12 Oleh-Oleh Khas Malang Terpopuler Paling Favorit

2679
Makanan Khas Malang
Sumber gambar: Tokopedia

Tujuan Wisata Malang

Makanan Khas Malang

Oleh-Oleh Khas Malang


Oleh-Oleh Khas Malang – Sebagai kota kedua terbesar di Jawa Timur, Malang kerap menjadi tujuan liburan. Pada tahun 2017 saja, Malang dikunjungi setidaknya oleh 4,7 juta wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Tapi apalah artinya jika berlibur ke Malang tanpa membawa oleh-oleh asli Kota Malang. Oleh-oleh khas Malang yang beraneka ragam pasti membuatmu bingung memilih oleh-oleh asli Malang mana yang akan Toppers berikan pada keluarga atau teman-temanmu! Nah, ayo simak rekomendasi Tokopedia untuk pilihan oleh-oleh khas malang yang paling favorit!

Baca juga: Memeluk Awan Dari Omah Kayu Batu Malang


Keripik Khas Malang


1. Keripik Sari Tempe

Oleh-oleh khas Malang
Sumber gambar: Dapur Kobe

Keripik sari tempe adalah makanan olahan yang berasal dari tempe dan diolah dengan berbagai macam bumbu rempah. Rasanya yang gurih dan renyah serta masa kadaluarsa yang cukup lama, membuat keripik ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Malang. Toppers bisa membeli keripik ini di toko-toko buah tangan Malang dengan harga di kisaran Rp 15.000.

2. Keripik Apel

keripik apel
Sumber: scratchmommy

Malang memang terkenal dengan Buah Apelnya. Dulu, Masyarakat Malang mengolah Apel menjadi keripik hanya karena agar bisa disimpan lebih lama. Tapi lambat laun, keripik ini berubah menjadi komoditas hingga menjadi camilan yang wajib untuk oleh-oleh dari Malang.

3. Keripik Singkong Cap Lumba-Lumba

Keripik Singkong

Keripik ini bukan keripik singkong biasa. Keripik Singkong Cap Lumba-Lumba sudah terkenal hampir di seluruh pelosok nusantara sebagai oleh-oleh khas Malang. Teksturnya nan gurih serta tidak terlalu keras dengan varian rasa manis dan asin, sangat cocok untuk kamu dan keluargamu. Keripik dibuat dengan proses rumahan dan bebas dari pengawet.

4. Keripik Ceker

Oleh-oleh khas Malang
Sumber gambar: Tokopedia

Selain terkenal dengan keripik apel, singkong, dan tempe, orang-orang juga mengenal Malang dengan keripik ceker yang terasa renyah dan gurih di lidah. Mineral yang terkandung pada keripik ceker seperti kolagen, asam amino, dan kalsium, memberikan sejumlah kebaikan untuk tubuh. Oleh-oleh khas Malang satu ini dikemas dalam ukuran kecil hingga besar sehingga pas untuk Toppers jadikan buah tangan dari Malang untuk kerabat.


Camilan Oleh-Oleh Khas Malang


5. Malang Strudel

Makanan Khas Malang
Sumber gambar: Tokopedia

Strudel awalnya adalah makanan populer pada jaman Hasburg Empire (1278 – 1780) di Austria, merupakan kue berlapis yang terbuat dari pastry kemudian diisi dengan berbagai buah-buahan.

Namun kemudian, Strudel yg asli Austria inipun dimodifikasi disesuaikan dengan citarasa lokal Malang di tangan chef profesional Toko Kue Malang Strudel. Toppers bisa membeli Strudel ini di Outlet Malang Strudel yang terletak di Semeru, pusat kota Malang atau mendapatkannya secara online di Tokopedia!

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Makanan Olahan dari Telo

Kuliner Tradisional Malang
Sumber gambar: Tokopedia

Telo? Telo adalah umbi-umbian yang biasa kita sebut dengan ubi atau taro. Di Malang Telo itu kemudian diolah menjadi jajanan seperti es krim, keripik, pizza, bakpao dan nugget. Bagi Toppers yang penasaran dan ingin menyantap jajanan olahan ini dapat menikmatinya di pusat oleh-oleh khas Malang, Jalan Raya Purwodadi No. 1, Lawang.

7. Pia Mangkok

Oleh-oleh Khas Malang
Sumber gambar: Tokopedia

Pia Cap Mangkok sudah menjadi oleh-oleh khas Malang yang legendaris sejak tahun 1959. Pada awalnya, Pia ini hanya memiliki rasa kacang hijau. Namun kini Buah Tangan asli Malang berkembang hingga memiliki 5 varian rasa lain: cokelat, keju, tangkwe, durian dan yang terbaru green tea. Toppers bisa membeli Pia Cap Mangkok di Jl. Villa Tidar Indah no. 5, Sukun.

8. Bakso Beku

Siapa yang tidak kenal Bakso Malang? Bakso ini terkenal akan kekenyalan dan kenikmatannya, apalagi jika diberi kuah dengan bumbu masakan dan saos sambal. Selagi  di Malang, mampirlah mencicipi sekaligus membawa pulang Bakso Malang beku di Bakso President yang berlokasi di Jalan Batanghari.

Toppers bisa membeli bakso beku yang tahan sampai hitungan bulan jika disimpan di dalam lemari es beserta bumbunya sebagai oleh-oleh asli Kota Malang.

9. Puthu Lanang

Makanan Khas Malang
Sumber gambar Merah Putih

Puthu adalah kue jajanan tradisional, terdiri dari bahan dasar tepung beras, parutan kelapa dan gula merah atau gula jawa. Toppers bisa membeli Puthu yang sudah ada sejak Tahun 1935 ini di Jalan Jaksa Agung Suprapto Gang Buntu, Kecamatan Klojen, Kota Malang sebagai oleh-oleh dari Malang. Menariknya, Puthu Lanang sudah menjadi sebuah brand yang dipatenkan disertai hak cipta.

Banner Tiket Pesawat

10. Apel Malang

Buah Apel adalah ikon bagi Kota Malang. Makanya tak heran jika ditanya apa oleh-oleh khas Malang, Buah Apel Malang pasti jadi salah satu jawabannya. Kota ini populer dengan dua jenis apel: Apel Manalagi dan Apel Ana. Bentuk Apel Manalagi biasanya bulat dengan warna hijau dan rasanya manis segar. Sedangkan Apel Ana biasanya berbentuk sedikit lonjong dengan warna merah kekuningan dan rasanya lebih asam.


Souvenir Khas Malang


11. Keramik Dinoyo

Oleh_oleh Malang
Sumber gambar: Merdeka

Kota Malang memiliki oleh-oleh yang khas yaitu Keramik Dinoyo. Keramik khas Malang ini dapat Toppers temukan di Jalan MT Haryono XI. Tidak kurang dari 30 toko kerajinan di jalan ini yang menjual berbagai jenis keramik mulai dari mug, vas bunga, piring, guci, asbak sampai hiasan meja dan dinding.

12. Batik Topeng Malangan

Oleh-oleh khas Malang
Sumber gambar: Batik Malang

Seperti namanya, Batik Topeng Malangan memiliki motif topeng. Harga jual oleh-oleh khas Malang ini berkisar antara Rp. 300.000 sampai dengan Rp. 1 juta di Batik Blimbing Malang, Jl. Candi Jago No.06, Blimbing, Kota Malang.

Setiap bulan Batik Blimbing Malang bisa membuat paling banyak hanya sepuluh potong kain batik. Sedikitnya jumlah batik yang bisa diproduksi dikarenakan Batik Blimbing mempertahankan pembuatan dengan sistem manual (tulis) untuk menjaga ciri khasnya.

Baca juga: Tips dan Cara Merawat Batik di Rumah

Sudah tentukan oleh-oleh khas Malang mana yang akan Toppers beli saat berkunjung ke Malang? Agar perjalanan liburan ke Malang makin sempurna, cek Tokopedia untuk temukan berbagai perlengkapan traveling terlengkap, berbagai oleh-oleh khas Nusantara, hingga memesan tiket pesawat dan juga tiket kereta dengan mudah!

Selamat mengeksplor kekayaan Malang dan berburu buah tangan khas Malang!

tiket kereta api

Bagikan Artikel