12 Hidangan Nasi Khas dari Seluruh Indonesia

0
91
Nasi khas Indonesia
Sumber gambar: Royco

Nasi Khas Tradisional Indonesia – Memiliki 34 Provinsi yang terdiri dari lebih dari 17.000 pulau, Indonesia menyimpan ragam kekayaan adat serta dan budaya. Mulai dari kesenian, arsitektur, dan juga kuliner di Nusantara yang terbentang dari Sabang hingga Merauke sangatlah bervariasi.

Berbicara soal kuliner khas Indonesia, sebagian besar wilayah di Nusantara menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Meskipun begitu, ternyata pengolahan sajian nasi di Indonesia-pun sangat beragam. Hampir setiap wilayah di Indonesia memiliki nasi khas masing-masing. Yuk, cicipi beragam santapan nasi khas Indonesia berikut:

Baca juga: 12 Kuliner Tradisional Batak dengan Cita Rasa Khas yang Unik

Ragam Nasi Khas Indonesia

1. Nasi Megono Khas Pekalongan

Nasi khas Indonesia
Sumber gambar: Wikipedia

Berasal dari Pekalongan, Nasi Megono merupakan sajian nasi khas Nusantara yang identik dengan daerah di pedesaan pulau Jawa. Ciri khas utama dari sajian nasi khas Indonesia ini adalah sayur mengono yang terbuat dari campuran nangka muda, kelapa muda dan berbagai rempah.

Sebagai pelengkap, Nasi Megono juga disajikan dengan lauk lainnya, seperti opor ayam, ayam goreng, tempe goreng tepung, pepes tahu teri, pepes jamur, dan ikan pindang.

2. Nasi Jagung

Nasi khas Indonesia
Sumber gambar: Detik

Panganan nasi khas Indonesia yang dikenal juga dengan nama Nasek Empong merupakan salah satu jenis nasi yang bisa Toppers temukan di berbagai wilayah seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, hingga wilayah Nusa Tenggara.

Diolah dari jagung tua yang dipipil dan ditumbuk hingga menjadi nasi jagung sebelum kemudian ditanak seperti beras padi. Setelah matang, nasi jagung ini biasa disantap dengan bermacam-macam lauk seperti nasi pada putih pada umumnya.

3. Nasi Bakar

Nasi khas Indonesia
Sumber gambar: Tribunnews

Tak melulu dikukus, ada pula hidangan nasi khas Indonesia yang diolah dengan cara dibakar. Umumnya, nasi bakar diolah bersama santan dan berbagai bumbu rempah, kemudian dibungkus dengan daun pisang sebelum dibakar. Tak jarang pula nasi dibungkus dan dibakar bersama ragam lauk seperti teri medan, udang, hingga daging ayam.

Diberbagai daerah di Indonesia ada beberapa hidangan nasi tradisional yang diolah dengan metode seperti ini seperti Nasi Jaha khas Manado, ataupun hidangan Kolo khas Nusa Tenggara Timur.

4. Nasi Subut

Nasi khas Indonesia
Sumber gambar: Budaya Lokal

Berasal dari Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara, Nasi Subut adalah sajian nasi khas yang diolah dari beras, ubi ungu, dan butiran jagung. Komposisi sajian nasi tradisional khas Indonesia satu tak hanya membuat cita rasanya unik, namun tampilannya juga terlihat sangat menarik. Memiliki kandungan gula yang rendah membuat hidangan nasi khas nusantara ini dipercaya baik untuk Toppers yang tengah diet atau punya masalah dengan kandungan gula darah yang tinggi.

5. Nasi Tutug Oncom

Nasi khas Indonesia
Sumber gambar: Tokopedia

Nasi tutug oncom merupakan kuliner khas Sunda, tepatnya berasal dari area Tasik. Diolah dari kuliner tradisional oncom yang dilumat dan diberikan berbagai bumbu sebelum kemudian dicampurkan bersama nasi.

Memiliki tekstur unik dan rasa gurih yang lezat membuat nasi tutug oncom menjadi salah satu sajian nasi khas Nusantara yang jadi buruan setiap orang yang tengah berwisata kuliner ke Jawa Barat.

Baca juga: 30 Makanan Khas Sunda Lezat yang Bikin Perut Laper

6. Nasi Kuning

Nasi khas Indonesia
Sumber gambar: Royco

Satu lagi sajian nasi khas Indonesia yang sangat populer adalah nasi kuning. Warna kuning pada nasi ini dihasilkan dari olahan rempah kunyit. Nasi kuning bisa ditemukan hampir disetiap daerah dan setiap daerah kerap menyajikannya dengan cara dan lauk pendamping yang berbeda-beda.

Salah satu cara penyajian nasi kuning yang populer adalah sebagai nasi tumpeng, yakni nasi kuning yang dicetak menjadi bentuk tumpengan (kerucut seperti gunung) dan dikelilingi dengan berbagai lauk khas seperti ayam kalasan, rendang, urap dan lain-lain. Nasi Tumpeng sendiri memiliki makna kemakmuran dan kekayaan sehingga kerap disajikan untuk berbagai acara khusus seperti syukuran dan perayaan sejenisnya.

7. Nasi Timbel khas Sunda

Nasi khas Indonesia
Sumber gambar: Wikipedia

Hidangan nasi khas dari Sunda nggak cuma nasi tutug oncom, ada pula sajian nasi timbel. Umumnya nasi timbel diolah dari beras merah yang dimasak bersama bumbu dan dibungkus daun pisang. Namun, tak jarang juga nasi timbel dimasak dengan beras putih. Soal rasa, gurihnya nasi satu ini dijamin akan buat Toppers ketagihan.

8. Nasi Jamblang Khas Cirebon

Nasi khas Indonesia
Sumber gambar: Detik

Ciri khas dari nasi khas Indonesia asal Cirebon satu ini adalah penyajiannya yang dibungkus dengan daun jati sehingga menghasilkan aroma khas yang sedap. Dibungkus berbagai beragam lauk, nasi jamblang termasuk panganan nasi unik khas Nusantara yang wajib kamu cicipi.

9. Nasi Gegok

Nasi khas Indonesia
Sumber gambar: Tribunnews

Untuk Toppers yang menggemari sajian dengan cita rasa pedas, nasi gegok asal Trenggalek ini bisa jadi pilihanmu. Sajian nasi khas satu ini sendiri cukup sederhana, yakni nasi putih yang dibungkus bersama sambal teri dan dikukus hingga matang.

10. Nasi Gandul

Nasi khas Indonesia
Sumber gambar: Liputan 6

Hidangan nasi khas Indonesia selanjutnya adalah nasi gandul yang banyak ditemukan di Pati, Jawa Tengah. Kekhasan dari nasi gandul satu ini adalah siraman kuah gandul yang potongan daging yang sangat gurih. Selain gandul, nasi khas Indonesia yang kerap disebut sego gandul ini juga bisa ditemani dengan berbagai lauk lain seperti tempe goreng, telor bacem, ataupun perkedel.

Baca juga: 15 Kuliner Khas Timur Tengah yang Kelezatannya Mendunia

11. Nasi Kebuli

Nasi khas Indonesia
Sumber gambar: Fimela

Dibandingkan dengan hidangan nasi khas Nusantara lainnya, mungkin hidangan nasi satu ini tidak benar-benar berasal dari Indonesia karena lahirnya Nasi Kebuli mendapatkanya banyak pengaruh budaya Arab, Timur Tengah, dan India Muslim lewat warga keturunan yang menetap di Indonesia.

Nasi kebuli dimasak bersama kaldu kambing, susu kambing, atau bisa juga diganti dengan santan kelapa dan dibumbui dengan rempah-rempah serta minyak samin yang memberikan cita rasa khas pada nasi yang terkenal akan rasanya yang gurih ini.

Sebagai pelengkap, nasi ini disajikan bersama lauk seperti daging kambing goreng dengan taburan kurma ataupun kismis.

12. Nasi Uduk Betawi

Nasi khas Indonesia
Sumber gambar: Liputan 6

Siapa yang tak tahu hidangan nasi khas satu ini? Nasi uduk khas betawi merupakan olahan nasi yang diaron bersama santan dan bumbu-bumbu lain sebelum dikukus hingga matang. Hal ini membuat nasi uduk betawi memiliki rasa sangat gurih dan aroma yangs sedap.

Nasi uduk sendiri tak cuma ditemui di Betawi dan Sunda. Di berbagai wilayah lainnya juga olahan nasi seperti ini bisa Topper temui. Seperti di Sumatera, dimana olahan nasi khas ini lebih dikenal dengan nama “nasi gemuk”.

13. Nasi Liwet

Nasi khas Indonesia
Sumber gambar: Kompas

Sekilas, nasi liwet terlihat tak berbeda dengan nasi uduk. Dari bumbu dan juga cara pengolahan, antara nasi liwet dan nasi uduk memang hampir serupa. Namun, cara penyajiannyalah yang membuatnya berbeda, yakni dengan saya diletakkan di atas lembaran daun pisang bersama lauk lainnya dan disantap bersamap-sama di atas satu daun pisang yang sama.

Nasi liwet sendiri tercatat pada Surat Centhini yang ditulis pada 1819 sehingga dipercaya sebagai salah satu makanan khas tertua warisan nenek moyang Indonesia. Namun, kini resep nasi liwet telah menyebar yang banyak mengalami perkembangan di daerah-daerah lain Indonesia.

14. Nasi Grombyang khas Pemalang

Nasi Khas Indonesia
Sumber gambar: Kompas

Nasi khas Indonesia selanjutnya adalah Nasi Grombyang yang berasal dari Pemalang, Jawa Tengah. Berbeda dengan nasi-nasi sebelumnya, hidangan nasi khas disajikan dengan kuah yang sangat banyak sehingga terlihat bergoyang-goyang atau dalam bahasa Jawa “grombyang-grombyang”, yang membuatnya disebut sebagai nasi grombyang.

15. Nasi Padang

Nasi Khas Indonesia
Sumber gambar: Nova

Meskipun dikenal dengan nama Nasi Padang, panganan khas Indonesia yang ikonik sangat mudah ditemukan diberbagai wilayah di Indonesia, lho! Menjadi salah satu kuliner favorit hampir semua orang, kekhasan dari nasi satu ini adalah kombinasi berbagai lauk-pauk berbumbu santan dan kaya rempah sehingga memberikan cita rasa gurih dan kaya.

Baca juga: Manjakan Lidah dengan 15 Tujuan Wisata Kuliner Padang Favorit

Ada banyak sekali bukan olahan nasi khas Indonesia yang mampu tawarkan Toppers aneka cita rasa yang lezat. Untuk Toppers pecinta kuliner, mulai perjelajahanmu menjelajahi kuliner Nusantara bersama Tokopedia. Mulai dari voucher makanan pilihan, tiket perjalanan, dan berbagai makanan khas bisa Toppers pesan secara online di Tokopedia!

Jadi, olahan nasi mana yang jadi pilihan favoritmu?

jual makanan dan minuman
Mulai dari makanan dan minuman terfavorit sehari-hari, camilan kekinian hingga bumbu masak dapur ada di sini!

Bagikan Artikel