• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Tradisi Mudik Lebaran: Sejarah Dan Asal Usulnya

13 April 2022

Share

Tradisi Mudik Lebaran: Sejarah Dan Asal Usulnya

Tradisi mudik sudah ada sejak lama, kamu perlu tahu sejarahnya! Simak sejarah tradisi mudik Lebaran berikut ini.


Tradisi Mudik Lebaran – Siapa yang tak kenal kata mudik? Pastinya masyarakat Indonesia sangatlah paham betul dengan kata mudik. Terlebih, disaat hari Raya Idul Fitri sangatlah identik dengan pulang kampung untuk bertemu sanak saudara di daerah asal. Banyak masyarakat Indonesia berbondong-bondong untuk mencari tiket kereta dan pesawat demi pulang ke kampung halaman. Atau, bisa juga bersama-sama keluarga melakukan perjalanan darat menggunakan kendaraan pribadi atau bus.

article

Dapatkan ribuan pilihan Parsel di Tokopedia Parsel. Harga mulai dari Rp50.000 dan dapatkan gratis ongkir GoSend! Cek sekarang!

Baca juga: Mudik Lebaran dengan Kereta Api? Beli Tiket Mudik-mu di Tokopedia

Tradisi Mudik Lebaran: Sejarah Dan Asal Usulnya

Tradisi mudik sudah berada sejak lama, bahkan kebanyakan dari kalian pasti ingat dulu saat kecil mengikuti tradisi mudik Lebaran ini untuk pulang kampung bertemu keluarga. Tapi, seberapa banyak sih dari kalian yang tahu sejarah dan asal muasal dari tradisi mudik? Ayo kita bahas berikut ini!

Asal Kata “Mudik”

Tradisi Mudik Lebaran

Sumber: Pexels

Nah Toppers, asal mula dari kata tradisi “Mudik” ada beberapa versi, tapi dua-duanya sama-sama menarik! Pertama-tama, kita bahas dulu arti kata mudik.  Wikipedia mengartikan mudik sebagai kegiatan perantau untuk kembali ke kampung halamannya Asal usul dari tradisi mudik yang lebih banyak dipercaya adalah bahwa mudik sudah berada sejak sebelum zaman kerajaan Majapahit. Tradisi mudik dilakukan oleh para petani Jawa, karena pada zaman kerajaan, orang-orang yang merantau akan pulang ke kampung halaman masing-masing untuk membersihkan makam leluhurnya, dan kata “Mudik” merupakan singkatan dari kata Bahasa Jawa. kata ini adalah “mulih dilik” yang berarti pulang kampung sebentar. 

BACA JUGA: Syarat Mudik Lebaran 2022 dan Perbedaannya dengan Syarat Mudik Tahun Lalu

Adapun yang mengatakan bahwa tradisi mudik dan kata “Mudik” berawal dari Betawi yang datang dari kata “menuju udik” yang berarti menuju kampung. Yang pasti, istilah tradisi mudik lebaran baru-baru muncul pada tahun 1970-an ketika Jakarta masih merupakan satu-satunya kota besar di Indonesia. Banyak orang desa yang datang ke jakarta untuk mencari pekerjaan dan mengubah nasib. Dan bagi yang sudah mendapatkan pekerjaan, mereka akan mendapatkan libur panjang yang biasanya jatuh pada hari-hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri. Nah, semenjak itu tradisi mudik lebaran semakin banyak pengikutnya.


Itu dia Toppers sejarah mudik yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu akan mudik kemana nih Toppers? Jangan lupa persiapkan kesehatan dan berbagai kebutuhan untuk mudik agar pulang kampung terasa lebih aman dan nyaman. Lengkapi berbagai kebutuhan mudik-mu dan keluarga bersama Tokopedia!

Share

Pritania AviraPritania Avira

Related Articles

21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Maret 2024
Top List
21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Maret 2024
© 2009-2024, PT Tokopedia