Mengintip 9 Oleh-Oleh Khas Ambon, Maluku Utara

0
1835
Sumber gambar: Pixabay

Oleh-oleh Khas Ambon – Ambon Manise! Begitulah julukan yang sering ditujukan ke salah satu pulau di Maluku Utara, yaitu Ambon. Tak hanya sebagai julukan, makna manise memang benar-benar tercermin di Pulau Ambon sebab manise memiliki arti manis nan indah.

Bukan hanya tempat-tempat wisata di Ambon yang indahnya luar biasa, namun juga beragam barang dan makanan dari Ambon ini tak kalah indah dan manisnya.

Tentunya, tak jarang barang-barang dan makanan khas Ambon ini dijadikan cinderamata untuk dibawa pulang oleh para pelancong. Mau tahu apa saja daftar oleh-oleh khas Ambon yang bisa Toppers bawa pulang saat sedang mengunjungi Ambon? Yuk, simak beberapa daftar oleh-oleh asal Ambon rekomendasi Tokopedia!

Baca juga: Indonesia Hasilkan 5 Jenis Teh Terbaik Dunia

Pilihan Oleh-Oleh Khas Ambon Favorit

Kayu Putih

Oleh-Oleh Khas Ambon
Sumber gambar: Tokopedia

Kayu putih merupakan salah satu oleh-oleh khas Ambon yang cukup hits di kalangan para pelancong. Mengapa kayu putih? Kayu putih dikenal sebagai salah satu tanaman yang paling banyak di Maluku sehingga masyarakat memanfaatkannya untuk menjadikan minyak kayu putih sebagai buah tangan khas Ambon yang memiliki banyak manfaat.

Toppers dapat meminum kayu putih khas Ambon sebab kayu putih ini berasal dari pohon kayu putih asli serta memiliki khasiat dalam meredakan gatal di tenggorokan dan menghangatkan badan.

Kerajinan Kerang

Sumber gambar: KKP News

Masyarakat Ambon memang sangat kreatif, ya! Cangkang kerang saja bisa mereka olah menjadi sesuatu yang indah, seperti kerajinan kerang. Olahan kerajinan tangan dengan menggunakan bahan dasar kerang biasanya berupa bros, cincin, gelang, bahkan hingga hiasan dinding.

Harga yang ditawarkan pun bermacam-macam, dan Toppers bisa menemukan kerajinan kerang sebagai oleh-oleh khas Ambon ini di sekitar kawasan Batumerah.

Butiran Mutiara

Sumber gambar: Pixabay

Terletak di bagian pesisir, hasil laut merupakan salah satu sumber andalan bagi masyarakat Ambon yang bisa dimanfaatkan, seperti mutiara. Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Ambon, butiran mutiara khas perairan Maluku merupakan salah satu oleh-oleh khas Ambon yang wajib dibawa pulang.

Biasanya terdapat dua jenis butiran muara, yaitu mutiara air tawar dan mutiara air asin. Jika Toppers menginginkan butiran mutiara dengan harga terjangkau, mutiara air tawar adalah jawabannya. Namun, apabila Toppers ingin memberikan butiran mutiara dengan kualitas terbaik, Toppers dapat memilih mutiara air asin, ya!

Besi Putih

Sejarah dari adanya besi putih ini sangat menarik, loh, Toppers! Dahulu, kapal-kapal kepunyaan para penjajah yang melakukan perang di daerah Banda untuk merebut rempah-rempah Indonesia, tenggelam di bawah laut Banda selama bertahun-tahun lamanya.

Memanfaatkan kondisi yang ada, masyarakat Ambon akhirnya memanfaatkan besi-besi dari kapal tersebut lalu mengolahnya menjadi besi putih yang cantik. Kualitas dari besi putih ini tak perlu diragukan lagi sebab besi putih tidak bisa berkarat hingga bertahun-tahun lamanya.

Jadi, besi putih merupakan salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Ambon yang cocok untuk Toppers berikan ke orang tersayang.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Ikan Asar

Oleh-Oleh Khas Manado
Sumber gambar: Tokopedia

Baru mendengar nama ikan asar? Ikan asar secara sederhana adalah ikan asap dengan berbagai bumbu rempah-rempah khas Maluku sehingga menghasilkan rasa yang sangat lezat. Ikan asar sangat cocok untuk dimakan bersama nasi panas sehingga ikan asar merupakan salah satu buah tangan yang harus dibawa pulang ketika sedang berada di Ambon.

Toppers bisa membelinya untuk disantap sendiri atau dijadikan oleh-oleh dari Ambon untuk dibagikan ke orang terdekat. Ikan asar adalah salah satu makanan yang paling banyak diincar para pelancong, bahkan pemerintah daerah sekitar sampai menyediakan satu lokasi khusus untuk para penjual ikan asar.

Jika ingin membeli oleh-oleh khas asal Ambon ini, Toppers  bisa mengunjungi kawasan sekitar Jembatan Merah Putih, jembatan terpanjang di Indonesia. Kamu bisa mendapatkan ikan asar hanya dengan harga mulai dari lima puluh ribu hingga seratus ribu rupiah saja.

Ampas Terigu

Oleh-oleh Khas Ambon
Sumber gambar: Kartini

Meskipun bernama ampas terigu, sesungguhnya jenis makanan ini adalah salah satu kelompok rerotian. Ampas terigu merupakan jenis roti yang biasa dikonsumsi masyarakat Ambon pada sore hari sebagai teman minum teh. Lalu, apa yang membedakan ampas terigu dengan roti lainnya?

Ampas terigu adalah roti tanpa pabrik, alias roti yang diproduksi di rumah-rumah warga. Selain itu, adonan ampas terigu harus menggunakan campuran bubuk kayu manis, gula merah, dan kelapa parut atau kelapa cincang sehingga akan menghasilkan aroma yang sangat sedap.

Ampas terigu sangat cocok untuk Toppers jadikan salah satu oleh-oleh khas Ambon, loh!

Kue Sagu

Oleh-oleh Khas Ambon
Sumber gambar: Tribunnews

Kue sagu adalah salah satu kue yang berasal dari pohon sagu. Biasanya, tanaman sagu ini seringkali diolah menjadi serut, papeda, bagean, dan juga termasuk kue sagu.

Karena kue sagu juga merupakan makanan pokok masyarakat Ambon, maka kue sagu adalah salah satu oleh-oleh khas Ambon yang wajib kamu bawa pulang ketika kamu berkesempatan mengunjungi Ambon.

Toppers mungkin saja bisa menemukan kue sagu di daerah tempat tinggalmu, namun percayalah rasanya pasti akan berbeda dengan yang kue sagu asli Ambon. Jadi, jangan sampai lewatkan oleh-oleh khas Ambon ini, Toppers!

Rempah-rempah

Sumber gambar: Pixabay

Kamu tahu mengapa bangsa Eropa dahulu beramai-ramai datang ke Maluku? Tiada lain dan tiada bukan adalah karena rempah-rempah yang dimiliki Maluku sangat berlimpah.

Toppers dapat membeli rempah-rempah seperti bubuk kayu manis, cengkeh kering, asinan pala dan masih banyak lainnya yang bisa Toppers bawa pulang. Bahkan, salah satu rempah-rempah yaitu cengkeh yang telah dikeringkan seringkali diolah masyarakat Ambon untuk dijadikan hiasan dinding.

Unik, kan? Maka, jangan lupa untuk menjadikan rempah-rempah sebagai salah satu daftar cinderamata saat kamu berkunjung ke Ambon, ya!

Kacang Kenari

Oleh-oleh khas Ambon
Sumber gambar: Okezone

Pohon kenari adalah salah satu jenis pohon yang paling banyak ditanam di Maluku. Nggak heran jika banyak produk dari kacang kenari yang dijajakan dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh asal Ambon.

Tak hanya dijual kiloan, kacang kenari juga diolah dengan cara dipanggang, atau hanya dijual saja dalam keadaan mentah. Jika tidak dijual sebagai oleh-oleh khas Ambon, kacang kenari biasa digunakan sebagai bumbu masak. Buah tangan yang satu ini bisa kamu temukan dengan mudah di pasar atau toko oleh-oleh di Ambon.

Baca juga: Buat yang Sedang Diet Wajib Jadikan 7 Jenis Kacang ini Sebagai Cemilan

Nah, itulah beberapa buah tangan khas Ambon rekomendasi Tokopedia! Jadi, mana oleh-oleh khas Ambon favorit Toppers? Apapun pilihanmu, jangan lupa selalu perhatikan perkiraan ukuran dan berat oleh-oleh yang akan Toppers beli agar tidak kurang space di tas atau koper ya, Toppers!

Jika tidak suka hal-hal yang ribet, Toppers juga bisa beli oleh-oleh khas Nusantara di Tokopedia, loh, Toppers! Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, Mulai Aja Dulu!

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel