32 Tempat Liburan di Jepang Terbaik yang Wajib Kamu Kunjungi!

97
Destinasi wisata di Jepang terbaik
Sumber gambar: Wikimedia

Destinasi Wisata di Jepang – Liburan panjang tiba dan saatnya tentukan kemana destinasi traveling Toppers selanjutnya! Jika masih bingung, Jepang mungkin bisa jadi tujuan wisata yang tepat untukmu. Telah lama berbagai destinasi wisata di Jepang menjadi pilihan traveling favorit di dunia.

Mulai dari keindahan alam, shopping, hingga wisata arsitektur dan budaya bisa Toppers temukan di Jepang. Penasaran seperti apa menariknya tempat-tempat wisata di Jepang? Intip daftar rekomendasi tempat wisata di Jepang populer dari berbagai kota wisata yang ada di Negeri Matahari Terbit ini!

Baca juga: 7 Negara yang Wajib Dikunjungi saat Liburan Musim Dingin

Rekomendasi Wisata Jepang: Tokyo

Sebagi ibukota dari Jepang, Tokyo menawarkan beragam destinasi wisata yang menarik. Baik untuk pecinta arsitektur, penggila belanja, hingga Toppers yang ingin melihat budaya Jepang, semuanya bisa ditemukan di berbagai destinasi wisata Jepang di Tokyo!

1. Tokyo Tower

Tokyo Tower - Wisata di Tokyo
Sumber gambar: ArchiTravel

Destinasi wisata Jepang ikonik yang bisa Toppers singgahi saat mendaratkan kaki di Tokyo adalah Menara Tokyo. Objek wisata di Jepang yang berketinggian 332.5 meter ini sangat indah dipandang kala malam menjelang dan lampu-lampu menerangi menara ini. Tak hanya itu, Toppers juga bisa naik ke atas menara untuk memandang keindahan ibukota Jepang ini dari ketinggian.

2. Tokyo Disneyland & Disneysea

Tokyo Disneyland
Sumber gambar: Tokyo Disney Resort

Liburan ke Jepang, objek wisata satu ini kerap masuk dalam daftar wajib, khususnya Toppers penggemar dari Disney. Dengan berbagai wahana rekreasi, Tokyo Disneyland dan DisneySea merupakan salah satu taman hiburan dengan pengunjung terbanyak ke-4 di dunia, lho!

3. Imperial Palace & East Garden 

Tempat wisata di Tokyo
Sumber gambar: World Nomads

Berkunjung ke Tokyo saat traveling ke Jepang, Toppers juga bisa menyempatkan diri singgah ke Istana Kekaisaran Jepang. Di objek wisata Jepang satu ini Toppers sarat akan kekayaan budaya dari negeri matahari terbit ini.

Di kompleks kekaisaran Jepang ini, Toppers bisa menikmati keindahan Imperial Palace East Gardens yang memang dibuka untuk umum. Di taman ini juga terdapat bekas benteng pertahanan pada zaman Edo, yakni Honmaru dan Ninomaru.

4. Harajuku

Harajuku - Wisata Belanja di Tokyo
Sumber gambar: World Nomads

Jika Toppers liburan ke Jepang dengan tujuan wisata belanja, tentu Harajuku merupakan destinasi yang wajib dikunjungi. Distrik yang berada diantara Shinjuku dan Shibuya ini sudah lama populer sebagai salah satu tujuan wisata belanja fashion dunia.

5. Sensoji

Sensoji - Tempat Wisata di Tokyo
Sumber gambar: Go Tokyo

Salah satu daya tarik dari wisata Jepang adalah keberadaan kuil-kuil megah dengan arsitektur yang menawan. Di Tokyo, Toppers bisa menemukan Kuil Sensoji, sebuah kuil Buddha Kuno yang sarat akan nilai sejarah.

Dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada Bodhisattva Kannon (Guan Yin), kuil Sensoji telah populer sebagai

6. Nakamise

Nakamise
Sumber gambar: JW Web Magazine

Tak jauh dari Kuil Sensoji, Toppers bisa menemukan destinasi wisata Jepang yang tak kalah menarik yaitu Nakamise, sebuah pusat perbelanjaan tertua di Jepang. Tak cuma bisa berwisata belanja pernak-pernik souvenir khas Jepang, disini Toppers juga bisa memanjakan lidah dengan ragam kuliner tradisional khas Akasuka yang lezat.

7. Hachiko Statue

Hachiko - Tempat wisata di Tokyo
Sumber gambar: Go Tokyo

Bicara soal objek wisata di Jepang yang terkenal, tentu monumen patung Hachiko yang berada di Stasiun Shibuya menjadi salah satu yang difavoritkan para traveler dari manca negara.

Terkenal karena kisah nyata kesetiaan seekor anjing bernama Hachiko kepada pemiliknya membuat banyak orang yang menyempatkan diri untuk melihat objek wisata Jepang ini saat berlibur ke Jepang.

Baca juga: 12 Rekomendasi Destinasi Liburan Akhir Tahun Terbaik

Rekomendasi Wisata Jepang: Osaka

Kota besar lainnya di Jepang yang menyimpan pesona wisata yang tak kalah menarik dari Tokyo adalah Osaka. Sama halnya seperti Tokyo, berbagai objek wisata Jepang di Osaka didominasi kemegahan kota yang berpadu dengan kebudayaan Jepang yang kental.

8. Kastil Osaka

Kastil Osaka - Objek wisata di Osaka
Sumber gambar: Tribunnews

Tak hanya Imperial Palace di Tokyo, di Osaka Toppers juga bisa melihat kastil megah yang sangat ikonik yaitu Kastil Osaka yang telah berdiri dari 1583.

Objek wisata Jepang ini tak hanya menawarkan kemegahan arsitektur namun juga terdapat museum dimana Toppers bisa mempelajari sejarah panjang dari objek wisata ini.

9. Dotonbori

Dotonbori -Objek wisata di Osaka
Sumber gambar: Japan Guide

Dotonbori adalah objek wisata Jepang kekinian yang sangat populer di Osaka. Dengan panorama perkotaan modern yang indah terutama kala malam tiba saat kawasan wisata di Jepang ini bermandikan cahaya lampu.

Tak cuma berburu foto-foto instagramable, Toppers bisa juga berburu beragam kuliner khas Jepang saat berkunjung ke objek wisata Jepang satu ini.

10. Universal Studio Japan

Objek wisata di Osaka
Sumber gambar: JW Web Magazine

Selain Disneyland, taman rekreasi lainnya yang bisa jadi tujuan wisata saat ke Jepang adalah Universal Studio yang berada di Osaka. Beragam wahana hiburan dari karakter terkenal seperti One Piece hingga Harry Potter bisa Toppers saksikan di Universal Studio.

11. Tempozan Harbour Village

Objek wisata di Osaka
Sumber gambar: Inside Osaka

Osaka yang berada di pesisir juga menawarkan panorama kota pelabuhan yang tak kalah menarik untuk Toppers jelajahi saat liburan ke Jepang. Tempozan Harbor Village merupakan kawasan tepi laut Osaka yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi daya tarik wisata yang menarik.

Di Objek wisata Jepang satu ini, keindahan kota Osaka bisa dinikmati dari ketinggian menggunakan Ferris Wheel yang memiliki diameter hingga 100 meter.

12. Tenjnbashi-suji Shopping Street

Objek wisata di Osaka
Sumber gambar: Japan Explorer

Di Osaka, Toppers juga bisa melanjutkan petualangan belanja dengan mengunjungi Tenjnbashi-suji Shopping Street. Destinasi wisata belanja di Jepang ini termasuk salah satu pusat perbelanjaan terbesar di jepang dimana Toppers bisa menemukan beragam hal mulai dari barang antik, fashion terbaru, hingga kuliner-kuliner lezat.

13. Kuil Shittenoji

Kuil Shitennoji - Objek wisata di Osaka
Sumber gambar: Japan Travel

Objek wisata Jepang terbaik selanjutnya yang bisa Toppers temui di Osaka Kuil Shitennoji. Dibangun oleh Pangeran Shotoku sejak tahun 593, Kuil Shitennoji merupakan Kuil Buddhist pertama di Jepang.

Mulai dari Pagoda dengan lima tingkat, hingga paviliun indah berisikan patung dan lukisan serta berbagai karya seni artistik lainnya bisa ditemui di destinasi wisata Jepang ini.

14. Kuromon Ishiba Market

Kuromon Ishiba - Objek wisata di Osaka
Sumber gambar: Japan Highlights Travel

Kuliner memang menjadi daya tarik wisata Jepang yang takkan ada habisnya. Salah satu altenatif wisata kuliner Jepang yang menarik adalah Kuromon Ichiba Market yang berada di Osaka.

Lebih dari seratus kios makanan siap memanjakan lidahmu saat singgah ke objek wisata Jepang satu ini mulai dari ikan Fugu hingga jajanan pinggir jalan khas Jepang.

Baca juga: 8 Destinasi Liburan Tahun Baru Dengan Festival Kembang Api Terbaik

Rekomendasi Wisata Jepang: Kyoto

Berbeda dengan kedua kota sebelumnya, berbagai destinasi wisata Jepang di Kyoto banyak didominasi dengan wisata budaya dan adat. Kebudayaan Jepang yang sangat menarik dan khas di Kyoto membuat banyak sekali spot wisata ikonik yang bisa Toppers temui di Kyoto.

15. Kinkakuji

Objek wisata Kyoto
Sumber gambar: Wikipedia

Jepang banyak menyimpan destinasi wisata yang sangat ikonik, salah satunya adalah kuil emas yang memiliki nama resmi Kuil Kinkakuji yang berada di Kyoto. Dari namanya saja, Toppers bisa menembak bahwa kuil ini dilapisi dengan emas baik pada bagian dalam dan juga luar bangunan.

Berada di tengah alam yang asri, objek wisata Jepang yang telah berdiri sejak 1397 ini berdiri megah dan indah dengan kilauan emasnya.

16. Kuil Fushimi Inari Taisha

Objek Wisata Kyoto
Sumber gambar: Wikipedia

Jika berkunjung ke Kuil Fushimi, jangan lupa untuk berfoto di Senbon Torii, deretan gerbang berwarna kemerahan yang memang menjadi daya tarik wisata dari Kuil ini.

Destinasi wisata Jepang yang berada di Kyoto ini tak hanya terkenal sebagai destinasi yang instagramable, tapi juga merupakan pusat dari puluhan ribu kuil Inari yang tersebar di seluruh Jepang. Tak heran jika kuil kuno yang juga dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan ini tak pernah sepi dari pengunjung.

17. Kyoto Imperial Palace

Objek Wisata Kyoto
Sumber gambar: Regex

Di Kyoto, Toppers juga bisa menemukan kastil lainnya yang dahulu digunakan sebagai tempat tinggal Kaisar Jepang, yaitu Kyoto Imperial palace.

Bangunan bersejarah yang kini menjadi objek wisata di Jepang ini dibangin sebagai istana kekaisaran pada 794. Meski tak lagi befungsi sebagai tempat tinggal Kaisar, banyak upacara kekaisaran yang masih kerap diselenggarakan di kompleks ini.

Untuk bisa mengeksplorasi objek wisata Jepang yang kaya akan nilai sejarah ini, Toppers terlebih dahulu harus mengajukan permohonan izin.

18. Distrik Gion

Objek Wisata Kyoto
Sumber gambar: Wikipedia

Ingin merasakan suasana Jepang tempo dulu? Toppers bisa kunjungi destinasi wisata Jepang selanjutnya yaitu Distrik Gion yang berada di Kyoto.

Dikawasan ini terdapat deretan kios-kios makan serta kedai teh yang masih terlihat layaknya kedai tradisional Jepang tempo dulu. Tak hanya itu, daya tarik lainnya dari objek wisata Jepang satu ini adalah keberadaan wanita-wanita jepang yang berpakaian layaknya Geisha dan Maiko di kawasan ini.

19. Higashiyama

Objek Wisata Kyoto
Sumber gambar: Discover Kyoto

Destinasi wisata Jepang lainnya di Kyoto yang juga bisa berikanmu atmosfer suasana tempo dulu adalah Distrik Higashiyama. Selain suasana tempo dulu yang masih sangat terasa, ragam kuliner khas Jepang juga bisa Toppers jelajahi di kawasan wisata Jepang populer satu ini.

20. Sanju Sangendo

Objek Wisata Kyoto
Sumber gambar: Buffalo Trip

Destinasi wisata di Jepang selanjutnya yang bisa dieksplorasi saat berada di Kyoto adalah Kuil Sanjusagendo yang terkenal karena keberadaan 1000 patung di dalamnya. Objek wisata Jepang yang telah dibangun sejak abad ke-10 sebagai penghormatan kepada Bodhisatvva ini merupakan salah satu cagar budaya yang dilestarikan di Jepang.

21. Arashiyama

Objek Wisata Kyoto
Sumber gambar: JW Web Magazine

Hutan bambu Arashiyama adalah destinasi liburan di Jepang lainnya yang sangat ikonik dimana Toppers akan diajak menyurusi rimbunnya hutam bambu yang sanat asri dan berjejer rapi membentuk jalan setapak.

Baca juga: Mau Liburan Hemat? Perhatikan 12 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Berikut!

Destinasi Wisata Jepang di Kota Lainnya

22. Gunung Fuji

Destinasi wisata di Jepang terbaik
Sumber gambar: Wikimedia

Gunung Fuji adalah salah satu ikon dari Jepang yang tak boleh Toppers lewatkan keindahannya. Meskipun panorama Gunung Fuji bisa Toppers lihat dari kejauhan di Tokyo, namun untuk menikmati keindahan dari objek wisata Jepang satu ini, Toppers juga bisa mendakinya.

Mendaki gunung Fuji, pada ketinggian 1000 meter Toppers bisa menemukan lima buah danau yang panoramanya tak kalah indah. Selain danau, terdapat juga rest area dimana Toppers bisa menemukan camping ground, museum, tempat pemancingan, hingga onsen atau tempat pemandian air hangat alami.

23. Okinawa Churaumi Aquarium

Destinasi wisata di Jepang terbaik
Sumber gambar: Japan Guide

Objek wisata Jepang yang berada di Okinawa dan sangat populer akan keberadaan Kuroshio Tank, aquarium raksasa terbesar yang ada di Jepang. Di Okinawa Churaumi Aquarium, Toppers bisa mengeksplorasi kehidupan biota bawah laut melalui aquarium-aquarium, termasuk aquarium berbentuk terowongan yang sangat memukau.

24. Jigokudani Monkey Park

Destinasi wisata di Jepang terbaik
Sumber gambar: Japan Guide

Jigokudani Monkey Park adalah destinasi wisata di Jepang yang cukup unik. Tempat ini sendiri merupakan mata air panas alami. Namun, bukan hal tersebut yang menjadikan objek wisata Jepang satu ini menjadi unik, melainkan kawanan monyet salju yang mendiami kawasan ini.

Ketika musim dingin tiba, Toppers bisa menemukan para monyet yang akan turun dari gunung untuk menuju lembah dan menghangatkan diri di sumber mata air panas alami ini.

25. Fujiko F. Fujio Museum

Destinasi wisata di Jepang terbaik
Sumber gambar: Japan National Tourism Organization

Untuk para penggemar Doraemon, tempat wisata Jepang satu ini wajib dikunjungi. Objek wisata yang berada di Kawasaki ini menampilkan berbagai diorama replika dari komik Doraemon. Mulai dari kamar Nobita hingga lapangan bermain yang memiliki tiga pipa tempat Nobita bersama teman-temannya biasa bermain.

26. Hiroshima Peace Memorial

Destinasi wisata di Jepang terbaik
Sumber gambar: UNESCO

Pada periode perang dunia kedua, Hiroshima menjadi salah satu kota yang terkena serangan bom Atom oleh Amerika di Jepang. Meskipun pernah luluh lantak akibat bom, kota Hiroshima kini telah bangkit kembali.

Namun, jika Toppers ingin melihat sisa-sisa dan saksi bisu peristiwa pengeboman tersebut kamu bisa mengunjungi Hiroshima Peace Memorial dimana sisa-sisa bangunan yang terkena bom atom masih bisa dilihat. Setiap tahunnya pada tanggal 6 Agustus pada pukul 8:16 dilakukan upacara mengenang cipta sebagai bentuk peringatan tragedi bom atom yang terjadi pada 1945 silam.

27. Sapporo Snow Festival

Destinasi Wisata Sapporo Hokkaido
Sumber gambar: Metropolis Magazine

Jika Toppers liburan ke Jepang pada musim dingin, jangan lewatkan keseruan dari Sapporo Snow Festival yang diselenggarakan setiap tahunnya di Sapporo. Toppers bisa mengunjungi beberapa titik objek wisata seperti Odori Park, Susukino, hingga Tsu Dome untuk melihat indahnya karya seni dari es dan salju.

28. Nara Park

Destinasi wisata di Nara
Sumber gambar: CNN

Objek wisata di Jepang selanjutnya adalah Nara Park yang berada di pusat kota Nara. Taman yang telah ada sejak 1880 ini merupakan rumah bagi lebih dari 1000 rusa liar.

Di objek wisata ini, Toppers bisa berinteraksi dengan memberikan biskuit khusus yang dijual di sekitar taman. Selain itu ada banyak objek wisata menarik lainnya yang bisa Toppers kunjungi di sekitar Nara Park seperti Kuil Todaiji dan juga Nara National Museum.

29. Naramichi

Sumber gambar: JustGola

Selain Nara Park, objek wisata Jepang lainnya yang tak kalah menarik di Kota Nara adalah Naramichi, sebuah distrik yang akan memberikanmu atmosfer layaknya Jepang tempo dulu. Di kawasan wisata Jepang ini Toppers bisa melihat derekan bangunan tradisional peninggalan zaman Edo yang kini banyak berfungsi sebagai kios.

Sembari menyusuri kekayaan sejarah objek wisata Jepang ini, Toppers bisa sekaligus berwisata kuliner dan juga belanja berbagal pernak-pernik menarik.

30. Nankin Machi

Destinasi Wisata Kobe
Sumber gambar: Japan Guide

Destinasi wisata di Jepang selanjutnya berada di Kobe, sebuah kawasan pecinan terbesar dimana Toppers bisa berburu ragam kuliner khas dan lezat.

Dibalut suasana khas pecinan, kuliner khas street food seperti Takoyaki, Okonimiyaki, dan lainnya bisa disantap di Nankin Machi.

31. Masjid Kobe

Destinasi Wisata Kobe
Sumber gambar: Tribunnews

Tak hanya kuil-kuil Shinto dan Buddhist, Toppers juga bisa berwisata religi di Jepang dengan mengunjungi Masjid Kobe yang berada di Nakayamate-dori, Chuo-ku, Kobe.

Masjid pertama di Jepang yang telah berdiri sejak 1935 ini menjadi salah satu objek wisata di Jepang yang sangat menarik terutama bagi wisatawan Muslim.

Meski telah diserang bom oleh Amerika pada Perang Dunia II dan juga terhempas bencana gempa pada 1995, bangunan Masjid yang khas dengan aristektur bergaya Turki ini masih berdiri megah hingga saat ini.

32. Nadagogo

Destinasi Wisata Kobe
Sumber gambar: Japan Guide

Sake adalah minuman keras tradisional asal Jepang yang kepopulerannya telah mendunia. Ingin mengetahui bagaimana proses langsung pembuatan sake Jepang, objek wisata di Jepang selanjutnya ini bisa Toppers datangi.

Nadagogo adalah kawasan dimana para penghasil sake populer berada. Di objek wisata Jepang ini, tak hanya bisa mencicipi beragam jenis Sake, proses produksi minuman inipun bisa disaksikan secara langsung, lho.

Baca juga: Liburan ke Vietnam? 15 Objek Wisata ini Wajib Kamu Kunjungi!

Banyak sekali bukan tempat wisata di Jepang yang sangat menarik? Tak heran jika destinasi wisata Jepang kerap menjadi pilihan liburan favorit para traveler!

Ayo mulai persiapan liburan ke Jepang bersama Tokopedia! Mulai dari perlengkapan traveling hingga pemesanan tiket pesawat, bisa Toppers lakukan dengan mudah cukup di Aplikasi Tokopedia!

Siap mulai penjelajahamu di destinasi-destinasi wisata Jepang terbaik tersebut?

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!

Bagikan Artikel