Traveling ke Cilacap? 15 Destinasi Wisata ini Wajib Masuk Daftar!

0
602
Destinasi Wisata Cilacap Pantai Kalipat
Sumber gambar: Busy

Objek Wisata di Cilacap – Berbatasan langsung dengan Jawa Barat, Cilacap merupakan daerah pertemuan dari budaya Jawa Banyumasan dan Sunda. Namun, keunikan budaya bukanlah satu-satunya hal yang menjadi daya tarik Cilacap. Berbagai tujuan wisata di Cilacap yang menawan adalah alasan lain mengapa Cilacap layak menjadi destinasi traveling Toppers selanjutnya.

Penasaran apa saja yang bisa dilakukan saat traveling ke Cilacap? Intip destinasi tempat wisata di Cilacap paling populer berikut!

Baca juga: 15 Objek Wisata Wonosobo Favorit Pelancong

Destinasi Wisata Pantai di Cilacap

1. Pantai Teluk Penyu

Destinasi Wisata Cilacap Pantai Teluk Penyu
Sumber Com

Tujuan wisata di Cilacap yang pertama adalah Pantai Teluk Penyu yang hanya berjarak sekitar 2 KM dari pusat kota. Pantai yang memiliki panorama senja indah ini terkenal juga akan ombaknya yang ganas sehingga Toppers disarankan untuk berhati-hati. Namun, kamu masoh bisa bermain air dipinggiran pantai atau sekedar berjemur sembari menikmati indahnya pantai ini.

Daya tarik lainnya dari tempat wisata Cilacap ini adalah lezatnya berbagai panganan olahan seafood yang dijajakan di sekitar Pantai Teluk Penyu. Tak cuma kulineran, berbagai camilan tradisional untuk oleh-oleh bisa ditemukan di sini.

topi pantai

2. Pantai Kemiren

Meskipun Pantai Kamiren memiliki ombak yang lebih ganas daripada Pantai Teluk Penyu, pemandangan indah dari pantai yang teduh oleh pepohonan dipinggiran ini bisa jadi tujuan wisata di Cilacap Toppers selanjutnya. Terutama untuk kamu penggemar fotografi karena objek wisata Cilacap ini memiliki banyak spot yang instagramable.

3. Pantai Sodong

Pantai Sodong - Objek Wisata di Cilacap
Sumber gambar: Venue Magz

Alternatif wisata pantai di Cilacap lainnya adalah Pantai Sodong. Sangat populer sebagai tempat berburu sunset, objek wisata di Cilacap ini memiliki bentak alam cukup menarik dan eksotis. Pantainya yang berbatu dikelilingi pepohonan cemara membuat atmosfer di pantai ini sangat menyegarkan. Apalagi dari sini Toppers bisa meliat panorama perbukitan Gunung Selok yang tak kalah indah.

Berkunjung ke objek wisata Cilacap satu ini, pastikan kamu siapkan lensa kamera terbaikmu untuk mengabadikan momen-momen indah di pantai ini.

4. Pulau Nusakambangan

Nusa Kambangan - Objek wisata di Cilacap
Sumber Com

Salah satu hal yang identik dengan Cilacap adalah keberadaan Pulau Nusakambangan, pulau dimana terdapat penjara khusus untuk narapidana dengan tingkat kejahatan cukup berat.

Namun, selain keberadaan penjara, Pulau Nusakambangan juga merupakan tempat dari berbagai panorama alam indah yang layak untuk jadi destinasi wisata Cilacap yang dikunjungi.

Untuk bisa mencapai berbagai pantai berpasir putih yang ada di Nusakambangan, Toppers harus menggunakan kapal dari Pantai Teluk Penyu dengan waktu tempuh sekitar 5 menit.

kacamata anti fog

5. Pantai Kali Kencana

Masih berbicara mengenai objek wisata di Cilacap yang bisa di temukan di Pulau Nusakambangan, pantai Kali Kencana merupakan salah satu pantai indah yang berada di Pulau Nusakambangan.

Pemandangan eksotis dan asri di Pantai Kali Kencana membuat destinasi wisata di Cilacap satu ini tengah digandrungi sebagai tempat liburan atau sekedar mengusir kepenatan.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Pantai Kalipat

Destinasi Wisata Cilacap Pantai Kalipat
Sumber gambar: Busy

Pantai lainnya yang berada di Nusakambangan adalah Pantai Kalipat. Dengan hamparan pasir halus yang bersih serta angin yang sepoi-sepoi, Toppers bisa menikmati atmosfer segar sekaligus menenangkan dengan berkunjung ke objek wisata di Cilacap satu ini.

Baca juga: 11 Wisata Pantai di Lampung paling Hits

Destinasi Wisata Air Terjun di Cilacap

7. Curug Cimandaway

Destinasi Wisata Cilacap
Sumber gambar: Rancah Post

Tak cuma pantai, air terjun juga merupakan destinasi wisata Cilacap yang populer. Salah satunya adalah Curug Cimanday. Selain suasana air terjun yang menyegarkan, objek wisata di Cilacap satu ini juga telah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang wisata. Toppers juga bisa bermain flying fox saat berkunjung ke Curug Cimanday.

sepatu gunung

8. Curug Pengantin

Destinasi wisata air terjun selanjutnya yang bisa ditemukan di Cilacap adalah curug Pengantin. Memiliki ketinggian 20 meter, objek wisata di Cilacap ini menawarkan atmosfer sejuk yang menyegarkan dan suasana asri.

9. Curug Mandala

Tempat Wisata di Cilacap
Sumber gambar: Lelungan

Untuk bisa mencapai tempat wisata di Cilacap satu ini, pastikan Toppers memiliki daya tahan fisik yang prima karena berbagai medan yang cukup sulit harus dilewati sebelum kamu bisa menikmati keindahan dari air terjun satu ini.

Curug Mandala yang mengalir indah diantara bebatuan dan hijaunya pepohonan menawarkan salah satu panorama air terjun terindah di Cilacap..

Baca juga: Mengintip Indahnya 12 Air Terjun di Kalimantan Barat

Destinasi Wisata di Cilacap Lainnya

10. Benteng Pendem

Benteng Pendem - Destinasi Wisata Cilacap
Sumber gambar: Wikipedia

Selain pantai dan curug, Cilacap juga memiliki tujuan wisata sejarah yang cukup menarik untuk dikunjungi, yaitu Benteng Pendem. Berdiri di lahan seluas 6,5 hektar, objek wisata di Cilacap satu ini menjadi skasi sejarah pendudukan Belanda di Nusantarea kala itu.

Dibangun sekitar 1861-1879, Benteng Pendem memiliki nama dalam bahasa Belanda “Kusbatterij Op De Lantong Te Tjilatjap”. Berjarak hanya 0.5 KM dari Pantai Teluk Penyu, tak ada salahnya sempatkan dirimu untuk singgah ke tempat wisata di Cilacap satu ini.

11. Benteng Karang Bolong

Benteng Karang Bolong - Objek Wisata di Cilacap
Sumber gambar: Tribunnews

Tak cuma Benteng Pendem, Benteng Karang Bolong adalah pilihan wisata sejarah lainnya yang bisa ditemukan saat liburan ke Cilacap. Meskipun kini sudah tak terpakai dan memiliki kesan angker, namun Toppers masih bisa melihat kemegahan dari Benteng seluas kurang lebih 6000 meter persegi ini.

Difungsikan sebagai benteng pertahanan di masa silam, Toppers masih bisa menemukan meriap Belanda yang masih utuh saat bertandang ke objek wisata Cilacap satu ini.

12. Kemit Forest

Destinasi Wisata di Cilacap
Sumber gambar: Kolom Warta

Untuk Toppers yang berwisata ke Cilacap bersama keluarga, Kemit Forest bisa jadi pilihan tujuan wisata keluarga yang menarik untuk dikunjungi di Cilacap. Tak cuma asri, kawasan wisata ini memiliki banyak sekali fasilitas yang mampu mengakomodir berbagai aktivitas seru bersama keluarga sembari menikmati indahnya alam Cilacap.

13. Gunung Selok

Destinasi Wisata di Cilacap
Sumber gambar: Klik Cilacap

Alternatif lain untuk menikmati keindahan alam Cilacap adalah dengan mengunjungi objek wisata Gunung Selok. Destinasi tempat wisata di Cilacap satu ini menawarkan keindahan bentang alam di Cilacap dari ketinggian.

Toppers bisa melihat hijaunya pepohonan dan juga asrinya persawahan dengan jelas dari puncak Gunung Selok.

14. Segara Anakan

Destinasi Wisata di Cilacap
Sumber gambar: Detik

Segara Anakan adalah laguna yang memisahkan antara Pulau Jawa dan juga Pulau Nusakambangan. Segara Anakan bisa menjadi destinasi tempat wisata yang menarik di Cilacap dengan ekosistem pantai hingga hutan bakau yang masih sangat alami.

15. Waduk Kubahkangkung

Destinasi Wisata di Cilacap
Sumber gambar: Teluk Love

Waduk Kubangkangkung yang menjadi sumber cadangan air bersih ini adalah waduk buatan yang telah ada sejak zaman pendudukan Belanda di Nusantara.

Toppers bisa menikmati keindahan alam di tempat wisata Cilacap ini dengan menaiki perahu dan mengitari waduk yang memiliki air tenang ini. Selain itu, berbagai kuliner juga dijajakan dikawasan wisata ini menambah daya tarik untuk mengunjunginya.

Baca juga: 7 Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Karimun Jawa

Sudah temukan destinasi wisata Cilacap yang paling pas untuk liburanmu selanjutnya? Segera cek tiket kereta api atau tiket pesawat di aplikasi Tokopedia dan persiapkan perlengkapan traveling-mu untuk mulai petualanganmu menjelajahi berbagai objek wisata Cilacap tersebut.

tiket kereta api

Bagikan Artikel