Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES
Menyusuri 13 Obyek Wisata Terbaik di Boyolali
24 September 2019
Share icon
Share
Destinasi tempat wisata di Boyolali
Sumber gambar: Kompas

Tempat Wisata di Boyolali – Berada di Jawa Tengah, Boyolali merupakan bagian dari kawasan Solo Raya. Lokasinya yang terletak di kaki sebelah timur Gunung Merapi dan Gunung Merbabu membuat Boyolali memiliki potensi pariwisata alam yang sangat tinggi.

Namun, obyek wisata di Boyolali tak terbatas hanya wisata alam saja. Ada banyak sekali destinasi wisata budaya dan sejarah yang tak kalah menarik untuk ditelusuri di Boyolali. Berikut rekomendasi ragam tempat wisata di Boyolali yang bisa Toppers kunjungi kala bertandang ke Kota yang dijuluki “New Zealand Van Java” ini:

Baca juga: Mengenal Nyadran, Tradisi Ziarah Sambut Ramadan di Jawa Tengah

Destinasi Tempat Wisata di Boyolali

1. Brown Canyon

Destinasi tempat wisata di Boyolali
Sumber gambar: Tribunnews

Destinasi tempat wisata di Boyolali yang pertama adalah Brown Canyon, sebuah kawasan bekas penambangan yang menjelma menjadi tempat berburu foto instagramable dengan panorama eksotis nan memukau.

Berkunjung ke obyek wisata Boyolali satu ini, jangan lupa untuk bawa lensa kamera terbaik milikmu dan tankap keindahan perbukitan batu yang indah di kawasan Brown Canyon.

Lokasi: Desa Kragilan, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah

2. Kebun Raya Indrokilo

Destinasi tempat wisata di Boyolali
Sumber gambar: Kompas

Kebun Raya Indrokilo merupakan kawasan konservasi tanaman langka yang berada di lahan seluas 8,9 hektar. Destinasi tempat wisata di Boyolali ini merupakan rumah bagi beragam jenis tanaman hutan hujan hingga beragam tumbuhan paku-pakuan.

Tak hanya suasananya yang asri, di tempat wisata Boyolali satu ini juga terdapat berbagai fasilitas dan wahana rekreasi yang seru dan juga edukatif seperti taman labirin, area jogging, taman tematik, taman pembibitan hingga taman pojok energi dan rumah kaca.

Lokasi: Gunungsari, Kemiri, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah

3. Umbul Tirto Mulyo

Destinasi tempat wisata di Boyolali
Sumber gambar: Tribunnews

Memiliki atmosfer dan nuansa khas Keraton, Umbul Tiro Mulyo adalah sebuah pemandian kuno yang pembangunannya diprakarsai Sri Susuhunan Paku Buwono X. Meski telah berusia tua, kawasan ini masih berdiri kokoh dan masih difungsikan sebagai tempat pemandian.

Singgah dan bersantai di obyek wisata Boyolali satu ini, Toppers bisa merasakan sensasi mandi ala raja-raja di masa lampau.

Lokasi: Gombang, Dusun 2, Kemasan, Kec. Sawit, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

4. Air Terjun Semuncar

Destinasi tempat wisata di Boyolali
Sumber gambar: Viva

Berlokasi di kaki Gunung Merbabu, Air Terjun Semuncar merupakan pilihan wisata di Boyolali selanjutnya yang terkenal akan keindahan pemandangannya. Mengalir deras melalui tebing bebatuan dari ketinggian mencapai 25 meter, tempat wisata di Boyolali satu ini takkan pernah gagal hidupkan suasana menyegarkan. Ditambah hijaunya tanaman yang memgelilingi air terjun, menambah kesejukan dari obyek wisata Boyolali satu ini.

Lokasi: Dusun Sawah, Desa Candisari, Kecamatan Ampel, Boyolali, Jawa Tengah

5. Waduk Cengklik

Destinasi tempat wisata di Boyolali
Sumber gambar: Kompas

Tak kalah indah dari obyek wisata Boyolali sebelumnya, Waduk Cengklik bisa jadi alternatif rekreasi di Boyolali selanjutnya yang bisa Toppers kunjungi. Waduk seluas 300 hektar yang dibangun pada zaman Belanda untuk mengairi persawahan ini terkenal akan keindahan sunset-nya yang dibingkai oleh pegunungan serta tergambar indah melalui permukaan air waduk yang tenang.

Lokasi: Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah

6. Agrowisata Sapi Perah Cepogo

Destinasi tempat wisata di Boyolali
Sumber gambar: JatengPunya

Wilayah Cepogo di Boyolali merupakan salah satu tempat penghasil susu sapi yang terkenal. Berkunjung ke Boyolali, sempatkan dirimu singgah ke Agrowisata Sapi Perah Cepogo dimana Toppers bisa melihat bagaimana proses peternakan Sapi Perah.

Di obyek wisata Boyolali ini, Toppers bisa merasakan langsung proses memerah susu sapi dan juga menikmati susu segar yang baru saja diperah di Agrowisata Sapi Perah Cepogo

Lokasi: Dusun II, Paras, Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah

7. Candi Lawang

Destinasi tempat wisata di Boyolali
Sumber gambar: Viva

Tak cuma keindahan alam, Boyolali juga memiliki destinasi wisata sejarah yang tak kalah menarik, yakni Candi Lawang. Obyek wisata di Boyolali ini merupakan salah satu Candi bercorak Hindu yang ada di Jawa Tengah. Destinasi wisata bersejarah di Boyolali ini diperkirakan dibangun pada periode 750-800 Masehi.

Lokasi: Dusun Dangean, Kelurahan Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Propinsi Jawa Tengah

Baca juga: Menjelajahi 15 Tempat Wisata di Solo Paling Favorit

8. Candi Sari

Destinasi tempat wisata di Boyolali
Sumber gambar: Wikipedia

Selain Candi Lawang, ada pula Candi Sari yang masih berada di satu kawasan dengan Candi Lawang. Candi bercorak Hindu ini ditemukan pada 1967 dan semenjak itu menjadi salah satu destinasi wisata di Boyolali yang menarik untuk dikunjungi.

Memiliki arsitektur Candi yang unik serta berada di area perbukitan nan asri, membuat Candi Sari wajib masuk dalam daftar tujuan wisata Boyolali terbaik.

Lokasi: Dusun Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

9. Ekowisata Taman Air Tlatar

Destinasi tempat wisata di Boyolali
Sumber gambar: Viva

Dibangun sejak 1997, Ekowisata Taman Air Klatar adalah salah satu tujuan rekreasi keluarga favorit yang ada di Boyolali. Di tempat wisata Boyolali ini, Toppers tak hanya bisa puas bermain air namun juga menikmati wahana wisata edukasi berupa kawasan budidaya ikan.

Lokasi: Desa Tlatar, Kecamatan Kebonbimo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

10. Kedung Goro

Destinasi tempat wisata di Boyolali
Sumber gambar: MerahPutih

Kedung Goro merupakan sebuah surga tersembunyi yang bisa Toppers temui di Boyolali. Meskipun akses menuju kawasan tempat wisata di Boyolali ini cukup sulit dan menantang, panorama alam asri serta air terjun dan sungai kebiruan yang menyegarkan akan membuat semua rasa letihmu terbayarkan.

Lokasi: Desa Bolo, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

11. Kampoeng Air Kragilan

Destinasi tempat wisata di Boyolali
Sumber gambar: Okezone

Wisata air lainnya yang bisa Toppers temui di Boyolali adalah Kampoeng Air Kragilan. Sudah cukup lama tempat wisata di Boyolali ini menjadi salah satu tujuan liburan keluarga favorit di Boyolali dimana Toppers bisa bermain air serta menikmati berbagai fasilitas rekreasi lainnya seperti kebun binatang mini hingga berbagai spot foto selfie yang kekinian.

Lokasi: Watugenuk, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

12. Gunung Merapi

Destinasi tempat wisata di Boyolali
Sumber gambar: Kompas

Berdiri megah diantara Klaten, Boyolali, Magelang, dan Yogyakarta, Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api aktif yang tersohor di Indonesia. Untuk bisa menikmati keindahan panorama Merapi, Toppers bisa kunjungi Merapi Garden yang berada di Boyolali.

Tempat wisata di Boyolali ini menyuguhkan panorama indah Merapi serta berbagai spot unik yang bisa dijadikan tempat berfoto-foto untuk mendapatkan foto yang instagramable.

Lokasi: Dusun 2, Desa Suroteleng, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

13. Gunung Merbabu

Destinasi tempat wisata di Boyolali
Sumber gambar: CNN Indonesia

Selain Gunung Merapi, ada pula Gunung Merbabu yang menawarkan berbagai spot menakjubkan, khususnya untuk Toppers yang memiliki hobi mendaki gunung. Untuk mendaki Gunung Merbabu, Toppers bisa melewati Salatiga, Magelang, dan tentunya Boyolali.

Untuk Toppers yang ingin mengeksplorasi tempat wisata ini melalui Boyolali, Toppers bisa menggunakan jalur yang dikenal dengan nama Jalur Selo.

Jika tak ingin mendaki ke puncak, Toppers bisa singgah ke obyek wisata Bukit Gancik yang berada di lereng Merbabu, tepatnya di Dusun Selo Duwur, Desa Selom yang menawarkan panorama tak kalah menakjubkan.

Lokasi: Semarang, Boyolali, Magelang (Jawa Tengah), Indonesia

Baca juga: 10 Gunung di Indonesia Yang Wajib Ditaklukan Pendaki Pemula

Untuk Toppers memiliki jiwa petualang dan ingin merasakan keindahan alam, berbagai obyek wisata di Boyolali tersebut tentu bisa jadi salah satu alternatif liburan seru untukmu. Tempat wisata di Boyolali mana yang jadi pilihan favoritmu?

Agar petualangan menjelajahi berbagai destinasi wisatan di Boyolali makin maksimal, persiapkan rencana liburanmu lewat aplikasi Tokopedia. Tak hanya beli perlengkapan traveling, Toppers juga bisa pesan tiket kereta, tiket pesawat, tiket hiburan, hingga booking hotel dengan mudah melalui satu aplikasi Tokopedia saja, lho!

Sudah siap mulai perjalananmu menyusuri keindahan pariwisata yang ada di Boyolali?

TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

MORE FROM AUTHOR

Editor Picks
Popular Posts
Jadwal Pengiriman Pesanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2020
Popular Category
    © 2009-2021, PT Tokopedia