Bertualang di 13 Destinasi Wisata Kamboja Terbaik

113
Destinasi wisata di Kamboja
Sumber gambar: Flickr

Tempat Wisata di Kamboja – Liburan keluar negeri tak harus jauh-jauh. Kamboja bisa jadi destinasi liburan keluar negeri yang tak terlalu jauh namun memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi, lho.

Salah satu negara ASEAN ini berbatasan langsung dengan Laos, Vietnam dan Thailand. Kamboja juga merupakan salah satu negara di ASEAN yang masih berbentuk Kerajaan dengan pemerintahan yang dipimpin perdana menteri.

Dengan keunikan budaya dan juga alamnya, ada banyak destinasi wisata di Kamboja yang sangat menarik untuk ditelusuri dan melengkapi rencana traveling ke Kamboja Toppers selanjutnya. Berikut daftar tempat wisata di Kamboja yang bisa jadi referensimu!

Baca juga: Destinasi Wisata Terbaik di Bangkok yang Wajib kamu Kunjungi

Rekomendasi Tujuan Wisata di Kamboja

1. Istana Kerajaaan & Silver Pagoda

Destinasi wisata di Kamboja
Sumber gambar: Visit Cambodia

Tujuan wisata Kamboja pertama yang bisa Toppers kunjungi saat berada di ibukota Phonm Penh adalah kompleks Istana Raja Kamboja. Bangunan istana megah ini dibangun dengan arsitektur khas Kamboja yang sangat menawan.

Data tarik lainnya dari kompleks Istana Raja Kamboja ini adalah keberadaan Silver Pagoda, disebut Silver Pagoda karena tak kurang dari 5000 ubin yang terbuat dari perak melapisi bangunan pagoda khas Kamboja ini. Tak hanya itu, di dalam Pagoda ini juga terdapat patung Budha yang terbuat dari emas dan berhiaskan 9.584 berlian.

2. Ankor Wat

Destinasi wisata di Kamboja
Sumber gambar: Flickr

Objek wisata Kamboja selanjutnya ini merupakan salah satu ikon wisata di Kamboja populer yang wajib dikunjungi. Angkor Wat merupakan kuil yang dibangun pada abad ke-12 dengan luas mencapai 400 kilometer persegi.

Disekitar kawasan Angkor Wat Toppers juga bisa mengunjungi destinasi wisata kuil di Kamboja lainnya seperti Banteay Srey, Bayon, Angkor Thom, Ta Keo dan Ta Phrom.

3. Tuol Sleng Genocide Museum dan Killing Field

Destinasi wisata di Kamboja
Sumber gambar: Picswe

Kamboja pernah memiliki catatan sejarah kelam, tepatnya pada 1975-1978 dimana terjadi pembunuhan masal terhadap lebih dari 2 juta penduduk Kamboja. Tuol Sleng Genocide Museum merupakan salah satu saksi bisu tempat terjadinya pembantaian tersebut yang kini menjadikan sebagai museum.

Mulai dari kuburan masal hingga tengkorak-tengkorak korban yang masih tersimpan rapi masih bisa Toppers temui. Berbagai diorama dan lukisan yang menggambarkan kronologi kejadian bersejarah ini juga bisa dipelajari di objek wisata sejarah Kambja ini.

4. Koh Ker

Destinasi wisata di Kamboja
Sumber gambar: Wikipedia

Destinasi wisata Kamboja bersejarah lainnya adalah Koh Ker, situs purbakala yang dahulu merupakan tempat berdirinya ibukota Kerajaan Khmer pada 928 hingga 944 Masehi.

Berbagai bangunan megah sisa-sisa ibu kota Koh Ker dan patung dan kuil-kuil bisa Toppers temui di kawasan wisata Kamboja ini. Salah satu yang paling terkenal adalah sebuah kuil yang berbentuk layaknya piramida dengan kedtinggian 30 meter yang berada di tengah belantara hutan.

5. Kuil Bayon

Destinasi wisata di Kamboja
Sumber gambar: Pixabay

Berbicara soal wisata kuil di Kamboja, ada satu lagi kuil perbukala unik yang bisa Toppers kunjungi saat berada di Kamboja, yaitu kuil Bayon. Yang menarik dari objek wisata satu ini adalah Toppers bisa menemukan ukiran wajah berbeda-beda sebanyak 200 yang tersebar di berbagai sisi dan sudut situs bersejarah ini.

Salah satu pahatan wajah yang paling tersohor adalah wajah orang tersenyum yang banyak dipercaya sebagai wajah salah satu Raja Kamboja terdahulu, Jayayarman VII.

6. Preah Vihear

Destinasi wisata di Kamboja
Sumber gambar: Tourism Cambodia

Berada di Pegunungan Dangrek, diatas tebing setinggi 525 meter, terdapat juga candi Hindu peninggalan Kher yang dibangun pada 11 dan 12 pada masa raja-raja Khmer Suryavarman I dan Suryavarman II sebagai bentuk penghormatan kepada Dewa Siwa. Reruntuhan kuil yang masih memancarkan kemegahan ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata di Kamboja yang Toppers kunjungi.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Brunei Darussalam, 9 Destinasi ini Wajib Kamu Kunjungi!

7. Sihanoukville

Destinasi wisata di Kamboja
Sumber gambar: Travel Triangle

Kamboja juga memiliki destinasi wisata pantai yang cukup populer di kalangan wisatawan, yakni Sihanoukville. Berjarak sekitar 4 jam dari pusat kota Phonm Phen, objek wisata Kamboja ini menawarkan panorama samudera pasifik dan putihnya pasir yang membentang panjang.

Selain itu, alternatif wisata pantai di Kamboja lainnya yang bisa jadi pilihanmu adalah Sokha Beach, Independent Beach, Long Beach, Serendipity Beach dan Otres Beach.

8. Cardomom Mountain

Destinasi wisata di Kamboja
Sumber gambar: Culture Trip

Kamboja juga menyimpan pesona alam yang mempesona, salah satunya bisa Toppers temui di destinasi wisata Cardomom Mountain. Objwk wisata di Kamboja ini merupakan cagar alam berupa pegunungan dimana juga terdapat padang gurun yang merupakan satu-satunya yang ada di Asia Tenggara.

Keindahan pesona alam di objek wisata di Kamboja satu ini dijamin akan memberikan kesan mendalam yang takkan terlupakan.

9. Tonle Sap

Destinasi wisata di Kamboja
Sumber gambar: Incense Travel

Objek wisata di Kamboja selanjutnya adalah danau air tawar terbesar di Asia Tenggara, Tonle Sap. Ukuran dari danau ini selalu berubah sesuai dengan musim. Kala kemarau tiba, ukuran danau akan menyusut dan air mengalir ke danau dari Sungai Mekong. Namun, kala musim penghujan danau akan kian meluas dan aliran air justru akan berbalik arah dari Tonle Sap menuju Sungai Mekong.

Selain itu, di objek wisata Kamboja satu ini Toppers juga menemui dan melihat aktivitas suku Cham yang tingga di desa-desa terapung di sekitar Danau ini.

10. Kratie

Destinasi wisata di Kamboja
Sumber gambar: Along the Mekong

Berada di tepian Sungai Mekong, Toppers bisa menyusuri objek wisata kota Tua Kratie dimana kawasan ini masih diramaikan bangunan-bangunan Kuno yang dahulu dibangun oleh Bangsa Perancis saat menjajah Kamboja.

Selain keindahan arsitektur kuno tersebut, Toppers juga bisa berwisata di Sungai Mekong dan jika beruntung bisa melihat Lumba-Lumba Krawaddy, species Lumba-Lumba air tawar langka yang hanya hidup dan ditemukan di Sungai Mekong.

11 Thmey Market

Destinasi wisata di Kamboja
Sumber gambar: Skyscrapper City

Thmey Market adalah sebuah pasar besar dimana Toppers bisa menemukan berbagai hal untuk di beli mulai dari fashion, tas, hingga berbagai oleh-oleh dan souvenir khas Kamboja.

Selain cocok menjadi destinasi wisata belanja di Kamboja, banyak juga kuliner-kuliner khas Kamboja yang bisa Toppers temukan dan cicipi saat berburu oleh-oleh di objek wisata belanja di Kamboja satu ini.

12. Angkor Night Market

Destinasi wisata di Kamboja
Sumber gambar: Just Gola

Destinasi wisata belanja di Kamboja lainnya selain Thmey Market adalah Ankor Night Market, pasar malam yang berada di kawasan Siam Reap dimana Toppers bisa menemukan banyak sekali penjaja kerajinan khas lokal yang cocok untuk dijadikan buah tangan untuk dibawa pulang selepas belibur di Kamboja.

13. Museum Nasional Kamboja

Destinasi wisata di Kamboja
Sumber gambar: Pixabay

Destinasi wisata di Kamboja terakhir adalah Museum Nasional Kamboja yang berada di Ibu Kota Phonm Phen. Objek wisata Kamboja yang megah dengan arsitektur tradisional khas Kamboja ini memiliki koleksi artefak terlengkap di Kamboja sehingga layak dikunjungi kala singgah di Kamboja.

Baca juga: Menguak 12 Pesona Wisata di Alor Terindah

Banyak bukan destinasi wisata di Kamboja yang bisa melengkapi perjalanan liburanmu selanjutnya. Sudah tentukan objek wisata di Kamboja mana saja yang akan Toppers kunjungi? Cek Tokopedia sekarang untuk lengkapi perlengkapan traveling dan pesan tiket pesawat agar liburanmu ke Kamboja jadi makin maksimal.

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!

Bagikan Artikel