12 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Terkenal paling Favorit

1382
Oleh-Oleh Khas Banyuwangi
Sumber gambar: Kartini

Tempat Wisata di Banyuwangi

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi

Makanan Khas Banyuwangi

Wisata Kuliner Banyuwangi


Oleh-Oleh Khas Banyuwangi – Ketika berlibur ke suatu tempat, alangkah sayangnya apabila nggak membawa buah tangan untuk keluarga dan sanak saudara di rumah. Banyuwangi dengan segala keindahan dan keunikannya juga memiliki banyak pilihan oleh-oleh, lho. Penasaran? Simak rekomendasi buah tangan asal Banyuwangi paling favorit berikut!

Baca juga: Yuk, Ketahui Cara Membuat Kopi dengan Menggunakan Coffee Maker!

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Favorit

  • Kopi Khas Banyuwangi
Oleh-Oleh Kopi Khas Banyuwangi
Sumber gambar: Kopi Banyuwangi

Selain terkenal dengan blue fire di Kawah Ijen dan padang savana di kawasan Taman Nasional Baluran, ternyata Banyuwangi merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia, lho.

Nggak tanggung-tanggung, kualitas kopi yang dihasilkan kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini menduduki peringkat ke-4 setelah Jamaica, Hawaii dan Toraja. Desa Kemiren di Banyuwangi memiliki tradisi minum kopi yang disimbolkan lewat sebuah ungkapan, sekali seduh kita bersaudara. Maka, nggak mengherankan kalau hampir 3.900 ton kopi diproduksi setiap tahunnya di sini.

Ada tiga jenis kopi yang diproduksi yang bisa Toppers jadikan alternatif oleh-oleh asal Banyuwangi, yaitu:

    • Kopi kemiren, yang merupakan hasil produksi masyarakat Desa Adat Osing Kemiren. Kopi ini digadang-gadang sebagai kopi dengan kualitas terbaik di Banyuwangi. Di desa adat, pengunjung dapat merasakan langsung proses pengolahan kopi, mulai dari proses menyangrai sampai menyeduhnya.
    • Jika kopi pada umumnya terbelah di bagian tengah, kopi lanang memiliki bentuk bulat sempurna dan berbiji tunggal. Kopi ini diproduksi di daerah Kalibaru.
    • Kopi seblang, yang diproduksi oleh Kelompok Tani Suko Makmur ini terdiri atas kopi lanang seblang, kopi seblang robusta dan biji kopi luwak.
  • Batik Banyuwangi
Oleh-Oleh Batik Khas Banyuwangi
Sumber gambar: Info Batik

Hampir setiap daerah di Jawa memiliki batik dengan corak masing-masing yang khas. Nggak terkecuali Banyuwangi. Daerah ini memiliki puluhan motif batik yang dapat menambah koleksi batik Toppers di lemari, lho.

Salah satu oleh-oleh batik dari Banyuwangi paling terkenal adalah motif Gajah Oling yang bercorak seperti belalai gajah. Masih banyak lagi motif lainnya yang nggak kalah menarik, seperti Kangkung Setingkes, Sembruk Cacing, Gedhegan, dan lainnya untuk dijadikan oleh-oleh khas Banyuwangi.

  • Kaos Banyuwangi

Selain berfoto, cara lain untuk menunjukkan bahwa Toppers pernah mengunjungi suatu daerah adalah dengan mengenakan kaos khas daerah tersebut.

Nah, apabila kebetulan berkunjung ke Banyuwangi, kaos yang mencirikan kota yang dijuluki sunrise of Java ini bisa jadi pilihan oleh-oleh khas Banyuwangi yang pas. Setiap kaos didesain dengan unik sehingga pengalamanmu di Banyuwangi nggak akan terlupakan.

  • Kerajinan Gintangan Banyuwangi
Oleh-oleh khas Banyuwangi
Sumber gambar: Merdeka

Masyarakat Banyuwangi memang produktif soal seni kerajinan tangan. Hal ini dapat terlihat di Desa Gintangan, Kecamatan Rogojampi yang sudah terkenal dengan produk anyaman bambunya. Keterampilan yang dimiliki para perajin disini diturunkan secara turun-temurun, jadi nggak heran kalau banyak warga desa Gintangan yang mahir menganyam.

Selain dapat melihat dan membeli langsung oleh-oleh anyaman bambu khas Banyuwangi, pengunjung juga dapat melihat proses pembuatannya. Produk anyaman bambu yang dapat dipilih juga sangatlah beragam, mulai dari hiasan dinding sampai peralatan dapur.

Produk oleh-oleh khas asal Banyuwangi ini umumnya dibuat dengan warna-warna yang memikat hati. Produk kerajinan Gintangan nggak hanya dipasarkan di dalam negeri, lho, melainkan sudah mendunia! Anyaman bambu sudah dipasarkan setidaknya ke Malaysia, Jepang, negara-negara di Eropa, dan Amerika Serikat. Wah, membanggakan ya!

  • Panci-Dandang Kalibaru
Oleh-oleh khas Banyuwangi
Sumber gambar: Merdeka

Pusat kerajinan di Banyuwangi nggak hanya ada di Desa Gintangan, lho. Beranjak ke arah barat dari sana, tepatnya di Kalibaru, Toppers pasti akan menemukan sederetan toko yang menjual aneka peralatan rumah tangga yang terbuat dari alumunium, seperti panci, dandang, wajan, oven, dan peralatan lainnya yang bisa jadi alternatif oleh-oleh khas Banyuwangi. Sama seperti kerajinan lainnya di Banyuwangi, keterampilan para perajin disini juga telah diturunkan secara turun-temurun.

  • Kanggi
Oleh-Oleh Khas Banyuwangi
Sumber gambar: Merdeka

Banyuwangi memang sedang gencar-gencarnya membangun daerahnya dan meningkatkan sektor perekonomian baik dari aspek pariwisata maupun industri kreatif. Dalam mengembangkan sektor industri kreatif, masyarakat Banyuwangi mendapat dukungan langsung dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) untuk meningkatkan kesejahteraan UMKM. Kanggi sendiri merupakan paket oleh-oleh khas Banyuwangi yang dikemas secara khusus dengan kemasan yang didesain menarik.

Merupakan kependekan dari keranjang rasa Banyuwangi, Kanggi sebenarnya merujuk pada kata kangge yang berarti persembahan dalam bahasa suku Osing. Kanggi mencakup beragam oleh-oleh khas Banyuwangi mulai dari kain batik, makanan ringan, kopi, souvenir, hingga sabun tradisional.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya
  • Kue Bagiak
Oleh-oleh khas Banyuwangi
Sumber gambar: Detik

Beralih ke oleh-oleh khas Banyuwangi berbentuk makanan, Banyuwangi memiliki kue khas bernama bagiak. Kue berbentuk persegi panjang dengan sudut oval ini memiliki rasa manis, asin dan gurih yang bercampur menjadi satu.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat oleh-oleh asal Banyuwangi ini cukup sederhana, yakni tepung kanji, susu, telur, pelapah, garam dan gula. Kue bagiak terdiri atas beberapa varian seperti pisang, oka, keningar, wijen, durian, cokelat, jahe, serta stroberi.

  • Sale Pisang

Meskipun ada beberapa daerah yang menjadikan sale pisang sebagai oleh-oleh khasnya, Banyuwangi memiliki sale pisang dengan bermacam varian dengan rasa dan aroma yang khas. Terdapat keripik sale pisang, sale pisang goreng dan molen sale pisang. Sudah banyak sentra produksi sale pisang di kabupaten ini, antara lain di Kelurahan Kalipuro, Kebalenan, Glagah, Songgon, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 7 Manfaat Pisang yang Belum Kamu Ketahui

  • Ladrang
Oleh-Oleh Khas Banyuwangi
Sumber gambar: Tokopedia

Terbuat dari ubi jalar, masyarakat Banyuwangi biasa menyebut oleh-oleh khas Banyuwangi ini sebutan sabrang. Ubi jalar diolah menjadi sejenis keripik, yang bentuknya memanjang seperti cheese stick dan rasanya manis.

  • Savana Cake
Oleh-Oleh Khas Banyuwangi
Sumber gambar: Kartini

Terinspirasi dari padang savana yang tersohor yang ada di Taman Nasional Baluran dan Taman Nasional Alas Purwo, Savana Cake dapat menjadi alternatif oleh-oleh khas asal Banyuwangi ketika Toppers mengunjungi Banyuwangi.

Kue yang satu ini berbahan dasar pisang yang disulap menjadi berbagai warna. Uniknya, nama kue yang memiliki 5 varian ini diambil dari nama beberapa destinasi wisata, yaitu Savana Red Island, Savana Green Bay, Savana Blue Fire, Savana Sunrise of Java dan Savana Wedi Ireng.

JUAL KUE PIA
  • Pia Glenmore

Seperti kebanyakan daerah di Pulau Jawa, pia atau bakpia juga merupakan salah satu oleh-oleh khas di Banyuwangi. Rasanya yang lezat dan harganya yang murah menjadi keunggulan Pia Glenmore.

Ditambah lagi, rasa dari oleh-oleh khas Banyuwangi ini juga beragam antara lain pisang keju, kacang hijau, kacang merah, nanas dan stroberi. Nggak heran kalau pembeli sangat menyukai panganan yang diproduksi di Kecamatan Glenmore ini.

  • Kerupuk Rumput Laut

Kerupuk telah menjadi panganan yang telah akrab di kalangan masyarakat Indonesia sebagai pelengkap menu makanan utama. Berbeda dengan kerupuk pada umumnya, oleh-oleh asal Banyuwangis satu ini menggunakan bahan tambahan rumput laut untuk menambah cita rasa. Selain memiliki rasa yang gurih dan khas, kerupuk rumput laut juga baik bagi kesehatan, lho.

Baca juga: 10 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan

Itu dia beberapa pilihan oleh-oleh khas Banyuwangi favorit yang dapat menjadi pilihan Toppers ketika berlibur. Dijamin, keluarga atau kerabat yang mendapat oleh-oleh tersebut akan sangat senang. Nggak sempat beli oleh-oleh di Banyuwangi? Yuk, cek Tokopedia untuk temukan lebih banyak oleh-oleh khas Banyuwangi dengan lebih mudah!

tiket kereta api

Bagikan Artikel