Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES
Mencicipi 7 Makanan Khas Tanjung Selor, Kalimantan Utara
04 January 2019
Share icon
Share
Makanan Tradisional Khas Tanjung Selor
Sumber gambar: Borneo Channel

Makanan Khas Tanjung Selor – Tanjung Selor adalah Kota yang memiliki sejarah panjang perdagangan di masa lampau. Memiliki lokasi strategis terhadap wilayah Kesultanan Bulungan, kota ini telah lama menjadi jalur perdangangan internasional sejak abad ke-19.

Namun, ibukota dari Provinsi Kalimantan Utara ini tidak hanya terkenal akan sejarah perdagangannya yang panjang, namun juga cita rasa kuliner khas yang menarik. Berkunjung ke Kalimantan Utara, wajib hukumnya untuk cicipi ragam kuliner tradisional khas Tanjung Selor berikut!

Baca juga: 12 Macam-macam Sambal Khas Indonesia yang Bikin Makanan Tambah Nikmat

Kuliner Tradisional Khas Tanjung Selor – Kalimantan Utara

1. Kepiting Soka

Makanan Tradisional Khas Tanjung Selor
Sumber gambar: Tempo

Buat Toppers penggila kepiting, maka makanan tradisional khas Tanjung Selor ini wajib dicoba. Kepiting Soka adalah salah satu kuliner khas Tanjung Selor yang digemari karena selain rasanya yang lezat, kepiting jenis ini tergolong rendah lemak dan kaya akan mineral, protein, dan juga vitamin.

Di Tanjung Selor sendiri kuliner ini diolah dengan berbagai cara. Mulai dari cara ditumis dengan saos berbumbu, hingga digoreng krispi. Apapun pilihanmu, dijamin makanan khas Tanjung Selor ini tetap akan terasa nikmat.

2. Tumis Kapah

Makanan Tradisional Khas Tanjung Selor
Sumber gambar: Budaya Indonesia

Kota Tanjung Selor memang kaya akan kuliner lautnya, selain Kepiting Soka, masih ada Kerang Kapah yang memiliki cita rasa tak kalah memikat. Tumis Kapah merupakan salah satu makanan khas Kalimantan Utara yang sangat populer, khususnya di Tarakan.

Kaya akan protein, ditambah gurihnya tumisan berbagai bumbu rempah dan kesegaran perasan jeruk nipis, siapa yang bisa menolak untuk mencicipi kuliner khas Kalimantan Utara satu ini?

Lebih lengkap lagi, nikmati Tumis Kapah ini dengan sepiring nasi hangat dan juga segarnya air kelapa muda sebagai minuman pendamping.

3. Nasi Subut

Makanan Tradisional Khas Tanjung Selor

Nasi menjadi makanan pokok di banyak wilayah di Nusantara. Hal ini membuat ada banyaknya olahan nasi khas di berbagai daerah. Di Tanjung Selor sendiri Toppers bisa mencoba nasi dengan resep khas, yaitu Nasi Subut.

Melihat warnanya yang keunguan, tentu kuliner khas Tanjung Selor, atau lebih tepatnya Tana Tidung ini sudah memilikin tampilan menarik. Warna ungu ini sendiri didapat dari bahan ubi ungu. Selain ubi ungu, makanan khas Tanjung Selor ini juga dilengkapi bulir jagung dan berbagai bumbu penyebab yang menjadikannya memiliki rasa gurih yang nikmat.

4. Ikan Asin Richa

Makanan Tradisional Khas Tanjung Selor
Sumber

Sebagai pendamping nasi subut, ada makanan khas Tanjung Selor lain yang bisa menjadi lauknya, yakni ikan asin richa. Kuliner khas Kalimantan Utara ini dikenal juga dengan nama ikan asin pedas atau gami.

Kuliner tradisional ini umumnya ditumis dengan saus gurih dan bersama dengan sayur singkong tumis untuk melengkapi sepiring nasi subut hangat untuk makan siang ataupun makan malam.

5. Lawa

Makanan Tradisional Khas Tanjung Selor
Sumber gambar: Borneo Channel

Lawa merupakan hindangan khas dari Kerajaan Bulungan, salah satu kerajaan yang berada di wilayah Kalimantan Utara. Makanan tradisional khas Kalimantan Utara ini terbuat dari bahan utama timun atau rumput laut. Kedua sayuran ini kemudian diolah dengan kelapa sangrai dan udang galah atau kerang-kerangan.

Dengan rasa yang menyegarkan, kuliner khas Tanjung Selor ini kerap menjadi menu makanan pembuka yang digemari sebelum menyantap hidangan utama.

6. Sate Ikan Pari

Makanan Tradisional Khas Tanjung Selor
Sumber

Jika sate umumnya terbuat dari daging ayam ataupun daging sapi, di Tanjung Selor Toppers bisa menemukan Sate yang terbuat dari Daging Ikan Pari. Dari bahan utamannya saja, sudah pasti makanan khas Tanjung Selor ini memberikanmu rasa unik yang berbeda.

Diperkaya rempah-rempah, rasa dari makanan khas Kalimantan utara ini makin menarik dengan tambahan madu dan kecap manis yang dilumuri saat proses pembakaran.

7. Tudai

Pilihan kuliner laut khas Tanjung Selor lain yang bisa jadi alternatif santapanmu saat berkunjung ke Ibukota Kalimantan Utara ini. Kerang Tudai merupakan kerang berdaging tebal dengan cangkang kehitaman dan jingga yang banyak ditemukan di daerah Bulungan.

Selain direbus dan disantap langsung, makanan khas Tanjung Selor ini juga biasa diolah sebagai sambal goreng dan kerap menjadi hidangan pada saat perayaan-perayaan seperti pernikahan ataupun pesta adat.

Baca juga: Mau Liburan Hemat? Perhatikan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Berikut

Dengan cita rasa khas, memang tak ada salahnya memanjakan lidahmu dengan ragam makanan khas Tanjung Selor, Kalimantan Utara saat singgah ke Kota ini. Ingin mulai petualangan kulinermu ke Tanjung Selor? Siapkan dulu perlengkapan traveling dan pesan tiket pesawat sekarang juga lewat aplikasi Tokopedia!

Banner Tiket Pesawat
TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

MORE FROM AUTHOR

Editor Picks
Popular Posts
Jadwal Pengiriman Pesanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2020
Popular Category
    © 2009-2021, PT Tokopedia