14 Oleh-Oleh Khas Pekanbaru yang Wajib Kamu Miliki

0
2931
Oleh-oleh pekanbaru

Objek Wisata Pekanbaru

Oleh-Oleh Khas Pekanbaru

Makanan Khas Pekanbaru

Wisata Kuliner di Pekanbaru


Oleh-oleh Khas Pekanbaru – Mengunjungi suatu daerah atau kota rasanya tak lengkap jika tak membawa pulang ciri khas berbentuk oleh-oleh dari kota tersebut. Membeli oleh-oleh seakan suatu kewajiban karena setiap daerah terutama di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing. Begitupun oleh-oleh khas Pekanbaru.

Mengunjungi Kota Pekanbaru yang terletak di tengah Pulau Sumatera memberikanmu pilihan oleh-oleh khas Pekanbaru menarik yang bisa Toppers dapatkan. Berikut adalah rekomendasi oleh-oleh khas kota Pekanbaru untuk Toppers. Simak terus, ya!

Baca juga: Tips Packing Untuk Para Pecinta Traveling!

Oleh-Oleh Khas Pekanbaru Terpopuler

1. Batik Corak Riau

Oleh Oleh Khas Pekanbaru
Sumber gambar: Tribunnews

Siapa bilang batik hanya khas di daerah Jawa? Pekanbaru Riau juga memiliki batik khasnya dengan corak khas pula yaitu motif Melayu Riau. Pembuatannya pun dilakukan secara tradisional buatan tangan seperti biasanya dengan alat canting, pewarna pakaian, lilin cair, dan yang lainnya.

Dengan motif dan warna yang begitu beragam, oleh-oleh khas Pekanbaru ini sangat cocok untuk dijadikan buah tangan untuk kerabat. ‘

Baca juga: 11 Fakta Batik serta Sejarah Hari Batik Nasional

2. Kaos Khas Pekanbaru

Rasanya seperti belum mengunjungi daerah Pekanbaru jika tak membeli souvenir khas Pekanbaru berupa kaos dengan ciri khas daerahnya, yakni “I Love Pekanbaru”. Kaos khas ini merupakan salah satu souvenir kota Pekanbaru  yang paling banyak diminati dan dibanderol dengan harga variatif mulai dari Rp 25.000 hingga ratusan ribu rupiah.

3. Lempuk Durian

Oleh-oleh khas Pekanbaru
Sumber gambar: Tokopedia

Meskipun lempuk durian juga sudah dijual di kota-kota lain, khususnya yang berada di Sumatera, namun makanan ini tetap populer sebagai buah tangan khas Pekanbaru. Dibuat secara tradisional, lempuk durian adalah dodol yang berbahan dasar durian dan bertekstur kenyal. Dengan kemasan unik menyerupai permen, lempuk durian merupakan salah satu oleh-oleh khas Pekanbaru yang wajib dibawa pulang.

4. Gantungan Kunci Pekanbaru

Selain kaos khas Pekanbaru, gantungan kunci juga merupakan souvenir khas Pekanbaru yang paling banyak dicari karena harganya yang murah dan bentuknya yang kecil sehingga memberi kepraktisan bagi pembelinya. Bentuk-bentuk yang ditawarkan oleh-oleh khas Pekanbaru inipun sangat beragam, mulai dari ikon bangunan di Pekanbaru, dan lain sebagainya.

5. Bolu Kemojo

Makanan Tradisional pekanbaru
Sumber gambar: Tribunnews

Salah satu yang membedakan Bolu Kemojo dengan bolu lainnya adalah bolu ini memiliki hasil bentuk cetakan seperti kelopak bunga kenanga. Bolu Kemojo termasuk sejenis kue basah tradisional khas Riau yang terbuat dari bahan-bahan tepung, santan, adonan telur, gula pasir, dan mentega dengan cita rasa khas yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh dari kota Pekanbaru untuk kerabatmu.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Keripik Nanas

Oleh-oleh Pekanbaru
Sumber gambar: membuat

Pekanbaru merupakan daerah yang memiliki banyak tanaman nanas. Salah satu olahan unik yang terbuat dari bahan nanas adalah keripik. Nanas yang dijadikan keripik ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh dari Pekanbaru bagi siapapun yang sedang dalam perjalanan jauh sebab keripik nanas lebih tahan lama dibandingkan jenis makanan lain.

7. Dodol Kedondong

Jangan heran jika di Pekanbaru buah kedondong tak hanya menjadi campuran dalam rujak buah tapi juga disulap menjadi dodol. Perpaduan rasa asam dan manis yang pas membuat dodol kedondong berhasil dikatakan sebagai oleh-oleh khas Pekanbaru yang wajib dibeli.

8. Kacang Pukul Bagansiapiapi

Oleh-oleh Pekanbaru
Sumber gambar: Tokopedia

Kacang Pukul Bagansiapiapi merupakan salah satu buah tangan populer di Pekanbaru. Rasa yang disajikan oleh kacang ini menyerupai kacang ting-ting, namun dengan tekstur yang lebih padat dan memiliki rasa manis yang khas membuat oleh-oleh khas kota Pekanbaru ini digemari banyak orang.

9. Lopek Bugi

Sumber gambar: Riau Terbit

Berbentuk segitiga dan dibuat dengan bahan dasar beras ketan yang dihaluskan kemudian dicampur dengan bumbu khas Pekanbaru, Lopek Bugi merupakan kue basah yang dapat dikatakan sebagai oleh-oleh wajib khas Pekanbaru. Lopek Bugi dibalut dengan daun dan memiliki rasa yang manis dan gurih.

10. Kue Bangkit

Kue kering khas Riau ini dinamakan Kue Bangkit karena ukuran kue akan membesar setelah dipanggang. Berbahan dasar tepung tapioka dan sagu membuat teksturnya menjadi sangat halus. Kue Bangkit sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh dari Pekanbaru karena bentuknya yang lucu dan cita rasa yang unik.

11. Salai Ikan Patin

Memanfaatkan kelimpahan ikan patin di Pekanbaru, masyarakat di sana mengolahnya menjadi salai. Mengapa salai? Dengan diolah menjadi salai, ketahanan waktu dari panganan ini akan lebih lama serta nilai gizi masih tetap tinggi dengan kualitas rasa dan teksturnya yang juga masih bagus. Hal ini membuat salai ikan patin dapat jadi alternatif pilihan buah tangan khas Pekanbaru saat berlibur ke ibukota Provinsi Riau.

12. Pancake Durian

Oleh-oleh Pekanbaru
Sumber gambar: Wikipedia

Tak hanya lempuk, bahan dasar durian juga dijadikan pancake di Pekanbaru. Aroma durian yang menyengat dengan sengaja dilindungi oleh kulit khusus berwarna-warni. Memiliki rasa yang sangat lembut, pancake durian adalah salah satu oleh-oleh khas Pekanbaru yang wajib kamu coba.

13. Ikan Asap Selais

Ikan selais merupakan ikan yang paling populer di kalangan wisatawan saat mengunjungi Pekanbaru. Mereka memilih ikan selais sebagai oleh-oleh khas Pekanbaru walaupun masih banyak jenis ikan tawar lain yang bisa diasap.

Kesegaran dari ikan selais membuat para wisatawan tak ragu untuk mengeluarkan uang mereka dan menjadikan ikan selais yang telah diasap menjadi cenderamata khas Pekanbaru.

14. Peyek Jangkrik

Sumber gambar: Tempo

Jika peyek biasanya menggunakan udang atau kacang sebagai bahan dasar, penduduk Pekanbaru membuat inovasi baru dengan menggunakan jangkrik untuk membuat peyek. Dengan rasa yang gurih dan renyah, peyek jangkrik adalah oleh-oleh khas Pekanbaru yang harus Toppers cicipi minimal satu kali seumur hidup.

Oleh-oleh khas Pekanbaru populer satu ini tak hanya unik juga tak akan bisa kamu dapatkan dengan mudah di daerah tempat tinggalmu.

Baca juga: 14 Makanan & Minuman Khas Pekanbaru Populer

Nah, itulah rekomendasi oleh-oleh khas Pekanbaru. Jadi, mana buah tangan khas Pekanbaru yang jadi pilihanmu? Atau menjadi semakin bingung? Jangan bingung lagi ya, Toppers! Apapun pilihanmu, berbagai pilihan oleh-oleh nusantara bisa Toppers temukan dengan mudah secara online di Tokopedia, lho!

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel