9 Oleh-Oleh Khas Tanjung Pinang, Kepulauan Riau Favorit

1782
Oleh-oleh tanjung pinang
Sumber gambar: Pinang Paleo

Oleh-oleh Khas Tanjung Pinang, Kepulauan Riau – Siapa tak kenal Tanjung Pinang? Kota yang terletak di Kepulauan Riau ini terkenal dengan lokasi wilayah pesisirnya sehingga masyarakat telah terbiasa untuk memanfaatkan kehidupan bahari mereka dengan mengolah bahan-bahan dasar seperti ikan menjadi kuliner unggulan.

Jika Toppers berkesempatan mengunjungi Tanjung Pinang, hal wajib yang tak boleh dilewatkan adalah membeli oleh-oleh khas Tanjung Pinang untuk orang terdekat. Apalagi, buah tangan khas Tanjung Pinang sangat beragam dan mungkin tak bisa Toppers temui saat kamu kembali ke tempat tinggal asalmu.

Penasaran apa saja rekomendasi terbaik oleh-oleh khas Tanjung Pinang? Berikut adalah 9 oleh-oleh khas Tanjung Pinang yang harus Toppees bawa pulang versi Tokopedia:

Baca juga: 14 Makanan & Minuman Khas Pekanbaru Populer

Oleh-Oleh Khas Tanjung Pinang Kepulauan Riau

 

  • Batik Gonggong Tanjung Pinang

 

Oleh-Oleh Khas Tanjung Pinang
Sumber gambar: Info Batik

Kehidupan di pesisir tampaknya tidak membuat masyarakat Tanjung Pinang hanya memanfaatkan sekitar untuk mengolah bahan-bahan dasar asal laut menjadi olahan makanan.

Terinspirasi dari bentuk hewan laut siput gonggong, batik khas Tanjung Pinang memiliki motif gonggong atau siput laut yang banyak tersebar di perairan Pulau Bintan Kepulauan Riau. Desain kreatif dan unik dengan menjadikan gonggong motif batik khas Tanjung Pinang menjadi alasan kuat mengapa oleh-oleh khas Tanjung Pinang ini banyak diminati para pelancong sebagai buah tangan dari Kepulauan Riau.

  • Bingka Pandan

Terkenal sebagai kue khas suku Melayu, Bingka Pandan juga menjadi kue favorit di Tanjung Pinang. Tekstur yang padat dan lembut, berlemak santan serta aroma pandan yang menyengat membuat kue ini dicari banyak orang untuk dijadikan oleh-oleh khas Tanjung Pinang.

Tak hanya teksturnya yang membuat banyak orang menyukai Bingka Pandan, namun rasanya yang legit dan gurih juga berhasil membuat semua kalangan menjadikan kue ini sebagai salah satu jenis pencuci mulut terfavorit.

Jika mengunjungi Tanjung Pinang, sempatkan ke toko oleh-oleh khas Tanjung Pinang untuk membeli Bingka Pandan dan sajikan kepada orang terkasih dalam keadaan dingin agar Bingka Pandan lebih nikmat saat dimakan.

  • Bilis Gulung

Oleh-oleh tanjung pinang
Sumber gambar: Tokopedia

Sering disebut kue, Bilis Gulung sebenarnya adalah lebih berupa camilan. Buah tangan khas Tanjung Pinang ini juga terkenal dengan nama lain angko bilis dan juga bilis berselimut. Unik, ya?

Keunikan Bilis Gulung bukan hanya sekadar nama saja, loh, Toppers! Pembuatan Bilis Gulung masih dapat dikatakan tradisional tanpa menggunakan mesin, yaitu masih menggunakan tangan-tangan para usaha rumahan.

Biasa disajikan pada hari perayaan keagamaan, camilan yang berasal dari ikan bilis ini juga seringkali dijadikan oleh-oleh dari Tanjung Pinang bagi siapa pun yang mengunjungi kota pesisir ini. Teksturnya yang garing, rasanya yang gurih serta kualitasnya yang mampu bertahan lama hingga hitungan bulan menjadikan Bilis Gulung salah satu buah tangan khas Tanjung Pinang terfavorit para traveler.

  • Luti Gendang

Oleh-oleh tanjung pinang
Sumber gambar: Kompasiana

Meski Luti Gendang dikenal dengan camilan khas Batam, di Tanjung Pinang Luti Gendang juga menjadi salah satu camilan incaran para traveler. Luti Gendang secara sederhana adalah roti goreng dengan isi daging tuna.

Nama Luti bukan nama khusus kue ini, loh! Luti berasal dari “roti”, dan perubahan nama ini disebabkan karena orang-orang keturunan Tionghoa pada masa lampau tidak fasih dalam mengucapkan “roti” sehingga kemudian disebut “luti”.

Rasa gurih dan pedas manis yang bergabung menjadikan Luti Gendang diminati orang banyak. Bukan hanya dijadikan camilan untuk dimakan sendiri, namun Luti Gendang juga menjadi salah satu buah tangan favorit khas Tanjung Pinang.

  • Tepung Gomak

Oleh-oleh tanjung pinang
Sumber gambar: Pinang Paleo

Jika di Malaysia tepung gomak adalah tepung kanji, Tepuk Gomak di Indonesia sangatlah berbeda dengan tepung gomak asal Malaysia. Tepung Gomak merupakan camilan asal salah satu pulau kecil di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Tepung Gomak biasa dihidangkan saat perayaan besar dan biasa menjadi teman minum teh oleh warga sekitar. Berawal hanya menjadi camilan penduduk Pulau Penyengat, kue tradisional yang berbahan dasar tepung kacang hijau ini mulai diolah menjadi oleh-oleh khas Kepulauan Riau yang bisa dibawa pulang para traveler yang sedang mengunjungi Tanjung Pinang.

Baca juga:

  • Kue Batang Buruk

Oleh-oleh tanjung pinang
Sumber gambar: Jitunews

Kue Batang Buruk sudah tak lagi asing bagi penduduk Tanjung Pinang. Biasanya, Kue Batang Buruk selalu hadir pada saat hari perayaan besar seperti lebaran Idul Fitri. Kue Batang Buruk memiliki tekstur yang mudah hancur sehingga kue ini dikemas dengan dipotong ukuran kecil agar siap untuk disantap.

Rasa manis susu, gula dan kacang ijo membuat Kue Batang Buruk tak lagi dihidangkan hanya saat perayaan besar, namun juga dijadikan oleh-oleh favorit khas Tanjung Pinang. Gurih dan manisnya Kue Batang Buruk memikat semua kalangan mulai dari anak kecil hingga orang dewasa sehingga sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan dari Tanjung Pinang.

Makanan Ringan

  • Kerupuk Gonggong

Mungkin kelihatannya tidak mungkin untuk membuat kerupuk berbahan dasar siput, namun faktanya adalah terdapat kerupuk unik berbahan dasar siput gonggong khas Tanjung Pinang. Jika kamu sedang berwisata ke Tanjung Pinang, Kerupuk Gonggong bisa menjadi pilihan oleh-oleh dari Tanjung Pinang kamu sebab kamu mungkin hanya bisa menemukannya di Tanjung Pinang dan sekitaran Kepulauan Riau saja.

Tekstur yang renyah menjadi nilai tambahan selain keunikannya karena terbuat dari hewan siput. Jadi, pastikan untuk membeli oleh-oleh khas Kepulauan Riau ini saat sedang berada di Tanjung Pinang, ya, Toppers!

  • Otak-otak Khas Tanjung Pinang

Oleh-oleh tanjung pinang
Sumber gambar: Batam News

Walaupun otak-otak tersedia di banyak kota, otak-otak khas Tanjung Pinang berbeda dengan otak-otak lain. Meski sama-sama dibungkus daun pisang, isi otak-otak Tanjung Pinang sangat berbeda dengan otak-otak yang sering dijumpai seperti di Jakarta. Jika biasanya otak-otak berwarna putih keabuan, otak-otak di Tanjung Pinang berwarna kuning dengan harum rempah yang sangat pekat.

Tekstur yang dimiliki otak-otak Tanjung Pinang pun lebih lembut dan akan lumer di mulut saat dimakan sehingga tak perlu menggigitnya terlalu keras. Kalau kamu tertarik untuk menjadikan otak-otak khas Tanjung Pinang sebagai cinderamata, kamu dapat dengan mudah menemukannya di daerah Pecinan Tanjung Pinang.

kerupuk kemplang

  • Deram-deram

Deram-deram merupakan kue khas Pulau Penyengat, sebuah pulau kecil di Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Deram-deram bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh khas Tanjung Pinang sebab kue ini cukup tahan lama.

Konon, deram-deram pernah dijadikan camilan di kesultanan Melayu sehingga sampai saat ini deram-deram masih banyak dipilih para pelancong yang mengunjungi Tanjung Pinang sebagai cinderamata.

Oleh-oleh khas Tanjung Pinang memiliki bentuk bulat dengan bolong di tengah seperti donat dan terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula merah. Kamu bisa menemukan deram-deram dengan mudah di swalayan yang tersebar di Tanjung Pinang.

Baca juga: Aneka Kue Kering Khas Lebaran Terlezat dan Terfavorit

Nah, jadi itu dia 9 oleh-oleh khas Tanjung Pinang versi Tokopedia. Beragam dan unik, kan? Jadi, jika kamu berkesempatan mengunjungi Tanjung Pinang, buah tangan apa yang akan kamu bawa pulang ke kota asal? Apapun pilihannya, pastikan tidak membeli secara berlebihan ya, Toppers!

Jika kamu tak sempat waktu untuk membeli oleh-oleh, jangan khawatir sebab kamu dapat membelinya di Tokopedia. Apapun kebutuhanmu, jangan lupa Mulai Aja Dulu cari di tempat terlengkap, hanya di Tokopedia!

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel