Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Rancak Bana! 18 Kuliner Khas Padang Ini Wajib Kamu Cicipi

25 April 2018
Share icon
Share
Rancak Bana! 18 Kuliner Khas Padang Ini Wajib Kamu Cicipi

Makanan Khas Padang – Siapa tak kenal kuliner nasi padang? Cita rasa dan kelezatan dari makanan khas Kota Padang ini memang sudah sangat terkenal dan mendunia. Namun, selain panganan yang kerap tersedia di restoran Padang, masih banyak sekali kuliner khas Padang yang layak untuk Toppers cicipi.

Yuk, simak berbagai pilihan makanan khas Padang dengan cita rasa yang mampu menggoyang lidah.

Pilihan Kuliner Tradisional Khas Padang

Rendang

Makanan Khas Padang - Rendang
Sumber gambar: Wikimedia

Kuliner tradisional khas Padang ini sudah pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia oleh CNN. Jadi, kelezatan dari daging sapi yang dimasak dengan campuran bumbu dan rempah ini tentu tak perlu lagi diragukan, bukan?

Sate Padang

Makanan Khas Sate Padang
Sumber gambar: Wikimedia

Sate khas Padang adalah kuliner tradisional ranah minang selanjutnya yang tak kalah populer. Terbuat dari daging sapi dan terkadang dikombinasikan dengan usus dan lidah, makanan khas Padang ini disajikan dengan siraman saus kuah sate padang kekuningan gurih yang kaya akan rempah.

Dendeng Balado

Makanan Khas Dendeng Balado
Sumber gambar: Wikimedia

Dendeng adalah daging sapi yang dikeringkan sebagai metode pengawetan. Oleh masyarakat Minang, dendeng ini diolah dengan bumbu balado pedas yang sangat cocok untuk kamu penggemar kuliner dengan cita rasa pedas.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Dendeng Batokok

Makanan Khas Padang - Dendeng Batokok
Sumber gambar: Flickr

Selain diolah dengan bumbu balado, masih ada lagi olahan dendeng khas Padang yang tak kalah lezat, yaitu dendeng Batokok. Kuliner tradisional Padang ini diolah dengan cara dipukul yang dalam bahasa setempat disebut batokok.

Soto Padang

Makanan Khas Soto Padang
Sumber gambar: Wikimedia

Hampir setiap daerah di Nusantara memiliki jenis soto-nya masing-masing, begitupun dengan Padang. Soto Padang terbuat dari irisan daging dapi dan memiliki cita rasa gurih yang khas. Tentu tak akan lengkap ke Padang tanpa mencicipi kuliner khas Padang berkuah satu ini.

Baca juga: 7 Resep Praktis Soto Khas Nusantara

Gulai Itiak

Kuliner Tradisional Khas Padang Gulai Itiak
Sumber gambar: Kompasiana

Apakah Toppers penggemar kuliner bebek? Jika ya, maka gulai itiak khas Padang ini wajib kamu coba. Kaya akan bumbu, daging bebek ini tak hanya gurih tapi juga jauh dari aroam amis khas bebek.

Gulai Tauco

Kuliner Khas Padang - Gulai Tauco
Sumber gambar: Padang Food

Selain itik yang di gulai, kuliner gulai khas Padang lainnya adalah Gulai Tauco yang terbuat dari tauco yang dikombinasikan dengan berbagai rempah-rempah khas makanan Padang. Itisan buncis, tahu, dan udang juga melengkapi makanan lezat asal Padang ini.

Kalio Dagiang

Kuliner Khas Padang - Kalio Dagiang
Sumber gambar: Resep Koki

Kalio Dagiang merupakan gulai sapi yang tak kalah lezat dari Rendang. Sekilas terlihat seperti rendang, yang membedakan dua kuliner khas Padang ini adalah kepekatan bumbu, dan juga Kalio Dagiang yang lebih berkuah.

Cancang

Makanan Khas Padang - Cancang
Sumber gambar: Tokopedia

Cancang adalah olahan daging kambing yang dipotong dadu dan dimasak dengan rempah serta santan yang memiliki cita rasa pedas. Cocok untuk kamu penggemar masakan olahan daging kambing.

Teh Talua

Minuman Khas Padang - Teh Talua
Sumber gambar: Okezone

Sudah membahas makanan, kini coba minuman asal Padang satu ini. Tak seperti teh pada umumnya karena teh ini dicampur kuning telur dan juga air jeruk nipis serta gula yang akan memberikan rasa unik dan nikmat.

Lamang Tapai

Makanan Khas Padang - Lamang Tapai
Sumber gambar: Tokopedia

Memiliki rasa manis yang khas, Lamang Tapai adalah makanan tradisional Minang yang terbuat dari beras ketan. Tekstur kenyal dan rasa manisnya cocok untuk dijadikan sebagai makanan pembuka.

Galamai

Makanan Khas Padang - Galamai
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Makanan ringan manis khas Padang selanjutnya adalah Galamai yang terkenal berasal dari Payakumbuh. Makanan khas Minang satu ini memiliki tekstur dan rasa yang menyerupai dodol yang terdapat di daerah Nusantara lainnya.

Asam Padeh

Kuliner tradisional Padang - Asam Padeh
Sumber gambar: Wikimedia

Tak seperti makanan Padang pada umumnya yang menggunakan santan, ikan asam padeh sama sekali tidak menggunakan santan. Namun, masih tetap kaya akan bumbu dan rempah. Bercitarasa asam dan pedas, kuliner yang umumnya menggunakan ikan tongkol ini memberikan sensasi segar yang menggugah selera.

Ayam Pop

Kuliner Khas Padang - Ayam Padang
Sumber gambar: Tribunnews

Ayam pop adalah makanan khas Padang lain yang kerap dipesan di rumah makan Padang selain rendang. Terlihat sederhana, namun ayam pop memiliki cita rasa gurih yang kaya rempah dan sangat nikmat disantap bersama nasi hangat dan sambal Padang.

Lompong Sagu

Kuliner Khas Padang - Lompong Sagu
Sumber gambar: Harnas

Lamong Sagu merupakan sagu yang dicampur kelapa dan pisang lalu dimasak dengan cara dibakar setelah dibungkus daun pisang. Proses pembuatannya ini membuat makanan khas Padang yang manis ini memiliki aroma yang khas dan sedap.

Es Tebak

Makanan Tradisional Khas Padang -
Sumber gambar: Kalana Rasa

Tebak adalah minuman segar asal Padang yang sekilas terasa seperti cendol. Terbuat dari tepung beras ketan dan sagu, minuman khas Padang ini disajikan dengan siraman sirup merah, santan, dan juga susu kental manis.

Palai Rinuak

Palai Rinuak - Makanan Tradisional Khas Padang
Sumber gambar: Mari Membaca

Palai Rinuak adalah pepes khas dari Maninjau yang berbagan dasar ikan Rinuak yang sangat mirip dengan teri. Dibungkus dengan daun pisang bersama bumbu rempah-rempah, kuliner ini dimasak dengan cara dibakar

Tumbang Pisang

Tumpang Pisang - Makanan Khas Padang
Sumber gambar: Cookpad

Terbuat dari pisang gepok muda, Tumbang Pisang adalah jajanan khas Padang yang memiliki citarasa manis. Camilan khas Padang ini disajikan dengan taburan kelapa dan gula aren.

Baca juga: 30 Makanan Khas Sunda Lezat yang Bikin Perut Laper

Banyak sekali bukan kuliner khas Padang yang bisa Toppers jelajahi, bukan? Yuk, persiapkan lidah dan perut-mu untuk mulai petualangan kulinermu di Kota Padang!

Banner Tiket Pesawat
TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

Editor Picks
4 Seri Coway Air Purifier Terbaik: Udara Lebih Bersih
Popular Category
    © 2009-2022, PT Tokopedia