Mencoba Kelezatan 12 Kuliner Khas Tegal Terbaik

0
76
Makanan Khas Tegal
Sumber gambar: Liputan 6

Makanan Khas Tegal – Berlokasi di Provinsi Jawa Tengah, Tegal merupakan Kota di lintas pantai utara yang pernah menjadi cikal-bakal berdirinya Korps Marinir seperti tercatat dalam Pangkalan IV ALRI Tegal dengan nama Corps Mariniers, pada 15 November 1945.

Selain itu, belakangan Tegal juga kerap disebut-sebut sebagai Kota Kuliner karena banyaknya sentra kuliner yang mulai bermunculan di kota ini. Tak cuma ragam makanan kekinian, ada banyak juga makanan khas Tegal yang menarik untuk dicicipi kala bertandang ke Kota Kuliner ini.

Yuk, cari tahu dan cicipi ragam kuliner khas Tegal yang lezat dan bercita rasa unik berikut:

Baca juga: 30 Makanan Khas Sunda Lezat yang Bikin Perut Laper

Cita Rasa Makanan Khas Tegal

1. Rujak Teplak

Makanan Khas Tegal
Sumber gambar: Hipwee

Kuliner khas Tegal pertama yang bisa Toppers cicipi adalah Rujak Teplak. Diolah dari beragam sayuran yang direbus seperti kangkung, daun lemayung, daun pepaya, dan berbagai sayuran lainnya, yang menjadi ciri khas dari makanan khas Tegal ini adlaah tambahan “sambal gaul”.

Sambal gaul ini sendiri merupakan olahan dari singkong rebus yang dihaluskan dengan bumbu-bumbu pedas. Dengan keunikan rasanya ini, Rujak Teplak menjadi salah satu kuliner legendaris yang bisa Toppers temui di Tegal.

2. Blendung

Makanan Khas Tegal
Sumber gambar: Perpustakaan Digital Budaya Indonesia

Blendung merupakan makanan berbahan dasar jagung yang bisa ditemukan dengan mudah di pasar-pasar tradisional yang ada di Tegal. Makanan khas Tegal ini dibuat dari jagung yang direbus kemudian kemudian disajikan bersama parutan kelapa.

3. Kupat Glabed

Makanan Khas Tegal
Sumber gambar: Tribunnews

Makanan khas Tegal yang tak boleh Toppers lewatkan selanjutnya adalah Kupat Glabed. Dibuat dari potongan ketupat yang disirami kuah santan kental yang sangat gurih ini dijamin bisa membuatmu ketagihan. Ditambah dengan renyahnya kerupuk, membuat kuliner Tegal ini semakin sedap disantap.

4. Kupat Blengong

Makanan Khas Tegal
Sumber gambar: Republika

Kupat Blengong sebenarnya adalah Kupat Glabeb yang dilengkapi dengan tambahan Sate Blengong. Terbuat dari daging Blengong, sate yang memiliki ukuran relatif lebih panjang daripada sate pada umumnya ini bercita rasa gurih. Soal tekstur, daging blengong sendiri memiliki rasa yang menyerupai daging bebek.

5. Glotak

Makanan Khas Tegal
Sumber gambar: Tribunnews

Makanan khas Tegal lainnya yang tak kalah lezat adalah Glotak yang berbahan dasar gembus, sejenis oncom yang kemudian dimasak dengan berbagai macam bumbu sehingga menghasikan rasa yang gurih. Gembus ini kemudian dimasakk kembali bersama kaldu dan tambahan cabai untuk memberikan cita rasa pedas. Suara “glotak-glotak” pada proses memasak kuliner inilah yang kemudian membuatnya disebut sebagai Glotak.

6. Es Lontrong

Makanan Khas Tegal
Sumber gambar: Brillio

Puas menyantap berbagai kuliner legendaris dari Tegal, Toppers bisa menyegarkan diri dengan menyantap Es Lontrong, salah satu minuman es tradisional asal Tegal yang sangat terkenal. Dibuat dari kacang hijau dan cincau yang diberi siraman gula merah, santan, dan parutan es serut, minuman khas Tegal ini dijamin mampu berikan sensasi rasa segar yang unik dan lezat.

7. Sega Lengko

Makanan Khas Tegal
Sumber gambar: Merah Putih

Kuliner satu ini cukup terkenal di kawasan pantai utara, dan tentunya di Tegal. Sega atau Nasi Lengko merupakan sajian nasi bersama lauk tahu dan tempe, kol, tauge, serta sambal kacang dengan kerupuk sebagai pelengkap.

8. Soto Tauco

Makanan Khas Tegal
Sumber gambar: Liputan 6

Buat penggemar Soto, Tegal juga menawarkan kuliner Soto namun dengan cita rasa berbeda khas Tegal. Dengan isian daging ayam yang disuwir, irisan babat, tauge, brambang goreng, yang menjadikan kuliner khas Tegal ini berbeda adalah tambahan Tauco didalamnya.

Hal ini membuat rasa dari Soto menjadi sangat khas dengan perpaduan rasa manis, asam, asin, dan aroma dari Tauco.

9. Olos

Makanan Khas Tegal
Sumber gambar: Tokopedia

Berlibur ke Tegal takkan lengkap sebelum Toppers mencicipi Olos, camilan khas Tegal yang berbentuk bulat dan kerap dijajakan oleh penjual gerobakan.

Gorengan yang terbuat dari bahan tepung terigu dengan isian sayur-sayuran dan cabai ini menjadi salah satu kuliner khas Tegal yang cukup digemari. Apalagi, kini Olos sudah dimodifikasi dengan beragam isian seperti sosis, ayam, dan juga keju.

Identik dengan rasa pedas, jelas makanan khas Tegal satu ini wajib Toppers cicipi jika kamu merupakan penggemar makanan pedas.

10. Tahu Aci

Makanan Khas Tegal
Sumber gambar: Wikipedia

Sesuai dengan namanya, makanan khas Tegal selanjutnya ini merupakan olahan tahu bersama aci atau tepung kanji. Perpaduan tekstur kenyal dari aci dan tahu yang lembut membuat kuliner Tegal satu ini menjadi salah satu pilihan makanan ringan yang menarik untuk disantap, khususnya bagi Toppers penggemarjajanan gorengan.

11. Latopia

Makanan Khas Tegal
Sumber gambar: Bobo

Jika di beberapa daerah di Pulau Jawa lainnya Toppers bisa menemukan Bakpia, di Tegal Toppers bisa menemukan Latopia. Makanan ringan khas Tegal satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Bakpia, hanya saja kulit dari Latopia lebih tebal.

Dengan banyaknya pilihan rasa seperti cokelat, keju, durian, kacang hijau, dan beragam rasa lainnya, makanan khas Tegal ini menjadi salah satu pilihan oleh-oleh favorit untuk dibawa pulang setelah puas bertualang kuliner di Tegal.

12. Kemronyos

Makanan Khas Tegal
Sumber gambar: Tribunnews

Buat Toppers penggemar kuliner berbahan dasar kambing, di Tegal ada kuliner khas yang cocok untukmu. Kemronyos merupakan sate kambing khas Tegal yang berbeda dengan sate kambing pada umumnya. Kuliner khas Tegal ini dibakar dan disajikan tanpa bumbu kecap atau bumbu kacang seperti sate kambing yang biasa Toppers temukan di daerah lain.

Makanan khas asal Tegal yang kerap disantap kala malam menjelang ini menawarkanmu cita rasa gurih asli dari sedapnya daging kambing.

Baca juga: Menjelajahi 16 Wisata Kuliner Solo yang Telah Melegenda!

Dengan beragam cita rasa dari makanan khas Tegal tersebut, tak heran jika Tegal menjadi salah satu tujuan Kota Kuliner yang cukup digemari. Kuliner khas Tegal mana yang paling memiliki cita rasa favoritmu?

Agar traveling ke Tegal jadi lebih mudah, gunakan Aplikasi Tokopedia untuk maksimalkan rencana traveling-mu. Tak hanya beli perlengkapan traveling, Toppers juga bisa pesan tiket kereta dan tiket pesawat hingga beli tiket hiburan serta booking hotel dengan mudah cukup menggunakan satu aplikasi Tokopedia saja, lho!

Sudah siap mulai petualangan kulinermu di Tegal?

Bagikan Artikel