7 Oleh-Oleh Khas Palangkaraya Kalimantan Tengah Terbaik

0
11201
Makanan tradisional khas Palangkaraya kalimantan tengah
Sumber gambar: Kompas

Oleh-Oleh khas Palangkaraya – Memiliki wiliayah yang masih banyak didominasi hutan lindung dan kawasan konservasi. Tak heran jika Kota Palangkaraya menarik untuk disinggahi sebagai tujuan liburanmu selanjutnya.

Berencana mengunjungi Kota Palangkaraya? Jangan lupa untuk sempatkan diri membeli berbagai oleh-oleh khas Palangkaraya yang unik dan menarik. Bingung menemukan buah tangan asal Palangkaraya yang cocok? Simak pilihan oleh-oleh asal Palangkaraya yang khas berikut ini!

Baca juga: Mau Liburan Hemat? Perhatikan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Berikut

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Kalimantan Tengah

1.Keripik Kalakai

Makanan tradisional khas Palangkaraya kalimantan tengah
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Meskipun terdengar tak lazim, tanaman kalakai merupakan salah satu tumbuhan yang kerap digunakan oleh nenek moyang masyarakat keturunan Dayak yang memang sangat dekat dengan alam. Tanaman Kalakai dipercaya memiliki manfaat kesehatan mampu mengobati diare, menambah darah, hingga menjaga kulit awet muda.

Namun, selain itu tanaman ini juga kerap diolah menjadi camilan yang juga sangat cocok untuk menjadi pilihan oleh-oleh khas Palangkaraya bagi para wisatawan. Terbuat dari daun Kalakai muda yang dibaluri tepung serta bumbu, oleh-oleh unik dari Palangkaraya ini memiliki testur renyah dan rasa gurih yang lezat.

2. Tahu Bakso Ijo

Oleh-Oleh Khas Palangkaraya Kalimantan Tengah
Sumber gambar: Tokopedia

Oleh-oleh favorit khas Palangkaraya selanjutnya adalah Tahu Bakso Ijo. Meskipun sebenarnya Tahu Bakso Ijo merupakan sebuah tempat makan yang digemari, namun kelezatan dari menu Tahu Bakso dan juga Lumpia yang ditawarkan tempat ini membuat banyak orang memboyong makanan ringan satu ini sebagai oleh-oleh asal Palangkaraya untuk keluarga.

Denfan dua varian rasa sapi dan ayam, buah tangan Palangkaraya ini juga bisa didapatkan dengan harga cukup bersahabat, yakni sekitar Rp 30.000-an.

3. Kerajinan Tangan dari Kulit Kayu

Oleh-Oleh Khas Palangkaraya Kalimantan Tengah
Sumber gambar: Jompas

Ingin membeli cinderamata ataupun souvenir khas Palangkaraya saat berkunjung ke kota terluas di Indonesia ini? Berbagai produk kerajinan tangan dari kulit kayu bisa jadi pilihan Toppers. Mulai dari topi dari kulit kayu, tas, hingga berbagai kerajinan lainnya bisa ditemukan dengan mudah untuk dijadikan oleh-oleh khas Palangkaraya yang unik dan juga otentik.

4. Rabuk Pantin Kandas Sarai

Oleh-Oleh Khas Palangkaraya Kalimantan Tengah
Sumber gambar: Tokopedia

Jika Toppers mungkin lebih familiar dengan abon, di Kalimantan, masyarakat lebih mengenalnya dengan nama rabuk. Jika abon umumnya terbuat dari daging sapi, berbeda dengan Rabuk Patin Kandas Sarai, oleh-oleh khas Palangkaraya yang terbuat dari daging ikan patin.

Dengan varian rasa pedas dan ekstra pedas, oleh-oleh asal kota Palangkaraya ini cocok untuk menemani sepiring nasi hangat penggemar kuliner pedas!

5. Wadai Apam

Jika oleh-oleh Palangkaraya bercita rasa pedas seperti Rabuk Patin Kadas Sarai tak cocok, mungkin oleh-oleh khas Kota Palangkaraya satu ini bisa jadi alternatif. Wadai apam adalah kue khas Kalimantan Tengah yang bercita rasa manis dengan tekstur lembut.

Meskipun kue ini kerap disajikan untuk acara perayaan tertentu, tak sulit untukmu menemukan Wadai Apam untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Palangkaraya.

6. Wadi Ikan

Makanan tradisional khas Palangkaraya kalimantan tengah
Sumber gambar: Kompas

Selain Rabuk, ada oleh-oleh khas asal Palangkaraya selanjutnya yang berbahan dasar Ikan patin adalah Wadi Patin. Wadi Patin sendiri merupakan olahan daging ikan patin yang difermentasi dan kemudian dimasak dengan cara digoreng atau dikukus.

Hasil dari fermentasi membuat oleh-oleh unik asal Palangkaraya ini memiliki cita rasa asin dan asam serta segar dari daging ikan Patin.

7. Pernak-Pernik Khas Dayak

Oleh-Oleh Khas Samarinda
Sumber gambar: Cerita Dayak

Pilihan souvenir asal Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang paling mudah untuk kamu beli adalah pernak-pernik kerajinan khas Dayak. Mulai dari aksesoris kecil seperti gantungan kunci, dompet, cincin, kalung, hingga yang berukuran besar seperti tas bisa kamu temukan dengan mudah diberbagai pusat oleh-oleh di kota Palangkaraya.

Dengan rangkaian pola unik dari manik-manik khas Dayak, tentu oleh-oleh khas Palangkaraya satu ini sangat cocok untuk menjadi kenang-kenangan dari kota Palangkaraya.

Baca juga: 6 Tips Liburan Murah agar Tetap Irit Pengeluaran

Sudah temukan pilihan oleh-oleh khas Palangkaraya yang cocok untuk Toppers bawa pulang? Biar perjalanan ke Palangkaraya makin maksimal, jangan lupa gunakan Aplikasi Tokopedia untuk sempurnakan pengalaman traveling kamu! Mulai dari perlengkapan dan kebutuhan liburan hingga pesan tiket pesawat dan isi kuota roaming untuk liburan keluar negeri bisa dilakukan  dengan mudah di Aplikasi Tokopedia!

Yuk, mulai perburuan oleh-oleh khas asal Palangkaraya untuk orang-orang terdekatmu!

Banner Tiket Pesawat