12 Kuliner Khas Balikpapan yang Wajib Kamu Cicipi Kelezatannya

207
Makanan Khas Balikpapan
Sumber gambar: Tribunnews

Makanan Khas Balikpapan – Balikpapan merupakan salah satu kota terbesar di Kalimantan Timur yang nggak cuma terkenal akan kotanya yang maju, tapi juga ragam kuliner khas yang menggoda selera.

Mampir ke Balikpapan, tentu nggak akan lengkap tanpa mencicipi ragam makanan tradisional khas Balikpapan yang memiliki cita rasa unik dan menarik.

Yuk, cari tahu lebih banyak kuliner khas Balikpapan yang bisa melengkapi perjalananmu selama di Balikpapan

Baca juga: 12 Macam-macam Sambal Khas Indonesia yang Bikin Makanan Tambah Nikmat

Kuliner Tradisional Khas Balikpapan

1. Roti Mantau

Makanan Khas Balikpapan
Sumber gambar: Ramenia Mesin

Jika roti pada umumnya di panggang, roti mantau khas Balikpapan ini dibuat dengan cara digoreng. Berbeda juga dengan roti yang biasa bercitarasa manis, makanan khas Balikpapan satu ini justru disajikan bersama saus balado ataupun saus lada hitam yang gurih.

Kerap menjadi pilihan menu sarapan, roti mantau khas Balikpapan ini juga kerap disajikan bersama daging kambing ataupun sapi. Tertarik cicipi uniknya panganan khas Balikpapan ini?

2. Pisang Gapit

Makanan Khas Balikpapan
Sumber gambar: Detik

Pisang gapit atau pisang jepit adalah kuliner khas Balikpapan yang populer dan wajib Toppers coba saat singgah ke kota ini. Olahan kuliner pisang ini dibuat dengan proses dibakar dan dijepit dengan kayu hingga matang.

Pisang gapit ini kemudian disajikan bersama siraman sausmanis yang terbuat dari gula merah, santan, dan potongan buah nangka segar. Cita rasanya yang lezat membuat camilan khas Balikpapan ini kerap menjadi teman menyeruput teh hangat di sore hari.

Makanan Ringan

3. Bubur Gunting

Panganan tradisional khas Balikpapan selanjutnya adalah kuliner olahan dari tepung ketan. Makanan khas Balikpapan satu ini dijuluki bubur gunting karena proses pembuatannya dimana adonan dari makanan ini digunting-gunting sebelum dimasak bersama rebusan kuah santan dan gula merah.

Cita rasa manis dari bubur gunting paling enak disantap saat kuliner ini dalam keadaan hangat.

4. Abon Kepiting

Makanan Khas Balikpapan
Sumber gambar: Ide Traveling

Jika biasanya abon yang beredar di pasaran terbuat dari daging sapi ataupun ayam, di Balikpapan Toppers bisa mencicipi varian abon lainnya, yaitu abon Kepiting.

Cita rasa gurih membuat abon Kepiting sangat terkenal. Daya tahannya yang cukup baik juga menjadikan makanan khas Balikpapan ini kerap jadi pilihan buah tangan bagi para pelancong yang tengah singgah di kota Balikpapan.

5. Peyek Kepiting

Makanan Khas Balikpapan
Sumber gambar: Flickr

Berbicara mengenai makanan khas Balikpapan memang identik dengan olahan kepiting. Selain abon kepiting, kuliner asal Balikpapan adalah peyek Kepiting.

Dengan tekstur yang renyah dan rasa daging kepiting yang gurih, camilan ini pas untuk jadi teman minum teh ataupun kopi disaat santai. 

6. Onde-Onde Ubi Ungu

Makanan Khas Balikpapan
Sumber gambar: MasihBaru

Camilan khas Balikpapan selanjutnya yang bisa Toppers cicipi saat bertandang ke Balikpapan adalah Onde-Onde. Berbeda dengan Onde-Onde yang biasanya menggunakan kacang hijau, Onde-Onde khas Balikpapan ini terbuat dari ubi ungu. Penasaran seperti apa rasa dari makanan khas Balikpapan satu ini? Cicipi langsung saja!

Baca juga: 13 Destinasi Wisata Kuliner di Makassar Paling Recommended!

7. Nasi Bakar Seafood

Makanan Khas Balikpapan
Sumber gambar: Tribunnews

Balikpapan memang kaya akan hasil lautnya. Tak heran banyak kuliner khas Balikpapan yang terbuat dari bahan baku seafood. Salah satunya adalah nasi bakar Seafood.

Dengan rasa gurih yang lezat, makanan khas Balikpapan ini dilengkapi dengan udang, ikan, ataupun kepiting yang akan memanjakan kamu para penggemar hidangan laut.

8. Bingka Kentang

Bingke - Oleh-Oleh Khas Pontianak
Sumber gambar: Tribunnews

Kalimantan memang identik dengan kuliner Bingka. Jika berkunjung ke Balikpapan, salah satu Bingka khas dari kota ini yang bisa Toppers temukan adalah Bingka Kentang. Disebut demikian memang karena salah satu bahan baku utama dari makanan tradisional khas Balikpapan ini adalah kentang.

Dengan cita rasa asli yang manis, kini Bingka kentang telah dibuat menjadi berbagai varian rasa mulai dari cokelat, gula merah, hingga pisang dan keju. 

9. Amplang

Kuliner khas Balikpapan selajutnya yang bisa Toppers cicipi adalah Amplang. Menyerupai kerupuk, panganan renyah ini terbuat dari bahan dasar ikan seperti ikan tenggiri, gabus ataupun belida dan tepung sagu.

Nggak cuma renyah dan gurih, kini amplang khas Balikpapan juga dibuat dalam berbagai rasa seperti ayam bawang, BBQ, lada hitam, dan berbagai varian rasa favorit lainnya.

Keripik Singkong

10. Keripik Iron

Selain Amplang, ada camilan renyah lainnya yang bisa temani Toppers saat bertualang di kota Balikpapanm yaitu keripik Iron. Keripik singkong khas Balikpapan ini memiliki tekstur sangat renyah dan rasa gurih. Pilihan pas untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Balikpapan.

11. Bakpia Khas Balikpapan

Oleh-oleh khas asal Aceh
Sumber gambar: Tokopedia

Di beberapa daerah Indonesia memang sangat mudah ditemukan kuliner satu ini. Begitupun di Balikpapan. Bakpia adalah salah satu makanan yang bisa Toppers temui dengan mudah di Balikpapan.

Dari segi rasa dan tekstur, Bakpia ini menyerupai kuliner Bakpia pada umumnya. Namun, karena begitu populer, Bakpia Balikpapan ini kerap dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke kota Balikpapan.

12. Mie Hijau

Makanan Khas Balikpapan
Sumber gambar: Tempo

Jika Toppers merupakan penggemar kuliner bakmi, maka bakmi hijau khas Balikpapan ini wajib Toppers coba. Dengan campuran sayur mayur yang memberikan warna hijau pada adonan mie, tentu mie satu ini akan terasa berbeda dengan bakmi pada umumnya.

Ditambah toping ayam ataupun kepiting, kuliner khas Balikpapan ini wajib masuk daftar makanan yang wajib dicicipi saat traveling ke Balikpapan. 

Baca juga: Manjakan Lidah dengan 15 Tujuan Wisata Kuliner Padang Favorit

Banyak sekali bukan pilihan makanan tradisional khas Balikpapan yang bisa Toppers cicipi. Yuk, segera persiapkan perlengkapan traveling kamu dan mulai petualangan kuliner khas Balikpapan bersama sahabat-sahabatmu!

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel