12 Pilihan Oleh-Oleh Banjarmasin Favorit Wisatawan

0
1688
Oleh-oleh khas Banjarmasin
Sumber gambar: Tokopedia

Oleh-Oleh Khas Banjarmasin – Dikenal juga sebagai kota seribu sungai, Kota Banjarmasin merupakan Ibukota Kalimantan Selatan yang berada di daerah delta yang dipisah-pisahkan oleh aliran sungai.

Memiliki sejarah panjang kerajaan Banjar, kota Banjarmasin merupakan salah satu kota yang cukup menarik menjadi tujuan wisata. Terlebih, Banjarmasin juga menawarkan banyak sekali souvenir, cinderamata serta oleh-oleh khas Banjarmasin yang menarik.

Ingin tahu lebih banyak buah tangan khas Banjarmasin apa saja yang kerap menjadi pilihan favorit para wisatawan? Simak daftar pilihan oleh-oleh khas asal Banjarmasin berikut:

Baca juga: Mau Liburan Hemat? Perhatikan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Berikut

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Banjarmasin Favorit

1. Dodol Kandangan

Oleh-oleh khas Banjarmasin
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Dodol memang terkenal sebagai oleh-oleh khas dari berbagai wilayah di nusantara, termasuk juga Banjasmasin. Berbahan dasar serupa yaitu beras tepung beras ketan, di Banjarmasin Toppers bisa menemukan Dodol Kandangan.

Tekstur kenyal dan rasa manis yang khas menjadikan Dodol Kandangan pilihan oleh-oleh khas Banjarmasin yang cukup populer. Apalagi buah tangan dari Banjarmasin ini memiliki banyak varian rasa seperti wijen, kelapa muda, dan juga wajik.

2. Batik Sasirangan

Oleh-oleh khas Banjarmasin
Sumber gambar: Tokopedia

Sebagai warisan budaya Indonesia yang telah mendunia, hampir setiap wilayah di Nusantara memiliki budaya kain batik masing-masing. Di Banjarmasin sendiri kamu bisa menemukan Batik Sasirangan yang bisa jadi pilihan oleh-oleh dari Banjarmasin.

Yang membuat buat tangan khas Banjarmasin berbeda dari batik lainnya adalah motifnya yang khas dan warna-warnanya yang mencolok dan indah.

3. Rabuk Ikan Haruan

Oleh-oleh khas Banjarmasin selanjutnya yang praktis untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga adalah Rabuk Ikan Haruan. Rabuk Ikan Haruan merupakan sejenis abon yang terbuat dari Ikan Haruan yang memang banyak di temukan di perairan Kota Banjarmasin.

Dengan rasa gurih dan lezat, Rabuk Ikan Haruan khas Kota Banjarmasin ini bisa banget jadi pilihan oleh-oleh asal Banjarmasin untuk kerabat.

4. Kopiah Jangang

Oleh-oleh khas Banjarmasin
Sumber gambar: Tokopedia

Kopiah Jangang adalah bentuk kerajinan tangan dari akar pohon janggang yang banyak tumbuh di daerah Banjarmasin. Karena dibuat tanpa menggunakan mesin, bentuk dari kopiah ini sangat khas dan tradisional.

Keuniukan dari Kopiah Jangang inilah yang membuatnya menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Banjarmasin yang digemari.

5. Wadai Rangai

Oleh-oleh khas Banjarmasin
Sumber gambar: Pesona Nusantara

Pada zaman dahulu, makanan khas Banjarmasin ini hanya bisa ditemui pada saat acara adat dan perayaan formal lainnya. Namun, kini kue yang berbahan dasar sagu dengan rasa manis yang khas ini sudah banyak dijajakan sebagai oleh-oleh asal Banjarmasin.

Camilan tradisional ini kini telah dikemas dengan sangat rapi sehingga cocok dijadikan oleh-oleh dari Kota Banjarmasin yang sangat praktis.

6. Amplang Ikan Pipih

Sekilas oleh-oleh khas Banjarmasin ini terlihat seperti amplang pada umumnya yang bisa ditemukan di berbagai daerah lain. Namun, yang membedakannya adalah bahan baku dari amplang ini yaitu Ikan Pipih dilengkapi dengan tepung dan rempah sehingga menjadikan kerupuk yang renyah dan juga gurih.

Buah tangan khas Banjarmasin ini pas untuk dijadikan oleh-oleh atau sekedar kudapan untuk menemani perjalananmu liburan di Banjarmasin.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

7. Sambal Acan

Oleh-oleh khas Banjarmasin
Sumber gambar: Tokopedia

Untuk penggemar kuliner pedas, oleh-oleh khas Banjarmasin satu ini bisa jadi buah tangan yang pas. Cita rasa sambal ini berasal dari racikan mangga muda dan terasi menjadikan sambal Acan menjadi salah satu sambal favorit.

Dengan harga terjangkau dan mudah ditemukan, tentu Sambal Acan wajib masuk daftar oleh-oleh khas Banjarmasin yang Toppers harus bawa pulang.

Baca juga: 6 Tips Liburan Murah agar Tetap Irit Pengeluaran

8. Ikan Seluang / Saluwang

Oleh-Oleh Khas Banjarmasin
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Ikan Seluang/Saluwang atau yang dikenal juga dengan nama Ikan Wader di masyarakat Jawa kerap diolah menjadi makanan ringan yang renyah dan lezat oleh masyarakat Banjarmasin. Rasanya yang gurih membuatmu nggak bisa berhenti menikmatinya.

Tertarik bawa pulang ikan saluwang goreng ini sebagai oleh-oleh dari Banjarmasin? Tenang saja, karena panganan ini telah diproduksi dan dikemas dengan kemasan higienis yang memungkinkanmu untuk membawa pulangnya sebagai oleh-oleh khas Banjarmasin.

9. Kerajinan Batu Permata

Oleh-oleh khas Banjarmasin
Sumber gambar: Berita Lewatmana

Pilihan oleh-oleh khas Banjarmasin lainnya yang juga mudah ditemui saat mengunjungi Ibukota Kalimantan Selatan ini adalah berbagai kerajinan dari batu permata. Mulai dari yang harganya masih terjangkau hingga yang sangat mahal bisa Toppers temui.

Berbagai kerajinan batu pertama di Kalimantan Selatan ini juga diolah menjadi berbagai pernak-pernik seperti gelang, kalung, bross, dan berbagai aksesoris fashion lainnya yang pastinya bisa bantu buat penampilanmu lebih menarik.

10. Kue Roko atau Kue Gapit

Jika Toppers sudah pernah mengonsumsi kue semprong, maka kamu juga pasti akan familiar dengan Kue Roko atau dikenal juga dengan nama Kue Gapit ini. Kue khas Banjarmasin ini memang memiliki penampakan dan cita rasa menyerupai kue Semprong.

Tekstur renyah dan rasa manis dari Kue Roko menjadikan kue ini sebagai salah satu pilihan oleh-oleh dari Banjarmasin yang cukup digemari, apalagi Kue Gapit memiliki daya tahan yang cukup lama.

11. Brownies Labu

Oleh-Oleh Khas Banjarmasin
Sumber gambar: Kata Id

Brownies Labu adalah oleh-oleh kekinian yang kini tengah digandrungi di Banjarmasin. Memiliki tekstur lembut dan manis yang pas, Brownies ini hadir dengan berbagau varian rasa mulai dari brownies labu berry, brownies labu chocolate chips, brownies ritch, brownies cheese bite dan berbagai varian rasa lainnya. Menarik sekali bukan oleh-oleh khas Banjarmasin satu ini?

12. Keripik Pisang Maholi

Jika keripik pisang identik sebagai oleh-oleh khas Lampung, di Banjarmasin juga terdapat Keripik Pisang Maholi yang bisa jadi pilihan oleh-oleh dari Banjarmasin. Serupa dengan yang bisa Toppers temui di Lampung, oleh-oleh khas Banjarmasin ini juga hadir dengan berbagai varian rasa mulai dari green tea, keju, kopi, dan rasa-rasa menarik lainnya!

Baca juga: Tips Traveling yang Harus Diperhatikan agar Liburan Maksimal

Banyak bukan pilihan oleh-oleh khas Banjarmasin yang bisa jadi buah tangan untuk kerabat saat berkunjung ke ibukota Kalimantan Selatan ini? Tak sabar ingin berlibur ke Banjarmasin? Yuk, persiapkan dulu kebutuhan traveling kamu mulai dari tas koper, travel organizer, hingga pesan tiket pesawat dengan mudah lewat aplikasi Tokopedia!

Selamat bertualang di Kota Banjarmasin!

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel