9 Fakta Unik Kota Bandung yang Wajib Kamu Tahu

0
310
https://www.tokopedia.com/hot/perlengkapan-traveling
Sumber gambar: Wikipedia

Fakta Kota Bandung – Berdiri pada 25 September 1810, membuat Kota Bandung berusia 209 tahun di tahun 2019 ini. Di usia yang telah melebihi dua abad ini, Bandung menjadi saksi bisu perjalanan sejarah bangsa dan juga dunia. Banyak momen-momen penting yang pernah terjadi di Kota yang memiliki julukan Kota Kembang ini.

Yuk, kenali lebih dalam mengenai Ibukota dari Provinsi Jawa Barat ini dengan mengulas lebih banyak fakta-fakta unik dari Kota Bandung berikut!

Baca juga: 20 Wisata Kuliner Bandung untuk Kamu Pemburu Kuliner Lezat!

Fakta Kota Bandung

1. Asal Mula Nama Bandung

Dahulu, Kota Bandung terbentuk dari proses terbendungnya Sungai Citarum oleh Lava yang dikeluarkan oleh Gunung Tangkuban Perahu. Daerah yang tebendung inilah yang dipercaya menjadi cikal bakal sebuah kota yang kini dinamakan Bandung yang berasal dari kata “bendung” atau “bendungan”.

Kisah lain mengenai asal nama Kota Bandung berasal dari Filosofi Sunda dimana Bandung berasal dari kalimat yang sakralkan dan luhur yakni, “Nga-Bandung-an Banda Indung”. Kalimat ini memiliki makna segala sesuatu yang berada di alam hidup yaitu di bumi dan atmosfer, baik makhluk hidup maupun benda mati. Sinonim dari banda adalah harta. Indung berarti Ibu atau Bumi, disebut juga sebagai Ibu Pertiwi tempat Banda berada.

Dari Bumi-lah semua dilahirkan ke alam hidup sebagai Banda. Segala sesuatu yang berada di alam hidup adalah Banda Indung, yaitu Bumi, air, tanah, api, tumbuhan, hewan, manusia dan segala isi perut bumi. Langit yang berada di luar atmosfer adalah tempat yang menyaksikan, Nu Nga-Bandung-an. Yang disebut sebagai Wasa atau Sang Hyang Wisesa, yang berkuasa di langit tanpa batas dan seluruh alam semesta termasuk Bumi.

Jadi, kata Bandung mempunyai nilai filosofis sebagai alam tempat segala makhluk hidup maupun benda mati yang lahir dan tinggal di Ibu Pertiwi yang keberadaanya disaksikan oleh yang Maha Kuasa.

Fakta unik Kota Bandung
Museum Konferensi Asia-Afrika | Sumber gambar: Wikipedia

2. Ibukotanya Asia-Afrika

Bersama dengan India, Burma (sekarang Myanmar), Pakistan dan Caylan (sekarang Sri Lanka), Indonesia merupakan salah satu negara pelopor Konferensi Asia Afrika yang berlangsung pada 18-24 April 1955. Dengan tujuan untuk mempererat solidaritas negara-negara di Asia dan Afrika serta melawan kolonialisme barat, Konferensi Asia Afrika kala itu menjadikan Bandung sebagai tuan rumah berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi dihadiri oleh perwakilan 29 negara dari Asia dan juga Afrika.

Konferensi ini melahirkan 10 poin kesepakatan dan juga pernyataan Dasasila Bandung serta menjadi cikal bakal terbentuknya gerakan non-blok pada 1961.

Menjadi saksi sejarah dunia, Kota Bandung dijuluki “Ibukota” dari Asia-Afrika. Meskipun tidak secara resmi, namun dalam pidato Perdana Menteri India kala itu, Jawaharlal Nehru mengatakan bahwa “Bandung adalah Ibukotanya Asia-Afrika”.

Sampai saat ini, Gedung Mereka yang menjadi tempat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika masih berdiri kokoh di Bandung. Salah satu sisi bangunan juga difungsikan sebagai Museum Konferensi Asia-Afrika untuk Toppers yang ingin mempelajari lebih dalam kisah bersejarah ini.

3. Kota Kembang dan Paris Van Java

Selain “Ibukota Asia-Afrika”, banyak julukan lain yang disematkan untuk Kota Bandung. Beberapa yang paling terkenal adalah Bandung sebagai “Kota Kembang” dan “Paris Van Java”. Kedua julukan ini sendiri merujuk pada keindahan dari kota Bandung, terutama di masa lampu ketika Bandung masih banyak dipenuhi pepohonan dan juga bunga-bunga. Paras kota Bandung yang sangat cantik inilah yang membuatnya disebut sebagai “Kota Kembang” dan “Paris Van Java”

Fakta Kota Bandung
ITB | Sumber gambar: Institut Teknologi Bandung

4. Perguruan Tinggi Teknik pertama di Bandung

Fakta Kota Bandung memang tak terlepas dari sejarah-sejarah penting yang pernah terjadi di kota ini. Salah satunya adalah berdirinya Techinsche Hoogenschool the Bandoeng yang dibuka pada 3 Juli 1920, menjadikannya Perguruan Tinggi pertama yang ada di Indonesia yang dahulu lebih dikenal sebagai Hindia Belanda.

Perguruan tinggi ini kini telah berganti nama menjadi Institut Teknologi Bandung, salah satu perguruan tinggi negeri tertua dan terbaik yang ada di Indonesia. Bersama dengan perguruan tinggi lainnya di Bandung, yakni Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati membuat Bandung menjadi Kota yang memiliki perguruan tinggi terbanyak di Indonesia.

Tak heran bila Bandung kerap dijadikan tujuan calon mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi.

5. Bandung Lautan Api

Momem bersejarah lainnya yang pernah terjadi di Bandung adalah peristiwa Bandung Lautan Api. Terjadi pada 23 Maret 1946, sekitar 200.000 penduduk Bandung kala itu membakar semua rumah mereka dan meninggalkan kota Bandung yang telah menjadi lautan api ke daerah pegunungan di selatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa sejarah yang sangat heroik ini masih terus diingat hingga saat ini. Toppers juga bisa menyempatkan diri mengunjungi Monumen Bandung Lautan Api di Jl. Bkr, Ciateul yang dibangun guna mengenang momen bersejarah tersebut.

Fakta Kota Bandung
Monumen Bandung Lautan Api | Sumber gambar: Flickr

6. Kota Film

Tak hanya menjadi Kota tempat peguruan tinggi pertama kali dibangun, fakta Bandung yang tak kalah menarik lainnya adalah film Indonesia pertama yang dibuat, ditayangkan pertama kali di Kota Bandung, yakni film “Lutung Kasarung” pada 31 Desember 1929.

Kota Bandung juga sangat lekat dengan dunia perfilman di Indonesia. Sejak 1987, Festival Film Bandung diselenggarakan dan menjadi salah satu ajang penghargaan industri perfilman yang bergengsi. Meski sempat dilarang pada masa Orde Baru, hingga kini Festival Film Bandung masih terus diselenggarakan setiap tahunnya.

7. Pusat Fashion

Fakta Kota Bandung selanjutnya ini sudah menjadi rahasia umum, khususnya bagi pecinta fashion. Sudah sejak lama Bandung menjadi salah satu pusat fashion di Indonesia. Berbagai brand-brand terkenal luar negeri bisa ditemukan di Kota ini. Tak hanya itu, banyak juga brand lokal berkualitas yang lahir di Kota Bandung.

Hal lain yang paling terkenal dari fakta Bandung satu ini adalah harga dari produk-produk fashion ini yang relatif lebih murah, menjadikan Bandung sebagai salah satu destinasi wisata belanja favorit.

Wisata Kuliner Bandung

8. Surga Kuliner

Selain tujuan wisata belanja, Bandung juga merupakan tujuan wisata kuliner yang sangat populer di Indonesia, lho. Tak cuma bisa berburu kuliner khas Sunda sepuasnya, banyak juga kuliner kekinian yang unik lahir dari kreativitas penggiat kuliner di kota ini, lho!

Sebut saja jajanan seblak, cireng, cimol, gehu, cuanki, batagor, dan berbagai jajanan populer lainnya bisa Toppers buru ketika berkunjung ke Bandung.

9. Kota Wisata

Bukan hanya karena kuliner dan juga wisata belanja saja yang menjadi alasan Bandung sebagai tujuan wisata populer. Bandung sendiri menyimpan banyak sekali pesona wisata yang sangat menarik untuk dieksplorasi. Mulai dari Tangkuban Perahu, Trans Studio Bandung, Tebing Keraton, kawasan Braga, berbagai Museum hingga banyak pilihan wisata alam lainnya bisa Toppers temukan di Bandung. Tak heran Bandung menjadi salah satu pilihan liburan favorit khusunya bagi masyarakat Jabodetabek.

Baca juga: Pilihan Oleh-oleh Khas Bandung untuk Keluarga Tercinta

Itulah berbagai fakta unik Kota Bandung yang sudah sangat populer. Kota Bandung sendiri merupakan Kota Metropolitan terbesar di Jawa Barat dan menempati peringkat ketiga di Indonesia dengan popularitas yang sangat tinggi tak kalah dari Ibukota Jakarta.

Makin tertarik dengan Ibukota Periangan satu ini? Yuk, temukan lebih banyak fakta-fakta Kota Bandung lainnya dengan menelusuri langsung setiap sudut kota Bandung!

Dan, agar rencana traveling ke Bandung jadi lebih praktis, Toppers bisa gunakan aplikasi Tokopedia untuk pesan tiket pesawat, tiket kereta, hingga tiket hiburan dan booking hotel! Tak hanya itu, berbagai pilihan perlengkapan traveling terbaik juga bisa ditemukan dari jutaan toko online yang ada di Tokopedia.

Bagikan Artikel