• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Mencicipi 10 Kuliner Khas Taiwan Favorit

Share

Mencicipi 10 Kuliner Khas Taiwan Favorit

Makanan Khas Taiwan – Taiwan merupakan salah satu destinasi wisata luar negeri favorit. Salah satu alasannya adalah karena ragam kuliner khas Taiwan yang kelezatannya sudah tersohor. Pergi ke Taiwan tanpa wisata kuliner tentulah tak akan lengkap. Ada banyak sekali makanan khas Taiwan yang bisa Toppers jelajahi ketika berada di Taiwan. Simak rekomendasi kuliner khas Taiwan favorit berikut:

Baca juga: 12 Destinasi Liburan Luar Negeri Bebas Visa

Makanan Khas Taiwan

1. Stinky Tofu

Makanan Khas Taiwan
Sumber gambar: Taiwan News

Stinky Tofu atau Chou Doufu adalah salah satu makanan asal Taiwan yang sangat terkenal. Olahan tahu yang difermentasi ini memang memiliki aroma menyengat yang sangat khas sehingga membuatnya dikenal dengan nama Stinky Tofu.

Makanan khas Taiwan ini sendiri memiliki banyak resep penyajian, mulai dari direbus, digoreng ataupun dimasak bersama makanan lainnya. Namun, salah satu yang paling digemari adalah yang digoreng.

Selain memiliki cita rasa unik, kuliner khas Taiwan ini dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, lho. Seperti menormalkan fungsi pencernaan, menyehatkan lambung, hingga menjaga kesehatan kulit.

2. Beef Noodle Soup

Makanan Khas Taiwan
Sumber gambar: Taste

Untuk pecinta mie, Taiwan juga memiliki menu sajian mie yang khas dan lezat yakni Mie dengan kaldu sapi atau dikenal juga dengan nama “Beef Noodle Soup”. Tekstur mie yang tak terlalu kenyal dilengkapi topping sayur-sayuran, daging sapi, dan bahan lainnya dan disirami kuah kaldu sapi yang gurih, makanan khas Taiwan ini dijamin akan memanjakan lidahmu.

3. Oyster Omelette

Makanan Khas Taiwan
Sumber gambar: Food and Wine Magazine

Diolah dari tiram yang dicampur bersama adonan tepung tapioka, telur, dan potongan sayuran, Oyster Omeletter atau telur dadar tiram ini merupakan olahan masakan khas Taiwan selanjutnya yang cukup populer di Taiwan.

Memiliki perpaduan rasa gurih dan manis dan disirami saus yang sedikit pedas, makanan khas Taiwan ini bisa Toppers temukan dijajakan di kedai-kedai pinggir jalan hingga restaurant berbintang.

4. Tie Dan

Makanan Khas Taiwan
Sumber gambar: Goody Feed

Masih berbahan dasar telur, makanan khas Taiwan selanjutnya adalah Tie Dan yang dikenal juga dengan nama Iron Egg, atau telur besi. Aslinya kuliner tradisional ini berasal dari distrik Tamsui, namun kini bisa Toppers temukan di berbagai supermarket di Taiwan dalam kemasan yang modern.

Makanan asal Taiwan ini diolah dari telur rebus yang disemur dan dikeringkan selama seminggu sehingga telur menjadi berwarna lebih gelap, gurih, serta memiliki tekstur kenyal yang khas.

5. Mee Sua Tiram

Makanan Khas Taiwan
Sumber gambar: Food-Spotter

Satu lagi masakan Taiwan dengan bahan dasar Tiram. Mee Sua adalah sejenis bihun yang memiliki tekstur lembut. Dipadukan dengan potongan daging tiram dan kuah kaldu yang gurih, masakan khas Taiwan yang lezat ini bisa Toppers temukan dengan mudah di pedagang-pedagang kaki lima di Taiwan.

Baca juga: Liburan ke Bangkok? 12 Makanan Khas Bangkok Ini Wajib Kamu Coba!

6. Es Serut Mangga

Makanan Khas Taiwan
Sumber gambar: Taiwan News

Untuk pencuci mulut, Toppers bisa menikmati segarnya es serut khas Taiwan. Ciri khas dari Es Serut di Taiwan adalah teksur es-nya yang sangat dilembut serta dilengkapi topping buah-buahan segar dan sirup serta topping lainnya.

Salah satu menu es serut khas Taiwan yang paling populer adalah es serut mangga. Perpaduan rasa manis sirup, asam buah mangga membuat hidangan pencuci mulut ini terasa sangat menyegarkan!

7. Chicken Cutlet

Makanan Khas Taiwan
Sumber gambar: Eater

Tak cuma di Taiwan, popularitas street food asal Taiwan ini bisa dibilang telah mendunia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya gerai-gerai yang menjajakan jajanan khas Taiwan ini di luar Taiwan, termasuk di Indonesia.

Dibuat dari daging ayam tanpa tulang yang digoreng bersama tepung hingga renyah dan ditaburi bumbu gurih, jajanan khas Taiwan ini dijamin akan buatmu merasa kegatihan. Kini, kuliner khas Taiwan ini telah dimodifikasi dengan memiliki banyak sekali pilihan rasa yang bisa dipilih sesuai selera.

8. Xiao Long Bao

Makanan Khas Taiwan
Sumber gambar: Wikipedia

Makanan khas Taiwan selanjutnya ini sangat umum ditemukan di tempat-tempat makan yang menyajikan dim sum. Secara sederhana Xiao Long Bao adalah pangsit yang dikukus karena bahan-bahan yang digunakan memang tak berbeda dari pangsit, hanya saya pengolahannya dengan cara dikukus.

Untuk Toppers pecinta chinese food, jelas kuliner Taiwan satu ini wajib masuk dalam daftar wisata kulinermu saat berlibur ke Taiwan.

9. Boba Tea atau Bubble Milk Tea

Makanan Khas Taiwan
Sumber gambar: Tribunnews

Minuman yang satu ini kini popularitasnya tengah naik daun. Campuran teh dan susu dengan varian rasa serta dilengkapi berbagai topping, minuman yang dikenal dengan nama Boba atau bubble tea ini ternyata awalnya booming di Taiwan terlebih dahulu.

Jika Toppers termasuk pecinta minuman kekinian ini, tentu menikmatinya langsung di Taiwan akan terasa jauh lebih afdol, bukan?

10. Gua Bao

Makanan Khas Taiwan
Sumber gambar: Wikipedia

Secara sederhana panganan khas Taiwan selanjutnya ini bisa dibilang sebagai burger khas Taiwan Perbedaannya adalah roti yang digunakan merupakan roti kukus menyerupai bakpau yang kemudian diisi dengan daging babi dan beragam isian lainnya.

Baca juga: Bertualang di 20 Destinasi Wisata Hong Kong Terbaik

Dengan cita rasa lezat yang sudah tak perlu diragukan lagi, jelas Taiwan merupakan salah satu destinasi wajib untuk berburu kuliner. Makanan khas Taiwan mana yang jadi pilihan favorit Toppers?

Buat persiapan petualangan kuliner di Taiwan jadi lebih mudah dengan aplikasi Tokopedia. Mulai dari beli perlengkapan traveling hingga pesan tiket pesawat dan hotel kini bisa dilakukan dengan mudah dan praktis di Tokopedia!

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!
© 2009-2024, PT Tokopedia