• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

16 Makanan Khas Papua Barat Pemanja Lidah yang Harus Kamu Coba!

Share

16 Makanan Khas Papua Barat Pemanja Lidah yang Harus Kamu Coba!

Makanan Khas Papua Barat – Papua Barat memiliki kuliner khas dengan resep yang unik dan enak seperti Papeda serta Udang Selingkuh. Ternyata tidak hanya itu, masih banyak makanan tradisional Papua Barat yang juga terkenal akan kenikmatan dan keunikannya.

Penasaran apa saja kuliner khas Papua Barat yang bisa memanjakan lidahmu? Yuk lihat 16 makanan khas Papua Barat rekomendasi Tokopedia!

Baca juga: 12 Macam-macam Sambal Khas Indonesia yang Bikin Makanan Tambah Nikmat

Makanan Tradisional Khas Papua Barat

1. Kue Lontar

Makanan Tradisional khas Papua
Sumber gambar: Tokopedia

Penganan Pulau Papua khususnya Papua Barat memang sangat khas, enak, dan cocok untuk lidah orang Indonesia. Salah satu makanan khas Papua Barat adalah kue lontar. Bentuknya memang mirip pie susu atau cheesetar yang terkenal. 

Toppers bisa membeli Kue khas Papua Barat ini di Angel Bakery yang terletak di Jalan Basuki Rahmat, Kota Sorong, dari jam 9 pagi hingga setengah 10 malam. Siap-siap nagih sehabis mencoba kue lontar khas Papua ini!

2. Ikan Bakar Manokwari

Makanan Tradisional khas Papua

Toppers pasti sudah tahu nikmat dan aroma khas ikan bakar, tapi tidak dengan Ikan Bakar Manokwari ini. Rasa dan aroma kuliner khas Papua Barat ini yang khas akan membuat pecinta kuliner pasti ingin mencicipinya.

Makanan khas Papua Barat yang satu ini sangat enak dinikmati dengan bumbu ekstra pedas, menjadikannya salah satu kuliner khas Papua Barat favorit pecinta pedas pasti. Toppers bisa mencoba kuliner khas Papua Barat, Ikan Bakar Manokwari ini di Rumah Makan Pangkep di Jl. Trikora Wosi, Kabupaten Manokwari, Papua Barat dari pukul 12 siang hingga 10 malam.

3. Sate Ulat Sagu

Makanan Tradisional khas Papua
Sumber gambar: Tribunnews

Makanan tradisional khas Papua Barat ini bisa jadi terlihat cukup ekstrem dan menggelikan bagi masyarakat Indonesia kebanyakan. Tapi percayalah oleh tangan-tangan masyarakat Papua, ulat ini dapat berubah menjadi sebuah sajian makanan berbentuk sate yang paling lezat dan kaya akan gizi bermanfaat bagi tubuh.

4. Ikan Bungkus

Bagi sebagian Toppers, makanan khas Papua Barat yang satu ini mungkin terdengar tidak asing. Makanan Ikan Bungkus khas Papua Barat yang ini dibungkus dengan daun talas, berbeda dengan kebanyakan ikan bungkus dari daerah lain yang biasanya menggunakan daun pisang. Ikan yang dimasak oleh masyarakat Papua Barat juga harus ikan laut bukan ikan air tawar agar rasa ikan bungkusnya terjamin kelezatannya.

5. Papeda

Makanan Tradisional khas Papua
Sumber gambar: Wikipedia

Makanan khas Papua Barat ini terdiri dari tepung sagu yang kemudian dijadikan bubur, bertekstur lengket, dan berwarna putih. Papeda memiliki rasa tawar  sehingga masyarakat Papua biasanya menambahkan ikan tongkol yang telah dibumbui agar resep papedanya lebih nikmat!

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Martabak Sagu

Kuliner tradisional khas Papua Barat memang kebanyakan memiliki resep dari sagu, termasuk Martabak Sagu. Martabak ini memiliki resep yang beda dari resep martabak pada umumnya.

Resep utama martabak khas Papua adalah sagu serta gula merah. Proses pembuatannya cukup mudah, sagu dihaluskan kemudian digoreng beberapa saat setelahnya di bubuhkan gula merah.

7. Udang Selingkuh

Makanan Tradisional khas Papua
Sumber gambar: Trivia

Kalau berkunjung ke Papua, sempatkanlah dirimu mencicipi makanan khas Papua Barat yang satu ini. Namanya memang terdengar unik dan menarik, namun kuliner khas dari Papua Barat ini memiliki cita rasa luar biasa nikmat.

Proses pembuatan makanan khas Papua Udang Selingkuh ini sebenarnya tidak memiliki resep khusus, udang hanya cukup digoreng ataupun di rebus.

8. Sagu Lempeng

Makanan Tradisional khas Papua
Sumber gambar: Detik

Olahan kuliner khas terkenal lain di Papua Barat yang berbahan dasar sagu adalah Sagu Lempeng. Namun Sagu lempeng sebenarnya bukan hanya dikenal di Papua tapi juga di Maluku, Riau, dan Kalimantan. Resep pembuatan Sagu Lempeng ini tidak begitu berbeda dengan proses pembuatan roti basah.

Jika roti biasa dibuat dari bahan gandum, Sagu Lempeng bahan bakunya terbuat dari sagu. Biasanya masyarakat Papua membuat Sagu Lempeng hanya untuk dikonsumsi pribadi, sehingga cenderung sulit untuk menemukan makanan ini dijajakan di Papua. Makanan khas Papua Barat ini paling enak dikonsumsi saat masih dalam keadaan hangat.

Baca juga: 7 Resep Praktis Soto Khas Nusantara

9. Telur Balado Pedas Sorong Papua

Makanan Tradisional khas Papua
Sumber gambat: Sahabatnesia

Telur Balado ini berbahan dasar telur ayam yang dapat Toppers temukan di menu-menu restoran tradisional di Sorong. Cita rasa yang dimiliki makanan khas Papua Barat ini sangat kuat dan pedas. Selain rasa pedas yang dihasilkan, ada juga rasa asin dan manis yang berasal dari jagung bakar.

10. Aunu Senebre

Makanan Tradisional khas Papua
Sumber gambar: Okezone

Aunu Senebre juga adalah salah satu makanan khas Papua Barat yang harus Toppers coba! Kuliner tradisional asal Papua Barat ini terbuat dari bahan pokok yaitu nasi dan ikan teri. Bumbu resep yang digunakan juga tidak banyak. Toppers bisa temukan makanan khas Papua Barat yang satu ini banyak dijual di warung-warung dekat pantai di Papua Barat.

11. Ikan Bakar Sambal Colo-Colo

Makanan Tradisional khas Papua
Sumber gambar: Tribunnews

Ikan Bakar Colo ini sebenarnya banyak dikenal di Timika, namun masyarakat Papua keseluruhan sering membuat olahan ikan ini. Suku Kamoro yang tinggal di pesisir pantai amat akrab dengan makanan khas Papua Barat satu ini. Ikan dabu-dabu dibakar kemudian dibalur dengan sambal Colo-Colo yang terbuat dari cabe, jeruk nipis, dan rempah lainnya.

12. Petatas

Panganan khas Papua Barat satu ini sering sekali dikonsumsi di keseharian masyarakat Papua. Petatas adalah bahasa Papua dari ubi jalar. Petatas ini bisa menjadi makanan tradisional Papua Barat penganti nasi karena terbiasanya masyarakat Papua disana mengolah ubi jalar menjadi makanan yang nikmat. Bisa jadi untuk masyarakat Papua, Petatas bisa dibilang menjadi makanan pokok sehari-hari.

13. Keripik Keladi

Makanan Tradisional khas Papua
Sumber gambar: Detik

Keripik Keladi yang terbuat dari jenis ubi keladi khas papua ini bisa dijadikan camilan nikmat disaat lapar atau menjadi oleh-oleh dari berlibur. Keripik ini biasanya menawarkan tiga varian rasa seperti pedas, manis, dan gurih. Camilan khas Papua Barat menjadi oleh-oleh yang paling populer di Kota Sorong karena hampir setiap toko disana menjual keripik ini.

14. Roti Abon Gulung

Makanan Tradisional khas Papua
Sumber gambar: Detik

Selain Keripik Keladi, ada lagi loh makanan khas Papua Barat yang terkenal nikmat yaitu roti abon gulung. Abon Gulung merupakan makanan khas Papua Barat yang ukurannya cukup besar dan berisi abon didalamnya. Roti Abon Gulung tidak begitu tahan lama. Jadi segera konsumsi atau masukkan ke dalam kulkas agar tidak cepat basi.

15. Es Buah Matoa

Makanan Tradisional khas Papua
Sumber gambar: Cookpad

Mari kita beralih dari makanan ke minuman. Minuman khas Papua Barat yang satu ini yaitu es dengan campuran kolang kaling merah, agar-agar hijau, buah Matoa,serta rempah-rempah lainnya yang sering ditemui di tanah Papua. Setelah selesai kemudian dihias dengan jeruk limau dan daun pandan. Rasanya? Asam, manis, dan segar.

16. Es Kelapa Muda Asam Manis

Makanan Tradisional khas Papua
Sumber gambar: Merauke

Sudah bosan dengan Es Kelapa Muda? Toppers harus coba minuman khas Papua Barat yang satu ini. Minuman ini kaya akan rasa ada manis dan asam. Proses pembuatannya cukup mudah hanya butuh kelapa muda dan air jeruk nipis.

Baca juga: 7 Makanan Pedas Terlezat untuk Kamu Pecinta Kuliner Pedas

Itu dia 16 makanan khas Papua Barat paling nikmat yang harus kamu coba saat berkunjung ke Papua! Persiapkan dirimu untuk berlibur ke Papua dan jangan lupa cek Tokopedia untuk tiket pesawat murah ke Papua!

Banner Tiket Pesawat
© 2009-2024, PT Tokopedia