Ini 10 Manfaat yang Kamu Dapatkan Jika Rutin Traveling

0
220
manfaat traveling

Ternyata, orang yang rutin traveling jauh lebih percaya diri dibandingkan mereka yang tidak. Berikut ini manfaat traveling lainnya yang perlu kamu tahu.


Baik bepergian ke luar kota maupun luar negeri, backpacker atau liburan mewah, traveling menawarkan kesenangan tersendiri bagi siapapun yang menjalaninya.

Pengalaman yang didapatkan saat traveling sangatlah berharga. Mulai dari belajar bahasa baru, kebudayaan, dan norma yang berlaku di tempat yang akan kamu tuju. 

Traveling memang memberikan banyak manfaat selain pengalaman. Mau tahu apa saja manfaat positif yang bisa kamu dapatkan dari traveling? Simak daftarnya di bawah ini. 

Belanja Bebas Ongkir
Nikmati promo Bebas Ongkir Tokopedia, biar belanja makin hemat!

Keuntungan Traveling

1. Hati & pikiran jadi lebih tenang

Terkadang, rutinitas dan kegiatan yang dijalani sehari-hari membuat kamu penat. Tapi, dengan mengunjungi tempat baru baik bersama orang terdekat atau sendirian, kamu dipaksa untuk benar-benar “hidup” tanpa memikirkan beban pekerjaan atau masalah yang sedang dialami.

Sosial media pun bisa jadi terlupakan karena kamu fokus bersenang-senang menikmati pengalaman baru.

2. Merangsang munculnya ide kreatif

Keluar dari rutinitas dan pergi ke tempat baru biasanya memungkinkan ide kreatif untuk muncul.

Apalagi jika kamu traveling ke tempat yang penuh dengan kekayaan alam, jauh berbeda dari keadaan lingkungan sehari-hari di kota yang keruh. 

Temukan hotel terbaik di surabaya dan booking melalui aplikasi Tokopedia! Dapatkan harga menarik di setiap penawarannya.

3. Memperluas perspektif

Saat berpergian jauh, kamu akan bertemu banyak orang dengan berbagai macam latar belakang kebudayaan dan cara pandang.

Perspektif kamu terhadap banyak hal pun otomatis menjadi lebih luas dan kamu akan mencoba melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang.

BACA JUGA: 10 HOTEL TERBAIK UNTUK STAYCATION DI SURABAYA

4. Meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal

Ini juga merupakan salah satu manfaat utama yang bisa langsung dirasakan setelah pulang bepergian ke tempat tujuan.

Ketika kamu pergi ke suatu daerah atau negara yang mayoritas tidak menggunakan bahasa yang kamu gunakan, pasti kamu akan berusaha beradaptasi dan mempelajari bahasa yang digunakan di negara tujuan. 

Hal ini bisa mempertajam kemampuan berkomunikasi kamu dengan orang baru, menggunakan bahasa yang juga asing untukmu.

Setelah itu pun, kamu mendapat pengetahuan baru berupa bahasa asing dan siapa tahu bisa menambah relasi karena berteman baik dengan orang yang kamu ajak berkenalan di saat traveling. Untungnya dobel, kan?

5. Sarana hiburan

Ketika sedang bepergian ke tempat jauh atau baru, kamu akan lebih lepas dalam mengekspresikan diri.

Tanpa beban atau gengsi memikirkan pandangan orang, kamu akan merasa senang karena bisa bebas menjadi diri kamu sendiri. 

BACA JUGA: INILAH WAKTU TERBAIK UNTUK MENDAPATKAN TIKET PESAWAT MURAH

6. Lebih memahami diri sendiri

Saat sedang traveling, biasanya terdapat situasi tidak terduga yang mengharuskan kamu beradaptasi dan berpikir jernih untuk menyelesaikan masalah.

Nah, di situasi seperti ini kamu akan lebih memahami diri kamu sendiri: bagaimana kamu menghadapi masalah, mencari solusi, dan menenangkan diri ketika ada hal yang di luar kendali kamu.

7. Memperluas pengetahuan

Banyak orang bilang, jika kamu rajin traveling, pengetahuan kamu akan bertambah. Ini benar adanya lho, Toppers.

Setelah bertemu orang-orang dengan kebudayaan dan latar belakang yang beragam, berbincang dan bertukar pandangan, wawasan kamu pun otomatis akan bertambah. 

8. Mampu menghadapi berbagai situasi

Traveling biasanya menyimpan kejadian tidak terduga, dan kamu harus belajar untuk mencari solusi atas masalah yang ada agar perjalanan tetap berjalan lancar, meskipun tidak sesuai rencana awal.

Kesulitan ini akan menyiapkan dirimu untuk berbagai macam masalah tidak terduga yang akan tiba-tiba datang di hidup. 

9. Jadi lebih percaya diri

Ini merupakan manfaat yang bisa kamu dapatkan dan rasakan secara langsung. Ketika sedang bepergian baik sendiri maupun orang lain ke tempat yang asing untukmu, kamu “dipaksa” untuk percaya diri dan berbincang atau bertanya-tanya ke warga setempat agar bisa melakukan banyak hal.

Seperti poin sebelumnya, kamu akan belajar untuk menghadapi berbagai situasi. Keberhasilan kamu dalam melakukan hal tersebut juga akan meningkatkan kepercayaan diri kamu.

Dapatkan tiket pesawat dengan harga terbaik hanya di Tokopedia!

10. Menciptakan memori seumur hidup

Nah, ini merupakan manfaat paling penting yang tidak bisa digantikan dengan apapun. Memori yang kamu ciptakan dan akan kenang seumur hidup.

Jika kamu gemar bepergian sendiri atau bersama kerabat terdekat, akan ada memori yang tercipta dan akan bertahan selamanya.

Kamu bahkan bisa menceritakan cerita perjalanan kamu ke anak cucu, dengan memperlihatkan foto yang diabadikan saat sedang traveling.

BACA JUGA: IDE HOTEL UNTUK STAYCATION NYAMAN DI BOGOR

Itulah 10 manfaat traveling yang bisa kamu dapatkan, Toppers. Bagaimana, semakin tertarik dan tidak sabar untuk jalan-jalan, kan?

Nah, bagi kamu yang punya rencana traveling, persiapkan segala kebutuhan jauh-jauh hari agar liburan berjalan lancar.

Di Tokopedia, kamu juga bisa memenuhi semua kebutuhan liburan mulai dari tiket kereta api, tiket pesawat hingga booking hotel.

Dapatkan juga promo traveling menarik lainnya untuk kamu pelanggan setia Tokopedia. Jadi, tunggu apa lagi, yuk rencakan liburanmu bersama Tokopedia sekarang juga.

promo tokopedia
Udah tau mau beli barang yang mana? Dapatkan penawaran terbaiknya di sini!

Bagikan Artikel