Mencicipi Lezatnya 9 Kuliner Khas Tasikmalaya!

0
868
Kupat Tahu - Makanan Khas Tasikmalaya
Sumber Com

Makanan Khas Tasikmalaya – Sang Mutiara dari Priangan Timur, itulah sebutan untuk Kota Tasikmalaya yang berada di Provinsi Jawa Timur. Selain itu, Tasikmalaya juga dikenal dengan sebutan Kota Seribu Pesantren karena banyaknya pesantren yang didirikan di daerah ini.

Tak cuma dikenal akan pesantrennya, Tasikmalaya juga dikenal akan kulinernya. Berkunjung kesini, tak lengkap tanpa cicipi makanan khas Tasikmalaya yang miliki cita rasa khas yang lezat! Yuk, cicipi nikmatnya kuliner khas Tasikmalaya berikut!

Baca juga: 12 Macam-macam Sambal Khas Indonesia yang Bikin Makanan Tambah Nikmat

Pilihan Makanan Khas Tasikmalaya Terlezat

1. Nasi Cikur

Makanan Khas Tasikmalaya
Sumber gambar: Tribunnews

Nasi Cikur adalah olahan nasi khas Tasikmalaya yang dimasak berbaga berbagai bumbu. Kekhasan lain dari kuliner Tasikmalaya ini adalah sajian cikur yang mendampingi nasi dengan cita rasa gurih ini.

2. Kolontong

Kolontong - Makanan Khas Tasikmalaya
Sumber gambar: Ulinulin

Camilan khas Tasikmalaya ini cukup populer sebagai oleh-oleh dari Tasikmalaya. Memiliki citarasa gurih dan tekstur yang renyah, jajanan yang terbuat dari beras ketan ini wajib dicicipi saat berkunjung ke Tasikmalaya.

3. Soto Ayam Pataruman

Soto Ayam Pataruman - Makanan Khas Tasikmalaya
Sumber gambar: IDNTimes

Suka kuliner berkuah? Jika ya, makanan khas asal Tasikmalaya ini wajib Toppers cicipi. Indonesia memang kaya akan berbagai resep soto yang khas dari setiap daerah. Di Tasikmalaya sendiri Toppers bisa mencicipi Soto Ayam Pataruman.

Disebut Pataruman karena kuliner khas Tasikmalaya ini dijajakan di kedai yang berada di Jalan Pataruman. Dengan kuah santan yang gurih lengkap dengan berbagai isi mulai dari daging ayam, ati, ampela, ceker, dan lainnya pasti akan buat Toppers ketagihan.

4. Rengginang

Rengginang - Makanan Khas Tasikmalaya
Sumber gambar: Perpustakaan Digital Budaya Indonesia

Rengginan merupakan panganan tradisional Sunda yang sudah tak asing lagi. Di Tasikmalaya sendiri mencari kuliner rengginan sangatlah mudah terutama saat menjelang Lebaran.

Baca juga: 5 Resep dan Cara Membuat Getuk Tradisional yang Lezat

5. Kupat Tahu Khas Tasikmalaya

Kupat Tahu - Makanan Khas Tasikmalaya
Sumber Com

Pilihan makanan khas Tasikmalaya yang menggoda selera selanjutnya adalah kupat tahu. Mudah ditemukan dijajakan oleh para pedagang kaki lima, makanan khas Sunda yang berbumbu kacang ini memiliki rasa gurih yang lezat.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Citruk

Citruk - Makanan Khas Tasikmalaya
Sumber gambar: Makanan Khas Tasikmalaya

Camilan khas asal Tasikmalaya ini terbilang sebagai jajanan jadul yang mungkin sudah cukup jarang ditemui. Terbuat dari olahan tepung terigu dan tepung kanji, makanan khas Tasikmalaya ini terkenal akan kerenyahannya dan rasa yang enak.

7. Godeblag

Terbuat dari singkong, godeblag adalah makanan khas asal Tasikmalaya bercitarasa asin yang bisa Toppers cicipi di Tasikmalaya. Kuliner tradisional ini bisa ditemukan dengan mudah di pasar-pasar tradisional atau ke daerah Manojaya yang terkenal sebagai sentra penghasil Godeblag.

8. Es Bojong

Es Bojong, Makanan Khas Tasikmalaya
Sumber gambar: @kulinertasik

Kerap menjadi sajian manis saat berbuka puasa, Es Bojong merupakan minuman khas Tasikmalaya yang terkenal. Dengan isi buah-buahan, kelapa muda, tape ketan, dan segarnya sirup membuat minuman ini cocok untuk diminum saat cuaca tengah panas.

9. Nasi Tutug Oncom Tasikmalaya

Sumber Gambar: Tribunnews

Nasi tutug oncom merupakan sajian Sunda yang cukup terkenal. Berbahan dasar nasi dan oncom, kuliner khas ini juga cukup populer di Tasikmalaya.

Dengan bumbu-bumbu dan berbagai lauk pelengkap, nasi tutug oncom tepat sekali untuk mengisi perutmu yang lapar.

Baca juga: 5 Resep Nasi Tutug Oncom yang Gurih dan Bikin Nagih

Tak cuma memiliki rasa yang lezat, cita rasa yang khas membuat kuliner Tasikmalaya sangat digemari. Tak heran juga menu-menu makanan ini juga kerap ada di berbagai restaurant. Namun, tentu akan lebih afdol rasanya jika menikmati langsung di Tasikmalaya.

Yuk, siapkan tiket kereta dan mulai petualangan kulinermu di Tasikmalaya.

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel