Menguak 12 Pesona Wisata di Alor Terindah

0
3680
Destinasi wisata di Alor
Sumber gambar: Flickr

Destinasi Wisata di Alor – Berbicara mengenai tujuan wisata di Nusa Tenggara, wisata Lombok mungkin terdengar lebih familiar. Namun, kini Alor mulai dilirik dan menjelma menjadi salah satu destinasi liburan favorit.

Alor sendiri merupakan sebuah pulau kabupaten di Nusa Tenggara Timur. Dikelilingi pesona alam yang masih sangat alami, objek wisata di Alor memegang peranan cukup krusial bagi pariwisata Nusa Tenggara Timur.

Apalagi, seiring berdirinya Bandara di Alor sehingga tersedianya tiket pesawat ke Alor, tentu potensi wisata di Alor makin mudah dieksplor. Penasaran destinasi wisata Alor seperti apa? Intip rekomendasi tujuan liburan di Alor terbaik yang layak masuk daftar tujuan traveling kamu!

Baca juga: 18 Objek Wisata Kupang NTT paling Memukau

Objek Wisata Alor Terbaik

1. Pantai Mali

Destinasi Wisata di Alor
Sumber gambar: Dinas Pariwisata Alor

Liburan ke Alor, Pantai Mali sudah pasti jadi salah satu destinasi objek wisata wajib yang harus kamu kunjungi. Pantai teduh dengan ombak yang tenang ini merupakan objek wisata Alor yang terkenal akan panorama matahari terbit yang indah. Tak heran jika tujuan wisata alam di Alor ini menjadi buruan para penggemar fotografi.

Salah satu yang paling terkenal dari objek wisata Alor satu ini adalah keberadaan sebuah pohon rindang di tepian pantai yang menjorok ke laut. Berfoto dengan latar belakang pohon ini menjadi hal wajib yang harus Toppers lakukan saat berkunjung ke Pantai Mali.

2. Pantai Batu Putih

Destinasi Wisata di Alor
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Selain Pantai Mali, objek wisata Alor yang menawarkan keindahan alam pantai lainnya yang bisa Toppers singgahi adalah Pantai Batu Putih yang berada di Desa Alila Timur, Kecamatan Kabola, Kabupaten Alor. Sama seperti pantai Mali, objek wisata pantai di Alor satu ini juga memiliki ombak yang lembut dan tenang. Sesuai namanya, keindahan dari pantai Batu Putih berasal dari komposisi bebatuan yang berada di hamparan pasir putih.

3. Pantai Ling’al

Destinasi Wisata di Alor
Sumber gambar: Detik

Alternatif wisata pantai di Alor selanjutnya adalah pantai Ling’al yang terletak di Desa Halerman, Alor Barat Daya. Namun, untuk mencapai objek wisata Alor satu ini kamu memerlukan perjalanan kurang lebih 3 jam jika menggunakan perahu, atau setidaknya 5 jam jika melalui jalur darat. Tapi tentunya perjalanan panjang ini tidak akan ada artinya saat kamu melihat panorama asri dari pantai Ling’al yang memukau.

4. Pantai Welolo

Alor memang banyak menyimpan keindahan pantai tersembunyi yang eksotis. Selain pantai Ling’al, masih ada Pantai Welolo yang berada di Desa Mausamang, Alor Timur. Berbingkai hamparan pasir putih dan asrinya pohon kelapa, keeksotisan dari objek wisata Alor satu ini semakin terasa karena kehadiran hutan bakau dan juga rimbumnya pohon santigi yang menyejukkan.

5. Taman Laut Pantar

Destinasi wisata di Alor
Sumber gambar: Kompas

Alor juga merupakan salah satu surga bagi penikmat keindahan alam bawah laut. Salah satu objek wisata Alor yang cocok untuk Toppers penggemar diving adalah Taman Laut Pantar. Meski tak seterkenal Taman Laut Raja Ampat, jangan sepelekan keindahan alam bawah laut di destinasi wisata Alor satu ini. Tak sedikit yang menyebut bahwa lokasi Taman Laut Pantar sebagai salah satu destinasi scuba diving terbaik di dunia, lho!

Berkunjung ke tempat wisata di Alor satu ini, kamu bisa menemukan setidaknya 26 titik penyelaman yang menawarkan panorama alam bawah laut yang berbeda-beda. Selain itu, daya tarik lain dari objek wisata Alor satu ini adalah melihat keseharian penduduk lokal yang masih aktif berburu ikan dengan metode-metode tradisional.

6. Kolam Bidadari

Destinasi wisata di Alor
Sumber gambar: Flickr

Tak hanya wisata pantai dan laut, Alor juga masih menyimpan ragam keindahan alam lainnya, seperti objek wisata Kolam Bidadari ini. Di objek wisata Alor satu ini, kamu bisa menemukan sebuah kolam yang memiliki air sangat jernih serta dikelilingi pepohonan dan alam yang masih sangat asri. Tujuan wisata yang pas untuk Toppers yang mencari suasana tenang dan menyejukkan.

Baca juga: 12 Jenis Madu Asli Indonesia serta Khasiatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan

7. Pulau Kepa

Berjarak sekitar 12 kilometer dari pusat Kota Kalabahi, objek wisata Alor selanjutnya adalah Pulau Kepa. Sebuah pulau yang masih sangat alami dan belum tersentuh jangkauan dunia modern. Meski terbilang masih sangat alami, pulau Kepa telah menjadi salah satu tujuan wisata di Alor yang cukup populer bagi para turis mancanegara, lho!

stop kontak traveling

8. Pulau Rusa

Tak hanya Pulau Kepa, pulau lainnya yang bisa kamu jadikan tujuan tempat wisata di Alor adalah Pulau Rusa. Sesuai dengan namanya, objek wisata Alor satu ini merupakan habitat bagi ribuan rusa liar. Kini, destinasi wisata Alor ini tengah dikembangkan sebagai destinasi wisata berburu. Namun, untuk berburu di Pulau Rusa, pengujung harus didampingi oleh pemangku adat setempat dan menjalankan ritual upacara adat terlebih dahulu

9. Air Mancur Tuti Adagae

Destinasi wisata di Alor
Sumber gambar: Dinas Pariwisata Alor

Pilihan tempat wisata di Alor lainnya adalah Air Mancur Tuti Adagae. Tak hanya indah, objek wisata Alor satu ini tergolong unik karena Toppers bisa menyaksikan fenomena alam menarik dimana terdapat air panas yang mengucur tinggi ke udara dari bongkahan-bongkahan bebatuan kristal. Menarik sekali, bukan? Tempat wisata Alor yang unik ini berada di Desa Buka Pitting, Alor Timur Laut.

10. Air Terjun Mataru

Destinasi wisata di Alor
Sumber gambar: Dinas Parisiwata Alor

Berkunjung ke Alor, pilihan tempat wisata di Alor lainnya yang bisa jadi referensi wisatamu adalah air terjun Mataru. Dengan panorama yang masih sangat asri dan alami, Toppers bisa merasakan kesegaran dari gemercik air yang jatuh dari ketinggian sekitar 7 meter. Suasana hijau juga membuat atmosfer tempat wisata Alor ini sangat menenangkan dan menyejukkan.

Menurut legenda setempat, dahulu lokasi air terjun ini merupakan tempat disimpannya berbagai benda pusaka semasa perang. Tertarik mengujungi objek wisata yang berlokasi di Desa Taman Mataru?

11. Desa Adat Takpala

Destinasi wisata di Alor
Sumber gambar: Dinas Pariwisata Alor

Tak hanya keindahan alam, kekayaan adat istiadat setempat bisa menjadi salah satu daya tarik wisata Alor yang harus kamu eksplorasi. Untuk mengenal lebih dalam kebudayaan masyarakat Alor, Toppers bisa mengunjungi Desa Adat Takpala dimana masih banyak sekali tradisi adat Alor yang dilestarikan seperti seni tari Lego-Lego hingga berbagai rumah adat khas Alor yang dikenal dengan nama Lopo.

12. Museum 1000 Moko

Destinasi wisata di Alor
Sumber gambar: Kepulauan NTT

Destinasi wisata adat di Alor lainnya yang bisa jadi alternatifmu untuk mengenal budaya Alor adalah museum 1000 Moko. Moko sendiri merupakan alat musik tradisional masyarakat Alor yang terbuat dari perunggu. Menurut tradisi setempat, Moko tak hanya digunakan sebagai alat musik, namun juga sebagai keperluan mas kawin dan juga alat pembayaran denda.

Singgah ke objek wisata Alor satu ini, Toppers tak hanya bisa melihat berbagai Moko, tapi juga objek-objek peninggalan sejarah lainnya seperti porselen China, kain sutera dari India, arca perunggu peninggalan Majapahit hingga koleksi kain tenun khas Alor yang dikenal dengan sebutan Kawate.

Baca juga: 12 Wisata Pulau di Nusa Tenggara Barat Terbaik

Dengan kekayaan objek wisata yang dimilikinya, tentu Alor sangat layak untuk masuk dalam daftar destinasi traveling Toppers selanjutnya. Objek wisata Alor mana yang jadi tujuan liburan favoritmu?

Yuk, mulai persiapan traveling ke Alor lebih mudah dengan menggunakan aplikasi Tokopedia. Tak cuma bisa temukan berbagai kebutuhan perlengkapan traveling dari berbagai toko online terpercaya, kamu juga bisa melakukan pemesanan tiket pesawat dan tiket kereta ke berbagai destinasi liburan dengan harga terbaik, lho! Sudah siap mulai petualanganmu di Alor?

Banner Tiket Pesawat