11 Oleh-Oleh Khas Solo yang Wajib Kamu Bawa Pulang

0
143
Oleh-oleh khas Solo
Sumber gambar: Tokopedia

Oleh-Oleh Khas Solo – Saat mendengar mengenai Kota Solo, kira-kira hal apa saja yang hadir di dalam benakmu? Serabi? Batik? atau Srundeng? Ya, ada banyak sekali memang hal yang khas dari salah satu kota di provinsi Jawa Tengah ini. Tak heran banyak orang kebingungan saat harus memilih oleh-oleh khas Solo mana yang harus dibawa pulang.

Intip rekomendasi oleh-oleh khas Solo paling populer berikut untuk temukan buah tangan yang paling cocok untuk diberikan kepada kerabat dan keluargamu!

Baca juga: Menjelajahi 16 Wisata Kuliner Solo yang Telah Melegenda!

Pilihan Oleh-Oleh Khas Solo

1. Serabi Notosuman

kuliner khas solo - serabi notosuman
ncc-indonesia.com

Serabi Notosuman merupakan salah satu kuliner legendaris Solo yang kepopulerannya tak pernah meredup. Cita rasa manis yang khas yang diolah menggunakan metode yang masih tradisional membuat Serabo Notosuman masih menjadi oleh-oleh favorit dari kota Solo.

2. Srundeng

Oleh-oleh khas Solo
Sumber gambar: Tokopedia

Berlibur ke Kota Solo, Toppers juga bisa menemukan Srundeng yang terbuat dari campurang daging dan parutan kelapa. Sekilas terlihat seperti abon, oleh-oleh khas Solo ini memiliki rasa gurih yang dijamin takkan mengecewakanmu.

3. Serbat Jahe Solo

Oleh-oleh khas Solo
Sumber gambar: Tokopedia

Serbat Jahe adalah olahan minuman tradisional asal Solo yang terbuat dari Jahe dicampur berbagai rempah-rempah lainnya. Sensasi rasa hangat yang menyegarkan dari Serbat Jahe tentu sangat menarik untuk dijadikan buah tangan saat berkunjung ke Solo.

Tak perlu khawatir karena minuman tradisional ini dijual dalam kemasan tablet yang bisa dilarutkan sehingga lebih mudah untuk dijadikan oleh-oleh khas Solo.

4. Batik Solo

Motif Batik

Tak cuma dikenal karena keragaman kuliner dan kebudayaan, Solo juga terkenal sebagai salah satu kota penghasil batik terbesar di Jawa Tengah. Disini, Toppers tak cuma bisa membeli kain batik dengan motif khas Solo sebagai oleh-oleh, namun berbagai kreasi kerajinan lainnya seperti tas batik, dompet batik, baju batik, dan berbagai kerajinan batik lainnya.

5. Rambak Petis

Oleh-Oleh Khas Solo
Sumber gambar: Okezone

Oleh-oleh khas Solo selanjutnya yang bisa jadi alternatif buah tangan adalah Rambak Petis. Rambak petis adalah olahan kerupuk kulit khas Solo yang terkenal akan rasanya yang guris. Tak hanya itu, yang membuat oleh-oleh asal Solo ini menjadi istimewa adalah tambahan petis yang menjadikan rasanya berbeda dari kerupuk kulit pada umumnya.

Baca juga: 25 Oleh-Oleh Khas Yogyakarta Terkenal paling Favorit

6. Brem Solo

Oleh-oleh khas Solo
Sumber gambar: Tokopedia

Brem adalah jajanan tradisional Solo yang tak kalah khas untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke kota Solo. Sangat mudah ditemui, jajanan yang khas karena warna putihnya ini tersedia dalam berbagai varian bentuk dan ukuran untuk disesuaikan dengan kebutuhanmu.

7. Intip

Oleh-Oleh Khas Solo
Sumber gambar: Pemerintah Kota Surakarta

Alternatif oleh-oleh asal Solo selanjutnya yang bisa jadi pilihan Toppers adalah Intip. Kuliner tradisional yang terbuat dari kerak nasi yang dijemur kemudian digoreng ini memiliki ciri khas teksturnya yang sangat renyah dan rasanya yang gurih. Untuk Toppers yang menyukai rasa manis, terdapat juga Intip yang ditambah dengan baluran karamel yang tak kalah lezat.

8. Roti Mandarin

Oleh-Oleh Khas Solo
Sumber gambar: Tokopedia

Sekilas penampilan dari Roti Mandarin terlihat sepeti Kue Lapis Surabaya, hanya saja lapisan kuenya hanya dua. Namun, soal rasa Roti Mandarin memiliki kelezatan yang tak kalah dari Lapis Surabaya. Tekstur lembut dan rasa manis yang pas membuat panganan ini populer sebagai salah satu oleh-oleh khas Solo paling populer.

9. Abon Mesran

Oleh-Oleh Khas Solo
Sumber gambar: Tokopedia

Untuk kamu pecinta kuliner abon sapi, maka Abon Mesran bisa menjadi oleh-oleh khas Solo yang tepat untukmu. Nama Mesran sendiri diambil dari pemilik usaha Abon yang sangat terkenal di Solo ini, yakni Mesran Mistopawiro. Saking terkenalnya, Abon ini kerap diburu wisatawan sebagai buah tangan dari Kota Solo.

10. Solo Prabu

Oleh-Oleh Khas Solo
Sumber gambar: Pemerintah Kota Surakarta

Jika Toppers mencari oleh-oleh khas Solo yang kekinian, maka Solo Prabu bisa jadi alternatif yang pas. Kue pastry yang hadir dengan beragam varian rasa mulai dari Yudhistira O’Chesse, Bima Greentea, Arjuna Blueberry, dan Nakula Chocolate serta Sadewo Taro ini cukup menarik untuk dijadikan sebagai buah tangan dari Solo.

11. Solo Pluffy

Oleh-Oleh Khas Solo
Sumber gambar: Merah Putih

Selain Solo Prabu, masih ada Solo pluffy yang juga terkenal sebagai oleh-oleh kekinian asal kota Solo. Kue bertekstur lembut ini juga hadir dengan banyak varian rasa yang mampu manjakan lidah Toppers yang menyukai kuliner-kuliner manis.

Baca juga: Maknyus! Belum Lengkap ke Semarang Kalau Belum Icip 15 Kuliner ini

Kini liburan ke Solo semakin maksimal dengan pilihan oleh-oleh khas Solo tersebut, bukan? Agar perjalanan ke Solo lebih praktis, download aplikasi Tokopedia untuk pesan tiket kereta hingga melengkapi kebutuhan traveling lainnya! Bahkan, berbagai varian oleh-oleh khas Solo tersebut juga bisa Toppers dapatkan melalui aplikasi Tokopedia, lho!

Bagikan Artikel