Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES
18 Makanan Khas Gorontalo dengan Cita Rasa yang Populer
02 January 2018
Share icon
Share
Makanan Tradisional Khas Gorontalo
Sumber gambar: Tempat Wisata Indonesia

Makanan Khas Gorontalo – Gorontalo adalah salah satu Provinsi di Sulawesi yang diresmikan pad tahun 2000.

Memiliki Ibukota bernama Gorontalo atau dikenal juga dengan sebutan Hulontalo serta julukan Kota Serambi Madinah, Gorontalo memiliki kekayaan budaya yang menarik. Salah satunya adalah kekayaan kuliner tradisional Gorontalo.

Dengan bumbu-bumbu khas dan bahan-bahan yang ada di daratan Gorontalo, makanan khas Gorontalo tentu memiliki cita rasa yang wajib Toppers jelajahi. Yuk, cari tahu lebih banyak mengenai makanan tradisional asal Gorontalo yang populer berikut:

Baca juga: 12 Macam-macam Sambal Khas Indonesia yang Bikin Makanan Tambah Nikmat

Makanan Tradisional Khas Gorontalo

1. Binte Buluhuta

Makanan Tradisional Khas Gorontalo
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Gorontalo merupakan salah satu daerah penghasil Jagung di Nusantara. Tak heran banyak panganan asal Gorontalo yang menggunakan jagung sebagai bahan utamanya, seperti Binte Buluhuta

Binte Buluhuta sendiri memiliki arti jagung yang disiram. Makanan khas Gorontalo ini dibuat dari parutan jagung yang dicampur parutan kelapa, udang, potongan ikan cakalang dan disirami dengan kuah rempah yang gurih.

Dilengkapi daun bawang, tomat, kemangi, cabai, dan segarnya air perasan jeruk lemon, tak hanya lezat kuliner khas Gorontalo ini juga bisa mengenyangkan perut.

2. Tili Aya

Makanan Tradisional Khas Gorontalo
Sumber gambar: Gorontalo Family Portal

Kuliner tradisional Gorontalo satu ini merupakan panganan wajib saat sahur pertama di bulan Puasa. Terbuat dari gula merah yang diolah dengan telur dan santan kelapa, Tili Aya memiliki cita rasa yang manis dan mampu mengganjal perut.

Selain untuk sahur, makanan khas asal Gorontalo yang surah sulit ditemui ini juga bisa menjadi pendamping yang pas untuk minum teh disaat-saat santaimu.

3. Sate Tuna Gorontalo

Makanan Tradisional Khas Gorontalo
Sumber gambar: Kompasiana

Jika umumnya sate disajikan menggunakan daging kambing ataupun ayam, di daerah yang memang kaya akan hasil laut ini justru menggunakan daging ikan tuna sebagai bahan utamanya.

Dengan tekstur lembut dari ikan tuna dan bumbu yang meresap, sate tuna khas Gorontalo sangat pas disantap bersama nasi hangat dan juga pedasnya sambal.

4. Ayam Iloni

Makanan Tradisional Khas Gorontalo
Sumber gambar: Portal Wisata

Ayam Iloni bisa dibilang merupakan ayam bakar tradisional khas Gorontalo. yang membedakannya adalah kekayaan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, dan rempah lainnya yang membuat rasa dari kuliner khas Gorontalo ini sangat kaya. Pasangan pas untuk sepiring nasi putih hangat dan lalapan segar.

5. Kue Sabongi

Makanan Tradisional Khas Gorontalo
Sumber gambar: Merdeka

Jika berjalan-jalan ke pasar atau mampir ke warung-warung di Kota Gorontalo, Toppers bisa menemukan kue khas Gorontalo satu ini. Sekilas makanan khas Gorontalo ini terlihat seperti Kue Combro.

Meskipun sama-sama menggunakan bahan utama parutan ubi, isian dari kuliner tradisional Gorontalo ini berbeda dari Combro yang umumnya menggunakan gula merah. Pisang raja yang dipotong-potong menjadi isian dari Kue khas Gorontalo yang memiliki teksur renyah ini.

6. Ilabulo

Makanan Tradisional Khas Gorontalo
Sumber gambar: Kompasiana

Terbuat dari olahan daging ayam, Ilabula adalah makanan khas Gorontalo yang kerap menjadi lauk pendamping makan siang masyarakat Gorontalo. Ditambah hati ayam dan ampela, masakan tradisional dari Gorontalo ini dimasiak bersama pisang sepatu dan berbagai rempah-rempah dan kemudian dibungkus daun pisang untuk dibakar hingga matang.

Proses pembakaran dengan daun pisang dan rempah-rempah membuat kuliner tradisional Gorontalo ini memiliki aroma yang menggoda selera.

7. Bilenthango

Makanan Tradisional Khas Gorontalo
Sumber gambar: de Gorontalo

Bilenthango merupakan kuliner tradisional khas Gorontalo selanjutnya yang menggunakan Ikan Mujair sebagai bahan utamanya. Proses memasak masakan khas Gorontalo ini tergolong unik. Sebelum dimasak, ikan akan dibelah dua dan diletakkan diatas daun pisang sebelum digoreng ataupun dibakar sehingga ikan tidak bersentuhan atau terendam minyak goreng.

Setelah matang, ikan disirami dengan bumbu rempah yang memperkaya cita rasa kuliner asal Gorontalo ini.

8. Sayur Putungo

Makanan Tradisional Khas Gorontalo
Sumber gambar: Selerasa

Berbahan dasar jantung pisang, makanan khas Gorontalo ini memiliki cita rasa menyerupai sayur lodeh. Sayur Putungo kerap disajikan dengan cara ditumis, digoreng, atau dibuat kuah bersantan sebagai lauk. Terkadang kuliner Gorontalo ini juga dijadikan sebagai lalapan pelengkap.

Hidangan khas Gorontalo ini kerap disantap berdampingan dengan jagung rebus ataupun jagung bakar.

9. Brenebon

Makanan Tradisional Khas Gorontalo
Sumber gambar: Cookpad

Puas menyantap berbagai makanan khas Gorontalo, hilangkan dahaga dengan Brenebon, minuman khas Gorontalo yang dikenal juga sebagai es kacang merah.

Cara membuat minuman khas Gorontalo ini tergolong sederhana, cukup campurkan kacang merah rebus dengan daun pkamun, gula merah yang telah dicairkan, susu kental manis, air secukupnya dan es serut, dan segelas Brenebon siap mengusir rasa hausmu.

Baca juga: 7 Resep Praktis Soto Khas Nusantara

10. Lalampa

Makanan Tradisional Khas Gorontalo
Sumber gambar: Merdeka

Menyantap kuliner khas Gorontalo satu ini, Toppers mungkin akan teringat dengan kuliner khas Nusantara lainnya, yaitu lemper. Yang membedakan Lalampa dengan Lemper adalah isiannya yang menggunakan ikan tongkol. Makanan khas Gorontalo ini juga menggunakan beras ketan yang dimasak bersama garam dan santan kelapa sehingga memiliki rasa lebih gurih.

11. Bubur Sagela

Buat pecinta kuliner Bubur, makanan khas Gorontalo yang satu ini mungkin perlu kamu cicipi. Bubur Sagela adalah bubur khas Gorontalo yang menggunakan potongan daging ikan Sagela atau ikan Roa yang membuatnya terasa gurih.

12. Kue Tobu’u

Makanan Tradisional Khas Gorontalo
Sumber gambar: Tempat Wisata Indonesia

Makanan khas Gorontalo selanjutnya adalah Kue Tobu’u, camilan tradisional khas Gorontalo berbahan dasar tepung beras, gula pasir, beras pulo, buah nangka yang diiris, santan kelapa, susu cair, pasta pkamun, dan juga vanili. Dikukus berlapis-lapis, tekstur legit dan rasa manis dari kue tradisional khas Gorontalo ini cocok untuk manjakan lidahmu.

13. Duduli

Makanan Tradisional Khas Gorontalo
Sumber gambar: OK Nusantara

Dodol merupakan salah satu kuliner khas nusantara yang memiliki ciri khas tersendiri di masing-masing daerah, termasuk di Gorontalo. Di Gorontalo terdapat makanan ringan sejenis dodol yang dikenal dengan nama duduli.

Terbuat dari ketan, santan, dan gula merah, makanan khas Gorontalo bertekstur kenyal layaknya dodol ini memiliki ciri khas dengan dibungkus menggunakan daun woka.

14. Kue Karawo

Makanan Tradisional Khas Gorontalo
Sumber gambar: Info Budaya Indonesia

Dikenal juga dengan nama Kue Kerawang, kue khas Gorontalo ini kerap hadir pada perayaan-perayaan masyarakat Gorontalo seperti saat Lebaran, Natal, hingga acara ulang tahun.

Saking populernya, makanan khas Gorontalo ini kini telah dimodifikasi dengan berbagai rasa yang lebih modern seperti rasa keju, rasa coklat, hingga rasa kopi dan juga strawberry, lho.

15. Keripik Kasubi Pahanga

Pilihan camilan khas Gorontalo lainnya yang bisa manjakan lidahmu adalah keripik kasubi Pahanga. Berbahan dasar singkong, makanan khas Gorontalo ini memiliki cita rasa manis dari campuran gula merah. Panganan khas Gorontalo ini juga tak jarang dibawa pulang sebagai buah tangan bagi orang yang mengunjungi Gorontalo.

16. Perkedel Nike

Makanan Tradisional Khas Gorontalo
Sumber gambar: Masakan Dapurku

Perkedel Nike adalah makanan tradisional khas Gorontalo yang berbahan dasar ikan Nike. Sekilas ikan Nike ini terlihat seperti ikan teri. Ikan nike ini diolah layaknya perkedal bersama bumbu-bumbu masakan khas Gorontalo dan cukup populer sebagai lauk pendamping nasi putih.

Kuliner khas Gorontalo ini juga cukup mudah ditemukan di warung-warung makan yang ada di Gorontalo.

17. Saraba

Pilihan minuman khas Gorontalo lain yang juga wajib Toppers cicipi saat berkunjung ke Gorontalo adalah Saraba. Mirip seperti STMJ (Susu Telur Madu Jahe), minuman khas Gorontalo ini sangat cocok diseruput pada malam hari ataupun pada saat cuaca tengah dingin.

Untuk yang menyukai rasa manis, Toppers bisa menambahkan gula aren sebagai pelengkap minuman khas Gorontalo ini.

18. Kue Popolulu

Makanan Tradisional Khas Gorontalo
Sumber gambar: Budaya Indonesia

Berbahan dasar Ubi merah, kue popolulu adalah kue khas Gorontalo berbentuk bola-bola yang memiliki cita rasa manis. Makanan khas Gorontalo ini sangat cocok untuk dijadikan teman pendamping minum kopi dan teh di sore hari.

Baca juga: Kenali Lebih Dekat Kopi Asli Indonesia

Kaya sekali bukan kuliner tradisional Gorontalo? Dengan cita rasa menarik, tentu berbagai makan khas Gorontalo ini benar-benar menggoda selera makanmu, bukan?

Yuk, sempatkan dirimu kunjungi Gorontalo untuk cicipi berbagai panganan khas tersebut. Pesan tiket pesawat serta temukan perlengkapan traveling terbaikmu di Tokopedia, dan mulai petualangan kulinermu di Gorontalo!

Banner Tiket Pesawat
TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

MORE FROM AUTHOR

Editor Picks
Popular Posts
Jadwal Pengiriman Pesanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2020
Popular Category
    © 2009-2021, PT Tokopedia