18 Tujuan Wisata Kota Banyuwangi Hits untuk Para Traveler

687
Objek Wisata Banyuwangi
Sumber gambar: Detik

Tujuan Wisata Kota Banyuwangi – Bukan tanpa alasan daerah yang masih terletak di Pulau Jawa ini dijuluki the Sunrise of Java. Pasalnya, Banyuwangi terletak di ujung timur Jawa dan berlokasi sangat dekat dengan Bali, Pulau Dewata.

Faktor geografis ini lah yang membuat berbagai wisata Banyuwangi mulai dilirik para traveler sebagai tujuan wisata yang sedang hits. Dari pantai-pantai cantik berpasir putih, taman nasional yang membentang luas, hingga kawah-kawah yang membuat siapapun terpukau, primadona baru di Jawa Timur ini menyimpan segudang destinasi wisata yang luar biasa memesona.

Penasaran? Simak daftar tempat wisata di Banyuwangi terfavorit berikut ini!

Baca juga: 9 Destinasi Wisata Alam Terbaik di Jakarta

Pilihan Tujuan Wisata Hits di Banyuwangi

1. Kawah Ijen

Wisata Banyuwangi Kawah ijen
Sumber gambar: Wikipedia

Toppers pastinya sudah nggak asing dengan nama tempat ini, dong? Pasalnya, objek wisata Banyuwangi yang satu ini sudah tersohor keindahannya sampai ke kancah mancanegara, lho.

Apalagi semenjak ditetapkan oleh UNESCO sebagai kawasan cagar biosfer pada tahun 2016, pamor Kawah Ijen sebagai tujuan wisata di Banyuwangi terfavorit seakan nggak pernah surut. Nggak heran, sih, karena pemandangan yang ditawarkan di tempat wisata ini nggak bisa dijumpai di tempat lain di Indonesia.

Fenomena alam yang paling terkenal dan jadi incaran para traveler adalah api biru atau blue fire yang hanya muncul pada pukul 05:00 pagi di kawasan penambangan sulfur. Tapi, untuk menyaksikan fenomena langka ini, Toppers harus rela mendaki selama 2-3 jam sejak pukul 01:00 dini hari. Setelah itu, Toppers dapat menyaksikan pemandangan matahari terbit yang nggak kalah cantiknya. Oh ya, aktivitas penambang belerang juga menjadi hal yang menarik untuk disaksikan di tujuan wisata kota Banyuwangi ini.

Karena medan yang dilalui cukup menguras tenaga, jangan lupa bawa perbekalan yang cukup, ya, dan konsumsi vitamin agar tubuh tetap fit selama berlibur! Siapkan juga masker untuk menghindari aroma belerang yang menyengat.

Lokasi: Ijen, Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional: Setiap Hari 01:00 – 12:00
Tiket Masuk: Rp 5.000,- (Senin – Jumat) – Rp 7.500,- (Akhir Pekan)

2. Taman Nasional Baluran

Objek wisata Banyuwangi - Taman Nasional Baluran
Sumber gambar: Wikipedia

Ingin menikmati pesona padang savana dengan segala keindahan alam di sekitarnya? Toppers nggak perlu jauh-jauh ke Afrika, lho, karena ada sebuah tujuan wisata Banyuwangi yang siap mewujudkannya. Julukan Little Africa van Java yang disematkan pada taman nasional ini memang bukan tanpa alasan.

Pasalnya, di tempat wisata Banyuwangi ini pengunjung dapat merasakan berada di alam terbuka dengan satwa liar yang menghuninya. Banteng, rusa, ular, kerbau, monyet ekor panjang, burung merak, dan masih banyak satwa liar lainnya dapat dengan bebas dijumpai di Baluran.

Memiliki luas 25 ribu hektar, Taman Nasional Baluran memiliki beberapa wilayah yang dapat dikunjungi. Sebut saja Hutan Evergreen yang lebat dan penuh pepohonan rindang, Padang Savana Bekol yang membentang luas dihiasi pemandangan Gunung Baluran di belakangnya, Pantai Bama dengan keindahan biota bawah lautnya yang cocok untuk aktivitas snorkeling, sampai Hutan Mangrove dan Hutan Payau yang tersebar di utara, timur dan tenggara objek wisata Banyuwangi ini.

Lokasi: Banyuputih, Kabupaten Situbondo dan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional: Setiap Hari 07:30 – 16:00
Tiket Masuk: Rp 15.000,- (Senin – Jumat) – Rp 17.500,- (Akhir Pekan)

3. Jawatan Benculuk

Objek wisata Banyuwangi
Sumber gambar: Tribunnews

Pernah nonton Lord of the Rings dan terkesima dengan keindahan hutan yang ada di film tersebut? Kalau iya, Toppers wajib banget, nih, untuk singgah sejenak di Jawatan Benculuk ketika berlibur di Banyuwangi. Awalnya, tempat wisata di Banyuwangi ini nggak dibangun untuk destinasi wisata, melainkan sebagai daerah resapan air.

Namun, tampaknya pesona pohon-pohon trembesi yang menjulang tinggi dan rindang sangat sulit untuk dilewatkan. Selain menjadikan udara di sekitarnya sejuk, deretan pohon trembesi ini juga menjadi spot yang instagrammable, lho. Jangan lupa siapkan peralatan foto-mu, ya!

Keindahan alam nggak hanya menjadi satu-satunya hal yang dapat dieksplorasi di objek wisata Banyuwangi ini. Beberapa aktivitas juga dapat dilakukan seperti memancing dan memacu adrenalin lewat permainan arung jeram yang menantang.

Lokasi: Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi
Jam Operasional: Setiap Hari 07:30 – 18:00
Tiket Masuk: Gratis

4. Taman Blambangan

Objek Wisata Banyuwangi
Sumber gambar: Merdeka

Jika kebetulan sedang berada di Pusat Kota Banyuwangi, jangan lupa untuk memasukkan Taman Blambangan ke dalam daftar destinasi wisata Banyuwangi, ya, Toppers. Berada di jantung kota Banyuwangi, tempat ini sangat mudah diakses karena berada di antara jalan-jalan utama yang ada.

Taman kebanggaan masyarakat Banyuwangi ini menyuguhkan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati, antara lain jalur untuk jogging, lapangan basket, arena skateboard, dan lokasi wisata kuliner yang mampu memuaskan rasa lapar pengunjungnya. Terdapat juga Gesibu Blambangan yang merupakan Gelanggang Seni dan Budaya. Uniknya, bangunan ini bentuknya menyerupai candi sehingga menjadi suatu hal yang sangat ikonik.

Lokasi: Jalan Diponegoro No.2, Kepatihan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68411
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

5. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo
Sumber gambar: Detik

Selain Baluran, di Jawa Timur juga terdapat Taman Nasional Alas Purwo. Objek wisata alam Sukabumi ini disebut-sebut sebagai hutan paling alami di Benua Asia, lho! Seperti halnya Baluran, di objek wisata Banyuwangi ini Toppers bisa menemui banyak ekosistem alam tropis yang mempersona mulai dari hutan tropis, pantai, hingga goa.

Meski tempat wisata Banyuwangi satu ini kerap diidentikkan dengan kesan mistis, nyatanya hutan tropis paling tua di Pulau Jawa ini memiliki pesona keindahan yang memukau dan tentunya banyak misteri untuk dijelahai.

Lokasi: Jl. Brawijaya No.20, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416

stop kontak traveling

6. Desa Wisata Osing Kemiren

Objek Wisata di Banyuwangi
Sumber gambar: Pemprov Jatim

Wisata Banyuwangi nggak hanya terkenal dengan keindahan alamnya saja, namun juga kearifan lokal dan corak budayanya, lho. Jika ingin mengintip kebudayaan tradisional khas Banyuwangi, Toppers harus mampir ke sebuah desa wisata bernama Osing Kemiren.

Masyarakat Osing di Desa Kemiren masih dengan teguh mempertahankan tradisi yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Misalnya dalam hal bercocok tanam, masyarakat kerap mengadakan acara selamatan mulai dari saat menanam benih hingga panen berlangsung.

Para petani akan menggunakan ani-ani yang diiringi dengan alunan angklung dan gendang. Ada juga tradisi gedhongan, yakni memukul lesung dan alu hingga menimbulkan suatu ritme bunyi yang memanjakan telinga. Pengunjung juga dapat menyaksikan langsung pola kehidupan sehari-hari masyarakat Osing di bangunan rumah tradisional yang terdapat di objek wisata Banyuwangi ini.

Menilik aspek seni dan budaya tradisional, Toppers akan disambut dengan pagelaran Barong Osing yang dimainkan oleh dua orang. Ada juga Angklung Paglak yang dimainkan di atas gubuk kecil terbuat dari bambu beratapkan ijuk. Tari Gandrung juga kerap ditampilkan sebagai usaha untuk melestarikan budaya khas Jawa Timur.

Masyarakat di desa ini juga terkenal sebagai penghasil kopi bernama Kopi Osing. Di kawasan wisata Banyuwangi ini, pengunjung dapat melihat langsung proses pengolahannya, mulai dari menyangrai, menumbuk, sampai menyajikan kopi.

Lokasi: Dusun Krajan, Kemiren, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68432
Jam Operasional: Setiap Hari 07:00 – 17:00
Tiket Masuk: Rp 5.000,-

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

7. Air Terjun Lider

Objek wisata Banyuwangi
Sumber gambar: Jatim Times

Objek wisata di Banyuwangi satu ini memiliki ketinggian mencapai 60 meter dan merupakan air terjun tertinggi di Banyuwangi, Jawa Timur. Berada di kawasan lereng gunung, Air Terjun Lider menawarkan nuansa menyegarkan dan indah.

Jika Toppers mendatangi tempat wisata Banyuwangi ini pada saat yang tepat, kamu mungkin bisa berkesempatan melihat pelangi yang tercipta dari percikan air yang terpantulkan cahaya matahari.

Lokasi: Lider, Sumberarum, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur 68463

8. Pantai Pulau Merah

Objek Wisata Banyuwangi
Sumber gambar: Kompas

Nggak lengkap rasanya jika mengunjungi Banyuwangi tanpa menyempatkan waktu bersinggah ke pantai-pantainya yang menyimpan segudang pesona. Bahkan keindahannya nggak kalah dengan pantai-pantai tersohor yang ada di Bali, lho. Tiap pantai memiliki keunikannya sendiri, nggak terkecuali Pantai Pulau Merah.

Pantai yang terletak di daerah selatan Banyuwangi ini terkenal memiliki pulau kecil berbentuk seperti bukit di tengah laut. Pulau ini memiliki tanah berwarna merah yang ditutupi dengan vegetasi hijau. Apabila air sedang surut, Toppers dapat berjalan kaki menuju pulau ini.

Pantai ini menjadi lokasi yang sangat tepat untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam. Jangan lupa siapkan sandal agar pengalaman liburanmu di pantai semakin nyaman, ya.

Lokasi: Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68488, Indonesia
Jam Operasional: Setiap Hari 07:00 – 17:00
Tiket Masuk: Rp 8.000,-

9. Pantai Plengkung

Wisata Banyuwangi
Sumber gambar: Wisata Jatim

Pantai yang terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo ini memiliki potensi besar dalam menarik perhatian wisatawan, khususnya mereka yang gemar berselancar. Ombak di Pantai Plengkung dapat mencapai 8 meter, lho, dan dinobatkan sebagai salah satu pantai dengan spot surfing terbaik di Asia Tenggara.

Nama tempat wisata di Banyuwangi ini diambil dari bentuk pantainya yang melengkung. Banyak wisatawan asing menyebut pantai ini sebagai G-Land karena bentuk pantai yang melengkung seperti huruf G. Jika tidak suka berselancar, Toppers juga dapat berjalan-jalan menikmati keindahan pasir putih dan bebatuan karang yang terhampar di tepiannya. Bersepeda juga dapat dilakukan di tempar wisata Banyuwangi ini.

Lokasi: Jalan Brawijaya No.20, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416
Jam Operasional: Setiap Hari 07:30 – 16:00
Tiket Masuk: Rp 15.000,-

10. Pantai Wedi Ireng

Objek Wisata Banyuwangi
Sumber gambar: Detik

Terletak di rute yang searah dengan Pantai Pulau Merah, Pantai Wedi Ireng dapat dikatakan lebih sepi pengunjung. Namun bukan karena pemandangan yang disuguhkan tempat wisata pantai di Banyuwangi satu ini nggak cantik, melainkan aksesnya yang lebih sulit.

Dalam bahasa Jawa, wedi ireng berarti pasir hitam. Memang di pantai ini keunikannya adalah adanya pasir hitam yang tersembunyi di bawah lapisan pasir putihnya yang ada di permukaan. Objek wisata pantai di Banyuwangi ini terbagi menjadi dua daerah, yaitu sisi barat dan sisi timur. Daerah barat pantai memiliki karakteristik ombak besar dan tinggi, sehingga tidak aman untuk bermain air.

Toppers yang suka berjalan-jalan di pesisir pantai dapat menyusuri daerah timur dengan pantainya yang landai dan ombak yang cenderung tenang. Jika perlu, bawalah topi dan kacamata untuk menghalau teriknya sinar matahari.

Lokasi: Jalan Pancer, Dusun Tegalwero, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68488
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 5.000,-

Baca juga: Mau Liburan Hemat? Perhatikan 12 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Berikut!

11. Pantai Rajegwesi

Objek Wisata Jawa Timur
Sumber gambar: Wisata Jatim

Daerah selatan Banyuwangi seakan nggak pernah ada habisnya menawarkan objek wisata pantai yang memukau. Pantai Rajegwesi salah satunya. Pantai yang terletak sekitar 75 kilometer dari pusat kota ini juga memiliki keindahan yang nggak kalah dengan pantai-pantai lainnya di Banyuwangi.

Dengan ombak yang cukup tenang, para wisatawan dapat dengan leluasa menjelajahi objek wisata Pantai di Banyuwangi satu ini. Penamaan pantai berkaitan erat dengan sejarah pendudukan Jepang di Indonesia. Pada masanya, banyak sekali tiang-tiang besi yang ditancapkan tentara Jepang demi menghindari musuh. Masyarakat jawa menyebutnya dengan rajeg yang berarti tiang pancang dan wesi yang berarti besi.

Berlatar perbukitan, tempat wisata di Banyuwangi ini terlalu indah untuk dilewatkan begitu saja. Banyak kapal nelayan yang berlabuh disini, sehingga menambah keindahan tempat ini.

Lokasi: Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional: Setiap Hari 08:00 – 17:00
Tiket Masuk: Rp 7.500,-

12. Pantai Teluk Hijau

Tujuan Wisata Banyuwangi
Sumber gambar: Hipwee

Beranjak sedikit ke arah barat dari Pantai Rajegwesi menggunakan perahu, Toppers akan menemukan Pantai Teluk Hijau. Pantai di Banyuwangi ini populer dengan nama Green Bay karena airnya yang berwarna kehijauan dan kemudian berwarna biru di tengahnya.

Seperti kebanyakan wisata pantai di Banyuwangi lainnya , Pantai Teluk Hijau juga memiliki pasir putih yang memikat hati. Salah satu keunikan yang ditawarkan tempat ini adalah adanya air terjun di salah satu tepi pantai yang dikelilingi batu karang nan indah. Air terjun tersebut memiliki tinggi sekitar 8 meter. Selain itu, tempat wisata di Banyuwangi yang terletak di teluk ini terkenal dengan keindahan batu-batunya yang tersusun rapi secara alami.

Lokasi: Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68488
Jam Operasional: Setiap Hari 07:00 – 16:30
Tiket Masuk: Rp 7.500,-

13. Pantai Sukamade

Objek Wisata di Banyuwangi
Sumber gambar: Kompas

Nggak perlu jauh-jauh ke Bali untuk melihat proses penyu bertelur. Di Banyuwangi, Toppers juga dapat mengunjungi pusat konservasi penyu di Pantai Sukamade. Tempat wisata Banyuwangi ini masih terletak di wilayah Taman Nasional Meru Betiri.

Di objek wisata Banyuwangi ini, pengunjung dapat melihat bagaimana penyu bertelur dan proses pelepasan tukik (anak penyu) ke laut. Wisatawan juga dapat melihat langsung dengan perahu bagaimana penyu-penyu muncul dari laut dan naik ke daratan untuk bertelur.

Proses ini biasanya dimulai sekitar pukul 19:30, dan berakhir pukul 24:00 ketika penyu kembali ke laut. Perlu diingat, ya, tidak boleh ada cahaya apa pun termasuk senter ketika penyu hendak akan bertelur karena akan membuat mereka takut.

Lokasi: Desa Sarongan, Taman Nasional Meru Betiri, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional: Setiap Hari 06:00 – 24:00
Tiket Masuk: Rp 27.500,-

topi pantai

14. Pantai Parang Kursi

Letaknya yang agak tersembunyi membuat wisata pantai Banyuwangi yang satu ini belum ramai dikunjungi wisatawan. Padahal, Pantai Parang Kursi memiliki daya tarik yang cukup unik, yaitu adanya karang besar yang berbentuk mirip kursi. Berdasarkan mitos, di sinilah Nyi Roro Kidul pertama kali muncul ke dunia. Lebih uniknya lagi, terdapat air yang menyembur dari laut melewati karang tersebut, dan airnya nggak asin, lho, melainkan tawar. Menarik, kan?

Lokasi: Pesanggaran, Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68488
Jam Operasional: Setiap Hari 07:00 – 17:00
Tiket Masuk: Rp 7.500,-

15. Pantai Bangsring

Toppers ingin snorkeling dan penasaran bagaimana rasanya melihat biota bawah laut dari dekat? Tidak perlu datang Bunaken atau Raja Empat karena Banyuwangi juga punya spot snorkeling yang cukup asyik.

Pantai Bangsring merupakan salah satu surganya berbagai jenis flora dan fauna yang ada di laut. Selain itu, aktivitas olahraga air lainnya juga bisa dilakukan seperti menaiki banana boat atau berkano. Buat yang suka tantangan, ada juga, nih, kegiatan yang cukup menantang, yaitu berenang bersama hiu sirip hitam!

Lokasi: Bangsring, Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68453
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 3.000,-

tas traveling

16. Pantai Cemara

Jika umumnya pantai biasa dikelilingi pohon kelapa atau hutan bakau, destinasi wisata Banyuwangi yang satu ini dipenuhi pohon cemara. Terdapat lebih dari 16.000 pohon cemara yang memenuhi pantai eksotis ini sehingga suasana di pantai menjadi teduh.

Nggak hanya berfungsi untuk menepis sinar matahari yang menyengat di siang hari, pohon-pohon cemara ini juga berfungsi untuk mencegah abrasi, lho. Saking banyaknya pohon cemara yang berjejer, terbentuk sebuah lorong atau gua yang sangat cocok sebagai spot untuk berjalan-jalan. Lapar melanda? Jangan khawatir, karena banyak penjual yang menjajakan berbagai jenis makanan di sekitar tempat wisata di Banyuwangi yang siap mengisi perut Toppers.

Lokasi: Pakis, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68419
Jam Operasional: Setiap Hari 05:30 – 18:00
Tiket Masuk: Rp 2.000,-

17. Pulau Tabuhan

Objek Wisata Banyuwangi
Sumber gambar: Okezone

Bosan hanya berjalan-jalan di tepi pantai? Menyebrang aja ke pulau! Pulau yang dapat Toppers kunjungi di kawasan Banyuwangi adalah Pulau Tabuhan, yang terletak di Selat Bali.

Pulau ini nggak berpenghuni, tapi banyak, lho, aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata Banyuwangi ini di antaranya snorkeling, berjalan-jalan di sekitar pulau, sampai berfoto-foto ria. Eits, tapi jangan lupa ya untuk bawa tabir surya untuk menghindari panas sinar matahari pada kullit.

Lokasi: Selat Bali, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

18. Kalibaru

Tujuan wisata di Banyuwangi satu ini cocok untuk Toppers yang menggemari trakking. Dengan kawasan yang asri karena dikelilingi berbagai gunung seperti Gunung Gending, Gunung Terong, Gunung Raung, Gunung Gumitir, dan Gunung Menyan.

Dengan air terjun dan udara yang segar, tujuan wisata di Banyuwangi satu ini cocok untuk mencari suasana relaksasi dan lebih dekat dengan alam.

Baca juga: 14 Rekomendasi Wisata Alam Kota Semarang Terbaik

Nah, itu dia beberapa destinasi wisata yang bisa Toppers kunjungi ketika bepergian ke Banyuwangi. Jadi, sudah memutuskan mau mengunjungi yang mana? Kemanapun perginya, Toppers bisa mendapatkan tiket kereta dan pesawat dengan harga terbaik hanya di Tokopedia!

tiket kereta api

Bagikan Artikel