Wisata Simpel di Kota Apel

205

oleh Devki Firmansyah – Nakama Tokopedia

Berkunjung ke kota Batu di Jawa Timur kurang lengkap kalau belum mencoba sensasi petik apel langsung dari kebunnya. Wisata petik apel ini memang menjadi salah satu kegiatan favorit di kalangan wisatawan.

Ada banyak lokasi petik apel yang ditawarkan, sebagian besar dikelola oleh kelompok tani setempat yang bisa ditemui di sepanjang jalan raya Bukit Berbunga tepatnya ke arah utara dari kota Batu. Salah satu rekomendasi wisata petik apel yang cukup familiar, yaitu Kelompok Tani Makmur Abadi (KTMA).

Baca Juga: Memeluk Awan Dari Omah Kayu Batu Malang

Untuk masuk ke kebun apel milik KTMA kita harus membeli tiket yang disediakan oleh KTMA, lokasinya cukup mudah yaitu di depan pertigaan jalan menuju Taman Wisata Selecta tepatnya di kanan jalan dari arah kota Batu. Setelah membeli tiket kita akan diantar oleh petugas dari KTMA untuk menuju kebun apel yang siap panen.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Sebagai info, akses menuju kebun apel ini jalannya sangat sempit, agak sulit kalau menggunakan roda empat. Tapi jangan khawatir, karena disini ada petugas yang mengatur keluar masuk kendaraan jadi bisa bergantian karena lahan parkir cukup sempit. Harga tiket masuk kebun wisata petik apel KTMA cukup terjangkau hanya Rp 20.000 dan tentunya bisa makan apel sepuasnya disana.

Liburan ke Kota Batu
Sumber Gambar: Dokumentasi pribadi penulis

Sampai di pintu masuk kebun apel kita akan disambut ramah oleh petugas dari KTMA dan diberikan segelas minuman sari apel yang sangat menyegarkan. Selain itu kita juga diberikan kantong plastik dan pisau untuk memetik apel. Selanjutnya kita akan naik ke atas karena memang lokasi kebun apel ini berada di perbukitan sehingga bentuknya bertingkat dari pintu masuk hingga ke belakang.

Kita tak perlu bingung memilih apel mana yang bisa dipetik dan rasanya manis, karena petugas akan memberi arahan melalui pengeras suara untuk menjelaskannya. Menurut penjelasan petugas, apel yang berwarna hijau rasanya lebih manis, sedangkan yang berwarna merah cenderung kecut.

Baca Juga: 12 Makanan Khas Surabaya, Jawa Timur dan Sekitarnya

Selama di kebun apel kita bebas makan apel sepuasnya, tapi ingat jangan terlalu berlebihan juga ya. Apel yang berwarna hijau dan besar biasanya ada di ujung pohon paling atas, jadi butuh perjuangan untuk memetiknya. Soal rasa, sudah jelas beda banget dibanding apel-apel yang dijual di pasar atau supermarket. Selain lebih fresh ternyata kebun apel ini juga bebas dari pestisida, jadi lebih aman untuk dikonsumsi.

Di sini juga disuguhkan pemandangan pegunungan yang menyegarkan mata, dari posisi paling atas kita bisa menikmati pemandangan kota Batu dari kejauhan ditambah suasana sejuk sambil menikmati manisnya apel, lengkap rasanya.

Liburan ke Kota Batu
Sumber Gambar: Dokumentasi pribadi penulis

Selain makan apel sepuasnya, kita juga bisa membawa pulang apel yang sudah kita petik dan ditimbang sesuai keinginan kita mau ambil berapa kilo. Harga yang dibandrol waktu itu Rp 25.000 per kilonya, termasuk murah dengan pilihan apel segar hasil petik sendiri.

Pengunjung tidak dibatasi mau beli berapa pun, tapi ingat jangan terlalu banyak juga karena berat bawanya. Jangan lupa untuk mengabadikan momen petik apel disini karena sayang banget untuk dilewatkan. Tak perlu berlama-lama keliling kebun apel ini, paling tidak 1-2 jam sudah cukup untuk menambah pengalaman seru dan sensasi makan apel langsung dari pohonnya, dijamin gak akan mengecewakan.

Selain buah apel segar, KTMA juga menjual berbagai olahan apel seperti keripik, sari apel, dan juga souvenir khas kota Batu bahkan bibit apel pun ada di sini.

Jadi, buat kalian yang mau berkunjung ke kota Batu jangan lupa masukkan wisata petik apel ini ke dalam list destinasi wisata kalian, sebagai bukti kalian pernah ke kota Apel.

tiket kereta api

Bagikan Artikel