9 Oleh-Oleh Pekalongan paling Khas dan paling Diburu

0
274
Oleh-oleh khas Pekalongan
Sumber gambar: Discovery Pekalongan

Oleh-Oleh Khas PekalonganPekalongan adalah salah satu kota yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah. Tak hanya itu, Pekalongan juga terkenal dengan julukan Kota Batik karena corak dan variasi dari Batik Pekalongan sangat khas dan popularitasnya yang sudah mendunia. Tak heran jika Batik kerap menjadi oleh-oleh khas Pekalongan pilihan wisatawan yang mengunjungi kota yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa ini.

Namun, batik bukanlah satu-satunya oleh-oleh khas Pekalongan yang bisa Toppers jadikan buah tangan. Ada banyak pilihan buah tangan lainnya yang bisa ditemukan di Pekalongan. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Pekalongan yang bisa jadi referensi Toppers:

Baca juga: 12 Merek Batik Terkenal di Indonesia dan Berkualitas Terbaik

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Pekalongan

1. Kerupuk Gendar

Oleh-Oleh Khas Pekalongan
Sumber gambar: Detik

Dikenal juga sebagai kerupuk nasi, kerupuk gendar adalah camilan tradisional khas Pekalongan yang berbahan dasar nasi yang dibumbui dengan berbagai rempah. Tekstur renyah dan rasa yang gurih dari kerupuk gendar kerap menjadikannya santapan pelengkap makan siang. Toppers bisa menemukan oleh-oleh khas Pekalongan satu ini dengan mudah di Pekalongan mulai di warung, pasar, hingga pusat oleh-oleh.

2. Capret Pekalongan

Oleh-oleh khas Pekalongan
Sumber gambar: Tokopedia

Alternatif camilan lainnya yang bisa Toppers bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Pekalongan adalah Capret Pekalongan. Terbuat dari tepung kanji dengan bumbu dan rasa yang bervariasi mulai dari pedas balado, lada hitam, hingga jagung bakar, Capret menjadi salah satu pilihan oleh-oleh asal Pekalongan yang cukup digemari.

3. Binteng Jahe

Oleh-oleh Pekalongan
Sumber gambar: Tribunnews

Oleh-oleh khas Pekalongan selanjutnya adalah Binteng Jahe. Sesuai namanya, panganan asal Pekalongan ini memiliki bahan jahe yang diolah bersama gula dan kelapa. Meskipun memiliki cita rasa dan aroma jahe yang kuat, perpaduan rasa manis gula membuat Binteng Jahe tidak terlalu pedas dan tetap nikmat untuk disantap. Rasanya yang unik inilah yang menjadikannya salah satu oleh-oleh favorit dari Pekalongan.

4. Limun Oriental

Oleh-oleh khas Pekalongan
Sumber gambar: Discovery Pekalongan

Limun Oriental adalah minuman ringan lokal asli Pekalongan yang telah ada sejak 1923. Didirikan dan diciptakan oleh Njoo Giek Lien, Limun Oriental hingga saat ini masih diolah dan proses secara tradisional sehingga keaslian cita rasa minuman asli Pekalongan ini masih terjaga.

Hadir dalam banyak varian rasa buah-buahan hingga moka dan framboze, Limun Oriental yang dikemal botolan ini cukup praktis untuk Toppers bawa pulang sebagai oleh-oleh dari Pekalongan.

5. Tauco

Saat berkunjung ke Pekalongan, Tauco adalah salah satu bumbu yang cukup mudah untuk Topper temui. Olahan kacang kedelai yang difermentasi ini kerap digunakan sebagai bahan dalam kuliner khas Pekalongan seperti Soto Tauto yang terkenal.

Tak heran rasanya jika bumbu Tauco asal Pekalongan kerap menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Pekalongan yang mudah ditemui.

6. Kopi Tjanting

Oleh-oleh khas Pekalongan
Sumber gambar: CintaPekalongan

Jika Toppers merupakan penggemar kopi, maka oleh-oleh khas Pekalongan selanjutnya ini cocok untuk dijadikan buah tangan. Kopi Tjanting adalah salah satu brand kopi lokal yang biji kopinya dipanen langsung dari petani kopi di Jolotigo, salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Pekalongan, bahkan sejak era kolonialisasi.

Untuk Toppers yang tertarik menjadikan Kopi Tjanting sebagai oleh-oleh asal Pekalongan, kopi ini menawarkan beragam jenis biji kopi yang bisa dijadikan pilihan seperti excelsa, robusta, hingga arabica.

7. Kue Lumpang

Oleh-oleh khas Pekalongan
Sumber gambar: Merah Putih

Kue Lumpang adalah kue basah asal Pekalongan dengan ciri khas bentuk mangkok kecil dan taburan parutan kelapa. Kue Basah yang memiliki cita rasa manis khas kue-kue tradisional ini bisa Toppers temui dengan mudah di pasar-pasar tradisional di Pekalongan.

8. Kue Glundung

Oleh-oleh Khas Pekalongan
Sumber gambar: Cinta Pekalongan

Selain Kue Lumpang, masih ada Kue Glundung yang juga bisa Toppers jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Pekalongan. Kue tradisional asal Pekalongan ini berbahan dasar ketela pohon dengan gula aren sebagai isiannya.

9. Batik Khas Pekalongan

Sumber Foto : wikipedia

Berkunjung ke Pekalongan, tentu takkan lengkap tanpa membawa pulang Batik Pekalongan sebagai buah tangan. Batik Pekalongan sendiri memiliki ciri khas warna-warna sogan (kecokelatan) yang didapat dari pewarna alam seperti kulit kayu ataupun akar tumbuhan. Ciri khas inilah yang menjadikan Batik Pekalongan masih sangat digemari karena otentisitasnya.

Baca juga: Mengenal 10 Motif Batik Nusantara

Ternyata oleh-oleh dari Pekalongan tak hanya batik, bukan? Ada banyak sekali yang buah tangan yang bisa jadi pilihan Toppers untuk dibawa pulang selepas berkunjung ke Pekalongan. Nah, apakah kamu sudah temukan oleh-oleh khas Pekalongan favoritmu?

Yuk, buat petualangan berburu oleh-oleh Pekalongan jadi lebih mudah dengan aplikasi Tokopedia. Mulai dari beli tiket kereta hingga berbagai perlengkapan traveling bahkan beragam oleh-oleh khas Pekalongan bisa Toppers lakukan secara online dan praktis di aplikasi Tokopedia!

Bagikan Artikel