Mengenal Cita Rasa 32 Makanan Khas Aceh Populer

0
53996
Sumber gambar: Tribunnews

Makanan Tradisional Khas Aceh – Aceh yang terkenal sebagai Kota Serambi Mekkah memang terkenal akan adat dan budayanya yang kaya dan unik. Hal ini juga tercermin dari kekayaan kuliner khas Aceh yang kelezatannya digemari di Nusantara.

Berbagai makanan khas Aceh ini bahkan bisa Toppers temui diluar Aceh karena popularitasnya.

Ingin tahu makanan tradisional Aceh apa saja yang bisa Toppers cicipi saat berlibur ke Banda Aceh, kota Islam paling tua di Asia Tenggara?

Kuliner Tradisional Khas Aceh

1. Mie Aceh

Mie Aceh
Sumber gambar: Tokopedia

Salah satu ikon makanan khas Aceh yang paling tersohor adalah Mie Aceh. Disajikan dalam dua varian, yaitu digoreng dan juga menggunakan kuah, kuliner tradisional Aceh ini dilengkapi dengan berbagai pilihan topping mulai dari Kepiting, Daging sapi, dan juga seafood.

Baca juga: 30 Makanan Khas Sunda Lezat yang Bikin Perut Laper

2. Kuah Masam Keu-Neung

Makanan Khas Aceh
Sumber gambar: Wikipedia

Untuk pecinta kuliner berkuah, makanan tradisional asal Aceh satu ini wajib masuk daftar masakan favoritmu.

Masam Keuneung sendiri berarti Asam Pedas, dan sesuai namanya, makanan khas Aceh ini memiliki cita rasa pedas dan asam yang menyegarkan, lho.

3. Kuah Sie Itek

Kuliner khas Aceh satu ini adalah pilihan tepat untuk yang gemar cita rasa daging itik. Bebeda dengan kuliner berbahan itik pada umumnya, makanan asal Aceh satu ini memiliki resep tersendiri dengan berbagai bumbu-bumbu yang membuatnya mampu memberikanmu pengalaman mengonsumsi kuliner itik yang berbeda.

bumbu masak
Masakan lebih nikmat dan gurih dengan bumbu masak terlengkap di sini!

4. Rujak Aceh

Makanan Tradisional Khas Aceh
Sumber gambar: Masakan Dapurku

Ingin menyantap kuliner khas Aceh yang menyegarkan? Rujak Aceh jawabannya. Terbuat dari buah rumbia yang banyak ditemukan di Aceh dan disirami saus rujak, panganan khas Aceh ini juga kerap disajikan dingin dengan parutan es sehingga membuatnya makin menyegarkan!

5. Ungkot Kemamah

Makanan Khas Aceh
Sumber gambar: Info Kuliner

Ungkot Kemamah adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari ikan tuna yang sebelumnya telah direbus dan dikeringkan.

Masakan khas Aceh ini kemudian diolah menggunakan santan kelapa, kentang, cabai hijau, dan berbagai bumbu rempah sehingga menghasilkan cita rasa menarik dan menggoda lidah.

6. Martabak Aceh

Makanan asal Aceh yang populer selanjutnya adalah Martabak Aceh. Berbahan dasar roti cane sebagai kulitnya, membuat martabak ini berbeda dengan martabak pada umumnya. Dengan cita rasa gurih dan sedikit pedas, kuliner khas Aceh ini bisa menjadi camilan tepat untuk menemanimu menyeruput kopi.

Kopi Aceh Gayo
Menikmati sedapnya kopi Aceh Gayo tak harus ke Aceh. Beli sekarang juga di Tokopedia.

7. Kopi Aceh

Salah satu kopi khas Nusantara yang sudah tersohor popularitasnya hingga manca negara adalah kopi asal Aceh.

Memiliki cita rasa dan aroma yang kuat, Kopi khas Aceh ini sangat mudah ditemukan di kedai-kedai kopi yang ada ci Aceh.

8. Sate Matang

Kuliner tradisional Khas Aceh
Sumber gambar: Indonesia

Sate matang adalah masakan khas Aceh, tepatnya dari Daerah Matang. Yang membuat masakan tradisional Aceh ini berbeda dengan sate lainnya adalah bahan berupa daging sapi atau kambing yang diungkep dengan bumbu khas Aceh sebelum kemudian dibakar.

Makanan khas daerah Matang ini penyajiannya juga dilengkapi kuah soto yang gurih membuatnya makin menggoda untuk disantap.

Baca juga: 7 Resep Praktis Soto Khas Nusantara

9. Kuah Pliek U

Masakan khas Aceh selanjutnya ini merupakan makanan khas Aceh Barat. Masakan berkuah yang berisikan sayuran yang banyak ditemukan di tanah Aceh ini memiliki filosofi yang dalam, lho.

Kuah Pliek U merupakan lambang dari eratnya kekerabatan dan keberagaman masyarakat Aceh yang disatukan ke dalam sebuah kuali besar.

10. Ayam Tangkap

Kuliner khas asal Aceh
Sumber gambar: Kompasiana

Makanan khas Aceh yang selanjutnya layak kamu cicipi adalah Ayam Tangkap. Terbuat dari potongan ayam yang digoreng, ciri khas dari kuliner asal Aceh ini adalah daun teumura dan cabai hijau yang dioseng bersama ayam dan ditaburi bawang goreng.

Tentunya kuliner Aceh ini akan berikan Toppers sensasi berbeda dalam menyantap ayam goreng.

11. Sanger

Sanger adalamh minuman khas Aceh yang sekilas terlihat seperti kopi susu pada umumnya. Namun resep dan komposisi dari susu kental manis, kopi, dan gula pasir pada minuman tradisional Aceh ini dipercaya sangat berbeda dan presisi sehingga menhadirkan cita rasa sedap yang khas.

12. Kue Adee

Kuliner Khas Aceh
Sumber gambar: Aceh Tourism

Kue tradisional Khas Aceh yang hanya bisa ditemui di Aceh, khususnya Kabupaten Pidie Jaya ini merupakan kue bertekstur lembut dan legit dengan cita rasa manis.

Selain nikmat menjadi teman minup kopi dan reh di sore hari, makanan tradisional Aceh ini juga bisa jadi alternatif oleh-oleh asal Aceh untuk kerabatmu, lho.

13. Kue Timphan

Makanan Khas Aceh
Sumber gambar: Tribunnews

Varian kue tradisional khas Aceh selanjutnya adalah Timphan. Timphan yang memiliki tekstur kenyal dan diolah dengan cara dibungkus daun pisang muda ini meruapakan kuliner khas Aceh yang hanya ditemukan pada saat lebaran Idul Fitri ataupun Idul Adha, lho.

14. Lepat

Terbuat dari tepung ketan dengan isian dengan gula merah dan dibungkus daun pisang dan taburan kelapa parut oseng pada bagian tengahnya, Lepat adalah makanan khas Aceh yang sering ditemukan pada saat perayaan-perayaan masyarakat Gayo. Cita rasa unik dari kuliner tradisional Aceh ini tentu wajib kamu cicipi saat berkesempatan ke Aceh.

15. Jadah Lemang 

Makanan Khas Aceh
Sumber gambar: Sahabatnesia

Kuliner berbahan dasar beras ketan dan santan kelapa ini merupakan makanan khas Aceh singkil.

Memiliki rasa gurih, Jadah Lemang yang dimasak menggunakan bambu ini sangat cocok dipadukan dengan lauk seperti rendang dan juga termasuk kuliner yang kerap disajikan saat perayaan Idul Fitri dan Idul Adha.

16. Kembang Loyang

Oleh-oleh khas asal Aceh
Sumber gambar: Cookpad

Kembang Loyang adalah kuliner khas asal Aceh Tamiang yang juga sering meramaikan berbagai perayaan dan hajatan masyarakat Aceh.

Memiliki bentuk yang sangat khas, makanan khas Aceh berbahan dasar tepung ini memiliki rasa manis dan renyah yang membuatmu tak bisa berhenti menikmatinya.

17. Bonromrom

Dikenal juga dengan nama Kue Boh Duek Beudeh, Bohromrom merupakan salah satu kue tradisional Khas Aceh yang terbuat dari tepung ketan yang dibaluri kelapa parut.

Sekilas, kue khas Aceh ini terlihat seperti Klepon, selain rasa dan penyajian yang mirip, yang membedakan kedua kuliner khas nusantara ini adalah warna Bonromrom yang tak sehijau dan sedikit kecokelatan.

18. Kue Bhoi

Oleh-oleh khas asal Aceh
Sumber gambar: Republika

Hadir dengan beragam bentuk-bentuk yang menarik, Kue Bhoi adalah Makanan khas Aceh besar yang populer.

Selain kerap jadi pilihan buah tangan, kue khas Aceh ini juga kerap menjadi bingkisan seserahan dalam upacara penikahan masyarakat Aceh.

19. Meuseukat

Makanan tradisional khas Aceh selanjutnya ini akan mengingatkanmu dengan dodol karena bentuk dan teksturnya yang serupa.

Terbuat dari tepung dan buah nanas, Meseukat kini termasuk kuliner tradisional Aceh yang cukup sulit ditemukan.

20. Pacri Nanas

Makanan Khas Aceh
Sumber gambar: Detik

Makanan khas Aceh berbahan Nanas lainnya adalah Pacri Nanas. Dengan bumbu seperti merica, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, cengkeh, cabai merah, dan juga bawang, Masakan khas Aceh ini tak hanya memiliki tampilan yang menarik namun juga cita rasa yang sangat unik untuk dicicipi.

21. Nasi Gurih

Jika Toppers pernah mengonsumsi nasi uduk, makan nasi gurih mungkin akan terasa familiah karena memang kuliner khas Aceh satu ini memiliki resep yang menyerupai.

Nasi Gurih kerap disajikan dengan lauk-lauk seperti telur dadar, ikan lado, maupun ikan goreng dan menjadikannya semakin nikmat.

22. Kuah Beulangong

Sumber gambar: Tribunnews

Berbahan dasar daging kambing atau daging sapi yang dimasak dengan belangan dan juga sayu nangka, masakan berkuah khas Aceh Besar ini merupakan salah satu kuline ryuang biasanya disajikan pada acara Kenduri Besar di Aceh.

23. Mie Jalak Sabang

Makanan Khas Aceh
Sumber gambar: Kompasiana

Selain mie Aceh, masih ada kuliner mie lainnya yang bisa Toppers cicipi saat berkunjung ke Aceh.

Mie Jalak Sabang ini merupakan masakan khas Aceh utara yang memiliki tekstur kenuyal dan disajikan bersama kaldu gurih dengan topping potongan daging, telur rebus, dan juha tauge.

24. Sambal Ganja

Makanan Khas Aceh
Sumber gambar: Merdeka

Meskipun dinamakan Sambal Ganja, makanan tradisional khas Aceh ini tak menggunakan Ganja sebagai bahannya kok.

Dinamakan Ganja, karena sambal khas Aceh ini dipercaya mampu membuat siapapun yang mencicipinya akan ketagihan? Tertaik mencoba dan siap untuk ketagihan?

25. Rujak Samalanga

Makanan khas Aceh selanjutnya ini berasal dari daerah Bireun, Samalanga, Aceh. Secara komposisi rujak Samalanga juga menggunakan buah-buahan yang umumnya ditemukan pada rujak pada umumnya.

Namun, bumbu dengan cita rasa asam, manis, dan pedas yang seimbang membuat kesegaran makanan khas Aceh ini semakin menggoda terutama saat cuaca tengah terik.

26. Kue Keukarah

Oleh-oleh khas asal Aceh
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Dengan bentuk yang unik dan tekstur yang renyah, makanan khas Aceh satu ini cocok untuk menjadi makanan ringan pendamping segelas kopi hangat di sore hari. Kuliner khas Aceh ini juga cocok sebagai pilihan buah tangan asal Aceh untuk kerabatmu.

27. Tasak Telu

Tasak Telu merupakan makanan khas Aceh tenggara berbahan dasar Daging bebek yang direbus bersama berbagai rempah-rempah sehingga menhasilkan rasa gurih yang khas.

Salah satu ciri khas dari Tasak Telu adalah tekstur daging bebek yang lembek sehingga mudah dikunyah.

28. Pisang Sale

Makanan Khas Aceh
Sumber gambar: Fokus Aceh

Pisang sale adalah makanan ringan khas masyarakat Aceh yang telah ada sejak zaman dahulu.

Memiliki warna kecoklatan, Pisang Sale dibuat dari pisang yang dibaluri dengan gula tebu dan diasapkan. Cita rasa manis dari kuliner tradisional Aceh ini membuatnya banyak digemari.

29. Gulai Kambing Khas Aceh

Gulai Kambing Aceh adalah panganan gulai yang menggunakan bumbu-bumbu asli yang banyak ditemukan di daratan Aceh.

Keunikan dari panganan khas Aceh ini adalah proses pengolahannya yang biasanya dibuat dalam jumlah besar menggunakan kuali besar.

Disajikan dengan rempah dan dalam keadaan panas, aroma kambing pada makanan tradisional Aceh ini sama sekali tak tercium.

30. Sie Reuboh

Makanan Tradisional Aceh
Sumber gambar: Detik

Sie Reuboh adalah salah satu warisan kuliner Khas Aceh Besar dengan cita rasa Aceh yang khas.

Terbuat dari dagung sapu rebus dengan bumbu-bumbu Aceh, kamu bisa menikmati gurihnya kuah Sie Reuboh dan empuknya daging sapi.

31. Bubur Kanji Rumbi

Kuliner khas Aceh satu ini sangat mudah dijumpai saat Bulan Ramadan tiba. Terbuat dari beras pulan yang ditumbuk dan direbus dengan rempah khas Aceh, Bubur Kanji Rumbi merupakan panganan unik khas Aceh yang layak untuk dicicipi.

32. Dendeng Aceh

Oleh-oleh khas asal Aceh
Sumber gambar: Tokopedia

Berbeda dengan dendeng pada umumnya yang terbuat dari daging sapi, makanan khas Aceh satu ini terbuat dari daging rusa yang diolah hingga kering.

Dengan rasa gurih yang menggoda, panganan asal Aceh ini tak hanya digemari masyarakat Aceh tapi juga menjadi komoditi oleh-oleh khas Aceh yang cukup populer.

Baca juga: 32 Makanan Khas Betawi Lezat yang Wajib Kamu Coba

Kaya sekali bukan kuliner tradisional khas Aceh? Berbagai jenis dan cita rasa yang bervariasi membuat bertualang mencicipi makanan khas Aceh nggak akan ada habisnya!

Berencana singgah ke Kota Serambi Mekkah ini? Yuk, persiapkan dulu kebutuhan traveling kamu lewat Tokopedia. Mulai dari pesan tiket pesawat hingga beli tas traveling baru bisa dilakukan di aplikasi Tokopedia.

Banner Tiket Pesawat
Dapatkan tiket pesawat ke seluruh destinasi dengan harga terbaik hanya di Tokopedia.