Mencicipi Lezatnya 5 Kuliner Khas Sorong yang Khas!

61
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Makanan Khas Sorong – Sebagai kota terbesar sekaligus ibukota Provinsi Papua Barat, Kota Sorong juga dikenal dengan julukan Kota Minyak karena di kota inilah pada zaman penjajahan Belanda, aktivitas pengeboran minyak bumi dilakukan.

Hingga kini, Sorong dan kawasan disekitarnya masih memiliki sumber daya alam yang berlimpah. Selain sumber daya alam, Sorong juga menyimpan kekayaan kuliner khas yang bisa Toppers cicipi jika singgah ke Sorong.

Baca juga: 12 Tujuan Wisata di Jayapura Favorit Traveler!

Makanan Tradisional Khas Sorong

1. Papeda

Makanan Tradisional khas Papua
Sumber gambar: Wikipedia

Berbicara tentang cita rasa khas kuliner Papua, Papeda tentu menjadi salah satu kuliner khas yang wajib dicicipi. Makanan tradisional khas ini juga bisa Toppers temui saat berkunjung ke Kota Sorong, lho.

Umumnya makanan khas Sorong ini disajikan dengan lauk ikan lengkap dengan kuah berwarna kekuningan yang memiliki cita rasa asam dan pedas yang menyegarkan.

Makanan khas yang memiliki tekstur kenyal ini bisa sangat mudah Toppers temui di berbagai restaurant yang ada di Kota Sorong.

2. Udang Selingkuh

Sumber gambar: Indonesia Kaya

Kuliner khas Sorong yang memiliki nama unik satu ini sangat cocok dicicipi Toppers yang menggilai kuliner seafood. Kuliner udang yang memiliki ukuran besar ini dinamakan Udang Selingkuh karena konon jenis udang satu ini merupakan hasil ‘perselingkuhan’ antara udang, kepiting, dan juga lobster. Unik sekali, bukan?

Kuliner udang selingkuh khas Sorong ini disajikan dengan berbagai macam cara dan metode. Mulai dari sekedar direbus, digoreng, hingga dibakar. Untuk sempurnakan kelezatan makanan khas Sorong ini, jangan lupa lengkapi dengan sambal.

3. Kue Lontar

Makanan Khas Sorong
Sumber gambar: Fimela

Sekilas kue khas Sorong satu ini terlihat seperti Pie Susu Bali. Bahan-bahan baku untuk membuat Kue Lontar memang tak jauh berbeda dengan Pie Susu Bali. Namun yang membuatnya memiliki cita rasa berbeda adalah ukurannya yang lebih tebal.

Berkunjung ke Sorong tentu takkan lengkap mencicipi kuliner bercita rasa manis yang khas satu ini. Tersedia dalam beragam pilihan rasa, makanan khas Sorong ini kerap menjadi pilihan untuk dijadikan oleh-oleh.

4. Abon Gulung

Makanan Khas Tradisional Sorong
Sumber gambar: Tokopedia

Alternatif kuliner khas Sorong yang bisa jadi oleh-oleh yang lezat adalah Abon Gulung. Makanan khas Sorong satu ini sendiri merupakan roti dengan isian Abon yang dibuat dengan cara di gulung. Perpaduan antara manisnya roti dan gurihnya abon membuat cita rasa dari kuliner khas Sorong satu ini banyak digemari.

5. Keripik Keladi

Hampir setiap daerah di Nusantara memiliki panganan keripik yang khas. Di Sorong sendiri, Toppers bisa menemukan keripik keladi yang terbuat dari keladi atau talas.

Renyahnya keripik keladi khas Sorong ini tersedia dalam beragam varian rasa mulai dari asin, pedas, dan juga original. Bisa tahan dalam jangka waktu lama, keripik keladi juga bisa Toppers jadikan pilihan oleh-oleh untuk kerabat.

Baca juga: 15 Makanan Khas Ambon, Maluku Utara yang Wajib Kamu Cicipi

Itulah ragam kuliner khas Sorong yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Kota Sorong. Tertarik untuk menyusuri kuliner-kuliner unik lainnya di Kota Sorong? Yuk, mulai persiapkan perjalananmu melalui aplikasi Tokopedia. Pesan tiket pesawat hingga temukan berbagai perlengkapan traveling dengan praktis di aplikasi Tokopedia, dan mulai petualangan kulinermu di Kota Sorong.

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!

Bagikan Artikel