9 Makanan Khas Kendari, Sulawesi Tenggara Penggoda Selera

1616
Makanan Khas Kendari Sulawesi Tenggara
Sumber gambar: Kompasiana

Makanan Khas Kendari Sulawesi Tenggara – Provinsi Sulawesi Tenggara adalah Provinsi yang berada di Jazirah Tenggara Pulau Sulawesi. Beribukota di Kendari, Sulawesi Tenggara menyimpan keindahan alam dan eksotisme yang menawan.

Namun, selain itu Toppers juga bisa menemukan kekayaan kuliner yang unik dan lezat disini. Tertarik berkunjung ke Kendari, Sulawesi Tenggara? Jangan lupa cicipi ragam panganan khas Sulawesi Tenggara berikut:

Baca juga: Kenali Lebih Dekat Kopi Asli Indonesia

Makanan Khas Sulawesi Tenggara

1. Lapa-Lapa

Makanan Tradisional Khas KendariLapa-lapa adalah makanan khas Sulawesi Tenggara, tepatnya berasal dari daerah Buton. Memiliki cita rasa gurih, kuliner tradisional Sulawesi Tenggara ini kerap muncul pada bulan Ramadan.

Agar lebih nikmat, biasanya masyarakat setempat menikmati makanan tradisional ini bersama ikan asin atau lebih dikenal dengan nama Ikan Kaholeonarore oleh masyarakat Sulawesi.

2. Kabuto

Makanan Khas Kendari Sulawesi Tenggara
Sumber gambar: Viva

Makanan khas Sulawesi Tenggara selanjutnya yang wajib Toppers cicipi adalah Kabuto. Kuliner tradisional asal daerah Muda dan Buton ini berbagan dasar ubi dan singkong yang dikeringkan dan dibiarkan berjamur.

Meskipun terdengar unik, cita rasa dari makanan tradisional asal Sulawesi Tenggara ini cukup menarik untuk dicoba.

3. Sinonggi

Makanan Khas Kendari Sulawesi Tenggara
Sumber gambar: UNUD

Makana tradisional Sulawesi Tenggara selanjutnya berasal dari Suku Tolaki yang terbuat dari sari pati sagu yang diolah bersama kuah rempah yang menghasilkan rasa gurih yang nikmat.

Masyarakat Suku Tolaki sendiri memiliki tradisi menyantap Sinonggi ini bersama-sama dan tradisi ini dinamakan Mosonggi. Makanan khas Sulawesi Tenggara ini awalnya merupakan makanan pokok masyarakat setempat yang kini mulai langka karena masyarakat mulai mengonsumsi nasi.

4. Kasoami

Makanan Khas Kendari Sulawesi Tenggara
Sumber gambar: Resep dan Makanan

Panganan tradisional Khas Sulawesi Tenggara selanjutnya yang terbuat dari ubi adalah Kasoami. Kerap melengkapi sajian makanan khas Sulawesi Tenggara lainnya, Kasoami paling pas disantap bersama ikan asin.

Baca juga: 12 Macam-macam Sambal Khas Indonesia yang Bikin Makanan Tambah Nikmat

5. Kapusu

Makanan Khas Kendari Sulawesi Tenggara
Sumber gambar: Nanepapers

Kapusu adalah bubur jagung yang diolah bersamaan dengan kacang merah. Tekstur lembut dari makanan tradisional khas Sulawesi Tenggara ini memberikan pengalaman kuliner yang nggak akan pernah bisa kamu lupakan.

6. Sate Gogos Pokea

Makanan Khas Kendari Sulawesi Tenggara
Sumber gambar: Kompasiana

Buat penggemar seafood, makanan khas Sulawesi Tenggara, Sate gogos pokea bisa jadi pilihanmu. Sate gogos pokea adalah sate yang berbahan kerang. Kadang sate ini dibumbui bacem manis sehingga menjadikan rasanya makin nikmat untuk disantap.

7. Karasi

Makanan Khas Kendari Sulawesi Tenggara
Sumber gambar: Kata

Kue khas Sulawesi Tenggara satu ini memang cukup familiar di berbagai daerah nusatara lain namun dengan nama berbeda seperti roti jala ataupun kue rambut. Karasi memiliki cita rasa manis dengan tekstur renyah yang menggoda. Meskipun terlihat sederhana, ternyata proses pengolahan makanan khas Sulawesi Tenggara ini cukup sulit, lho.

8. Ikan Dole

Makanan Khas Kendari Sulawesi Tenggara
Sumber gambar: Detik

Ikan Dole adalah kuliner tradisional Sulawesi Tenggara tepatnya daerah Buton yang berbahan dasar Ikan Tenggiri. Cara pembuatannya adalah dengan menggiling daging ikan dan dicampir dengan kelapa muda parut sebelum akhirnya digoreng hingga kecokelatan.

Makanan  khas Buton ini paling pas disantap bersama makanan khas Sulawesi Tenggara lainnya seperti sate gogos dan lapa-lapa. Jika berkunjung ke hajatan masyarakat setempat, kuliner khas Buton ini juga sangat mudah ditemui.

9. Jus Patikala

Makanan Khas Kendari Sulawesi Tenggara
Sumber gambar: Tribunnews

Kenyang menyantap berbagai makanan khas Sulawesi Tenggara, saatnya menikmati minuman khas Sulawesi Tenggara untuk melepas dahaga. Minuman herbal asli Kolaka ini merupakan olahan dari buah patikala yang memiliki rasa kecut.

Selain menyegarkan, minuman ini juga memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol dan juga berat badan sehingga sangat cocok untuk kamu yang tengah diet.

Baca juga: 7 Makanan Pedas Terlezat untuk Kamu Pecinta Kuliner Pedas

Itulah ragam kuliner khas Sulawesi Tenggara yang sayang untuk dilewatkan jika kamu berkesempatan mampir ke Kota Kendari dan sekitarnya. Yuk, buat perjalananmu menjadi pengalaman yang maksimal melalui aplikasi Tokopedia. Mulai dari perlengkapan traveling hingga pesan tiket pesawat bisa dilakukan dengan mudah di Aplikasi Tokopedia!

Makanan khas Sulawesi Tenggara mana yang jadi favoritmu?

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel