Jadi Tuan Rumah Asian Games, Inilah 7 Fakta Unik Kota Palembang!

441
Fakta Kota Palembang
Sumber gambar: Flickr

Fakta Kota PalembangPalembang merupakan ibu kota dari Provinsi Sumatera Selatan yang namanya kini tengah naik daun karena menjadi tuan rumah Asian Games 2018 bersama Ibu Kota Jakarta.

Namun, ternyata ini bukan kali pertama bagi kota yang dibelah oleh sungai Musi menjadi tuan rumah acara bertaraf Internasional. Pada tahun 2011, Kota Palembang juga sukses sebagai tuan rumah SEA Games.

Lalu, fakta menarik apa saja yang mungkin belum Toppers ketahui mengenai kota yang dikenal sebagai asal dari kuliner populer, pempek? Yuk, kulik lebih banyak fakta kota Palembang yang jarang diketahui orang berikut!

Baca juga: Mengenal 10 Jenis Pempek Asli Palembang Terpopuler

Fakta Unik Kota Palembang

1. Palembang: Kota Paling Tua di Nusantara

Fakta unik kota palembang
Sumber gambar: Wikipedia

Telah ada dan berdiri sejak abad 682 Masehi, Kota Palembang merupakan kota paling tua yang ada di Indonesia, bahkan mungkin di dunia! Faktanya Kota Palembang memang telah ada keberadaannya sejak Kerajaan Sriwijaya bediri. Hal ini bisa dilihat dari beberapa bukti sejarah seperti arca dan prasasti yang ditemukan di Palembang dan sekitarnya yang menunjukkan bahwa Kota Palembang telah ada sejak abad 682 yang lalu.

2. Kota Venesia dari Timur

Berdasarkan informasi dari Wikipedia, nama Kota Palembang berasal dari bahasa Melayu “Pa” yang berarti tempat atau situasi, dan “Lembang” yang berarti tergenang atau dibanjiri air sepanjang waktu.

Hal ini merujuk pada keadaan kota Palembang pada masa lalu yang bersungai-sungai dan didominasi daratan Rawa. Peradaban dan pemukiman dahulu yang berpusat pada aliran sungai ini membuat kota Palembang sering dijuluki juga Venesia dari Timur.

jembatan ampera tempat wisata di palembang

3. Pusat dari Kerajaan Sriwijaya

Seperti yang diulas pada fakta Kota Palembang sebelumnya, Kota Palembang merupakan salah satu pusat dari kerajaan Sriwijaya, sebuah kerajaan raksasa pada masa lampau yang kekuasaannya meliputi hingga Kamboja, Semenanjung Malaya, Thailand Selatan, Sumatera, san sebagai pulau Jawa.

Setelah runtuh dan ditemukan kembali pada 1918 melalui publikasi dari sejarawan asal Perancis, George Coedes, banyak bukti-bukti sejarah yang ditemukan dan tak sedikit yang merujuk Palembang sebagai salah satu pusat dari kerajaan ini.

tiket kereta api

4. Nama Asli Jembatan Ampera

Fakta bahwa Jembatan Ampera merupakan ikon dari Kota Palembang mungkin sangatlah lazim dan sudah diketahui banyak orang. Namun, tak banyak yang mengetahui bahwa awalnya, nama asli dari jembatan yang sangat termasyur pada masanya ini bukanlah Jembatan Ampera.

Untuk memberikan penghargaan terhadap proklamator dan Presiden Republik Indonesia yang pertama, awalnya jembatan ini diberi nama Jembatan Bung Karno. Pergolakan politik pada tahun 1966-lah yang akhirnya menggubah nama jembatan ini menjadi Jembatan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat).

Baca juga: 7 Fakta Jembatan Ampera yang Perlu Kamu Tahu!

5. Al-Quran Terbesar di Dunia

Fakta menarik Kota Palembang selanjutnya adalah keberadaan Al-Quran raksasa yang diklaim sebagai Al-Quran terbesar di dunia. Berukuran 177 x 140 x 2,5 cm dengan ketebalan keseluruhan beserta sampul 9 meter, pembuatan dari Al-Quran raksasa ini memakan biaya hingga 2 Miliar rupiah, lho!

Toppers bisa melihat Al-Quran raksasa yang dipahat di media kayu tembesu ini di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus, Palembang.

6. Kaya Akan Makanan Lezat yang Ikonik

Salah satu ciri khas dari Kota Palembang adalah kekayaan kuliner yang sangat digemari masyarakat bahkan di berbagai wilayah di luar Palembang. Sudah bukan fakta baru lagi jika Pempek Palembang merupakan salah satu makanan yang disukai masyarakat seantero Nusantara.

Namun, selain pempek, masih ada banyak pilihan kuliner makanan asal Palembang yang populer seperti Pindang Patin, Tekwan, Kemplang, Mie Celor, dan berbagai ragam kuliner tradisional menarik lainnya.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

BACA JUGA: 15 MAKANAN KHAS PALEMBANG LEZAT SELAIN PEMPEK

7. Kota Terkotor Indonesia yang Menjelma Menjadi Kota Terbersih Se-ASEAN

Fakta Kota Palembang
Sumber gambar: Flickr

Meskipun kini terkenal karena telah mampu menjadi tuan rumah terselenggaranya event berskala Internasional, siapa sangka jika Palembang dahulu pernah disebut sebagai kota terkotor di Indonesia pada tahun 2005.

Namun, tentu hal ini sudah menjadi masalah di masa lalu karena setelah berbenah diri Kota Palembang kemudian menyaber Piala Adipura sebanyak 11 kali, bahkan dua kali menyabet gelar sebagai kota Terbersih di ASEAN, lho! Membanggakan sekali bukan ibukota Sumatera Selatan ini.

Baca juga: 9 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan saat Liburan ke Palembang!

Itulah berbagai fakta kota Palembang unik yang mungkin jarang diketahui. Nggak cuma prestasi, ternyata Palembang juga memiliki sejarah yang panjang, bukan. Jadi lebih bangga bukan dengan salah satu kota metropolitan di Indonesia!

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel