Mencicipi 7 Kuliner Khas Tarakan yang Melegenda

0
1078
Makanan Khas Tarakan
Sumber

Makanan Khas Tarakan – Tarakan adalah salah satu kota yang berada di provinsi Kalimantan Utara. Nama Tarakan berasal dari Bahasa Daerah Tidung yaitu “tarak” yang berarti tempat bertemu dan “ngakan”. Hal ini disnyalir karena dahulu kota ini merupakan tempat bertemunya para pelaut dan pedagang di daerah Tidung untuk beristirahat, makan, dan tentunya saling barter barang atau hasil tangkapan mereka.

Lalu, bagaimana dengan sekarang? Kini Tarakan masih menyimpan berbagai varian kuliner khas yang cukup memikat untuk menarik wisatawan melakukan wisata kuliner ke Tarakan.

Penasaran dengan cita rasa makanan khas Kota Tarakan? Intip rekomendasi kuliner khas Tarakan yang melegenda berikut:

Baca juga: Mengenal 10 Kuliner Khas Samarinda dengan Cita Rasa Lezat

Kuliner Tradisional Khas Tarakan

1. Sate Temburungun

Makanan Tradisional Khas Tarakan
Sumber gambar: Tribunnews

Nama makanan khas Tarakan satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga. Namun, jika Toppers merupakan penggila seafood kuliner tradisional asal Tarakan ini wajib dicicipi.

Temburungun merupakan biota laut serumpun dengan kerang. Diracik dengan rempah-rempah setempat, Temburungun paling enak diolah menjadi sate. Makanan khas Tarakan satu ini paling populer disantap saat malam menjelang pergantian tahun baru.

2. Olahan Kepiting Soka

Makanan Khas Tarakan
Sumber gambar: Detik

Kuliner Tarakan memang kaya akan cita rasa laut. Makanan seafood khas Tarakan lain yang bisa dicoba adalah berbagai olahan dari Kepiting Soka. Berbeda dengan kepiting pada umumnya, kepiting jenis ini memiliki cangkang lebih lunak.

Berlibur ke Tarakan, Toppers bisa temukan banyak olahan dari Kepiting Soka, mulai dari Kepiting Soka Asam Manis, Saus Padang hingga sekedar digoreng garing sebagai camilan atau makanan ringan.

3. Sambal Goreng Tuday

Kuliner Tradisional Khas Tarakan
Sumber gambar: Selerasa

Hampir setiap wilayah nusantara memiliki sambal khas-nya masing-masing. Seperti sambal ikan Roa asal Manado, sambal bajak khas Jawa Tengah, hingga sambal matah asal Bali yang tengah populer.

Di Tarakan sendiri, Toppers bisa menemukan sambal goreng tuday yang terbuat dari aneka bumbu rempah, cabai, dan juga daging kerang. Kerap menjadi makanan khas saat acara pesta pernikahan, makanan khas Tarakan ini juga disajikan bersama tempe dan juga tahu yang makin menggugah selera.

Baca juga: 10 Merk Saus Sambal Terlaris yang Pedasnya Bakal Bikin Ketagihan!

4. Kapah

Makanan Tradisional Khas Tarakan
Sumber gambar: Flickr

Kapa atau Kapah adalah jenis kerang lainnya yang bisa ditemukan dengan mudah di pesisir pantai kota Tarakan. Tak heran jika tengah berkunjung ke pantai-pantai yang ada di kota Tarakan, Toppers bisa menemukan berbagai warung makan yang menjadikan Kapa sebagai menu makanan utamanya.

Makanan tradisional khas Tarakan ini diolah dengan cara direbus dan disajikan bersama sambal khas yang membuat rasanya menjadi sangat lezat.

Ditemani pemandangan pantai yang menenangkan, cita rasa kuliner Tarakan ini dijamin akan sulit dilupakan saat meninggalkan kota Tarakan.

5. Ikan Asin Richa atau Gami

Makanan Khas Tarakan
Sumber

Kota Tarakan memang kaya akan hasil laut. Tak heran jika produksi ikan asin asal Tarakan cukup maju dan berkembang. Salah satu panganan olahan ikan asin khas Tarakan yang populer adalah Ikan Asin Richa atau Gami.

Memiliki cita rasa pedas yang berpadu dengan gurih serta asinnya daging ikan, makanan tradisional khas Tarakan ini sangat pas untuk disantap bersama sepiring nasi hangat.

6. Ikan Asin Pepija

Kuliner Khas Asal Tarakan
Tokopedia

Olahan ikan asin lainnya asal Tarakan yang cukup digemari adalah Ikan Asin Pepija. Terbuat dari jenis Ikan Pepija, kuliner khas Tarakan ini dikenal juga dengan nama ikan asin tipis karena bentuknya yang tipis.

Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih membuat makanan asal Tarakan ini sedap disantap sebagai lauk dengan dicocol sambal favoritmu.

7. Kue Ciput

Makanan Khas Tarakan
Sumber gambar: Resep Nusantara

Untuk Toppers yang suka makanan manis, makanan khas Tarakan satu ini bisa dicoba. Terbuat dari kue renyah dengan rasa gurih yang diisi fla manis, kue khas Tarakan ini memiliki bentuk seperti keong membuatnya tampil menarik dan menggoda untuk dicicipi.

Baca juga: 7 Makanan Pedas Terlezat untuk Kamu Pecinta Kuliner Pedas

Sesuai dengan asal muasal namanya, ternyata Tarakan memiliki ragam kuliner khas lezat yang memang layak untuk dicicipi. Penasaran dan ingin mencicipi langsung berbagai makanan khas Tarakan diatas? Cek tiket pesawat ke Tarakan di Tokopedia dan mulai langsung petualangan kuliner tradisional khas Tarakan-mu!

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel