12 Makanan Khas Garut Populer Bercita Rasa Lezat

0
2855
Makanan Khas Garut
Sumber gambar: Nova

Makanan Khas Garut – Beribukota di Tarogong Kidul, Kabupaten Garut merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang terkenal akan “dodol”-nya. Namun, berbicara mengenai kuliner khas Garut, dodol Garut bukanlah satu-satunya makanan khas yang bisa Toppers temui di Garut, lho.

Berkunjung ke Kabupaten yang bertetangga dengan Sumedang, Majalengka, dan Tasikmalaya ini, banyak kuliner tradisional dan khas yang bisa Toppers cicipi. Yuk, intip ragam makanan khas Garut populer yang bisa cita rasanya bisa Toppers jelajahi saat melancong ke Garut berikut:

Baca juga: 30 Makanan Khas Sunda Lezat yang Bikin Perut Laper

Cita Rasa Makanan Khas Garut

1. Burayot

Makanan Khas Garut
Sumber gambar: Makan Daerah

Kue khas Garut yang populer dan cukup mudah Toppers temui adalah Burayot. Berbahan dasar tepung beras, kacang tanah, dan juga gula merah, makanan khas Garut satu ini termasuk panganan tradisional yang teknik pembuatannya cukup sulit dan membutuhkan waktu cukup panjang.

Untuk bisa menikmati Burayot yang masih hangat dan lezat, cobalah cari kuliner khas Garut ini di pasar-pasar tradisional di Garut. Cita rasa manis khas Burayot dijamin bakalan manjakan lidahmu.

2. Ladu

Makanan Khas Garut
Sumber gambar: Tribunnews

Cita rasa selanjutnya yang bisa dicicipi saat berkunjung ke Garut adalah cita rasa dari Ladu, makanan khas Garut yang berbahan dasar tepung ketan, gula aren, dan juga parutan kelapa.

Kuliner Garut bercita rasa manis ini memiliki tekstur kenyal layaknya dodol, hanya saja permukaannya terasa lebih keras dan juga kasar. Panganan ini cocok menjadi alternatif buah tangan pengganti dodol.

3. Keripik Moring

Makanan Khas Garut
Sumber gambar: Tokopedia

Nama Moring merupakan singkatan sari Cimol Kering. Hal ini dikarenakan keripik khas Garut satu ini terbuat dari bahan tepung kanji layaknya cimol yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi keripik yang renyah dan lezat.

Camilan khas Garut yang tengah populer dan banyak digemari ini tersedia dalam berbagai varian rasa mulai dari rasa keju, bbq, hingga rasa pedas.

4. Emplod

Makanan Khas Garut
Sumber gambar: SINDOnews

Dikenal juga dengan nama Endog Lewo, Emplod merupakan camilan khas lainnya yang bisa Toppers temui di Garut. Berbagan dasar singkong dan dimasak dengan cara digoreng, kuliner khas Garut yang berbentuk bulat-bulan ini banyak diproduksi di daerah Lewo. Rasanya yang manis dan gurih membuat camilan khas Garut ini kerap menjadi teman pendamping segelas kopi atau teh di waktui santai.

5. Sambal Cibiuk

Makanan Khas Garut
Sumber gambar: Nova

Bila Toppers penggemar sambal ataupun kuliner pedas, cobalah cicipi Sambal Cibiuk khas Garut. Diolah dari cabe rawit hijau, tomat hijau, dan berbagai rempah lainnya, kuliner khas Garut ini dikenal akan cita rasanya yang pedas dan menyegarkan.

6. Soto Garut

Makanan Khas Garut
Sumber gambar: Merah Putih

Soto merupakan salah satu kuliner nusantara yang sangat populer. Hampir disetiap daerah di Nusantara Toppers bisa menemui kuliner soto, bergitu pula di Garut. Soto Garut atau yang sering disebut juga Soto Ayam Garut ini pada dasarnya tak berbeda jauh dengan soto pada umumnya. Hanya saja kuah dari makanan khas Garut satu ini menggunakan santan yang diperkaya ragam rempah serta sebagai pelengkap, Soto Garut juga ditambahkan taburan kacang kedelai goreng.

Gurihnya soto ditambah sepiring nasi hangat tentu bakal mengobati rasa laparmu setelah lelah menjelajahi Kota Garut.

7. Awug

Makanan Khas Garut
Sumber gambar: Merah Putih

Makanan khas Garut yang tak kalah menarik selanjutnya adalah Awug. Berbentuk kerucut, kuliner tradisional Garut ini diolah dari bahan-bahan yang tak jauh berbeda dari kue Putu.

Untuk bisa mencicipi kuliner Garut ini, Toppers bisa mencari pedagang kaki lima yang kerap berjualan Awug atau datangi saja pasar-pasar tradisional yang ada di Garut.

8. Surabi

Makanan Khas Garut
Sumber gambar: Makanan Khas Kota Garut

Meskipun Surabi sangat terkenal di Bandung, di Garut Toppers juga bisa menemukan panganan tradisional yang populer iniloh. Berbahan dasar tepung beras dan kelapa, kuliner tradisional Garut ini masih diolah secara tradisional menggunakan arang dan tersedia dalam berbagai varian rasa yang lezat.

9. Es Goyobod

Makanan Khas Garut
Sumber gambar: Okezone

Puas menyantap berbagai makanan khas Garut, lepas dahagamu dengan menyantap Es Goyobod, es campur-nya Garut. Terbuat dari berbagai jenis bahan mulai dari buah, potongan roti, hingga manisnya gula aren dan segarnya kelapa muda membuat Es Goyobod bisa jadi hidangan penutup yang pas menemani beragam makanan khas Garut sebelumnya.

10. Dorokdok

Makanan Khas Garut
Sumber gambar: Oleh-oleh dari Garut

Dorokdok merupakan kerupuk kulit khas Garut. Terbuat dari kulit sapi yang diolah bersama bumbu dan rempah khusus, Dorokdok khas Garut ini memiliki rasa jauh lebih gurih dan teksur yang renyah dibandingkan kerupuk kulit pada umumnya sehingga sangat tepat mendampingi berbagai hidangan berkuah.

11. Baso Aci

 Oleh-oleh dari Garut
Sumber gambar: Brilio

Salah satu hidangan berkuah khas Garut yang sangat cocok untuk disantap bersama Dorokdok adalah Bakso Aci. Sesuai dengan namanya, kuliner khas Garut ini merupakan hidangan sejenis bakso, namun berbahan dasar aci atau tepung kanji.

Disirami kuah bercita rasa pedas dan ditambahkan kerupuk kulit Dorokdok, Bakso Aci menjadi salah satu kuliner lezat yang cukup diburu oleh para wisatawan yang berkunjung ke Garut.

12. Dodol Garut

Tentu tak lengkap membicarakan kuliner khas Garut tanpa menyebut Dodol Garut. Kuliner tradisional khas Garut ini sudah sangat terkenal dan kerap menjadi pilihan utama oleh-oleh saat berkunjung ke Garut.

Telah berkembang puluhan tahun, panganan khas Garut ini kini telah diproduksi secara modern dengan kemasan yang lebih menarik dan berbagai varian rasa yang kekinian dan beragam.

Baca juga: 12 Kuliner Tradisional Batak dengan Cita Rasa Khas yang Unik

Ternyata ragam kuliner asal Garut cukup beragam bukan? Tentunya perjalananmu ke Garut takkan lengkap tanpa cicipi beragam makanan khas Garut tersebut. Jadi, makanan khas Garut mana yang jadi pilihan favoritmu?

Agar petualangan kuliner di Garut maksimal, gunakan Tokopedia untuk rencanakan perjalananmu. Mulai dari pesan tiket kereta, tiket pesawat, booking hotel, hingga beli berbagai perlengkapan traveling lainnya bisa Toppers lakukan lewat satu aplikasi Tokopedia, saja!