Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES
15 Oleh-Oleh Khas Batam Populer paling Favorit
29 August 2018
Share icon
Share
Oleh-Oleh khas Batam
Sumber gambar: Kek Pisang Villa

Oleh-Oleh Khas Batam – Sebagai kota terbesar di Kepulauan Riau, Batam terletak sangat strategis karena berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Hal ini membuat pertumbuhan penduduk di Batam menjadi sangat pesat, bahkan mencapai hingga 158 kali lipat sejak pertama kali dibangun pada tahun 1970-an.

Nggak hanya dipadati oleh penduduk lokal, kota ini juga menjadi incaran destinasi wisata sehingga muncul beragam pilihan oleh-oleh khas Batam yang cukup digemari. Mau tahu apa saja oleh-oleh khas Batam yang populer di kalangan pelancong? Yuk, simak artikel berikut!

Baca juga: 6 Tips Liburan Murah agar Tetap Irit Pengeluaran

Oleh-Oleh Khas Batam Populer

  • Bingka Bakar
Oleh-oleh khas Batam
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Belum ke Batam namanya kalau belum coba rasa manis dari bingka bakar, kue dengan cita rasa Riau Melayu. Bingka (atau bika) merupakan jenis kue asal Melayu khas berbagai daerah di Pulau Sumatera.

Oleh-oleh khas Batam ini berbeda dengan Bingka lainnya (seperti Bika Ambon dari Medan, Sumatera Utara) karena dibuat dengan cara dibakar, bukan dikukus. Bahan utamanya sama seperti kue bolu pada umumnya, yaitu tepung terigu dan tepung maizena. Namun, ada tambahan kentang kukus yang dihaluskan sehingga tekstur bingka semakin padat.

  • Kek Pisang Villa
Oleh-Oleh khas Batam
Sumber gambar: Kek Pisang Villa

Apabila Lampung terkenal dengan keripik yang terbuat dari olahan pisang, Batam memiliki kue berbahan dasar pisang yang biasa disebut kek pisang. Cita rasa yang tersedia dari buah tangan asal Batam ini beragam sehingga nggak akan membosankan. 

Toppers bisa memilih berbagai varian rasa oleh-oleh dari Batam ini mulai dari original, choconut, blackforest, pandan keju, banana bread, yogurt buah naga, buah naga, coklat premium, original premium hingga blueberry. Apabila sedang berada di kawasan Nagoya, jangan lupa mampir ke salah satu outlet kek pisang villa untuk mendapatkan buah tangan asal Batam satu ini.

  • Bilis Molen

Pernah mencoba atau malah gemar dengan pisang molen? Nah, di Batam, ada sebuah makanan ringan berbentuk molen namun berisi ikan teri, lho. Meskipun memiliki isian yang berbeda, tepung dan adonan yang digunakan tetap sama dengan pisang molen. Oleh-oleh khas dari Batam ini dapat dijadikan teman minum teh atau menjadi lauk pendamping nasi.

  • Luti Gendang
Oleh-oleh khas Batam
Sumber gambar: Harian nasional

Mendengar nama kroket, pasti Toppers sudah nggak asing lagi. Ada satu jajanan khas Batam yang bentuknya mirip kroket, yaitu luti gendang. Bedanya, apabila kroket berbahan dasar kentang, camilan yang memiliki bentuk lonjong ini terbuat dari adonan roti yang diisi dengan ikan yang sudah diolah dengan rempah-rempah tertentu.

Roti ini dibuat dengan cara digoreng sampai berwarna coklat keemasan dan kerap jadi alternatif pilihan oleh-oleh saat berkunjung ke Batam

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya
  • Batam Ogura
Oleh-oleh khas Batam
Sumber gambar: Ogura Hits

Mungkin Toppers sudah akrab dengan fenomena kue cheese tart asal negeri matahari terbit, Jepang, yang sempat hits beberapa waktu lalu. Kue yang dinamakan ogura ini memiliki tekstur mirip sponge cake. Nah, Batam juga punya, lho, kue ogura yang cita rasanya nggak kalah menarik, namanya Batam Ogura. Terinspirasi dari pastry asal Jepang, Oleh-oleh khas Batam ini hadir dengan lima varian rasa, yaitu ogura cheese, ogura choco, ogura green tea, ogura red velvet  dan ogura durian.

Namun, yang paling menarik adalah ogura durian, karena memiliki paduan cita rasa Jepang dan bahan baku yang pastinya Indonesia banget. Bagaimana nggak? Sekali gigitan, Toppers akan langsung merasakan krim durian yang lumer di mulut. Pecinta durian harus coba, nih!

Brownies Amanda
  • Brownies Lava

Toppers salah satu pecinta makanan yang terbuat atau bercita rasa coklat? Kalau iya, pasti kamu suka dengan brownies. Kue yang satu ini memang telah akrab di lidah kebanyakan masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis dan enak.

Di Batam, Toppers dapat merasakan brownies dengan banyak rasa, lho, yang dinamakan brownies lava. Mulai dari rasa kacang, rasa blackforest hingga rasa cheesecake.

  • Kue Batang Buruk
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Meskipun memiliki embel-embel nama buruk, namun rasa yang ditawarkan kue kering yang satu ini sama sekali nggak bisa dibilang buruk, lho. Malah, Toppers akan ketagihan sejak gigitan pertama berkat cita rasa gurih yang memanjakan lidah. Penampilannya yang kurang indah nggak sama sekali memengaruhi rasanya.

Pada masa lalu, kue ini kerap disajikan sebagai panganan istimewa untuk tamu-tamu spesial. Saat ini, kue batang buruk merupakan salah satu kue wajib setiap perayaan Hari Raya Idul Fitri dan kerap jadi pilihan oleh-oleh khas asal Batam.

  • Keripik Kari

Apabila kari biasanya merupakan makanan dalam bentuk kuah, lain halnya dengan keripik yang satu ini. Yap, sesuai namanya, oleh-oleh khas Batam ini menggunakan kari sebagai bahan pembuatnya agar cita rasa semakin gurih. Ada juga tambahan aroma dan cita rasa gonggong yang sukses menggugah selera makan.

Apa itu gonggong? Gonggong merupakan salah satu jenis makanan laut khas Kepulauan Riau yang terkenal. Terbuat dari tepung terigu, kari dan ekstra gonggong, keripik kari menjadi pilihan camilan yang gurih dan bergizi. Cocok banget, nih, untuk dijadikan oleh-oleh dari Batam untuk diberikan kepada orang terdekat.

jual kue lapis legit
Mau beli Kue Lapis Legit dengan rasa enak yang bikin nagih? Gak perlu jauh – jauh, langsung aja pesan Kue Lapis Legit di Tokopedia.
  • Rocklate

Salah satu produk camilan yang saat ini sedang digemari di Batam adalah Rocklate. Bagaimana nggak? Rocklate merupakan makanan ringan yang terbuat dari bahan coklat dengan tambahan cita rasa yang beragam dan tersedia dalam berbagai varian. Selain itu, kue ini juga memiliki tekstur unik yang nggak dapat Toppers jumpai pada produk camilan lainnya berkat paduan coklat dan marshmallow.

Sudah terbayang, dong, bagaimana gurih dan lembutnya Rocklate? Kamu bisa langsung pilih rasa favoritmu mulai dari strawberry chocolate, crunchy milk chocolate, chocochip chocolate dan crunchy dark chocolate.

  • Stik Buah Naga
Oleh-oleh Khas Batam
Sumber gambar: Tribunnews

Ketika melihat camilan yang satu ini, kamu mungkin akan merasa keheranan, bagaimana bisa buah naga yang memiliki banyak kandungan air disulap menjadi sebuah stik yang gurih, manis dan bertekstur padat? Buah naga yang memiliki warna khas yang cantik menjadikan stik buah naga sebuah camilan unik nan menyehatkan dan juga alternatif oleh-oleh asal kota Batam.

  • Kek Buah Naga

Masih soal makanan olahan buah naga, kek buah naga menambah sederetan oleh-oleh khas asli Batam. Diberi label asli Batam karena memang bahan dasar buah naga dipasok langsung dari daerah Barelang, Batam, Kepulauan Riau. Kue yang satu ini bercita rasa manis dan segar karena mengandung air dan serat buah naga.

Selain itu, kek buah naga tampil lebih menarik lagi berkat varian rasa yang tersedia, antara lain almond, victoria (perpaduan cake buah naga dengan topping coklat, stroberi, dan karamel), dan juga exotic (dengan topping aneka rasa buah dan karamel).

7 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Surabaya
Lagi ngidam Kue Lapis Surabaya tapi belum sempat kesana? Kamu bisa kok temukan Kue Lapis Surabaya kesukaan kamu di sini. Langsung aja klik gambar ini ya Toppers.
  • Layers Cake

Penamaan layers cake sebenarnya berasal dari terjemahan kue lapis. Meskipun terdengar biasa saja, namun ada yang spesial dari kue lapis yang satu ini karena tersedia dalam banyak rasa.

Toppers dapat memilih berbagai varian rasa mulai dari keju, blueberry, nanas, cinnamon, rainbow cake, pandan, mocca sampai coklat. Layers cake ini sangatlah lembut di lidah sehingga sangat cocok untuk anak kecil sampai orang dewasa.

  • Teh Bunga Rosella

Beralih ke minuman khas Batam, kota ini memiliki sebuah jenis minuman yang nggak bisa dijumpai di daerah lain, yaitu teh bunga rosella. Bunga rosella yang memiliki warna merah memikat ini dapat dikatakan nggak mudah dijumpai, lho, akan tetapi tren mengkonsumsi teh ini sudah mendunia.

Bunga rosella memiliki aroma khas yang wangi sehingga cita rasa teh ini pun semakin enak. Teh ini diproses menggunakan pengeringan bunga alami sehingga gizi yang terkandung masih terjaga baik.

  • Kek Durian

Sebagai salah satu daerah penghasil durian, Batam memiliki beberapa makanan hasil olahan durian, salah satunya kek durian ini. Meskipun memiliki rasa dan aroma yang kuat, banyak orang yang menggemari buah yang satu ini.

Durian disulap menjadi sebuah cake yang lembut dan siap memanjakan lidah setiap penikmatnya, tentunya dibuat dengan paduan berbagai bahan pilihan.

  • Kaos T-Obenk

Batam nggak hanya terkenal dengan oleh-oleh makanannya, lho. Ketika berkunjung ke Batam, kamu dapat mempertimbangkan untuk membeli kaos khas Batam, dan kaos T-Obenk ini lah salah satu pilihannya. Memiliki desain kreatif dan unik, kaos T-Obenk mampu menyedot perhatian banyak pelancong.

Fyi, nama produk ini sebenarnya terinspirasi dari bahasa Mandarin yang diadaptasi dengan bahasa Indonesia. Selain itu, bahan yang adem dan nyaman dipakai juga menjadi salah satu alasan mengapa kaos T-Obenk wajib dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

Baca juga: 9 Oleh-Oleh Khas Tanjung Pinang, Kepulauan Riau Favorit

Nah, itu dia beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Batam populer. Bagaimana? Manakah yang paling menarik perhatianmu? Jangan sampai kamu nggak menyempatkan waktu untuk membeli oleh-oleh ketika berkunjung ke Batam, ya, Toppers.

Nggak punya banyak waktu? Jangan khawatir. Kamu bisa, kok, membeli berbagai oleh-oleh khas daerah dengan harga terbaik dari ribuan penjual online hanya di Tokopedia!

Banner Tiket Pesawat
TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

MORE FROM AUTHOR

Editor Picks
Popular Posts
Jadwal Pengiriman Pesanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2020
Popular Category
    © 2009-2021, PT Tokopedia