18 Kuliner Khas Bali yang Wajib Dicicipi di Pulau Dewata

0
1929
kuliner khas bali

Makanan khas Bali – Walaupun Bali terkenal dengan objek wisata pantainya dan dengan airnya yang sangat bening, sebening kristal, tapi Bali juga memiliki berbagai kuliner khas yang enggak boleh kamu lewatkan lho! Berbagai makanan khas Bali yang enak dan bergizi dengan bumbu-bumbu khusus yang berbeda dengan bumbu dan rasa lainnya. Kamu dijamin akan ketagihan dan kangen untuk memakan berbagai makanan Bali ini!

Mau tahu apa saja kuliner khas Bali yang wajib kamu coba saat mampir ke Pulau Dewata dan enggak boleh kamu lewatkan ini? Yuk, cek beberapa rekomendasi hidangannya berikut ini:

Baca juga: 15 Tempat Wisata di Bali selain Pantai yang Nggak Kalah Indah

Kuliner & Makanan Khas Bali

1. Lawar Kuwir

kuliner khas bali
Sumber gambar: Perut Gendut

Lawar merupakan campuran sayur-sayuran dan daging cincang dan ditambah dengan bumbu khas Bali. Pada umumnya kuliner khas Bali ini diolah dengan menggunakan campuran daging babi, namun ternyata bebek entog (kuwir) juga menjadi daging alternatif yang di favoritkan oleh masyarakat Bali karena bisa dinikmati oleh siapa saja.

Daging entog yang sudah dicincang lalu dicampur dengan potongan-potongan sayur kacang panjang, serta parutan kelapa dan dilumuri bumbu Bali. Lawar Kuwir ini lebih lezat dan pas jika Toppers Santap bersama nasi putih hangat bersama sate lilit, kacang tanah, suwiran Ayam Betutu, dan semangkok jukut ares (sayur batang pisang).

2. Nasi Campur Ayam Bali

makanan khas bali - nasi campur ayam
Sumber gambar: Maxpixel

Ingin menikmat beragam makanan khas Bali dalam satu piring saja? Bisa! Toppers bisa mencoba nasi campur ayam khas Bali yang terdiri dari sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu Basa Genep Bali, sayur urap, dan lawar ayam siap dilengkapi dengan nasi putih hangat. Ditambah dengan sambal matah dan sambal embe khas Bali, kuliner khas Bali ini akan membuatmu susah untuk berhenti makan.

3. Ayam Betutu

wisata kuliner bali - ayam betutu khas gilimanuk
Sumber gambar: Travel Kompas

Siapa tak kenal hidangan ayam khas Bali satu ini? Menu yang satu ini enggak boleh dilewatkan dalam daftar wisata kuliner Toppers di Bali karena ini sudah menjadi ikon makanan khas Bali. Buat Toppers yang suka masakan pedas, bersiap untuk dimanjakan dengan Betutu yang berlimpahkan rempah-rempah dengan tekstur pedas dan bikin ketagihan!

Bumbu khas Bali tersebut dimasukan ke bagian dalam perut ayam kampung, dan dagingnya dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang menggunakan bara api sekam yang memakan waktu hingga 24 jam, agar bisa menghasilkan rasa gurih, lembut dan pedas yang otentik lho!

4. Sate Lilit

kuliner khas bali - sate lilit
Sumber gambar: Wikimedia

Sate khas Bali ini unik banget karena pada umumnya yang dagingnya ditusuk, Sate Lilit ini justru dibuat dengan cara di lilit. Sebelumnya, daging akan dicincang halus terlebih dahulu dan di campur dengan bumbu Bali.

Lalu, di lilitkan di batang daun serai atau tangkai bambu. Rasanya di jamin empuk, gurih, dan kaya akan bumbu lezat! Apalagi karena makanan khas Bali ini menggunakan batang daun serai, Toppers akan mencium aroma wangi yang harum dan menggiurkan.

5. Serombotan

makanan khas bali - serombotan
Sumber gambar: Tribunnews

Toppers menyukai sayur-sayuran yang sehat dan segar? Serombotan ini wajib dicoba kalau sedang berkunjung ke Bali! Kuliner khas Klungkung ini menyajikan campuran sayur-sayuran seperti kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, terong bulat, tauge, dan pare.

Bumbu khas dari kuliner khas Bali ini dikenal dengan nama Kalas, yaitu semacam santan berisi campuran kunyit tumbuk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kencur. Bumbu ini dikombinasikan lagi dengan bumbu kacang dan bumbu pedas.

6. Tum Ayam

Sederhananya, kuliner khas Bali satu ini adalah pepes namun dengan bahan baku yang berbeda, yakni daging ayam cincang yang diolah bersama bumbu-bumbu khas Bali, kemudian dibungkus daun pisang sebelum dikukus hingga matang. Alternatif lainnya, terkadang masakan Bali ini menggunakan daging bebek yang tak kalah lezat, lho.

Baca juga: 6 Pantai Tersembunyi di Bali Ini Memiliki Pesona yang Sayang Untuk Dilewatkan

7. Nasi Jinggo

wisata kuliner bali - nasi jinggo
Sumber gambar: Wikimedia

Mau mencoba makanan khas Bali yang murah meriah? Nasi Jinggo bisa dijadikan pilihan tepat dan lezat buatmu! Salah satu yang khas dari Nasi Jinggo Bali ini yaitu kemasannya yang dibungkus oleh daun pisang dan sambalnya yang super pedas.

Kuliner khas Bali disajikan hanya sekepalan tangan orang dewasa, dan lauk pauknya umumnya terdiri dari daging ayam suwir, mie goreng, dan tempe goreng. Dijamin satu bungkus Nasi Jinggo ini enggak cukup buatmu karena bikin nagih terus!

8. Tipat Blayag

tipat blayag makanan khas bali
Sumber gambar: Sumber

Bentuk dari kuliner khas Bali selanjutnya ini mirip dengan lontong yang dililit memanjang dengan janur muda atau daun enau muda. Berbeda dengan tipat cantok yang menggunakan bumbu kacang, Blayag menggunakan bumbu yang berasal dari olahan tepung beras dan campuran bumbu bali.

Tekstur bumbu dari makanan khas Bali yang kental mirip santan ini akan berasa lebih lezat kalau Toppers nikmati dengan potongan-potongan sayur urab, ayam sisit, gorengan ceker ayam, kerupuk kulit ayam, dan kacang kedelai.

9. Bagiak Khas Bali

camilan khas bali - bagiak
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Jika Toppers mencari makanan ringan khas Bali untuk camilan tradisional atau oleh-oleh, Bagiak ini merupakan salah satu camilan yang enak dan pas dengan harga yang terjangkau.

Panganan khas asal Bali memiliki berbagai macam rasa seperti jahe, kacang, susu dan kayu manis. Bagiak dibuat menggunakan tepung sagu dan memiliki rasa yang agak manis dengan tekstur yang renyah. Bagiak berbentuk bulat panjang kurang lebih sejempol orang dewasa. Pertama dipegang akan terasa keras, tapi saat mulai masuk ke mulut akan terasa renyah dan lembut mudah dimakan.

10. Jaja Wajik

kue khas bali - jaja wajik
Sumber gambar: Wikipedia

Hingga kini, jajanan tradisional khas Bali ini masih tetap eksis dan bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko penjual oleh-oleh di Bali. Kue ini juga masih disukai banget oleh masyarakat Bali, karena rasanya yang manis dan legit. Jaja ini merupakan istilah dalam bahasa Bali yang artinya jajan atau panganan.

Makanan tradisional khas Bali ini juga biasanya selalu ada saat acara pernikahan, karena cocok untuk dijadikan sebagai camilan atau pelengkap makanan saat pesta.

11. Rujak Bulung Khas Bali

makanan khas Bali - Rujak bulung
Sumber gambar: Wikipedia

Nah, kuliner khas Bali yang satu ini beda banget dari rujak-rujak lainnya yang pernah Toppers makan karena terbuat dari rumput laut sehingga anti mainstream. Bulung ini sendiri artinya rumput laut. Rujak ini juga diminati banget karena mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Selain kaya akan serat, rumput laut juga membantu mendetoks tubuh dengan kandungan klorofil-nya yang tinggi.

Makanan khas Bali ini biasanya ditambah parutan kelapa yang sudah dibakar terlebih dahulu. Lalu, diberi parutan lengkuas dan bumbu yang sudah diulek.

12. Sate Plecing

Berbicara soal sate khas Bali, tak cuma Sate Lilit saja, lho. Masih ada Sate Lilit, kuliner khas Bali yang tak kalah menarik untuk dicicipi. Diolah dari kombinasi daging ayam dan ikan laut, ciri khas dari makanan khas Bali satu ini adalah bumbu plecing-nya yang pedas dan terasa segar karena dicampur dengan perasan air jeruk limau.

Baca juga: Lagi Liburan ke Bali? Jangan Lupa Beli 10 Oleh-Oleh Khas Bali yang Terkenal Ini

stop kontak traveling

13. Tipat Cantok

makanan khas bali - tipat cantok
Sumber gambar: Wikipedia

Kuliner khas Bali ini mungkin masih terdengar asing, tapi makanan khas Bali ini unik banget dan mudah kita temukan di seluruh wilayah Bali. Bahkan, kamu bisa mendapatkan tipat cantok ini di hotel berbintang, tapi penyajiannya pasti berbeda. Dalam bahasa Bali, tipat berarti ketupat, sementara cantok berarti diuleg atau dihaluskan.

Untuk isiannya, tipat cantok biasanya memakai kacang panjang, tauge, dan kangkung. Supaya rasanya lebih nikmat, sayur dan tipat yang sudah ditata di piring disiram atau dicampur dengan bumbu kacang diatasnya.

14. Bubur Mengguh

Makanan khas bali - bubur mengguh
Sumber gambar: Perut Gendut

Makanan khas Bali berupa bubur satu ini yang wajib Toppers cicipi juga. Bubur Mengguh ini berasal dari daerah Bali utara (Buleleng) dan sering disajikan saat upacara adat. Bubur ini bisa disantap untuk sarapan ataupun makan siang dan malam, dan terbuat dari beras dan santan yang disajikan dengan ayam suwir yang dibumbui lalu disiram kuah ayam kental dan urap sayur yang disajikan terpisah. Rasanya komplit dengan perpaduan gurih dan agak pedas dengan renyahnya sayur urap dijamin bikin mau nambah terus!

15. Berengkes

kuliner bali - berengkes
Sumber gambar: Wikipedia

Makanan khas Bali lainnya yang wajib Toppers coba yaitu berengkes apalagi bagi kamu yang suka dengan masakan ikan. Berengkes ini mirip dengan pepes dan berbahan dasar ikan dan diberi bumbu akan dibungkus menggunakan daun pisang.

Ikan yang sudah dibungkus tersebut akan dikukus hingga matang. Rasa pedas dan gurih dari makanan ini akan semakin lebih lezat dan mengenyangkan jika disajikan bersama dengan sepiring nasi hangat.

16. Gerang Sambel Bawang

gerang sambal bawang makanan khas bali
Sumber gambar: Cookpad

Makanan khas Bali selanjutnya ini memang sederhana tapi nikmat dan bisa buat Toppers ketagihan terus. Masakan sambal bawang ikan teri ini menggunakan irisan bawang dan cabai, lalu diaduk rata bersama dengan ikan teri goreng. Sambal ini akan lebih enak disajikan dengan berbagai lauk dan nasi putih agar makan menjadi lebih enak dan lahap.

17. Nasi Sela Bali

makanan khas bali
Sumber gambar: Femina

Makanan khas Bali ini terkenal banget di kawasan pedesaan di Bali, tapi sekarang enggak hanya masyarakat pedesaan saja yang menyukai sela, bahkan masyarakat kota juga menyukainya. Kuliner khas Bali ini juga dikenal dengan nama nasi ubi, dan merupakan campuran antara nasi dan sela yang memberikan cita rasa khas, selain itu juga baik bagi kesehatan.

Dengan metode pengolahan yang lebih modern dan maju, penyajian nasi sela dalam rasa paket juga lebih enak. Nasi sela ini banyak disuguhkan dalam nasi bungkus, di restoran-restoran khas Bali atau di tempat makan lainnya.

18. Pie Susu

Liburan di Indonesia? Ini Dia Deretan Oleh-Oleh yang Harus Kamu Bawa Saat Kembali Ke Luar Negeri!
Jalan-jalan ke Bali tentunya nggak asik kalau belum beli pie susu Bali. Sekarang udah nggak usah jauh-jauh ke Bali untuk beli pie susu Bali. Di Tokopedia banyak kok yang jual.

Untuk oleh-oleh, makanan khas Bali satu ini kerap menjadi pilihan utama para wisatawan yang berkunjung ke Bali. Tak hanya karena praktis dan mudah ditemukan, pie susu memang terkenal akan rasa manisnya yang lezat. Buat yang bingung makanan khas Bali seperti apa yang bisa dijadikan buah tangan, Pie susu bisa jadi pilihan paling mudah untukmu.

Baca juga: 7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Labuan Bajo

Memang kurang lengkap dan sayang rasanya liburan di Bali kalau belum mencicipi kuliner khas Bali yang memiliki cita rasa unik. Masakan Bali memiliki daya tarik tersendiri karena selalu di racik dengan bumbu rempah-rempah yang kuat dan menggoda selera. Ada rencana mau berkunjung ke Bali, Toppers? Makanan khas Bali apa yang mau kamu coba nanti?

Tiket Pesawat Tokopedia

Bagikan Artikel