11 Oleh-Oleh Khas Bengkulu Paling Favorit

0
2123
Oleh-Oleh asal Bengkulu
Sumber gambar: Tokopedia

Objek Wisata Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu

Wisata Kuliner Bengkulu

Oleh-Oleh Khas Bengkulu


Oleh-oleh Khas Bengkulu – Benteng Marlborough, Pantai Panjang, Danau Dendam Tak Sudah, dan masih banyak lagi tujuan liburan menarik di Provinsi Bengkulu. Tak heran jika banyak pelancong yang menjadikan Bengkulu sebagai salah satu destinasi wisata mereka.

Nah, jika Toppers sedang berlibur kesini, jangan hanya sekedar mengunjungi objek wisatanya aja, ya? Toppers juga harus membeli rekomendasi oleh-oleh khas Bengkulu yang paling favorit berikut ini !

Baca juga: 9 Gadget Traveling yang Wajib Kamu Bawa Saat Liburan

Oleh-Oleh Khas Bengkulu

1. Lempuk Durian

Oleh-oleh Khas Palembang
Sumber gambar: Wikimedia

Bengkulu terkenal dengan olahan Buah Durian. Agar bisa dikonsumsi jangka panjang, masyarakat mengolah Buah Durian menjadi olahan makanan yang mirip seperti dodol dan berbahan tepung gandum. Olahan makanan tersebut disebut dengan Lempuk Durian. Untuk membeli buah tangan khas Bengkulu satu ini, Toppers bisa cek toko oleh-oleh di jalan Soekarno Hatta atau mendapatkannya secara online di Tokopedia.

2. Perut Punai

Makanan Khas Bengkulu
Sumber gambar: Tokopedia

Camilan tradisional ini cukup unik dengan bentuk seperti isi perut Burung Punai yang melingkar dan melilit-lilit. Kue Perut Punai ini berbahan dasar beras, gula, garam, dan tepung.

Oleh-oleh dari Bengkulu ini memiliki dua macam rasa yaitu manis dan gurih. Harganya tergolong cukup murah, sekitar Rp. 10.000 per bungkusnya. Perut Punai ini dapat kamu peroleh di toko oleh-oleh sepanjang jalan Soekarno-Hatta.

3. Manisan Terong

Oleh-oleh khas Bengkulu
Sumber gambar: Tokopedia

Oleh-oleh khas Bengkulu menarik lainnya ialah Manisan Terong. Jika biasanya Terong diolah dengan digoreng atau disayur, masyarakat Bengkulu mengolahnya menjadi manisan. Oleh-oleh asal Provinsi Bengkulu yang berbahan dasar terong ungu serta gula pasir ini konon rasanya seperti buah kurma: kenyal dan manis.

Dengan daya tahan Manisan Terong yang dapat mencapai 3 minggu, makanan ini cocok dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh. Cukup banyak toko-toko yang menjajakan kurma khas Bengkulu ini dengan harga mulai dari Rp. 8.000 per kemasan.

4. Emping Bengkulu

Oleh-oleh dari Bengkulu
Sumber gambar: Wikipedia

Emping adalah makanan sejenis keripik yang dibuat dari biji Buah Melinjo. Emping enak dikonsumsi bersama makanan lain untuk memberikan rasa gurih yang nikmat maupun sebagai camilan. Karena bahan baku dan proses pembuatan yang lama, harga per kilogram oleh-oleh khas Bengkulu ini cukup mahal hingga ratusan ribu rupiah di toko-toko oleh-oleh.

kopi robusta

5. Kopi Bengkulu

Kopi Sumatera memiliki tekstur halus dan memiliki rasa kopi paling berat di antara beragam kopi di dunia. Bengkulu yang merupakan bagian dari tanah subur Pulau Sumatera ini juga memiliki cita rasa kopi yang khas, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh dari Bengkulu.

Jika ingin membeli kopi Bengkulu ini sebagai oleh-oleh, Toppers bisa mengunjungi toko kopi dikisaran pusat kota atau mendapatkannya secara online di Tokopedia. Kopi Bengkulu dikemas mulai dari bungkusan kecil hingga kiloan.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Sirup Kalamansi

Oleh-Oleh asal Bengkulu
Sumber gambar: Tokopedia

Jeruk Limau Kesturi atau Kalamansi yang tumbuh subur di daerah Bengkulu ini diolah menjadi sirup dengan gula pasir sebagai pemanis. Nikmatnya sirup ini dapat kamu sajikan dalam kondisi dingin maupun hangat.

Selain menyegarkan, Sirup Kalamansi juga memiliki kandungan Vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta berperan sebagai antioksidan sehingga kerap dijadikan pilihan oleh-oleh saat berkunjung ke Bengkulu

tiket kereta api

7. Batik Besurek

Oleh-oleh Khas Bengkulu
Sumber gambar: Liputan 6

Besurek dalam Bahasa Bengkulu memiliki arti yaitu bersurat. Batik ini dinamai Besurek karena sebagian motifnya yang dibuat dari paduan kaligrafi Arab dengan huruf asli Bengkulu yaitu Kaganga.

Seperti kain batik daerah lain yang baik kualitasnya, Batik Besurek ini biasa dibuat secara manual ditulis dengan tangan. Batik Besurek ini dapat Toppers masukkan kedalam daftar oleh-oleh khas Bengkulu favoritmu, Toppers!

8. Kerajinan Kulit Lantung

Oleh-oleh Khas Bengkulu
Sumber gambar: Amazed Indonesia

Bengkulu memiliki cinderamata khas yaitu kerajinan dari Kulit Lantung. Kulit Lantung adalah kulit pohon bergetah yang “dilantung” atau ditipiskan dengan dipukul menggunakan lesung.

Pada zaman penjajahan Jepang dulu, masyarakat Bengkulu kerap kali menjadikan Kulit Lantung ini sebagai bahan pengganti kain untuk pakaian. Namun sekarang, Kulit Lantung berkembang hingga dijadikan kerajinan tas, gantungan kunci, dan pigura yang terkenal sebagai buah tangan khas Bengkulu.

9. Kue Tat

Kuliner tradisional Khas Bengkulu
Sumber gambar; Tokopedia

Kue Tat adalah kue sejenis bolu, yang dulunya hanya disajikan untuk raja dan kalangan ningrat. Namun sekarang, kue yang memiliki rasa manis, gurih, dan empuk ini banyak ditemui di toko-toko oleh-oleh khas Bengkulu. Masyarakat Bengkulu biasanya menyajikan kue ini pada saat hari raya Islam untuk menjamu tamu.

10. Lepek Biniti

Kuliner Khas Bengkulu
Sumber gambar: Masakan Dapurku

Kue Lepek Biniti ini biasa kamu temukan pada Bulan Ramadhan di Bengkulu. Kue ini memiliki komposisi tepung ketan, garam, santan, daun salam, lengkuas dan bahan-bahan lainnya. Kue Lepek Biniti ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Bengkulu yang dibalut dengan daun pisang.

11. Kerupuk Gurita

Bengkulu terkenal dengan kekayaan hasil lautnya, maka tidak heran jika Kerupuk Gurita menjadi salah satu makanan olahan yang dapat dijadikan oleh-oleh khas Bengkulu. Kerupuk Gurita yang asin gurih ini biasa Toppers temukan di daerah Kabupaten Kaur, Bengkulu.

Baca juga: 14 Oleh-Oleh Khas Pekanbaru yang Wajib Kamu Miliki

Nah, itu tadi rekomendasi oleh-oleh khas Bengkulu paling favorit untuk keluarga dan teman-temanmu! Lebih mudah lagi, Toppers bisa temukan berbagai oleh-oleh khas Nusantara tersebut dengan praktis lewat aplikasi Tokopedia, lho.

Yuk, lengkapi pengalamanan traveling melalui Tokopedia. Tak hanya berbagai perlengkapan traveling, kebutuhan akan tiket pesawat dengan harga terbaik dan tiket kereta juga bisa Toppers temui di Tokopedia!

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel