Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES
9 Makanan Khas Sukabumi Populer Penggoda Selera
25 July 2018
Share icon
Share
Masakan khas Sukabumi
Sumber gambar: Dapur Kobe

Makanan Khas Sukabumi – Sebagai salah satu kota tujuan wisata di Jawa Barat, Kota Sukabumi menyimpan kekayaan kuliner khas Sunda yang unik dan layak dicoba. Untuk Toppers yang berencana singgah atau berlibur ke Sukabumi, cek dulu pilihan makanan khas Sukabumi populer berikut!

Makanan Tradisional Khas Sukabumi

1. Nasi Uduk Ungu

Nasi uduk ungu khas Sukabumi
Sumber gambar: Tribunnews

Nasi uduk merupakan salah satu kuliner nusantara yang sangat populer. Namun, di Sukabumi Toppers bisa menemukan nasi uduk yang berbeda daripada di daerah lainnya, yaitu nasi uduk Ungu.

Makanan khas Sukabumi ini mendapatkan warna ungu dari campuran buah ubi ungu dan juga bit. Seperti layaknya nasi uduk, nasi uduk khas Sukabumi ini juga disajikan dengan berbagai jenis lauk seperti ayam goreng kemiri, tahu, tempe, telur dadar, dan lalapan segar.

Baca Juga: 22 Tempat Wisata Sukabumi Terbaik dan Terbaru Tahun 2021

2. Surabi Sukabumi

Makanan Khas Sukabumi
Sumber gambar: Detik

Berbicara tentang kuliner di Jawa Barat, Surabi memang sudah menjadi ikon tersendiri. Di Kota Sukabumi sendiri, Toppers bisa menemukan Surabi khas yang berbeda daripada Surabi di daerah Jawa Barat lainnya.

Makanan khas Sukabumi ini terbuat dari durian sehingga merupakan kuliner paling pas untuk kamu yang menyukai Durian. Tertarik mencoba kuliner khas Sukabumi satu ini?

3. Roti Priangan

Kuliner tradisional Sukabumi
Sumber gambar: IDNtimes

Satu lagi kuliner tradisional khas Sukabumi yang legendaris yang wajib dicoba saat berlibur ke Sukabumi yaitu Roti Priangan.

Salah satu brand Roti Khas Sukabumi yang sangat populer adalah buatan Oey Tjiang Lie yang sudah berdiri sejak 1943. Cita rasa lezat dan khas membuat makanan tradisional asal Sukabumi ini menjadi pilihan bingkisan saat berkunjung ke Sukabumi, lho!

4. Bubur Ayam Sukabumi Bu Nut

Bubur Ayam memang kuliner yang lazim dan mudah ditemui. Tapi, di Sukabumi terdapat kuliner bubur ayam khas Sukabumi yang sangat populer dan kerap diburu oleh para pelancong. Kuliner khas Sukabumi tersebut adalah Bubur Ayam Bu Nut.

Salah satu pembeda bubur ayam khas Sukabumi ini dari bubur ayam lainnya adalah topping potongan Risoles dan juga suiran daging ayam kampung yang menjadikan cita rasa gurih dari makanan khas Sukabumi ini semakin menggoda selera.

5. Nasi Tutug Oncom

Makanan Khas Sukabumi
Sumber gambar: Detik

Pilihan makanan tradisional asal Sukabumi selanjutnya adalah Nasi Tutug Oncom. Kelezatan dari kuliner Sukabumi berupa nasi yang dimasak bercampur dengan oncom dan bumbu lainnya ini sudah sangat tersohor.

Disajikan dengan berbagai lauk pauk khas Sunda lainnya, kuliner asal Sukabumi ini layak masuk daftar makanan yang wajib dicoba saat singgah ke Sukabumi.

6. Mochi Lampion

Berbicara daftar makanan khas Sukabumi, tak lengkap tanpa memasukkan Mochi Lampion ke dalam salah satunya. Mochi Lampion sendiri bisa dikatakan sebagai kuliner legendaris di Sukabumi yang telah ada sejak 1983. Dengan berbagai varian rasa, makanan khas Sukabumi ini bisa jadi pilihan buah tangan yang menarik.

7. Sagon Bakar Ciaul

Makanan tradisional Sukabumi
Sumber gambar: OpenRice

Terbuat dari kelapa, aci dan bahan-bahan lainnya, camilan tradisional khas Sukabumi ini merupakan pilihan pas untuk menemani bersantai di sore ini sembari ditemani segelas kopi atau teh hangat.

Sagon Bakar Ciaul ini juga tersedia dalam berbagai rasa mulai dari cokelat, keju, dan berbagai rasa menarik lainnya.

8. Kue Jahe Khas Sukabumi

Makanan Tradisional Khas Sukabumi
Sumber gambar: Tokopedia

Camilan khas Sukabumi lainnya yang populer adalah Kue Jahe Khas Sukabumi. Terbuat dari jahe parut yang dicampur manisnya gula, cita rasa khas dari makanan ini sudah terkenal sejak jaman kolonialisasi Belanda, lho.

Kini, kue khas Sukabumi ini telah diolah menjadi berbagai varian rasa dan berbagai pilihan bentuk yang lucu.

9. Sekoteng Singapore

Kuliner Tradisional Khas Sukabumi
Sumber gambar: Sportourism

Setelah berbagai makanan, saatnya mencicipi kesegaran minuman khas Sukabumi. Sekoteng umumnya memang terkenal sebagai minuman tradisional nusantara yang biasanya terdiri dari kacang hijau, agar-agar, pacar cina, kacang tanah dan potongan roti.

Yang membuat Sekoteng Singapore khas Sukabumi ini berbeda adalah tambahan potongan biskuit dan juga buah lengkeng sebagai pelengkap kesegaran minuman khas Sukabumi ini. Nggak cuma lezat, minuman tradisional asal Sukabumi ini juga baik untuk daya tahan tubuh, lho!

Baca juga: 6 Makanan Khas Indonesia yang Wajib Ada saat Lebaran

Itulah ragam kuliner tradisional asal Sukabumi yang populer yang wajib dicicipi untuk buat berkunjung atau berlibur ke Sukabumi menjadi lebih maksimal.

Toppers juga bisa buat perjalanan berburu makanan khas Sukabumi lebih maksimal dengan berbagai keperluan traveling hingga tiket kereta dan tiket pesawat dengan harga terbaik yang bisa didapat dengan mudah secara online di Tokopedia!

tiket kereta api
TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

MORE FROM AUTHOR

Editor Picks
Popular Posts
Jadwal Pengiriman Pesanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2020
Popular Category
    © 2009-2021, PT Tokopedia