Mecicipi Kesegaran 15 Minuman Khas Indonesia Terpopuler

0
128
Minuman Khas Indonesia
Sumber gambar: Tempo

Minuman Khas Indonesia – Kekayaan kuliner khas Nusantara memang tiada bandingannya. Tak cuma berbagai sajian makanan, jajanan, camilan, kue-kue, namun juga olahan minuman dengan resep khas Nusantara bisa menjadi pelengkap cita rasa petualang kuliner yang tengah menjelajahi ragam kuliner khas Indonesia.

Kali ini Toppers akan diajak untuk mencicipi kesegaran dari beragam minuman khas Indonesia yang berasal dari berbagai daerah di Nusantara. Mulai dari yang memiliki cita rasa manis dingin yang menyegarkan, sensasi hangat, hingga minuman-minuman kaya rempah berikut berbagai olahan minuman khas Nusantara yang wajib Toppers cicipi!

Baca juga: 7 Minuman Pembersih Ginjal Alami yang Sehat dan Ampuh

Ragam Minuman Khas Indonesia

1. Es Cendol

Minuman Khas Indonesia
Sumber gambar: Sindonews

Siapa yang tak tahu minuman khas Indonesia satu ini? Sangat populer dan mudah ditemukan dimana-mana, Es Cendol merupakan minuman tradisional khas Nusantara yang terbuat dari tepung beras dan disajikan bersama santan, gula merah cair, dan es parut.

Terkenal karena warna hijaunya dan rasa manisnya yang menyegarkan, minuman khas Indonesia ini juga dikenal dengan nama Es Dawet oleh masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya.

2. Bajigur

Minuman Khas Indonesia
Sumber gambar: Okezone

Jika minuman khas Indonesia sebelumnya memiliki cita rasa menyegarkan, minuman khas Indonesia asal Sunda, Jawa Barat berikutnya ini justru terkenal akan cita rasanya yang mampu menghangatkan tubuh.

Diolah dari bahan utama gula aren, santan, jahe, dan rempah lainnya, Bajigur menjadi pilihan minuman tepat pada cuaca dingin di malam hari atau dikala hujan.

3. Bir Pletok

Minuman Khas Indonesia
Sumber gambar: Tokopedia

Untuk Toppers penggemar kuliner khas Betawi, tentu minuman tradisional khas Nusantara asal Betawi satu ini sudah tak lagi asing di telinga. Meskipun dinamakan Bir, minuman tradisional ini sama sekali tidak mengandung alkohol, lho.

Dibuat dari beragam rempah-rempah seperti kapulaga, sereh, kayu manis, dan kayu secang, minuman ini paling enak disajikan dingin bersama es batu. Namun, campuran rempah-rempah juga memberikan sensasi rasa hangat dibalik rasanya yang menyegarkan.

4. Sekoteng

Minuman Khas Indonesia
Sumber gambar: Pontianak

Minuman tradisional lainnya asal Jawa Tengah adalah Sekoteng. Dengan cita rasa khas jahe yang menghangatkan, minuman asal Indonesia ini disajikan dalam keadangan hangat bersama beragam topping seperti kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan potongan roti tawar. Biasarnya olahan minuman khas Jawa Tengah ini dijajakan kala malam tiba.

5. Lahang

Minuman Khas Indonesia
Sumber gambar: Viva

Terbuat dari Nira yang didapat dengan cara menyadap pohon aren, tepatnya bagian bunga jantannya, membuat Lahang memiliki cita rasa yang manis. Meski terdengar sederhana, proses pengolahan minuman tradisional khas Indonesia ini menuntut ketelitian tingkat tinggi, lho. Atau bila tidak bisa-bisa rasa dari Lahang menjadi tidak enak.

Baca juga: 32 Makanan Khas Betawi Lezat yang Wajib Kamu Coba

6. Wedang Uwuh

Minuman Khas Indonesia
Sumber gambar: Tribunnews

Kebanyakan minuman tradisional Indonesia terbuat dari olahan beragam rempah-rempah. Salah satu minuman berbahan dasar rempah adalah Wedang Uwuh yang dalam bahasa Jawa bila diterjemahkan langsung memiliki arti “Minuman Sampah”.

Namun, nama unik yang dimiliki oleh minuman khas asal Indonesia didapat karena bahan-bahannya yang terbaut dari campuran dedaunan organik dan rempah, membuatnya memiliki cita rasa yang sangat otentik.

7. Wedang Ronde

Minuman Khas Indonesia
Sumber gambar: Tribunnews

Masih berasal dari Jawa, ciri khas dari minuman tradisional khas Indonesia ini adalah adanya bola-bola yang terbuat dari tepung ketan putih dilengkapi dengan isian lain seperti kolang-kaling, kacang tanah, dan juga potongan roti.

Bahan-bahan ini kemudian disajikan dengan siraman kuah jahe yang memiliki rasa menghangatkan dan manis.

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!

8. Wedang Secang

Minuman Khas Indonesia
Sumber gambar: Tokopedia

Minuman khas Indonesia selanjutnya ini berasal dari Keraton Yogyakarta dan dikenal dengan nama Wedang Secang. Nama minuman ini sendiri didapatkan dari salah satu bahannya yakni kayu secang, bahan yang juga memberikan warna merah khas pada minuman tradisional satu ini.

Tak cuma lezat, olahan beragam rempah pada Wedang Secang juga dipercaya mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, lho. Seperti meningkatkan stamina, mengatasi perut kembung, masuk angin, mencegah hipertensi, hingga memperlancar aliran darah.

9. Bandrek

Minuman Khas Indonesia
Sumber gambar: Liputan6

Berasal dari Jawa Barat dan kini telah dikenal luas di berbagai daerah lain di Indonesia, Bandrek adalah minuman tradisional khas Nusantara yang kerap diminum ketika begadang karena dipercaya memapu memberikan stamina dan tenaga ekstra. Minuman yang mampu menghangatkan tubuh ini bisa disajikan hangat ataupun dingin.

10. Sarabba

Minuman Khas Indonesia
Sumber gambar: Tribunnews

Sarabba adalah minuman khas Indonesia yang berasal dari Makassar dan juga dipercaya mampu memulihkan rasa lelah. Ciri khas utama dari minuman tradisional Indonesia satu ini adalah tambahan sebutir kuning telur mentah yang dicampur bersama ragam rempah. Bahan-bahan pada Sarabba ini dipercaya juga mampu mencegah flu dan mengusir masuk angin.

Baca juga: 30 Makanan Khas Sunda Lezat yang Bikin Perut Laper

11. Air Guraka

Minuman Khas Indonesia
Sumber gambar: Resep Nusantara

Berasal dari daerah Halmahera, Maluku, minuman tradisional Indonesia selanjutnya yang bisa Toppers cicipi adalah Air Guraka yang memiliki bahan dasar buah kenari. Selain itu, bahan seperti jahe merah, gula aren, dan juga pandan melengkapi olahan minuman tradisional khas Indonesia. Hal ini membuat Air Guraka memiliki aroma wangi dan rasa manis serta hangat yang khas.

12. Teh Talua

Minuman Khas Indonesia
Sumber gambar: Okezone

Minuman khas Nusantara lainnya bisa Toppers temukan di Sumatera Barat, olahan teh yang dicampurkan dengan telur, gula, dan perasan jeruk nipis. Disajikan dalam keadaan hangat, minuman khas asal Sumatera Barat ini kerap disantap sebagai penambah stamina.

13. Es Selendang Mayang

Minuman Khas Indonesia
Sumber gambar: Tempo

Es Selendang Mayang adalah minuman khas Indonesia lainnya yang kerap disajikan sebagai hidangan penutup. Nama Selendang Mayang sendiri didapat dari kue tipis memanjang dengan warna-warni mencolok bak selendang yang kemudian disirami dengan campuran santan, sirup, dan juga susu. Sebagai pelengkap, minuman khas Nusantara satu ini kerap dilengkapi juga dengan potongan buah nangka.

14. Es Doger

Minuman es tradisional asal Indonesia selanjutnya yang bisa Toppers cicipi saat cuaca tengah terik adalah Es Doger, olahan es serut dengan beragam topping seperti tape, ketan hitam, cincau, susu, pacar cina, dan juga sirup manis dengan warna kemerahan khas Es Doger.

Nama Es Doger ini sendiri didapatkan dari singkatan “Dorong Gerobak” dikarenakan minuman khas Indonesia ini kerap dijajakan menggunakan gerobak dorong.

15. Bir Kotjok

Makanan Khas Bogor
Sumber gambar: Kompas

Berkunjung ke kota hujan, Bogor, Toppers juga bisa menemukan ragam minuman khas Indonesia lainnya yakni Bir Kotjok. Tak perlu khawatir karena minuman tradisional yang terbuat dari jahe merah, kayu manis, cengkeh, dan gula merah ini sama sekali tak mengandung alkohol. Di tengah suasana kota Bogor yang dingin, Bir Kotjok mampu memberikan rasa hangat untukmu.

Baca juga: 7 Resep Minuman Hangat yang Nikmat Disantap saat Musim Hujan

Bervariasi sekali bukan minuman-minuman khas Indonesia yang diolah dengan ragam bahan dan cara tradisional sehingga membuat rasanya menjadi sangat otentik dan khas. Minuman khas Nusantara mana yang jadi pilihan minuman favoritmu?

Bagikan Artikel