• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

15 Oleh-Oleh Khas Lombok, NTB yang Wajib Dibawa Pulang

31 August 2018
Share
15 Oleh-Oleh Khas Lombok, NTB yang Wajib Dibawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Lombok – Aneh rasanya jika berlibur tidak membawa oleh-oleh. Makanya berkunjung ke Pulau Lombok pasti akan terasa garing jika lupa membawa pulang oleh-oleh makanan atau minuman khas Nusa Tenggara Barat. Nah, sekarang ayo simak rekomendasi oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat dari Tokopedia!

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Kuliner Kupang untuk Manjakan Lidah

Oleh-Oleh Khas Lombok, Nusa Tenggara Barat

1. Dodol Rumput Laut

Oleh-oleh khas lombok
Sumber gambar: Sari Husada

Kebanyakan jenis dodol memang kenyal padat. Namun beda halnya dengan dodol rumput laut khas Lombok. Oleh-oleh asal Lombok punya keistimewaan lain yaitu tekstur lembutnya menyerupai jelly dan tidak lengket. Tampilannya yang tidak butek dan memiliki beragam warna, memberikan kesan tampilan yang memikat.

2. Kaos Nuansa Lombok

Jika berlibur ke Lombok, maka pastikan Toppers membeli souvenir khas Lombok yaitu kaos bernuansa Lombok. Selain nyaman digunakan saat berlibur, kaos tersebut dapat Toppers bawa pulang sebagai buah tangan dari Lombok untuk kerabat.

3. Tuak Manis Lombok

Oleh-Oleh Khas Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar : Kompas

Tak semua tuak adalah minuman keras yang memabukkan, lho Toppers! Contohnya seperti yang satu ini, Tuak Manis khas Nusa Tenggara Barat. Tuak Manis Lombok adalah minuman tradisional yang dibuat dari Aren atau biasa juga dikenal dengan Pohon Enao. Bahan ini kemudian disadap dari tandan buah aren menggunakan bambu. Cita rasa khasnya membuat Tuak Manis Lombok populer sebagai oleh-oleh khas Lombok.

4. Kain Songket Sasak

Oleh-oleh khas Lombok Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Tokopedia

Kain Songket Sasak wajib kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat! Menurut penduduk Pulau Lombok, kain tenun sangat berkaitan dengan banyak aspek dalam budaya mereka. Maka dari itu dulu  orang-orang Sasak sebagai penduduk asli melakukan ritual sebelum menenun kain yang populer juga sebagai buah tangan khas Lombok ini.

5. Kerajinan Tanah Liat

Oleh-oleh khas Lombok Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Oleh-oleh Lombok

Tembikar mudah dijumpai di daerah Banyumelek, Lombok Barat. Bagi Toppers penyuka kerajinan tanah liat seperti Anglo, Kuali, Guci, Cerek Maling, dan sebagainya wajib banget untuk membawa pulang beberapa kerajinan lokal ini sebagai oleh-oleh khas dari Lombok.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Mutiara Lombok

Nusa Tenggara Barat juga dikenal di masyarakat akan keindahan warna-warni mutiaranya. Pembudidaya dan pengrajin mutiara yang indah nan memikat ini biasa dijumpai di daerah Sekarbela yang terletak di Kota Mataram.

Mutiara yang dihasilkan dapat berasal dari kerang air laut atau kerang budidaya di air tawar. Biasanya dari budidaya air tawar, mutiara tersebut berbentuk lonjong. Perbedaannya juga dengan mutiara air laut, mutiara air tawar memberikan pilihan warna yang bermacam-macam seperti hitam, biru, pink, putih, oranye, hijau, merah, dan kuning.

7. Madu Sumbawa

Oleh-oleh khas Lombok Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Wisata di Lombok

Karena memiliki banyak khasiat, tidak heran jika Madu Sumbawa harus dijadikan oleh oleh khas Lombok dan Nusa Tenggara Barat yang wajib dibawa pulang. Madu ini berbeda dari kebanyakan madu karena ada salah satu jenis madu putih yang berasal dari lebah yang bersarang di karang-karang putih.

8. Susu Kuda Liar Sumbawa

Oleh-oleh khas Lombok Nusa Tenggara Barat
Sumber gambar: Holiday is Lombok

Apakah Toppers adalah orang yang rutin minum susu di malam sebelum tidur atau pagi hari? Apapun jawabannya, pastikan Toppers mencoba susu dari kuda liar Sumbawa! Konon, kandungan yang terdapat pada susu kuda liar dapat bermanfaat sebagai obat yang mujarab dalam penyembuhan berbagai penyakit seperti penyakit radang usus.

9. Permen Susu Kuda Liar

Permen olahan industri rumah tangga ini terbuat dari bahan baku susu kerbau atau susu kuda yang masih segar. Susu tersebut masih sangat mudah diperoleh karena masyarakat Desa Penyaring, salah satu Desa di NTB, juga memproduksi susu segar dari sapi dan kuda yang bisa jadi alternatif oleh-oleh khas Lombok, Nusa Tenggara Barat favorit!

Sambal Ikan Roa

10. Terasi Lombok

Bagi penggemar masakan dengan bumbu sambal terasi, Toppers pasti sudah tidak meragukan lagi kelezatan Terasi Lombok ini. Oleh-oleh khas Lombok ini biasa dikonsumsi sebagai penyedap makanan dan campuran masakan khas Lombok seperti Ayam Taliwang dan Nasi Balap Puyung.

Sayangnya tak semua toko oleh-oleh menjual terasi khas ini. Maka dari itu untuk belanja terasi Lombok, Toppers bisa mengunjungi Toko Oleh-Oleh Khas Lombok atau pasar tradisional.

11. Anyaman Ketak

https://www.tokopedia.com/hot/sambal-ikan-roa
Sumber gambar: Wisata Lombok

Anyaman Ketak adalah kerajinan anyaman yang dibuat dari tanaman liar yang disebut Ketak. Anyaman tersebut dijadikan berbagai bentuk seperti tatakan gelas, tas wanita, tempat perhiasan, aneka pajangan rumah, gentong, sampai meja hias.

Anyaman ini biasa diolah oleh masyarakat Desa Beleka di NTB. Selain Toppers bisa mengamati proses pembuatan produk dan membelinya sebagai oleh-oleh dari Lombok, di desa ini Toppers juga bisa ikut mencoba menganyam seperti para pengrajin juga, lho!

12. Abon Ikan Marlin

Oleh-oleh khas Lombok
Sumber gambar: Tokopedia

Konon Abon Ikan Marlin ini mempunyai kandungan Omega 3 dan DHA yang bermanfaat untuk kesehatan otak. Salah satu kelebihan Abon Ikan dibandingkan Abon Sapi adalah Abon ikan bebas kolesterol sehingga lebih sehat dan lebih aman bagi penderita kolesterol. Maka itu tak heran jika saat ini oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat yang satu ini tengah naik daun karena himbauan agar lebih banyak mengkonsumsi ikan.

13. Minyak Gosok Sumbawa

Minyak Gosok Sumbawa adalah oleh-oleh khas Lombok Nusa Tenggara Barat yang bermanfaat bagi kesehatan. Warga Sumbawa percaya bahwa Minyak Sumbawa yang dibuat dari ramuan rahasia ini terkenal akan keampuhan dan khasiatnya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti menyembuhkan patah tulang, mengobati luka bakar, lecet, hingga keseleo.

14. Peyek Kangkung Rumput Laut

Oleh-Oleh Khas NTB
Sumber gambar: Perpustakaan Digital Budaya Indonesia

Selain memiliki olahan dodol rumput laut, masyarakat NTB khususnya masyarakat Lombok berinovasi untuk mengolah bahan rumput laut menjadi Peyek Kangkung Rumput Laut. Oleh-oleh khas NTB berupa Peyek Kangkung Rumput Laut ini tergolong baru.

Empat varian rasa peyek yang tersedia yaitu rasa original, pedas, seledri dan teri pedas, sangat cocok menjadi camilan nikmat dikala lapar. Oleh-oleh khas Lombok ini juga enak dimakan bersama nasi yang masih disajikan hangat.

15. Manisan Tomat

Oleh-oleh khas Lombok
Sumber gambar: Wanita Indonesia

Manisan Tomat adalah oleh-oleh khas NTB yang terbuat dari tomat. Konon, rasa manisan tomat ini mirip dengan rasa Buah Kurma. Buah yang bila matang berwarna merah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya memberikan nutrisi untuk tulang, menjaga kesehatan mata, dan menjaga kesehatan pencernaan.

Baca juga: 12 Macam-macam Sambal Khas Indonesia yang Bikin Makanan Tambah Nikmat

Itulah tadi pilihan oleh-oleh khas Lombok, Nusa Tenggara Barat yang harus Toppers bawa pulang rekomendasi Tokopedia. Kepengen kan? Nah maka dari itu, segera persiapkan rencana liburanmu dengan mencari tiket murah dan borong oleh-oleh khas NTB! Jangan lupa juga untuk mempersiapkan koper terbaik yang cukup untuk menampung semua oleh-oleh dari Lombok, Toppers!

Banner Tiket Pesawat
© 2009-2023, PT Tokopedia