Kulineran Seru: 7 Makanan Khas Dumai Favorit!

48
Sumber gambar: Pekanbaru Post

Makanan Khas Dumai – Dumai merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Bengkalis di Provinsi Riau. Dengan topografi dataran rendah dengan rawa dan sungai-sungai, daya tarik dari Dumai adalah kuliner khas-nya.

Berkunjung ke Dumai tak akan lengkap rasanya tanpa mencicipi berbagai makanan khas Dumai. Jadi, jika Toppers punya rencana ke Dumai rekomendasi kuliner khas Dumai berikut wajib masuk dalam itinerary kamu.

Sumber gambar: 14 Makanan & Minuman Khas Pekanbaru Populer

Destinasi Wisata Kuliner Dumai Terbaik

1.Gulai Udang Khas Dumai

Sumber gambar: Berita Harian Dunia Kita

Kuliner khas Dumai pertama adalah Gulai Udang. Kaya akan bumbu, makanan khas Dumai ini dijamin mampu menggoyang lidah. Dumai sendiri memang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil uang. Jadi, selain Gulai Udang Toppers juga akan menemui banyak sekali olahann makanan-makanan khas Dumai lainnya yang berbahan dasar udang.

2. Asam Pedas Patin Khas Dumai

Sumber gambar: Pekanbaru Post

Dumai memang surganya pecinta seafood. Makanan khas Dumai lainnya ini berbahan dasar daging ikan patin. Dengan cita rasa asam berpadu dengan pedasnya cabai rawit, kuliner asal Dumai ini sangat lezat disantap bersama sepiring nasi hangat.

Selain ikan patin, ikan baung juga kerap menjadi bahan baku dalam membuat makanan khas satu ini .

3. Gulai Asam Kuning

Jika Toppers tidak menyukai rasa pedas namun ingin merasakan kesegaran Asam Pedas Patin, Gulai Asam Kuning bisa jadi kuliner khas Dumai alternatif untukmu.

Berbahan dasar daging ayam atau ikan, dengan bumbu-bumbu tradisional Toppers akan merasakan cita rasa asam yang menyegarkan berpadu dengan rasa gurih yang lezat.

4. Bolu Kemojo

Makanan Tradisional pekanbaru
Sumber gambar: Tribunnews

Kuliner manis satu ini memang banyak di temukan di Provinsi Riau, salah satunya di Dumai. Kerap disajikan pada saat pesta dan hajatan, awalnya bolu ini hanya dibuat pada momen-momen khusus.

Namun, kini Toppers sudah bisa menemukannya dengan mudah dan bahkan membawanya pulang sebagai buah tangan dari Dumai.

5. Dodol Nanas

Camilan khas Dumai selanjutnya yang juga bisa Toppers jadikan oleh-oleh saat bertandang ke Dumai adalah Dodol Nanas. Dengan manisnya rasa khas dodol berpadu dengan kesegaran rasa asam buah nanas, Dodol Nanas jadi salah satu pilihan favorit wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

Keripik Singkong

6. Keripik Cabai Dumai

Makanan ringan lainnya yang bisa ditemukan dengan mudah saat berkunjung ke Dumai adalah keripik cabai khas Dumai. Dibuat dengan bahan dasar cabai, Toppers tak perlu kahawtis karena cita rasa dari keripik ini tidaklah terlalu pedas, meskipun juga tersedia varian yang memiliki rasa pedas.

7. Es Samudra

Puas menyantap berbagai makanan khas Dumai, segarkan tenggorokanmu dengan minuman khas Dumai satu ini. Terbuat dari bahan pandan yang dicampur buah durian, Es Samudra bisa jadi hidangan penutup yang pas setelah seharian panjang kulineran di Dumai.

Baca juga: 12 Macam-macam Sambal Khas Indonesia yang Bikin Makanan Tambah Nikmat

Dengan cita rasa unik yang mampu menggugah selera, tentu siapapun takbisa melewatkan kesempatan mencicipi berbagai makanan khas Dumai saat berkunjung ke kota pesisir satu ini.

Untuk permudah perjalananmu ke Dumai, Toppers bisa manfaatkan aplikasi Tokopedia! Cek dan beli tiket pesawat dan kereta api hingga bebagai kebutuhan traveling tersedia secara online melalui aplikasi Tokopedia.

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel