• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

9 Makanan Khas Kupang yang Wajib Kamu Coba

Share

9 Makanan Khas Kupang yang Wajib Kamu Coba

Makanan Tradisional Khas Kupang – Kupang adalah Ibukota provinsi Nusa Tenggara Timur yang terkenal akan keindahan alam nya. Selain alam yang indah, Kota yang berjulukan Kota Karang ini juga memiliki banyak makanan tradisional Kupang dengan cita rasa khas unik yang berbeda dari wilayah lainnya.

Mulai dari makanan ringan dengan bahan jagung, hingga kuliner tradisional khas Kupang lezat berbahan dasar daging ada di Kota ini. Penasaran? Yuk, simak dan cicipi rekomendasi makanan khas Kupang berikut ini!

Baca juga: 12 Macam-macam Sambal Khas Indonesia yang Bikin Makanan Tambah Nikmat

Makanan Khas Kupang yang Wajib Kamu Coba

1. Jagung Titi

Jagung Titi
Sumber Gambar : Tribunnews

Makanan khas Kupang ini merupakan camilan olahan jagung yang renyah. Sekilas, camilan khas Kupang ini mirip dengan cornflakes yang juga menggunakan jagung sebagai bahan utamanya. Jagung Titi dimasak dengan cara digoreng tanpa minyak lalu ditumbuk hingga pipih. Masyarakat Kupang biasanya menyajikan kuliner tradisional Kupang ini ketika ada tamu yang singgah dirumah mereka.

2. Ubi Nuabosi

Ubi Nuabosi
Sumber Gambar : Mongabay

Kuliner khas Kupang, Ubi Nuabosi biasa dijadikan masyarakat kupang sebagai pengganti nasi karena kanndungan kabrohidratnya. Ubi Nuabosi ini berbeda dengan ubi jenis lain, Ubi Nuabosi lebih lembut, manis serta harum dibanding jenis ubi lainnya.

Biasanya, makanan tradisional Kupang ini dinikmati bersama dengan ikan asin dan sambal goreng. Rasanya yang unik pasti membuat kamu penasaran!

3. Jagung Bose

Jagung Bose
Sumber Gambar : GoTravelly

Jagung Bose adalah makanan khas Kupang yang sering jadi pengganti nasi sebagai makanan pokok. Terbuat dari jagung putih yang dilunakkan dan dicampur dengan kacang merah dan juga santan, membuat kuliner tradisional Kupang ini memiliki rasa gurih. Jagung Bose biasa dinikmati dengan lauk lainnya seperti tumis paria, tuna goreng serta tambahan sambal lu’at.

4. Kolo

Kolo
Sumber Gambar : Okezone Lifestyle

Makanan khas Kupang yang satu ini juga merupakan olahan beras yang dimasak menggunakan batang bambu. Kolo yang juga disebut nasi bakar dan nasi bambu ini biasa disajikan untuk acara makan bersama saat acara Adat Penti yang merupakan syukuran menyambut musim panen. Kuliner asal Kupang yang serupa dengan ketupat ini dinikmati bersama aneka lauk mulai dari daging ayam hingga daging babi.

5. Se’i

Se'i
Sumber Gambar : Trip Advisor

Kuliner khas Kupang yang satu ini adalah salah satu makanan khas Kupang yang paling populer, Se’i adalah daging tipis yang diiris memanjang yang dimasak dengan cara di asap. Biasanya, daging yang digunakan untuk membuat Se’i adalah daging babi, daging sapi dan ikan. Se’i bisa Toppers dapatkan dengan mudah di daerah Kota Kupang.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Jawada

Jawada
Sumber Gambar : Saibumi

Tak hanya Jagung Titi saja, Kota Kupang juga memiliki camilan khas lainnya yaitu Jawada. Camilan khas Kupang yang biasa disajikan pada upacara adat ini, memiliki bentuk yang unik seperti rambut.

Selain bentuk yang unik, Jawada juga memiliki aroma dan rasa yang khas, perpaduan dari tepung, gula merah, santan serta air nira yang digoreng sampai menghasilkan  camilan yang renyah.

7. Kena Kita

Kena Kita
Sumber Gambar : Flores Khas

Satu lagi makanan pengganti nasi khas kota Kupang, yaitu Kena Kita. Kena Kita adalah makanan khas Kupang yang berjenis bubur dari olahan ubi serta kacang. Kena Kita seringkali dihidangkan bersama dengan kelapa parut serta tambahan cabai rawit untuk mendapatkan rasa pedas. Ketika menyantapnya, Toppers akan merasakan rasa dan tekstur yang unik karena penggunaan kacang sebagai bahan utamanya.

Sambal Ikan Roa

8. Muku Loto

Muku Loto adalah kuliner khas Kupang dengan bahan dasar pisang muda. Muku Loto memiliki arti pisang hancur, jadi kuliner kupang satu ini adalah pisang muda yang dihancurkan dan dimasak bersama daging babi, sapi atau kerbau. Muku Loto ini biasa dijadikan menu sayur bagi masyarakat Kupang.

9. Jagung Catemak

Jagung Catemak
Sumber Gambar : Ayo Usaha

Makanan khas Kupang yang satu ini juga menggunakan bahan dasar jagung, kuliner tersebut adalah Jagung Catemak. Kuliner tradisional Kupang yang dikategorikan sebagai makanan penutup ini sekilas mirip dengan kolak, namun Jagung Catemak memiliki rasa asin, berbeda dengan kolak yang rasanya manis. Jagung Catemak berisi campuran jagung, labu lilin dan kacang hijau.

Baca juga: 7 Makanan Khas Indonesia yang Namanya Unik Banget

Itu dia beberapa makanan khas Kupang terfavorit yang wajib kamu coba! Mencoba kuliner khas memang paling nikmat jika langsung mendatangi kota asal kuliner tersebut.

Untuk kamu yang berencana mengunjungi kota Kupang dalam waktu dekat, sekarang kamu bisa pesan tiket pesawat dengan mudah dan praktis di Tokopedia.

Tersedia bermacam pilihan rute domestik dan internasional dari beragam maskapai penerbangan terbaik. Yuk mulai liburanmu di Tokopedia!

Banner Tiket Pesawat
© 2009-2024, PT Tokopedia