Liburan ke Vietnam? 15 Objek Wisata ini Wajib Kamu Kunjungi!

355
Jade Emperor Pagoda Vietnam
Sumber gambar: Vietnam Visa

Tempat Wisata di Vietnam – Vietnam merupakan salah satu destinasi wisata murah di Asia Tenggara yang populer dan digemari. Namun, meskipun tergolong low budget, liburan ke Vietnam bisa memberikanmu pengalaman tak kalah seru, lho!

Terlebih, banyak objek wisata di Vietnam yang sangat populer akan keindahan serta keseruannya yang akan jamin liburan di Vietnam jadi salah satu pengalamanan tak terlupakan. Nggak percaya? Intip destinasi wisata di Vietnam terbaik favorit traveller berikut!

Baca juga: Mau Liburan Hemat? Perhatikan 12 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Berikut!

Pilihan Tujuan Wisata di Vietnam Terpopuler

Ha Long Bay

Destinasi Wisata Vietnam
Sumber gambar: Pexels

Siapa tak tahu Ha Long Bay? Tempat wisata terkenal di Vietnam ini telah lama menjadi ikon parisiwata negara ini. Keindahan alamnya membuat kawasan Ha Long Bay menjadi salah satu dari situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1994, lho.

Objek wisata favorit di Vietnam ini sendiri merupakan gugusan kepulauan kapur dengan bentang lautan berwarna toska yang menawam. Tak kurang dari 1600 pulau batu dengan hutan belantara dan gua-gua bisa Toppers jelajahi saat liburan ke Ha Long Bay.

Kota Tua Hoi An

Wisata Vietnam - Kota Tua Hoi An
Sumber gambar: Pixabay

Tertarik menjelajahi kota tua di Vietnam? Hoi An bisa jadi destinasi wisata Vietnam yang tepat. Kota bersejarah ini memiliki peranan penting sebagai jalur perdagangan Asia dan Eropa selama 17 Abad.

Disini, Toppers bisa menjelajahi keindahan arsitektur kuno khas Jepang, China, bahkan Eropa. Panorama kota dan sungai Hoi An yang romantis juga wajib kamu nikmati saat berkunjung disini. Tak heran karena nilai sejarah dan arsitekturnya yang tinggi, Hoi An juga dijadikan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1999.

Kompleks Monument Hue

Monumen Hue - Tempat Wisata di Vietnam
Sumber gambar: Pixabay

Objek wisata Vietnam yang juga kaya anak nilai sejarah adalah Monumen Hue di Kota Hue, Kota yang didirikan sebagai ibukota Vietnam oleh Gia Long, salah satu Raja Pertama dari Dinasti Nguyen pada 1802. Kota ini sendiri menjadi ibukota dari Vietnam hingga 1945 dan mewarisi ratusan monumen-monumen dan reruntuhan bersejarah hingga makam-makam raja Vietnam kuno.

Berkunjung ke kota Hue, Toppers tak cuma akan dimanjakan keindahan arsitektur bersejarah, tapi juga pesona bentang alam yang menawan. Di salah satu objek wisata Vietnam ini juga terkenal sebagai destinasi wisata kuliner khas Kerajaan Vietnam, lho.

Hoan Kiem Lake

Hoan Kiem Lake - Tempat Wisata di Vietnam
Sumber gambar: Wikipedia

Berkunjung ke ibu kota Vietnam, Hanoi, Toppers bisa singgah ke salah satu tempat wisata terkanal di Hanoi, Danau Hoan Kiem. Berada di tengah kota Hanoi, Danau Hoan Kiem memiliki arti “returned sword” yang diadaptasi dari legenda Raja Le Loi. Legenda mengatakan bahwa Raja Le Loi memiliki pedang magis dari para dewa yang ia gunakan untuk mengusir Cina. Ia kemudian mengembalikan pedang tersebut kepada “Golden Turtle God” yang berada di dalam danau.

Maka dari itu, ditengah danau ini Toppers bisa melihat keberadaa kuil “Golden Turtle”. Kini Danau ini menjadi pusat olahraga dan juga tempat pembelajaran alam bagi masyarakat kota Hanoi.

Sa Pa Terraces

Sapa Terraces - Objek Wisata di Vietnam
Sumber gambar: Wikimedia

Ingin mengintip pesona alam Vietnam? Sama seperti Indonesia, Vietnam merupakan negara agraris dengan nasi sebagai makanan pokok.

Jad, tak heran Toppers bisa menemukan bentangan sawah hijau yang menyejukkan di Vietnam. Dan, salah satu yang paling terkenal sebagai tempat wisata di Vietnam adalah sawah bertingkat di Kota Sa Pa, tepatnya lembang Muong Hoa.

Selain menikmati hijaunya persawahan dan panorama yang eksotis, Toppers juga bisa melakukan trekking dan bertemu serta mengenal budaya dari salah satu kelompok etnis di Vietnam, yaitu Hmong yang tinggal di daerah ini.

perlengkapan traveling

Marble Mountains

Marble Mountains - Tempat Wisata di Vietnam
Sumber gambar: Google Sites

Bentang alam Vietnam lainnya yang cocok sebagai tujuan wisata di Vietnam Toppers selanutnya adalah Gunung Marble. Berlokasi di kawasan Ngũ Hành Sơn, selatan kota Da Nang, Vietnam, kamu bisa menikmati panorama gugusan 5 bukit yang melambangkan lima elemen serta menjelajahi gua serta patung Buddha yang terdapat didalamnya.

Di kawasan wisata di Vietn am ini, Toppers juga bisa menemukan situs bersejarah agama Buddha berupa pagoda dan kuil. Pilihan destinasi wisata religi yang menarik saat berkunjung ke Vietnam.

Pulau Phu Quoc

Pulau Phu Quoc - Objek Wisata di Vietnam
Sumber gambar: Pixabay

Vietnam juga menyimpan keindahan pantai buat kamu pecinta wisata pantai. Berada bersebrangan dengan pantai Kamboja, Phu Quoc merupakan pulau terbesar yang juga populer sebagai salah satu tujuan wistaa di Vietnam.

Pulau Phu Quoc menyimpan hutan tropis alami yang eksotis dan pantai-pantai mempesona seperti pantai Bai Dau dan juga Long Beach yang menjadi salah satu dari pantai terindah di Dunia. Saking indahnya, Phu Quoc sering diibaratkan sebagai Phuket-nya Vietnam, lho.

Satu lagi kekhasan dari tempat wisata di Vietnam satu ini adalah saus ikan fermentasi (nuoc mam) yang memiliki cita rasa khas yang telah mendunia,

Baca juga: 6 Tips Liburan Murah agar Tetap Irit Pengeluaran

Taman Nasional Phong Nha-Ke Bangj

Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang Vietnam
Sumber gambar: Wikipedia

Untuk Toppers yang berjiwa petualang, Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang bisa menjadi tujuan wisata di Vietnam yang kamu singgahi. Salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO ini merupakan hasil pengembangan kulit bumi selama 464 juta tahun silam dan membentuk formasi karst terbesar sekaligus tertua di Asia.

Berkunjung ke objek wisata Vietnam satu ini, Toppers bisa menjelajahi zona kapur dan gua-gua eksotis yang memiliki panjang mencapai 70 km, lho! Salah satu Gua, Hang Song Dong, bahkan merupakan gua terbesar di dunia.

Banyak sekali fitur geomorfik yang bisa Toppers temukan di tujuan wisata Vietnam satu ini mulai dari sungai bawah tanah, gua dendritik, gua kering, sampai gua bertingkat.

Sungai Mekong

Wisata Sungai Mekong di Vietnam
Sumber gambar: Flickr

Sungai Mekong sudah menjadi salah satu ikon dari negara Vietnam. Memiliki warna air kecoklatan karena kandungan lumpur disungai, Toppers bisa menelusuri Sungai Mekong untuk menjelajahi berbagai pulau dan delta seperti Pulau Phoenix, Pulau Dragon, Pulau Turtle, dan Pulau Unicorn.

Hutan Xeo Quyt

Hutan Xeo Quyt - Objek Wisata Vietnam
Sumber gambar: Mekong Cruise

Pengalaman menyusuri Sungai Mekong masih tak cukup? Mungkin, Hutan Xeo Quyt bisa jadi objek eksplorasimu selanjutnya di Vietnam. Memiliki luas sekitar 52 hektar, Toppers bisa menelusuri pesona alam sembari mengendarai kano.

Menjelajahi tempat wisata Vietnam satu ini, Toppers bisa menemukan bunker-bunker lama serta ladang tambang yang ada di bawah kanopi alami yang terbuat dari rindangnya hutan.

stop kontak traveling

Jade Emperor Pagoda

Jade Emperor Pagoda Vietnam
Sumber gambar: Vietnam Visa

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk memeluk agama Buddha, Vietnam menyimpan banyak pesona wisata religi umat Buddha, salah satunya adalah Pagoda Jade Emperor yang telah berusia lebih dari 100 tahun.

Dibangun untuk menghormati dewa Tao tertinggi, Toppers tak hanya akan dibuat terkagum-kagum pada arsitektur dari kuil ini, namun juga bisa mempelajari lebih dalam mengenai ajaran Tao dan Buddha dari berbagai patung serta deskripsinya yang terdapat di dalam kuil.

The Sand Dunes

Wisata Vietnam - Sand Dunes
Sumber gambar: Public Domain Pictures

Pilihan objek wisata di Vietnam satu ini dijamin akan berikanmu pengalaman berbeda saat berlibur ke Vietnam. The Sand Dunes adalah salah satu tempat wisata populer di Vietnam dengan pesona perbukitan pasir bak gurun sahara yang berwarna keemasan.

Selain bisa jadi tempat liburan yang instagramable, objek wisata Vietnam satu ini juga memiliki kawasan penjaja makanan dan minuman untuk kamu bersantai sembari menikmati eksotisme gurun pasir.

Ben Thanh Market

Tempat Wisata Vietnam - Thanh Banh Market
Sumber gambar: Flickr

Buat yang ingin berwisata belanja di Vietnam, Ben Thanh Market yang berada di Kota Ho Chi Minh bisa jadi pilihan destinasi liburan di Vietnam bersama keluarga.

Merupakan salah satu pasar terbesar dan terpadat di kota Ho Chi Minh, disini Toppers bisa menemukan berbagai produk mulai dari fashion dan aksesoris, hingga makanan khas dan berbagai oleh-oleh khas Vietnam untuk kerabat di rumah.

National Museum of Vietnamese History

Tempat Wisata Vietnam
Sumber gambar: Wikipedia

Jika Toppers ingin mempelajari lebih dalam mengenai sejarah Vietnam, objek wisata di Vietnam satu ini bisa memberikan jawaban atas rasa penasaranmu. Museum ini menyimpan berbagai koleksi bersejarah sejak 300.000 tahun lalu hingga jejak-jejak revolusi Vietnam.

Dengan arsitketur berbentuk bangunan megah dan mewah bergaya khas tradisional Vietnam, selain nilai sejarah, museum ini juga memiliki tampilan yang tak kalah menawan.

Thien Mu Pagoda

Objek Wisata di Vietnam
Sumber gambar: Flickr

Masih tak cukup belajar sejarah National Museum of Vietnamese History? Mungkin tujuan wisata Vietnam selanjutnya ini bisa jadi destinasi liburanmu selanjutnya.

Pagoda Thien Mu adalah destinasi wisata religi umat Buddha yang memiliki bangunan-bangunan bersejarah yang menggambarkan bukti perjalanan dan perkembangan ajaran Buddha di Vietnam.

Selain pagoda bersejarah, di kawasan ini Toppers juga bisa menemukan objek wisata bersejarah lainnya seperti makan para raja, dan juga jembatan beraksitektur Jepang Kuno.

Baca juga: 9 Gadget Traveling yang Wajib Kamu Bawa Saat Liburan

Bervariasi banget bukan destinasi wisata di Vietnam. Mulai dari sejarah hingga belanja, semua pengalaman seru liburan ke Vietnam bisa Toppers dapatkan. Sudah siapkan rencana liburanmu selanjutnya?

Jangan lupa, maksimalkan penggunaan aplikasi Tokopedia untuk liburan seru kamu dan keluarga! Mulai dari berbagai kebutuhan travelling mulai dari koper, kamera, hingga tiket pesawat bisa didapatkan dengan mudah melalui aplikasi Tokopedia!

Yuk, buat pengalaman liburanmu selanjutnya lebih berkesan!

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel