15 Destinasi Objek Wisata di Samarinda Terpopuler

0
21880
Wisata Samarinda
Sumber gambar: Kutai Kartanegara

Objek Wisata Samarinda – Tahukah Toppers Indonesia memiliki banyak kota menarik untuk dikunjungi saat berlibur? Salah satu kota itu adalah Samarinda yang terletak di Kalimantan Timur. Ibukota Kalimantan Timur ini memiliki tempat wisata yang seru untuk mengisi liburanmu. Penasaran apa saja?

Yuk simak 15 tempat wisata Samarinda yang harus Toppers kunjungi untuk mengisi liburan serumu!

Tempat Wisata di Samarinda yang Seru

1. Tempat Wisata Pulau Kumala Samarinda

Tempat Wisata Pulau Kumala Samarinda
Sumber: Get Borneo

Mari kita mulai dengan daftar pertama, Pulau Kumala. Sebenarnya tempat wisata satu ini tidak tepat terletak di Samarinda. Namun tempat wisata satu ini terletak tidak jauh jika ditempuh dengan kendaraan, hanya 27 kilometer dari Kota Samarinda. Pulau Kumala terbentuk akibat endapan lumpur Sungai Mahakam atau ilmiahnya disebut delta. Jika dilihat seksama, pulau ini memiliki bentuk menyerupai perahu yang terbalik.

Sebagai salah satu destinasi wisata, Pulau Kumala memiliki taman rekreasi dengan kurang lebih 10 wahana permainan yang bisa kamu coba seperti jet coaster, gokar, kereta gantung, komedi putar, dan kereta api mini untuk mengitari pulau sambil menikmati pemandangan. Selain itu kamu juga bisa menikmati pemandangan Kota Tenggarong dari ketinggian dengan menaiki Sky Tower yang menjulang tinggi mencapai 750 desimeter!

Lokasi: Jalan K.H. Ahmad Muksin, Tenggarong, Timbau, Tenggarong, Kaltim.
Jam Operasional: 13.30 – 23.00
Harga Tiket: Rp 7.000 Dewasa; Rp 5.000 anak-anak.

2. Wisata Air Terjun Pinang Seribu Samarinda

Tempat wisata air terjun di Samarinda, Pinang Seribu
Sumber: Anekawisataseru.com

Tempat wisata Samarinda satu ini adalah tempat wisata alam Air Terjun Pinang Seribu. Air terjun ini berada di Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda Utara. Bentuk yang unik seperti undakan pada anak tangga membuat air terjun ini bisa dinaiki. Kamu bisa mengunjungi air terjun ini ketika bukan musim hujan agar aliran air terjun yang mengalir tidak terlalu deras sehingga relatif aman.

Lokasi: Jalan Air Terjun, Sempaja Utara, Samarinda Utara, Kalimantan Timur
Jam Operasional: 10.00-17.00
Harga Tiket: Rp 5.000

3. Pulau Beras Basah Samarinda

Tempat wisata Samarinda seru, Pulau Beras Basah
Sumber: Anekawisataseru.com

Tempat wisata rekomendasi lainnya adalah Pulau Beras Basah. Seperti Pulau Kumala, pulau ini tidak terletak tepat di Kota Samarinda namun menjanjikan keindahan alam yang luar biasa. Untuk mencapai Pulau Beras Basah, waktu yang diperlukan cukup lama yaitu selama 3 jam dengan kendaraan.

Pulau ini berada di Selat Makassar, Bontang, Kaltim. Keindahan pasir putih dan kejernihan air yang berkilau kebiruan akan membuat kamu lupa lelahnya perjalanan menuju ke pulau ini.

Lokasi: Selat Makassar, Bontang, Kalimantan Timur
Jam Operasional: 24 Jam
Harga Tiket: Gratis

4. Air Terjun Tanah Merah Samarinda

Tempat wisata seru di Samarinda salah satunya Air Terjun Tanah Merah
Sumber: Info Legit

Tempat Wisata Air Terjun Tanah Merah yang berada di Dusun Purwosari, Samarida Utara ini memiliki ketinggian 15 meter. Uniknya, air yang mengalir di air terjun ini terlihat jernih. Namun ketika air sudah menuju hilir, warna air akan berubah menjadi keruh kemerahan. Hal ini dikarenakan dasar tanah hilir di sini berjenis gambut.

Lokasi: Jl. Muara Badak – Samarinda, Tanah Merah, Samarinda Utara, Kota Samarinda
Jam Operasional: 24 jam
Harga Tiket: Rp 5.000

5. Kebun Raya Unmul Samarinda

Kebun Raya Unmul Samarinda sebagai tempat wisata seru saat berlibur
Sumber: Tribunnews Kaltim

Nama kebun ini adalah singkatan dari Universitas Mulawarman (Unmul). Ya, Kebun Raya Unmul Samarinda ini merupakan tempat wisata Samarinda yang dipunyai Universitas Mulawaman dan telah terbuka untuk khalayak umum. Lama perjalanan ke Kebun Raya Unmul Samarinda kurang lebih 30 menit dari pusat kita Samarinda.

Di kawasan Kebun Raya Unmul Samarinda ada danau besar yang kamu bisa menyewa sepeda air untuk berkeliling danau tersebut. Selain itu di Kebun Raya Unmul ini juga ada kebun binatang mini serta museum kayu yang menyimpan berbagai koleksi jenis kayu dari berbagai penjuru Kalimantan.

Lokasi: Jalan Kuaro, Gn. Kelua, Samarinda Ulu, Kota Samarinda
Jam Operasional: 09.00 – 17.00
Harga Tiket: Rp 5.000

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Desa Budaya Pampang Samarinda

Tempat wisata budaya di Samarinda, Desa Pampang
Sumber: Anekawisataseru.com

Desa Pampang adalah salah satu desa budaya untuk kamu yang ingin tahu tentang budaya lokal di Samarinda. Tempat wisata Samarinda yang dihuni Suku Dayak Kenyah ini sering dikunjungi oleh para pelancong karena mempunyai keunikan tersendiri.

Setiap hari Minggu pada pukul 13:00 – 15:00, diadakan pentas seni di lamin atau balai pertemuan desa. Gedung ini terlihat unik dihiasi dengan ukiran khas Suku dayak. Menariknya, pada saat pentas seni berjalan, seluruh warga desa akan mengenakan pakaian adatnya.

Lokasi: Jl. Dahlia No. 69, Sungai Siring, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.
Jam Operasional: Minggu 14.00 – 17.00
Harga Tiket: Dewasa Rp 25.000; Anak-Anak Rp 20.000

7. Taman Rekreasi Lembah Hijau Samarinda

tempat wisata seru di Samarinda, Lembah Hijau
Sumber: Anekawisataseru.com

Jangan lupa untuk datang ke Taman Rekreasi Lembah Hijau. Tempat wisata ini merupakan kombinasi antara wisata alam dan berbagai sajian atraksi menarik. Tidak kalah dengan banyak tempat wisata terkenal lainnya di Kota Samarinda, Taman Rekreasi Lembah Hijau ini juga bisa menarik atensi banyak pelancong yang datang ke kota ini. Selain itu, di kawasan tempat wisata Samarinda ini kamu juga bisa menikmati fasilitas outbond.

Lokasi: Jalan Kebun Raya, Lempake, Kota Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Operasional: 08.00 – 20.00
Harga Tiket: Rp 5.000/orang; Rp 180.000/orang untuk Paket Outbond

8. Tjiu’s Palace Samarinda

Berlibur seru ke tempat wisata Tjiu's Palace Samarinda
Sumber: Anekawisataseru.com

Tjius palace adalah salah satu tempat wisata Samarinda untuk keluarga yang memiliki banyak wahana hiburan seperti kolam pemancingan ikan, sepeda air (kayuh dan mesin) dengan bentuk yang unik dan lucu, serta masih banyak lagi. Selain itu ada juga kereta api dan kolam khusus anak-anak. Untuk kamu Toppers yang memiliki hobi memancing, tempat ini pasti akan kamu suka!

Lokasi: Jl. Sultan Sulaiman No.6, Kec. Sambutan, Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Operasional: 09.00-23.00
Harga Tiket: Gratis

9. Kampung Tenun Samarinda

Kampung Tenun Samarinda sebagai tempat wisata seru
Sumber: Prokal.co

Salah satu ciri khas Kota Samarinda adalah kain tenun dengan corak kotak-kotaknya yang indah. Jika ingin memboyong oleh-oleh kain tenun ini, datang saja ke Kecamatan Samarinda Seberang. Selain membeli kain, kamu dapat melihat proses pembuatannya. Proses pembuatan kain ini masih amat tradisional dengan menggunakan alat tenun non-mekanis yang disebut Gedokan.

Lokasi: Jl. Panglima Bendahara Samarinda Seberang, Kalimantan Timur
Jam Operasional: 09.00 – 19.00
Harga Tiket:

10. Pelas Tahun Samarinda

Tempat wisata seru Pelas Tahun di Samarinda
Sumber: Anekawisataseru.com

Pelas Tahun Pampang merupakan aktivitas budaya masyarakat Suku Dayak Kenyah di Desa Pampang Samarinda yang melambangkan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan (NASIB), telah memberikan anugerah berupa hasil panen untuk kebutuhan masyarakat disana. Masyarakat Dayak Kenyah di Pampang selalu melakukan Upacara Pelas Tahun tiap tahunnya.

Lokasi: Jl. Dahlia No. 69, Sungai Siring, Kota Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Operasional:
Harga Tiket:

11. Penangkaran Buaya Samarinda

Seru-seruan di Penangkaran Buaya tempat wisata Samarinda
Sumber: Anekawisataseru.com

Tempat Wisata Penangkaran Buaya Makroman Samarinda adalah tempat wisata yang menarik sekaligus memacu adrenalin. Di area dengan luas kurang lebih 7 hektar ini, kamu bisa melihat sekaligus berfoto dengan 3 jenis buaya di Penangkaran Makroman: Buaya Siam, Buaya Muara, dan Buaya Sepit.

Lokasi: Jl. Penangkaran Buaya Makroman, Kec. Sambutan, Kota Samarinda
Jam Operasional: 08.00-17.00
Harga Tiket: Rp 15.000

12. Samarinda Islamic Center

Jangan lupa ke tempat wisata Samarinda Islamic Center
Sumber: Anekawisataseru.com

Ada satu tempat wisata religi Samarinda yang dapat kamu kunjungi bagi kamu beragama Islam, Masjid Islamic Center Samarinda. Desain arsitektur masjid ini konon diilhami dari arsitektur Hagia Sophia di Turki. Masjid ini mempunyai menara utama tunggal setinggi 99 meter yang termasuk jumlah asmaul husna serta enam menara dengan ukuran lebih kecil yang melambangkan jumlah rukun iman.

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No.1, Tlk. Lerong Ulu, Sungai Kunjang, Kota Samarinda
Jam Operasional: 24 Jam
Harga Tiket: Gratis

13. Pusat Kerajinan Sarung Samarinda

Berburu oleh-oleh sehabis liburan di Pusat Kerajinan Sarung Samarinda
Sumber: Anekawisataseru.com

Disini kamu bisa membeli berbagai kerajinan sarung khas Samarinda. Pusat kerajinan ini berada di sisi Sungai Mahakam, sebelah kiri Jalan Pangeran Bendahara atau sekitar 0,30 kilometer dari Terminal Bus Sei Keledang.

Lokasi: Kampung Mesjid Baqa, Kecamatan Samarinda Seberang, Kota Samarinda
Jam Operasional: 09.00-19.00
Harga Tiket:

14. Tepian Mahakam

Tepian sungai Mahakam sebagai tempat wisata Samarinda
Sumber: Grivy Travel

Sungai Mahakam adalah aliran sungai yang mengarungi sebagian besar wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat, dan Kota Samarinda.

Pada malam hari, kamu dapat mengunjungi dan menikmati jajanan jagung bakar sembari melihat pemandangan. Tepian Mahakam juga ada beberapa warung makan di sepanjang bantaran untuk kamu berwisata kuliner ria.

Lokasi: Jalan Gajah Mada, Bugis, Samarinda Kota
Jam Operasional: 24 Jam
Harga Tiket: Gratis

15. Citra Niaga Samarinda

Tempat Wisata Citra Niaga Samarinda
Sumber: Get Borneo

Citra Niaga adalah taman wisata Samarinda rakyat pertama yang berdiri di Kota Samarinda. Citra Niaga mendapatkan penghargaan Aga Khan nominasi Arsitektur karena rancangannya yang menggabungkan antara fungsionalitas bangunan dan keindahan arsitekturnya.

Lokasi: Jl. Niaga Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Operasional: 09.00 – 17.30
Harga Tiket: Gratis

Baca juga: Mau Liburan Hemat? Perhatikan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Berikut


Itulah tadi 15 tempat wisata favorit terbaik di Kota Samarinda rekomendasi Tokopedia. Banyak kan? Nah maka dari itu, ayo siapkan rencana tempat wisata yang akan kamu datangi dan cari perlengkapan travelling terbaik hanya di Tokopedia!

Banner Tiket Pesawat