14 Makanan & Minuman Khas Pekanbaru Populer

1412

Makanan Khas Pekanbaru – Pekanbaru adalah ibu kota provinsi Riau yang memiliki aneka ragam kuliner tradisional khas yang selalu diburu oleh para turis. Rasanya tidak afdol apabila mengunjungi Pekanbaru tanpa mencicipi makanan dan minuman andalan Kota Madani ini.

Kali ini, Tokopedia akan membahas apa saja 12 makanan dan minuman khas Pekanbaru yang wajib kamu coba. Ingin tahu ada apa saja? Yuk, simak terus artikel berikut ini:

Baca juga: 30 Makanan Khas Sunda Lezat yang Bikin Perut Laper

Kuliner Tradisional Khas Pekanbaru Riau

1. Gulai Ikan Patin

Makanan Khas Pekanbaru - Gulai patin
Sumber gambar: Merah putih

Tidak sah rasanya apabila membicarakan kuliner khas Pekanbaru tanpa menyebut gulai ikan patin. Makanan berbahan dasar ikan dan kuah kuning ini memiliki cita rasa gurih dari rempah-rempah khas nusantara yang cocok apabila dimakan dengan nasi hangat.

2. Gulai Belacan

Makanan khas Pekanbaru - Gulai belacan
Sumber gambar: Okezone

Makanan khas Pekanbaru yang satu ini menggunakan udang sebagai bahan utamanya. Kuah gulainya dibuat dari bumbu rempah pilihan, sehingga menghasilkan rasa yang luar biasa nikmat dan membuat ketagihan. Untuk memperkaya rasa, Toppers dapat menambahkan petai sebagai pelengkap.

3. Sate Rusa

Kuliner Tradisional Pekanbaru
Sumber gambar: Detik

Mungkin Toppers masih asing dengan sate yang terbuat dari daging rusa, namun makanan khas provinsi Riau ini merupakan hidangan yang lazim ditemukan di Pekanbaru. Tekstur dagingnya yang lezat dan dimasak dengan bumbu manis khas Pekanbaru dijamin akan membuatmu ingin tambah satu porsi lagi.

Selain dibuat sate, daging rusa juga kerap menjadi bahan untuk membuat sup khas Pekanbaru yang tak kalah lezat, lho.

4. Gulai Siput

Gulai Siput khas Pekanbaru
Sumber gambar: Good News from Indonesia

Satu lagi makanan khas Pekanbaru yang terbilang unik, yaitu gulai siput. Sesuai dengan namanya, bahan utama hidangan ini adalah siput yang disajikan dengan kuah gulai kuning khas Melayu yang menarik.

5. Mieso

Kuliner khas Pekanbaru
Sumber gambar: Sumber

Mieso atau miso merupakan makanan tradisional Pekanbaru yang memadukan mi kuning, mi putih, ayam suwir, tahu kering, dan kulit ayam. Biasanya, santapan unik dari Pekanbaru ini cocok dinikmati untuk sarapan dan makan siang.

baner Maret Mantap

6. Roti Jala

Makanan kHas pekanbaru - Roti Jala
Sumber gambar: Sumber

Sekilas, bentuk roti jala akan mengingatkan Toppers dengan kue laba-laba. Kuliner khas Pekanbaru ini dibuat dari tepung terigu dan disantap dengan kuah kari atau durian. Umumnya, roti jala ditemukan di acara-acara besar, seperti pesta pernikahan.

7. Mie Sagu

Makanan Khas Pekanbaru
Sumber gambar: Tribunnews

Sesuai dengan namanya, makanan tradisional khas Pekanbaru ini berbahan dasar sagu, sehingga memiliki tekstur yang kenyal dan empuk. Dalam penyajiannya, biasanya mie sagu dimasak dengan tauge, daun kuncai, dan teri. Buat Toppers pecinta kuliner mie, mie khas Pekanbaru ini wajib dicoba.

8. Asidah

Makanan Tradisional Khas Pekanbaru
Sumber gambar: Laskar Riau

Asidah merupakan kuliner khas Pekanbaru yang terinspirasi dari makanan Arab. Asidah terbuat dari perpaduan rempah-rempah seperti cengkeh, pandan, dan kayu manis. Uniknya, kue khas Pekanbaru, Riau ini umumnya disajikan dengan bawang goreng sebagai pelengkap.

9. Cincalok

Makanan Khas Provinsi Riau
Sumber gambar: Kuliner Nasional

Cincalok atau cencaluk adalah sajian khas Pekanbaru yang biasa ditemukan di acara-acara spesial. Dibuat dari udang dan bawang yang dihaluskan, cincalok dapat dimakan sebagai lauk bersama nasi hangat.

10. Bolu Kemojo

Makanan Tradisional pekanbaru
Sumber gambar: Tribunnews

Ingin membawa oleh-oleh berupa sajian khas Pekanbaru? Bolu kemojo adalah pilihan yang tepat. Walaupun terlihat seperti kue bolu biasa, namun tekstur kue bolu kemojo khas Pekanbaru ini sangat lembut dengan cita rasa pandan yang lezat.

11. Es Laksamana Mengamuk

Minuman Khas Pekanbaru Riau
Sumber gambar: Cookpad

Ini dia minuman khas Pekanbaru dengan nama yang cukup ajaib. Asal muasal nama minuman ini berawal dari legenda seorang laksamana yang mengamuk di sebuah kebun kweni. Es laksamana mengamuk yang terdiri dari buah kweni, gula merah, dan santan ini cocok dinikmati di kala cuaca panas.

12. Es Air Mata Pengantin

Minuman Khas Pekanbaru Riau
Sumber gambar: Tribunnews

Satu lagi minuman tradisional Pekanbaru yang memiliki nama unik. Dinamakan air mata pengantin karena kuliner khas Pekanbaru ini sering ditemukan di acara pernikahan, sehingga nama lainnya es air mata bahagia.

Merupakan campuran dari es serut, biji selasih, blewah, dan sirup, minuman khas provinsi Riau ini paling mantap apabila diteguk di bawah sinar matahari Pekanbaru yang terik.

13. Mie Lendir

Mie Lendir Khas Pekanbaru
Sumber gambar: Tribunnews

Kuliner mie tradisional Riau yang juga layak untuk Toppers coba saat berkunjung ke Pekanbaru adalah Mie Lendir. Terbuat dari Mie kuning yang direbus bersama toge, mie khas Pekanbaru ini dilengkapi kuah kental seperti lendir yang terbuat dari rempah, kacang tanah, ubi, dan bahan lainnya sehingga memberikan cita rasa yang unik.

14. Asam Pedas Ikan Baung

Asam Pedas Ikan baung Khas Melayu
Sumber gambar: Tribunnews

Kuliner tradisional khas Melayu satu ini sebenarnya cukup populer di beberapa wilayah pulau Sumatera, termasuk di Provinsi Riau. Terbuat dari ikan laut yang dimasak bersama kuah asam pedas dari rempah-rempah khas nusantara, cita rasa panganan khas Pekanbaru ini sangat menggugah selera makan.

Baca juga: Tips Traveling yang Harus Diperhatikan agar Liburan Maksimal


Jadi lapar, kan? Itulah 14 makanan dan minuman khas Pekanbaru yang dijamin bakal memanjakan lidah dan perut kamu, Toppers. Pastikan kamu tidak melewatkan kuliner khas Pekanbaru ketika berkunjung ke sana, ya.

Sebelum itu, jangan lupa persiapkan perlengkapan traveling andalanmu dan temukan tiket pesawat dengan harga terbaik dengan mudah melalui aplikasi Tokopedia! Selamat berburu kuliner tradisional khas Pekanbaru!

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel