis Sohn Won Pyung, yang berjudul Almond. Novel ini tersedia dalam terjemahan bahasa Indonesia. Almond mengisahkan tentang anak laki-laki pengidap alexithymia, bernama Yunjae. Hal ini merupakan kondisi khusus yang membuat Yunjae tidak dapat merasakan emosi, seperti rasa takut atau kemarahan. Semua berjalan tanpa kendala hingga terjadi sebuah tragedi yang merenggut nyawa nenek dan membuat ibu Yunjae koma. Masalah ditambah oleh Gon, remaja bermasalah di sekolah, yang mulai menggertak Yunjae dan menjadikannya bulan-bulanan di sekolah. Tanpa disadari, Gon dan Yunjae justru memiliki banyak kesamaan dan akhirnya membentuk ikatan pertemanan yang menarik untuk diikuti.

Jumlah Halaman: 232 halaman

Rentang Harga: Rp70.000 – Rp88.000

Beli Novel Almond di Sini


5. 9 Summers 10 Autumns – Iwan Setyawan


9 Summers 10 Autumns – Iwan Setyawan

Sumber Gambar: Ebooks Gramedia

Mencari contoh novel singkat tentang pendidikan? Kamu bisa membaca 9 Summers 10 Autumns karya Iwan Setyawan. Novel ini diangkat dari kisah nyata sang penulis tentang perjalanan meraih pendidikannya hingga kariernya di The Big Apple, New York yang inspiratif. Iwan Setyawan bercerita melalui tokoh ‘aku’ di dalam novel ini. Diceritakan bahwa ‘aku’ adalah anak supir angkot dari kota Malang. Ia percaya bahwa satu-satunya jalan untuk keluar dari kemiskinan adalah melalui pendidikan. Novel ini mengajak kita untuk tetap menjaga harapan, bahwa impian harus selalu menyala dengan apapun yang kita miliki. Meskipun yang dimiliki tidak sempurna, meskipun retak-retak. Novel ini juga menekankan pentingnya menuntut ilmu tanpa kenal menyerah.

Jumlah Halaman: 234 halaman

Rentang Harga: Rp42.000 – Rp65.000

Beli Novel 9 Summers 10 Autumns di Sini

Baca Juga: Referensi Buku / Novel Fiksi: Cerita Seru dan Menginspirasi!

Nah, bagaimana pendapatmu, Toppers, mengenai rekomendasi dan contoh novel singkat di atas? Kisahnya yang inspiratif dan alur kisahnya yang menarik tentunya dapat menjadi teman waktu luang yang seru, sekaligus menambah wawasan tentang sejarah dan kehidupan secara umum. Punya wishlist buku atau novel dan sastra tertentu? Cek di Tokopedia aja! Koleksi lengkap mulai dari novel Indonesia, novel remaja, novel terjemahan, buku roman, hingga literatur fiksi, semua ada di Tokopedia.

novel remaja

Isi waktu luang dengan lebih berkualitas dengan buku-buku pilihan terbaik di sini!

Penulis: Nabila Zahra Apriliani

TAGS
    Share icon
    Share

    RELATED ARTICLES

    9 Jenis Olahraga yang Baik Dilakukan Malam Hari & Manfaatnya
    Hobi dan Gaya Hidup
    9 Jenis Olahraga yang Baik Dilakukan Malam Hari & Manfaatnya
    Editor Picks
    30 Tempat Wisata Lembang Terbaru 2022, Populer dan Terfavorit
    30 Tempat Wisata Lembang Terbaru 2022, Populer dan Terfavorit
    Popular Category
      © 2009-2022, PT Tokopedia