22 Objek Wisata di Manado Favorit Traveller

0
731
Pulau Siladen
Sumber Gambar : Manado Baswara

Tempat Wisata Manado Paling FavoritManado adalah Ibukota Provinsi Sulawesi Utara yang terkenal memiliki banyak destinasi tempat wisata. Tidak heran, banyak Wisatawan lokal maupun mancanegara yang mendatangi Kota Manado untuk mengunjungi objek wisata atau sekedar ber-wisata kuliner khas Manado.

Tak sedikit destinasi tempat wisata di Mandao yang wajib Toppers kunjungi, mulai dari wisata alam yang indah, hingga wisata sejarah yang sangat edukatif bisa dinikmati di Kota yang dijuluki Kota Tinutan ini. Penasaran seperti apa pesona objek wisata di Mando? Yuk simak beberapa rekomendasi destinasi wisata Manado terbaik berikut:

Baca juga: Pecinta Selfie: Ini Dia 5 Tempat Wisata Di Yogyakarta Dengan Keindahan Alam yang Fantastis

Pilihan Tempat Wisata di Manado Favorit Traveller

1. Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken
Sumber Gambar : Disiniaja

Berbicara tentang tempat wisata di Manado, salah satu yang paling populer adalah Taman Laut Bunaken. Objek wisata Manado ini terkenal akan keindahan alamnya. Terbukti dari ditetapkannya Taman Laut Bunaken sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 2005 oleh UNESCO.

Disini Toppers bisa melihat aneka biota laut dan terumbu karang yang indah serta pemandangan alam yang sangat cocok untuk Toppers yang hobi fotografi underwater.

2. Taman Laut Tumbak

Taman Laut Tumbak
Sumber Gambar : Traviamgz

Tidak kalah indah dari Taman Laut Bunaken, Taman Laut Tumbak juga memiliki keindahan alam yang sangat indah. Destinasi tempat wisata di Manado ini sangat cocok untuk Toppers yang menyukai kekayaan alam bawah laut, disini Toppers bisa melakukan diving dan snorkeling di lebih dari 20 spot khusus seperti Napo Kipas, Bohaga Kecil, Taman Karang, Pintu Samudra dan lain-lain.

3. Pulau Siladen

Pulau Siladen
Sumber Gambar : Manado Baswara

Pulau Siladen adalah surga tersembunyi yang terkenal dengan hamparan pasir pantai putih, air laut yang biru serta memiliki dua spot diving yang digemari yaitu Siladen 1 dan Siladen 2.

Di tempat wisata Manado satu ini sudah terdapat banyak fasilitas penginapan dan akomodasi yang baik, cocok untuk Toppers yang menginginkan suasana tenang dan keindahan alam yang indah.

4. Pulau Lihaga

Pulau Lihaga
Sumber Gambar : Celebnews

Pulau Lihaga adalah objek wisata Manado yang terletak di daerah Minut. Pulau Lihaga menawarkan keindahan alam berupa pantai pasir putih dengan air yang jernih serta ombak yang tenang dan bersahabat.

Meski tidak bisa digunakan untuk berselancar, di tujuan tempat wisata Manado satu ini Toppers bisa bersantai atau berjemur sambil menikmati pemandangan alamnya yang luar biasa indah yang pastinya menenangkan pikiranmu!

5. Gunung Tumpa

Gunung Tumpa
Sumber Gambar : Okezone Lifestyle

Destinasi tempat wisata di Manado selanjutnya ini sangat cocok untuk para pecinta alam khususnya gunung. Gunung Tumpa yang terletak di kelurahan Meras, Bunaken ini berjarak kurang lebih satu jam dari Kota Manado.

Sesampainya di Gunung Tumpa kamu akan disuguhkan dengan pemandangan berupa pepohonan yang hijau dan udaranya yang segar. Kamu juga bisa menjelajahi tempat wisata ini untuk mencari spot fotografi atau untuk menikmati sunset maupun sunrise.

6. Danau Tondano

Danau Tondano
Sumber Gambar : Explore Manado

Danau Tondano adalah salah satu destinasi wisata Manado yang tidak boleh Toppers lewati. Danau Tondano ini terbentuk akibat aktivitas vulkanis, sama seperti pembentukan Danau Toba.

Memiliki pemandangan indah yang asri dan teduh akan membuatmu betah di tempat ini. Danau Tondano diapit oleh tiga buah gunung, yaitu Gunung Kaweng, Gunung Masarang, dan Gunung Tampusu.

Baca juga: Menjelajahi Wisata 10 Danau Terbesar di Indonesia yang Menawan

7. Pantai Ratatotok

Pantai Ratatotok
Sumber Gambar : KSM Tour

Pantai Ratatotok adalah pantai yang dimiliki perusahaan penambang emas Newmont. Meski begitu, pantai ini tetap bersih dan terawat, dengan pemandangan yang indah dan udara yang bersih, cocok untuk jadi tempat berfoto. Di tempat wisata Manado ini juga terdapat banyak titik diving dan snorkeling, yang dipenuhi terumbu karang dan berbagai biota laut yang merupakan hasil program konservasi laut Newmont.

8. Gunung Dua Saudara

Gunung Dua Saudara
Sumber Gambar : Pedoman Wisata

Sesuai dengan namanya, objek wisata di Manado yang satu ini adalah dua buah gunung nonaktif yang berhadapan langsung dengan Cagar Alam Tangkoko. Memiliki tinggi sekitar 1350 meter di atas permukaan laut, Gunung Duasaudara termasuk gunung yang memiliki medan sulit untuk di daki. Namun, Toppers bisa menikmati wisata kuliner, udara segar dan pemandangan yang tidak kalah indah pada kaki Gunung Duasaudara ini.

9. Kota Tomohon

Kota Tomohon adalah kota yang berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Kota Manado. Kota ini memiliki segudang tempat wisata yang bisa ditelusuri, seperti Gunung Lokon dan Gunung Mahawu yang memiliki pemandangan dan perbukitan yang indah.

Terdapat juga tempat wisata lainnya seperti Danau Linow yang bisa berubah menjadi 3 warna yaitu biru, hijau dan kecoklatan.

10. Gunung Mahawu

Gunung Mahawu
Sumber Gambar : Tribunnews

Gunung Mahawu merupaka destinasi tempat wisata di Manado yang terletak di Kota Tomohon yang terletak tidak jauh dari Kota Manado. Gunung Mahawu sangat tepat untuk kamu yang ingin menikmati keindahan alam pegunungan tapi tidak ingin mendaki terlalu jauh.

Toppers hanya perlu mendaki selama sepuluh menit menyusuri tangga untuk dapat menikmati keindahan kawah gunung ini. Kamu juga bisa melihat pemandangan Kota Tomohon dan Kota Manado dari jalan setapak pada Gunung ini.

Baca juga: 10 Gunung di Indonesia Yang Wajib Ditaklukan Pendaki Pemula

11. Taman Bunga Tomohon

Taman Bunga Tomohon
Sumber Gambar : Tribun Manado

Masih dari kota Tomohon, pada tempat wisata di Manado yang satu ini Toppers bisa menikmati indahnya bunga-bunga yang cantik. Waktu yang paling tempat untuk mengunjungi taman bunga ini adalah sekitar bulan Juni sampai Agustus, karena bertepatan dengan festival bunga hias yang menyajikan parade bunga serta berbagai pertunjukan seni yang sayang untuk kamu lewatkan.

12. Arung Jeram Timbukar

Arung Jeram Timbukar
Sumber Gambar : Manado Baswara

Ingin merasakan pengalaman bermain arung jeram yang seru dan menegangkan di Kota Manado? Objek wisata di Manado yang satu ini adalah jawaban yang tepat. Berlokasi di Desa Timbukar, disini kamu bisa mengarungi Sungai Nimanga yang berjarak 9 kilometer sambil menikmati keindahan alam dan tebing disekitarnya. Setelah bermain arung jeram, kamu juga bisa menikmati beberapa kuliner yang tersedia di Desa Timbukar.

13. Pantai Malalayang

Pantai Malalayang
Sumber Gambar : Dolandolen

Pantai Malalayang merupakan alternatif tempat wisata di Manado selanjutnya yang terletak tidak jauh dari Kota Manado, tepatnya hanya sekitar 4 kilometer saja. Objek wisata Manado ini menjadi favorit warga Manado, selain jaraknya yang dekat dengan pusat kota, disini kamu bisa melakukan banyak aktivitas seperti snorkeling, diving, hingga berenang karena pantai ini memiliki ombak yang tenang sehingga kamu dapat bermain air tanpa khawatir. Pantai Malalayang memilki ciri khas yaitu pasir pantainya yang berwarna hitam.

14. Air Terjun Kima Atas

Air Terjun Kima Atas
Sumber Gambar : Wisata Terindah

Destinasi tempat wisata Manado selanjutnya adalah Air Terjun Kima Atas. Air Terjun ini hanya berjarak sekitar 20 menit dari Kota Manado, tepatnya pada Kelurahan Kima Atas. Objek wisata Manado ini memiliki banyak pepohonan hijau, udara sejuk, serta air jernih nan segar.

Toppers dapat berenang di air terjun ini karena aliran airnya yang tidak terlalu deras, setelah berenang Toppers bisa bersantai di kedai sekitar sembari mencicipi kuliner khas Manado.

15. Bukit Kasih

Bukit Kasih
Sumber Gambar : KSM Tour

Tempat wisata di Manado yang satu ini cukup unik, Toppers! Bukit Kasih adalah tempat wisata yang terletak di Desa Kanonang, yang berjarak 55 kilometer dari Kota Manado. Meski berjarak cukup jauh, semua akan terbayar ketika sudah mencapai tempat ini.

Toppers dapat melihat lima rumah ibadah dari agama di Indonesia dalam satu tempat. Selain itu, terdapat monumen yang disebut Tugu Toleransi yang terdapat simbol dari masing-masing agama dengan kutipan dari kitab suci masing-masing agama.

16. Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua
Sumber Gambar : Wikipedia

Pulau Manado Tua yang berjarak 16 kilometer dari Kota Manado ini adalah salah satu pulau indah yang menjadi salah satu tempat wisata di Manado yang layak untuk dijelajahi. Pulau Manado Tua memiliki gunung berapi dan panorama bawah laut yang tidak kalah dari Bunaken.

Pulau ini sempat menjadi salah satu lokasi World Ocean Conference pada tahun 2009. Sehingga penduduk sekitar sangat menjaga kebersihan dan keindahan dari kawasan wisata di Manado satu ini.

17. Jembatan Soekarno

Jembatan Soekarno
Sumber Gambar : Celebnews

Objek wisata di Manado yang satu ini masih tergolong baru, Jembatan Soekarno diresmikan pada bulan Mei 2015. Meskipun tergolong baru, tempat ini cepat populer karena bangunan jembatan yang terlihat megah ketika malam hari. Banyak wisatawan yang berfoto dengan latar Jembatan dan Menara Lilin yang lokasinya berdekatan dengan Jembatan ini.

18. Waruga Sawangan

Waruga Sawangan
Sumber Gambar : Manado Baswara

Waruga Sawangan merupakan salah satu situs peninggalan sejarah yang menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Manado. Masyarakat Sulawesi Utara, khususnya suku Minahasa mempunyai tradisi unik dalam proses pemakaman yaitu dengan menguburkan orang yang telah meninggal ke dalam waruga.

Waruga terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian badan dan kepala yang dibuat dari batu utuh. Jika kamu ingin melihat Waruga dalam jumlah banyak, Waruga Sawangan adalah tempat yang tepat.

19. Museum Negeri Sulawesi Utara

Museum Negeri Sulawesi Utara
Sumber Gambar : Situs Budaya

Objek wisata di Manado berikutnya juga masih meliputi seputar sejarah. Museum Negeri Sulawesi Utara ini terletak di Kota Manado, disini kamu bisa mempelajari budaya suku Minahasa yang merupakan suku asli di Provinsi Sulawesi Utara, dan juga sejarah lain mengenai daerah Sulawesi.

Destinasi tempat wisata Manado ini memiliki ribuan koleksi yang terdiri foto, pakaian adat, miniatur, benda bersejarah hingga diorama yang tersusun rapih dan terawat.

20. Modoinding

Modoinding
Sumber Gambar : Sulutprov

Modoinding adalah sebuah daerah yang terletak di Kabupaten Minahasa Selatan, daerah ini merupakan penghasil utama sayuran. Lebih dari 70% kebutuhan sayur di datangkan dari Lembah Modoinding ini. Daerah yang terletak 1000 meter diatas permukaan laut ini memiliki banyak keunikan dari masing-masing Desa.

Seperti Desa Mokabang yang memiliki rumah panggung, Desa Makaaruyen yang terkenal dengan pemandian air panasnya dan desa-desa lainnya. Kamu juga bisa menikmati indahnya Danau Moat ketika berkunjung ke destinasi wisata Manado satu ini.

21. Kampung Cina

Kampung Cina
Sumber Gambar : Lintas Sulut

Kampung Cina adalah objek wisata di Manado yang terletak di pusat Kota Manado. Kampung Cina memiliki bangunan toko tua yang sudah dibangun sejak zaman Belanda. Bangunan ini masih dipertahankan seperti aslinya sehingga memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Toppers bisa melihat klenteng tertua di Manado, Ban Hing Kiong serta menyusuri toko yang menjual aneka makanan, minuman serta souvenir yang bisa kamu jadikan oleh-oleh di kawasan wisata di Manado ini.

22. Taman Margasatwa Tandurusa

Taman Margasatwa Tandurusa
Sumber Gambar : Ngetrip

Jika Toppersingin melihat aneka satwa unik, Taman Marga Satwa Tandarusa adalah tempat yang wajib kamu kunjungi! Pada objek wisata di Manado ini terdapat koleksi hewan unik yang jarang ditemui seperti babirusa, monyet hitam, hingga tarsius yang merupakan ikon Sulawesi Utara.

Binatang unik ini memiliki bentuk seperti monyet namun berukuran kecil hanya sekitar 15 sentimeter. Kamu bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan unik tersebut di Taman Marga Satwa Tandarusa ini.

Baca juga: 9 Destinasi Wisata Alam Terbaik di Jakarta

Nah itu dia beberapa lokasi objek wisata di Manado yang wajib Toppers kunjungi saat singgah ke Ibu Kota Sulawesi Utara ini! Pastinya kamu ingin sekali mengunjungi tempat wisata di Manado yang indah tersebut bukan? Untuk melengkapi perjalananmu jangan lupa untuk lengkapi kebutuhan traveling, serta mengabadikan momen seru dengan kamera mirrorless terbaru yang bisa kamu temukan di Tokopedia!

Tak hanya itu, Toppers juga bisa lakukan pemesanan tiket pesawat dan juga hotel dengan mudah di Aplikasi Tokopedia untuk buat perjalanan menyurusi ragam wisata di Manado jadi lebih praktis!

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel