10 Makanan Tradisional Purwokerto yang Paling Khas

0
143
makanan khas purwokerto
Sumber gambar: Cookpad

Makanan Khas Purwokerto – Terkenal sebagai kota wisata, Purwokerto tak hanya menyimpan berbagai destinasi wisata alam yang menarik tetapi juga kekayaan kuliner tradisional khas yang wajib untuk dicicipi. Ibukota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini bahkan dijuluki sebagai Kota Kripik karena industri kuliner Kripik yang menjamur di kota ini.

Tertarik untuk jelajahi ragam makanan tradisional khas Purwokerto? Simak rekomendasi kuliner khas Purwokerto paling populer berikut:

Baca juga: Mengenal Nyadran, Tradisi Ziarah Sambut Ramadan di Jawa Tengah

Makanan Khas Purwokerto

1. Tempe Mendoan

makanan khas purwokerto
Sumber gambar: Fimela

Tempe Mendoan merupakan salah satu jajanan tradisional yang sudah banyak terkenal di berbagai kota. Siapa sangka ternyat makanan khas satu merupakan salah satu ikon kuliner di Kota Purwokerto. Olahan tempe dengan bumbu mendoan ini wajib Toppers cicipi saat berkunjung ke Purwokerto.

2. Getuk Sokaraja

makanan khas purwokerto
Sumber gambar: Banyumas

Salah satu makanan tradisional yang cukup mudah Toppers temui saat singgah ke Purwokerto adalah Getuk. Getuk Sukoraja merupakan salah satu kuliner khas Purwokerto yang telah melegenda dan masih sangat populer hingga saat ini. Makanan khas Purwokerto ini memiliki cita rasa manis yang khas dan terkstur yang empuk saat dikunyah.

3. Soto Sokaraja

makanan khas purwokerto
Sumber gambar: Fimela

Selain Getuk, kuliner khas Purwokerto selanjutnya yang sudah banyak dikenal oleh penggemar makanan khas Purwokerto adalah Soto Sokaraja. Cita rasa khas dari kuliner ini didapatkan oleh olahan kuah kaldu sapi yang diolah bersama kacang. Dilengkapi topping seperti berbagai jenis kerupuk, menambah kenikmatan dari kuliner tradisional asal Purwokerto ini.

4. Cenil

makanan khas purwokerto
Sumber gambar: makanan khas purwokerto

Makanan khas Purwokerto selanjutnya adalah Cenil. Jajanan tradisional yang identik dengan warna-warni dan juga tekstur kenyalnya ini terbuat dari olahan singkong, tepung sagu, dan berbagai bahan lainnya serta ditaburi parutan kelapa.

5. Buntil

makanan khas purwokerto
Sumber gambar: Tribunnews

Di Purwokerto, Toppers juga wajib mencicipi Buntil, panganan tradisional khas Purwokerto yang terbuat dari daun singkong, atau daun talas hingga daun pepaya untuk membungkus parutan kelapa dan berbagai isian lainnya sebelum diikat dan dimasak bersama kuah santan yang gurih dan sedikit pedas.

Baca juga: 7 Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Karimun Jawa

6. Badeg

makanan khas purwokerto
Sumber gambar: TelusuRI

Badeg atau Wedang Badeg adalah minuman khas Purwokerto yang dibuat dari sari bunga kelapa yang difermentasi. Bahan dan cara pengolahan yang unik inilah yang memberikan cita rasa khas yang menyegarkan.

7. Nopia

makanan khas purwokerto
Sumber gambar: Tribunnswiki

Berbahan dasar tepung terigu, Nopia adalah makanan khas Purwokerto, Banyumas yang pengolahannya masih sangat tradisional, yakni dengan menempelkannya pada bagian dalam tungku untuk dipanggang. Dengan ragam pilihan isi mulai dari gula jawa, kacang, dan cokelat, Nopia merupakan salah satu makanan khas Purwokerto yang cukup populer sebagai buah tangan asal Purwokerto.

8. Cimplung

makanan khas purwokerto
Sumber gambar: Cookpad

Kuliner khas Banyumas selanjuntnya ini dinamakan Cemplung karena proses masaknya dimana adonan makanan di-“cemplung” ke dalam air nira. Terbuat dari bahan dasar singkong, makanan khas Purwokerto, Banyumas ini sangat khas dengan cita rasa manis yang alami dari gula jawa.

9. Kraca

makanan khas purwokerto
Sumber gambar: Kompasiana

Untuk Toppers yang menginginkan sensasi kuliner unik, Purwokerto juga memiliki salah satu kuliner berbahan dasar cukup unik, yakni keong kecil. Makanan khas Purwokerto yang dimana Kraca ini umumnya banyak dijual mejelang bulan Ramadan di Banyumas. Dengan olahan berbagai bumbu dan rempah, kuliner ini memiliki rasa gurih yang lezat.

10. Tegean

makanan khas purwokerto
Sumber gambar: makanan khas purwokerto

Tegean merupakan olahan berbagai macam sayur-sayuran yang dimasak dengan kuah bening. Umumnya, kuliner tradisional khas Purwokerto ini juga dilengkapi irisan daging sapi atau ayam dan juga bihun. Makanan khas Purwokerto ini cocok disantap selagi hangat bersama sepiring nasi.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Outbond Terbaik di Pulau Jawa

Itulah berbagai kuliner tradisional khas Purwokerto yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Kota Keripik satu ini. Makanan khas Purwokerto mana yang jadi pilihan favoritmu?

Agar petualangan kuliner di Purwokerto makin maksimal, download aplikasi Tokopedia sekarang juga! Mulai dari pesan tiket kereta hingga beli perlengkapan traveling bisa Toppers lakukan dengan mudah lewat satu aplikasi saja! Yuk, mulai rencanakan petualalnagn kuliner khas Purwokerto sekarang juga.

Bagikan Artikel