• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Pertama Kali Naik Pesawat? Ini Hal yang Harus Diketahui!

Share

Pertama Kali Naik Pesawat? Ini Hal yang Harus Diketahui!

Cara Naik Pesawat Pertama Kali – Bagi Toppers yang sudah terbiasa traveling naik pesawat, mungkin cara naik pesawat sudah menjadi hal sederhana. Namun, bagi yang baru pertama kali naik pesawat, pengalaman naik pesawat ini bisa jadi sangat membingkunkan, lho.

Tak sedikit orang yang kebingungan cara naik pesawat untuk pertama kali mulai dari proses, cara, hingga persiapan apa saja yang diperlukan. Maka dari itu, kali ini Toped akan mengulas secara detail namun sederhana mengenai cara naik pesawat unuk Toppers yang baru pertama kali naik pesawat!

Baca juga: Tips Traveling yang Harus Diperhatikan agar Liburan Maksimal

Cara & Persiapan Naik Pesawat untuk Pertama Kali

1. Beli Tiket Pesawat & Tambahan Bagasi bila Diperlukan

Untuk bisa naik pesawat, tentu syarat paling mendasar adalah membeli tiket pesawat terlebih dahulu. Untuk pembelian tiket pesawat, Toppers bisa lakukan dengan mudah di Aplikasi Tokopedia dengan membuka pilihan menu “Travel & Entertainment” dan memilih pilihan “Tiket Pesawat“.

Masukkan kota asal dan kota tujuan, jumlah tiket yang diperlukan, serta tanggal keberankatan. Jangan lupa, perhatikan juga lokasi Bandara karena ada beberapa kota yang mungkin saja memiliki lebih dari satu pilihan bandara.

Setelah memilih tiket sesuai dengan kebutuhan, ikuti petunjuk dengan mengisi data dan informasi serta lakukan pembayaran tiket pesawat tersebut. Perlu diingat, bahwa tidak semua tiket perjalanan termasuk bagasi sehingga Toppers yang memiliki barang bawaan cukup banyak mungkin perlu membeli tambahan bagasi yang bisa bisa dilakukan bersamaan dengan pembelian tiket pesawat.

Simpan bukti transaksi dan dalam beberapa saat Toppers akan menerima kiriman tiket elektronik atau e-ticket melalui e-mail yang terdaftar di aplikasi Tokopedia. Unduh tiket elektronik dan simpanlah di gadget yang Toppers miliki atau cetak bila diperlukan.

Cara Naik Pesawat untuk Pertama Kali
Sumber gambar: Pixabay

2. Persiapkan Barang Bawaan sesuai Kapasitas Bagasi

Kini tiket pesawat sudah berada di tangan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan Toppers membawa barang secukupnya dan tidak berlebihan dan yang paling penting sesuai dengan kapasitas bagasi yang dimiliki atau tertera di tiket.

Selain barang bawaan pribadi, barang-barang lainnya yang cukup penting dan perlu dibawa adalah:

  • Kartu Identitas (KTP, SIM, dan sejenisnya)
  • Paspor & Visa untuk perjalanan keluar negeri
  • Tiket pesawat (e-ticket ataupun tiket yang tercetak)
  • Makanan dan minuman seperlunya

Perlu Toppers ketahui juga bahwa ada beberapa barang yang tidak diperkenankan dibawa masuk ke dalam pesawat. Umumnya berikut adalah daftar barang yang tidak boleh Toppers bawa:

No.Nama benda
1Benda bermata pisau dan berujung tajam: pisau, gunting, dan pinset alis.
2Instrumen pemukul (olahraga): tongkat baseball dan golf, raket tenis dan badminton juga dayung
3Benda yang dikategorikan sebagai senjata: pistol, busur beserta anak panahnya, dan replika senjata
4Pemantik dan korek api
5Rokok elektronik
6Material korosif seperti aki kendaraan, benda mengandung merkuri, dan alkali
7Bahan peledak seperti granat dan detonator
8Benda berbahan gas yang berpotensi mengakibatkan ledakan seperti aerosol
9Cairan mudah terbakar seperti thiner dan cat
10Benda padat mudah terbakar seperti petasan dan kembang api
11Benda yang mengandung zak oksidasi seperti peroksida dan bubuk pemutih
12Bahan kimia yang mengandung zat beracun seperti arsenik, sianida, dan segala bentuk pembasmi serangga
13Koper dengan instalasi perangkat alarm, atau dilengkapi baterai lithium dan/atau material piroteknik
14Kendaraan kecil yang menggunakan baterai litium seperti airwheel, solowheel, hoverboard, mini-segway, dan balance wheel
15Alat pelumpuh: pistol pengejut, alat kejut listrik, tongkat pukul listrik, termasuk alat pelumpuh untuk hewan
16Semprotan bela diri: gas airmata dan semprotan asam fosfor

Setiap maskapai penerbangan memiliki peraturan masing-masing yang bisa saja berbeda. Jadi, sebaiknya Toppers juga melakukan pengecekan lebih detail di tiket pesawat ataupun pusat informasi / situs resmi dari maskapai penerbangan terkait.

3. Tiba di Bandara sesuai Terminal Keberangkatan Lebih Awal

Langkah naik pesawat satu ini cukup penting dan tak boleh disepelekan agar Toppers tidak tertinggal jadwal penerbangan. Di hari penerbangan, pastikan Toppers tiba di Bandara setidaknya satu jam sebelum keberangkatan untuk penerbangan dalam negeri atau satu setengah jam untuk penerbangan internasional.

Hal ini dikarenakan Toppers masih perlu melakukan berbagai proses administratif di Bandara untuk bisa mendapatkan “Boarding Pass”. Pastikan juga Toppers tidak salah Terminal karena setiap maskapai penerbangan berada di terminal yang berbeda-beda. Jadi, lakukan pengecekan lokasi terminal keberangkatan sesuai dengan tiket pesawat yang Toppers miliki.

Tibanya di terminal keberangkatan Bandara, jangan lupa persiapkan tiket atau e-ticket untuk ditunjukkan kepada petugas agar bisa memasuki gedung terminal. Setelah itu seluruh barang bawaan Toppers akan di cek menggunakan mesin X-Ray sebelum bisa memasuki Check-In Counter.

Cara Naik Pesawat untuk Pertama Kali
Sumber gambar: Wikimedia

4. Lakukan Check-in

Setelah berada di dalam gedung terminal, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan check-in di “Check-In Counter” sesuai tiket maskapai penerbangan yang Toppers miliki.

Pada saat melakukan check-in Toppers perlu menunjukkan tiket atau e-ticket beserta kartu identitas yang Toppers miliki. Jika Toppers memiliki barang bawaan yang hendak dimasukkan ke dalam bagasi pesawat, maka di “Check-in Counter” inilah barang tersebut akan ditimbang dan didata sebelum kemudian dibawa petugas untuk dimasukkan ke dalam bagasi pesawat. Namun jika Toppers tidak membawa banyak barang dan hanya berupa bagasi kabin, maka proses ini tak perlu Toppers lakukan pada saat checkin.

Petugas akan memberikan Toppers “Boarding Pass” setelah proses check-in selesai yang diperlukan untuk bisa masuk ke dalam pesawat.

5. Tunggu di Ruang Tunggu Sesuai dengan Gerbang Penerbangan

Selanjutnya, Toppers bisa menunggu panggilan untuk “Boarding Time” atau masuk ke dalam pesawat di ruang tunggu bandara. Pilihlah ruang tunggu yang berada di dekat dengan gerbang penerbangan yang tertera di “Boarding Pass” agarToppers lebih mudah ketika “Boarding Time” telah tiba.

Cara Naik Pesawat untuk Pertama Kali
Sumber gambar: Pixabay

6. Boarding Time, Persiapan Boarding Pass dan Identitas

Ketika “Boarding Time” time, akan ada panggilan sesuai dengan nomor penerbangan yang tertera di “Boarding Pass“. Jika penerbanganmu telah dipanggil melalui pengeras suara, Toppers bisa mulai mengantri di gerbang sesuai dengan panggilan untuk memasuki pesawat.

Selain “Boarding Pass” petugas juga akan mengecek kartu identitas. Jadi, jangan lupa persiapkan juga kartu identitas yang kamu miliki, ya.

7. Baca dan Patuhi Peraturan selama Berada di Dalam Kabin Pesawat

Setelah memasuki pesawat, letakkanlah barang bawaan kabin (jika ada) di kabin yang berada di atas tempat dudukmu dan duduklah di tempat duduk yang sesuai dengan nomor tempat duduk yang tertera di “Boarding Pass”.

Kencangkan sabuk pengaman dan duduklah dengan nyaman. Luangkan waktu untuk membaca tata cara keamanan serta peraturan selama berada di dalam pesawat dari brosur atau booklet yang disediakan di bagian depan tempat dudukmu.

Ikuti juga petunjuk yang diberikan oleh para awak kabin dan bertanyalah jika ada hal yang tidak kamu pahami atau jika kamu memerlukan bantuan. Cara naik pesawat satu ini kerap disepelekan, namun hal ini sangatlah penting untuk menjamin keselamatan penerbangan.

8. Waktunya Mendarat, Ambil Bagasi Kabin dan Ikuti Petunjuk Jalan Menuju Pintu Keluar Bandara

Setelah menikmati perjalanan di dalam pesawat, tiba saatnya mendarat. Ikutilah petunjuk dan arahan dari awak kabin hingga pesawat bisa berhasil mendarat di bandara tujuan. Tunggulah hingga awak kabin memberikan arahan untuk mengambil kabin saat pesawat benar-benar telah terparkir sempurna.

Cara Naik Pesawat untuk Pertama Kali
Sumber gambar: Houston Airport System

9. Pengambilan Bagasi

Saat pesawat telah terparkir sempurna, awak kabin akan memberikan arahan untuk penumpang mengambil bagasi kabin dan meninggalkan pesawat melalui pintu keluar yang disediakan.

Ambil bagasi kabin dan ikuti petunjuk arah untuk menuju pintu keluar bandara. Jika Toppers tidak memiliki bagasi selain bagai kabin, maka Toppers sudah bisa keluar dari Bandara dan melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi lainnya sesuai rencana.

Namun, jika Toppers masih memiliki bagasi, ikuti petunjuk arah untuk ke ruang klaim bagasi atau “Baggage Claim” dan tunggulah hingga semua bagasi dikeluarkan dan bagasi yang Toppers miliki diturunkan dan berada di ruang klaim bagasi.

Jangan lupa untuk selalu simpan “Boarding Pass” yang dimiliki karena pada saat pengambilan bagasi ini bisa saja dilakukan pengecekan barang bagasi sesuai dengan “Boarding Pass“.

Baca juga: Tips Packing Untuk Para Pecinta Traveling!

Tak sulit bukan melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Untuk Toppers yang baru pertama kali naik pesawat, tak perlu khawatir dan bingung karena ada banyak sekali petunjuk dan juga pusat informasi di bandara akan siap sedia membantumu. Jadi, jangan malu bertanya jika memang ada sesuatu yang Toppers tidak ketahui atau bingung ketika berada di pesawat ataupun bandara, ya.

Selamat menikmati pengalaman pertamamu terbang dengan pesawat, Toppers!

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!
© 2009-2024, PT Tokopedia